Bisnis

UMB Gandeng Universitas Islam As-Syafiiyah dan juga PNM Bantu Keberlanjutan UMKM

Resepmakanan.id – Dalam rangka melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat, pada tanggal 27 Januari 2024, delapan Dosen Proyek Magister Manajemen (MM) Universitas Mercu Buana (UMB) mengadakan seminar dengan tema : Penguraian Manajemen UMKM Untuk Mencapai Keberlanjutan Bisnis Dan Kelestarian Lingkungan.

Dalam seminar ini, UMB bekerjasama dengan Universitas Islam As-Syafi’iyah yang mana diwakili oleh Dekan Fakultas Perekonomian dan juga Bisnis dan juga PT Permodalan Nasional Madani (PNM) sebagai Badan Usaha Milik Negara tentang pemberdayaan pelaku usaha UMKM yang tersebut telah terjadi memberikan 3 Modal Usaha seperti, modal financial, modal intelektual, lalu modal sosial.

Tema pengabdian publik diambil dengan mempertimbangkan bahwa sektor UMKM memiliki peranan yang dimaksud sangat penting terhadap stabilitas pengerjaan dunia usaha kemudian merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia.

Selain itu peran UMKM juga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan adanya penyerapan tenaga kerja yang dimaksud menghidupi keluarga rakyat kecil. Kementerian Koperasi juga Usaha Kecil Menengah mencatat, tenaga kerja UMKM sebanyak 119,6 jt orang pada 2019. Jumlah yang disebutkan setara dengan 96,92% dari total tenaga kerja di dalam Indonesia.

Sayangnya, efek pandemi penyebaran virus Corona yang tersebut memukul hampir seluruh sektor, dimana UMKM dinilai menjadi pihak yang dimaksud terpukul paling telak, belum hilang meskipun telah berkurang. Ada beberapa permasalahan yang mana dialami UMKM pada Indonesia dan juga menjadi pekerjaan rumah bagi sektor ekonomi.

Pekerjaan rumah ini harus segera diselesaikan untuk menjaga keberlanjutan industri UMKM, akibat jikalau bukan diatasi, maka UMKM yang digunakan sedang berkembang dapat hanya kalah bersaing, stagnan, bahkan gulung tikar.

Seminar ini ditujukan untuk membantu keberlanjutan perusahaan UMKM dengan memperhatikan kelestarian lingkungan melalui peningkatan kekurangan UMKM yang tersebut kerap ditemui pada bidang pemasaran, keuangan, produksi serta sumber daya manusia. Seminar ini dihadiri 50 (lima puluh) pelanggan binaan PNM (Permodalan Nasabah Madani) Mekaar (#UMBPeduliNegeri).

Layanan PNM Mekaar difokuskan untuk perempuan pelaku usaha mikro dengan kondisi keluarga yang memiliki indeks pendapatan per kapita maksimal USS1,99 per hari atau Simbol Rupiah 800 ribu per bulan. Pendanaan PNM Mekaar tak mensyaratkan agunan fisik, namun bersifat tanggung renteng kelompok, dengan ketentuan kedisiplinan untuk mengikuti Pertemuan Komunitas Mingguan (PKM). Pertemuan kelompok wajib dilaksanakan setiap minggu, sebagai salah satu cara untuk menegaskan pembayaran angsuran mingguan.

Seminar diawali dengan pemaparan oleh Dr. Median Wilestari, Dekan Fakultas Sektor Bisnis serta Bisnis dari Universitas As Syafiah tentang Keberlanjutan Bisnis UMKM yang tersebut dilanjutkan dengan pemaparan para pembicara dari dosen-dosen kegiatan MM UMB.

Pemaparan UMB dibuka dengan materi tentang Komunikasi Pemasaran yang mana Sederhana serta Santun Untuk Menarik Pelanggan yang mana dibawakan oleh Dr. Achmad Fachrodji serta dilanjutkan dengan materi tentang proses produksi untuk keberlangsungan usaha UMKM yang dimaksud dibawakan oleh Dr. Niken Sulistyowati.

Selanjutnya materi tentang pengelolaan keuangan UMKM yang berbasis ramah lingkungan diberikan oleh Dr. Andam Dewi Syarif serta Dr. Pardomuan Sihombing.

Sedangkan materi pengembangan Sumber Daya Orang UMKM untuk keberlanjutan usaha dipaparkan oleh Dr. Mafizatun Nurhayati, Dr. Farida Elmi, Dr. Tjiptogoro Dinarjo Soehari lalu Dr. Parwoto.

Dalam seminar ini juga dibahas tentang bagaimana menjaga kelestarian lingkungan melalui acara ramah lingkungan 3R (reduce, recycle, reuse). Reduce adalah usaha menghurangi item yang dimaksud sampahnya yang mana tidak ada dapat didaur ulang. Sementara recycle merupakan kegiatan mendaur ulang materi sampah agar dapat menjadi produk-produk baru kemudian reuse merupakan bisnis menggunakan kembali kemasan atau item yang dimaksud sudah ada dipakai.

Program 3R diberikan lantaran wabah epidemi Wabah telah terjadi menyadarkan kita semua, bahwa perkembangan penduduk manusia akan selalu dibatasi oleh lingkungan alam. Pembangunan perekonomian harus dikoordinasikan dengan pemeliharaan lingkungan alam, sehingga keduanya tidaklah bertentangan. Diharapkan dengan seminar ini, UMKM akan termotivasi untuk meningkatkan peran lalu partisipasinya pada menjaga kelestarian alam serta kesinambungan masa depan dunia usaha yang digunakan berkelanjutan.

Seminar ditutup dengan tanya jawab dari partisipan UMKM yang tersebut antusias untuk mendalami tambahan detail bagaimana meningkatkan kinerja agar dapat menjaga keberlangsungan bisnis mereka. Meskipun seminar ini mempunyai waktu yang digunakan terbatas, namun seminar ini juga menyediakan kesempatan mentoring bagi UMKM diluar seminar untuk memberikan pendampingan secara insentif pada UMKM.

(Sumber: Suara.com)

Redi Alamsyah

Di tengah derasnya arus informasi, saya berdiri sebagai seorang penulis artikel yang berupaya menyalurkan kata-kata ke dalam bentuk cerita, analisis, dan refleksi. Nama saya Redi Alamsyah, seorang penggali kata yang mencari makna di balik huruf dan kalimat. Bagi saya, menulis bukan hanya pekerjaan, melainkan sebuah perjalanan menuju pemahaman yang lebih dalam tentang dunia dan kehidupan.

Related Articles

Back to top button