Otomotif

3500 Karyawan Pasrah Terima Nasib, Ford Helat PHK Besar-besaran

Resepmakanan.id – Ford telah terjadi mencapai kesepakatan dengan serikat pekerja Jerman IG Metall untuk melakukan PHK ke 3.500 pekerja di area pabrik Saarlouis di tempat Jerman.

Menurut laporan dari Carscoops, pabrik Saarlouis ketika ini memproduksi Ford Focus, tetapi produsen mobil ini berencana untuk menghentikan produksi hatchback ikonik ini pada tahun 2025, seperti yang mana disampaikan pada pertengahan tahun 2022.

Meskipun pabrik yang disebutkan telah lama dianggap sebagai lokasi potensial untuk EV generasi berikutnya, Ford akhirnya memutuskan untuk memproduksi kendaraan ini di area pabriknya dalam Valencia, Spanyol, sehingga pabrik dalam Jerman tidaklah mempunyai satu pun model yang dimaksud dapat diproduksi.

Awal pekan ini, IG Metall mengumumkan bahwa sekitar 1.000 pekerjaan akan dipertahankan dalam Saarlouis setelahnya tahun 2025. Namun, belum jelas tempat apa yang akan dipegang oleh para karyawan ini.

Serikat pekerja menyatakan bahwa tidaklah akan ada pemutusan hubungan kerja (PHK) paksa hingga tahun 2032. Selain itu, karyawan akan memiliki opsi untuk mengundurkan diri dari lebih besar awal dengan paket pesangon yang tersebut didanai dengan baik, seperti yang dimaksud dilaporkan oleh Auto News Europe.

Menurut Joerg Koehlinger, manajer distrik IG Metall Mitte, tindakan yang disebutkan diambil untuk memproduksi pemutusan hubungan kerja semahal mungkin saja bagi Ford pasca solusi terbaik tidaklah dapat dicapai.

Masa depan jangka panjang pabrik Saarlouis masih belum pasti. Pada tahun 2019, laporan menunjukkan bahwa beberapa produsen mobil China, termasuk BYD dan juga Chery, menyatakan minatnya untuk mengakuisisi pabrik tersebut.

Pada bulan Oktober 2023, Ford berencana untuk menangguhkan pabrik yang disebutkan pasca pembicaraan dengan produsen panel surya Jerman gagal.

Ford Focus semata-mata menerima sedikit pembaruan selama beberapa tahun terakhir, yang digunakan tiada mengherankan mengingat bahwa Ford Focus tiada akan bertahan lebih besar lama lagi.

Redi Alamsyah

Di tengah derasnya arus informasi, saya berdiri sebagai seorang penulis artikel yang berupaya menyalurkan kata-kata ke dalam bentuk cerita, analisis, dan refleksi. Nama saya Redi Alamsyah, seorang penggali kata yang mencari makna di balik huruf dan kalimat. Bagi saya, menulis bukan hanya pekerjaan, melainkan sebuah perjalanan menuju pemahaman yang lebih dalam tentang dunia dan kehidupan.

Related Articles

Back to top button