Teknologi

Industri Pertelekomunikasian Tidak Baik-baik Saja, Indosat Malah Tersenyum Lebar

Resepmakanan.id – Indosat Ooredoo Hutchison mencatatkan kinerja selama sepanjang 2023, dengan membukukan total pendapatan sebesar Rp51,2 triliun di tempat sepanjang 2023.

Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 10 persen dibandingkan tahun sebelumnya (Year-on-Year/YoY).

Pertumbuhan total pendapatan yang dimaksud didorong oleh peningkatan kualitas pelanggan konsumen kemudian korporasi juga kinerja positif dari semua lini kegiatan bisnis Perusahaan.

Pendapatan Selular meningkat 8,7 persen YoY disebabkan oleh peningkatan pendapatan Fakta lalu Interkoneksi.

Sementara itu pendapatan Multimedia, Informasi Communication, and Internet (MIDI) naik 13,0 persen YoY ditopang oleh peningkatan pendapatan layanan IT kemudian Jaringan Internet Tetap.

Selanjutnya, pendapatan Telekom Tetap juga meningkat pesat 28,4 persen YoY dikontribusi oleh peningkatan pendapatan Telepon Internasional dan juga Jaringan tetap.

Ilustrasi Indosat Ooredoo Hutchison. [Indosat]
Ilustrasi Indosat Ooredoo Hutchison. [Indosat]

Peningkatan pendapatan ini juga dihadiri oleh oleh optimalisasi biaya yang tersebut berdampak pada pertumbuhan positif pada EBITDA sebesar 23,0 persen YoY menjadi Rp23,9 triliun.

Indosat juga berhasil mencatatkan EBITDA margin yang dinormalisasi meningkat solid sebesar 46,8 persen, meningkat 4,5 poin persentase YoY.

Dengan capaian tersebut, Laba Normalisasi Periode Berjalan yang digunakan Dapat Diatribusikan Kepada Pemilik Entitas Induk mencapai Rp3,5 triliun lalu tetap saja positif selama 3 tahun berturut-turut.

“Pencapaian Indosat Ooredoo Hutchison pada tahun 2023 tak lepas dari partisipasi seluruh pihak mulai dari mitra bisnis, pelanggan, pemegang saham, lalu tentunya seluruh karyawan kami,” ucap Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

Menurutnya, kinerja keuangan dan juga operasional yang digunakan kuat ini menegaskan komitmen Indosat untuk terus memacu kemajuan ekosistem sektor telekomunikasi di tempat Indonesia.

“Peka terhadap dinamika pasar, pengembangan layanan yang tersebut berpusat pada teknologi, juga integritas pada keunggulan operasional bukan hanya sekali menjadi kunci di menavigasi perkembangan industri namun turut memperbesar penciptaan nilai bagi para pemangku kepentingan kami,” beber ia pada keterangan resminya, Kamis (8/2/2024).

Sepanjang 2023, Indosat juga terus mendekatkan hubungannya dengan hampir seratus jt pelanggannya dalam kedua merek konsumennya, IM3 kemudian Tri, yang dimaksud menciptakan peningkatan Mobile Average Revenue Tiap User (ARPU) sebesar 5,3 persen menjadi Rp35,6 ribu.

Bertambahnya basis pelanggan yang berkualitas semakin diperkokoh dengan peningkatan skor Customer Satisfaction (CSAT) IM3 yang mana naik 4 poin YoY menjadi 84.1, sedangkan CSAT Tri turut naik 3 poin YoY menjadi 84.0.

Hasil ini menunjukkan keberhasilan strategi Go-to-Market Indosat kemudian mencerminkan pengalaman mengesankan atau marvelous experience yang mana diberikan Organisasi untuk pelanggan.

Redi Alamsyah

Di tengah derasnya arus informasi, saya berdiri sebagai seorang penulis artikel yang berupaya menyalurkan kata-kata ke dalam bentuk cerita, analisis, dan refleksi. Nama saya Redi Alamsyah, seorang penggali kata yang mencari makna di balik huruf dan kalimat. Bagi saya, menulis bukan hanya pekerjaan, melainkan sebuah perjalanan menuju pemahaman yang lebih dalam tentang dunia dan kehidupan.

Related Articles

Back to top button