5 Tumis Sawi Putih Sehat dan Juga Nikmat

Tumis Sawi Putih

Resepmakanan.ID – Tumis Sawi Putih – Sawi putih termasuk salah satu jenis sayuran yang berjenis sawi-sawian. Dilihat dari namanya pasti sudah tergambar, sawi memang berwarna putih dengan warna hjau diujung pangkalnya.

Sayur ini memang rasanya hambar seperti sayur lainnya. Akan tetapi jika diolah dengan tepat akan menjadi makanan yang sangat lezat. Tumis sawi putih merupakan salah satu menu andalan masyarakat, agar tidak bosan dengan resep yang itu itu aja, tak heran jika banyak kreasi resep tumis sawi putih.

Sayur sawi putih merupakan sayur yang murah harganya dan mudah didapatkan di warung terdekat maupun pasar. Banyak orang yang sangat menyukai sayur ini karena rasanya yang segar. Disini saya menyajikan 5 kreasi tumis sawi putih yang mungkin belum pernah anda coba. Ingin mencobanya? Simak resepnya berikut.

Tumis Sawi Putih Daging Sapi

tumis sawi putih
image by: https://food.fnr.sndimg.com

Sayur sawi putih memiliki kandungan vitamin A, B dan C serta masih banyak nutrisi lainnya yang sangat penting dan dibutuhkan tubuh kita. Jika bosan dengan olahan sawi yang gitu aja, disini ada salah satu resep tumis sawi putih kombinasi bakso. Berikut resepnya.

Bahan yang harus disiapkan:
– Sawi putih segar 1 Ikat
– Daging sapi kurang lebih 100 gram
– Cabe rawit 3 buah
– Cabe merah keriting 3 buah
– Bawang bombay 1/2 siung
– Bawang putih 6 siung
– Bawang merah 3 siung
– Tomat 1 buah
– Saus tiram 1sendok teh
– Gula merah
– Garam

Langkah membuat:
1. Langkah pertama supaya nantinya ketika menumis tidak membutuhkan waktu yang lama adalah rebus daging sapi di dalam panci yang berisi air hingga empuk, lalu angkat dan sisihkan terlebih dahulu.
2. Ambil sawi putih, potong dan cuci sawi hingga bersih.
3. Ambil bawang putih, bawang merah, bawang bombay, cabe rawit dan juga cabai keriting. Iris tipis-tipis semua bahan tersebut.
4. Panaskan wajan yang berisi minyak goreng, lalu tumis bawang bombay hingga layu kemudian masukkan cabe rawit, cabe merah keriting serta daging sapi. Tumis selama kurang lebih 10 menit.
5. Masukkan sawi putih, tambahkan gula merah, saori saos tiram dan juga garam secukupnya. Icipi rasanya, bila kurang terasa anda bisa menambah bumbu pelengkapnya.
6. Apabila sawi sudah layu, matikan kompor lalu angkat dan hidangkan diatas piring saji.
7. Tumis sawi putih daging sapi siap untuk disantap.

Itulah tadi langkah membuat tumis sawi putih daging sapi. Anda bisa memberikan taburan bawang merah goreng diatasnya agar rasanya semakin gurih dan lezat.

Tumis Sawi Putih Kombinasi Dengan Tahu

tumis sawi putih
image by: southernliving.timeinc.net

Walaupun rasanya hambar, akan tetapi sawi putih banyak peminatnya. Cara mengolah yang tepat akan membuat sawi ini memiliki cita rasa yang mantap pastinya. Dibawah sawa menyajikan kreasi tumis sawi putih kombinasi dengan tahu. Simak resep selengkapnya berikut ini.

Bahan yang diperlukan:
– Sawi putih segar 1/2 ikat
– Tahu putih 3 buah
– Bawang merah 2 siung
– Bawang putih 4 siung
– Cabai rawit 3 buah
– Gula aren
– Garam
– Kecap

Langkah membuat:
1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah ambil sawi putih lalu potong kecil kecil dan cuci hingga bersih. Lalu ambil tahu putih potong sesuai selera.
2. Langkah kedua iris tipis-tipis bawang putih, bawang merah, serta cabai rawit.
3. Panaskan minyak goreng sedikit saja, lalu tumis bumbu tadi sampai aromanya tercium harum.
4. Masukkan sawi putih terlebih dahulu, oseng hingga warnanya kekuningan. Kemudian baru masukkan sawi putih.
5. Tambahkan sedikit air lalu tumis lagi hingga airnya mendidih dan sawi tadi layu.
6. Tambahkan kecap, garam dan gula sesuai selera. Icipi rasanya bila kurang mantap anda bisa menambahkan salah satu bumbu tersebut.
7. Apabila sudah matang angkat dan hidangkan.

Selain rasanya yang lezat, makanan yang satu ini wajib anda coba karena sangat mudah dan praktis untuk dicoba dirumah. Selain itu makanan ini bisa dijadikan hidangan sarapan pagi bersama keluarga tercinta.

Tumis Sawi Putih Teri Medan

tumis sawi putih
image by: recipecritique.com

Tumis sawi putih bisa anda jadikan sebagai menu alternatif ketika anda tidak ingin masak yang ribet-ribet. Tumis sawi putih ini juga cocok disajikan ketika pagi, siang maupun malam hari. Rasanya yang begitu lezat akan membuat lidah anda ketagihan dan terus ingin menyantapnya saja.

Bahan yang diperlukan:
– Sawi putih segar
– Tahu 3 potong
– Teri medan 20 gram

Bumbu yang diperlukan:
– Bawang merah 5 siung
– Bawang putih 2 siung
– Bawang bombay 1/2 buah
– Cabai merah 5 buah
– Saus tiram 1 sendok makan
– Daun salam 1 lembar
– Garam
– Gula
– Kaldu bubuk

Langkah membuat:
1. Panaskan minyak dalam wajan, goreng tahu hingga setengah matang.
2. Rendam teri diair panas lalu cuci hingga bersih. Goreng teri hingga warnanya kuning kecoklatan, dianjurkan apinya kecil agar nantinya teri tidak gosong.
3. Ambil semua bumbu lalu iris dan tumis hingga harum.
4. Setelah tercium aroma harum masukkan tahu beserta sawi putih, tambahkan garam, gula, saori saos tiram dan juga kaldu bubuk secukupnya.
5. Tumis selama krang lebih 10 menit hingga sawi benar-benar layu dan empuk.
6. Angkat dan sajikan diatas piring saji, jangan lupa beri taburan teri medan diatasnya.

Cara pembuatannya yang cukup simple serta kandungan gizi yang terkandung didalamnya bisa menjadi alasan untuk anda mencoba resep tumis sawi putih teri medan yang satu ini.

Tumis Sawi Putih Kombinasi Dengan Bakso

tumis sawi putih
image by: steelehousekitchen.com

Setiap 100 gram sawi putih memiliki vitamin A sampai 6460 IU, vitamin C sebanyak 102 mg, serta mineral baik lainnya. Agar gizinya tidak hilang, salah satu cara yang bisa dilakukan agar gizinya tidak hilang adalah dengan menumisnya. Disini saya menyajikan resep tumis sawi putih yang dikombinasikan dengan bakso. Simak resepnya berikut.

Bahan yang diperlukan:
– Sawi putih segar
– Bawang bombai ½ buah
– Bawang putih 4 siung
– Bawang merah 2 siung
– Cabai merah besar 1 buah
– Garam ½ sendok teh
– Gula
– Merica bubuk secukupnya
– Saus tiram 1 sendok makan
– Minyak wijen 1 sendok makan
– Tepung maizena 1 sendok makan (larutkan dengan air 500 ml)
– Air 150 cc
– Minyak goreng secukupnya

Langkah membuat:
1. Langkah pertama iris semua bumbu (bawang merah, bawang putih, bawang bombai, dan cabai merah. Lalu porong sawi putih dan cuci hingga bersih.
2. Panaskan wajan yang berisi minyak goreng, tumis bawang putih, bawang merah serta bawang bombai hingga tercium aroma bumbu yang harum.
3. Masukkan bakso yang telah dipotong-potong, tumis sebentar sampai bakso matang.
4. Tambahkan sedikit air agar bawang tidak gosong, tambahkan juga gula, garam, minyak wijen, merica bubuk dan juga saus tiram.
5. Masukkan sawi putih, tumis hingga layu. Masak selama kurang lebih 5 menit saja. Masukkan larutan tepung maizena sedikit demi sedikit sampai kekentalannya dirasa pas.
6. Setelah matang, angkat dan sajikan.
7. Tumis sawi putih kombinasi bakso siap untuk disantap.

Selain harganya yang murah, sawi putih ini juga mudah diolah menjadi apa saja. Resep diatas merupakan salah satu contoh kreasi tumis sawi putih agar tidak membosankan.

Resep Tumis Sawi Putih Wortelfigure style="width: 1200px" class="wp-caption aligncenter">tumis sawi putih
image by: foodandwine.com

Hal pertama yang menjadi kesan ketika menyantap sawi putih adalah lezat dan segar. Tumis sawi putih termasuk cara mengolah sawi yang tergolong sangat mudah dan sederhana. Bahan-bahan yang diperlukan untuk mengolah sawipun sangat mudah untuk didapatkan. Dibawah tersaji resep tumis sawi putih wortel uang bisa anda simak dan praktekkan.

Bahan yang diperlukan:
– Sawi putih
– Wortel 1 buah
– Cabai merah keriting 3 buah
– Taoge 100 gram
– Tomat hijau 1 buah
– Air 200 ml
– Bawang merah 3 buah
– Bawang putih 2 siung
– Garam
– Gula
– Minyak wijen ½ sendok teh
– Minyak goreng secukupnya

Langkah membuat:
1. Pertama potong sawi menjadi kecil lalu cuci hingga bersih. Kupas wortel dan potong memanjang. Potong juga tomat memanjang.
2. Kedua iris tipis semua bumbu.
3. Panaskan 3 sendok makan minyak goreng, lalu masukkan bawang merah dan putih hingga sedikit layu.
4. Masukkan sawi putih, taoge dan wortel ke dalam tumisan bumbu tadi.
5. Aduk hingga rata dan tambahkan garam, penyedap rasa serta gula secukupnya. Tuangkan juga air secukupnya lalu aduk hingga semua bahan matang.
6. Masukkan minyak wijen lalu aduk kembali agar tercampur rata, setelah itu masak selama 3 menit. Angkat dan sajikan.
7. Tumis sawi putih wortel siap untuk disantap.

Itulah beberapa kreasi cara mengolah sawi putih. Apabila anda bosen dengan kreasi tumis sawi putih yang sederhana, anda bisa mencoba salah satu resep diatas. Tak perlu pergi ke restorant dan mengeluarkan bajet yang banyak, cukup coba resep diatas dirumah.

Komentar Disini