Bisnis

Tom Lembong Buka Suara Usai Dituding Bahlil Gagal Selesaikan Target Investasi: Biar Komunitas yang dimaksud Menilai

Resepmakanan.id – Mantan Kepala Badan Kesepahaman Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong atau Tom Lembong menerbitkan pendapat usai dituding Menteri Penanaman Modal Bahlil Lahadalia gagal pada menyelesaikan target pembangunan ekonomi dimasa kepemimpinannya.

Tom pun bilang agar masyarakat yang tersebut menilai dirinya.

“Saya kira data-datanya semuanya publik. Kami mempersilakan rakyat belaka menganalisa serta membandingkan data-data, juga kami mempersilakan warga menilai,” kata Tom yang tersebut juga Co-Captain Timnas AMIN di area Hotel Grand Hyatt, Ibukota Indonesia Selasa (30/1/2024).

Namun pada waktu dikonfirmasi apakah dirinya pernah gagal mencapai target investasi, Tom Lembong tiada memberikan penjelasan itu.

Sebelumnya, Menteri Penanaman Modal Bahlil Lahadalia membongkar borok Tom Lembong ketika menahkodai BKPM.

Salah satunya, masalah realisasi penanaman modal yang mana tidaklah mencapai target.

Bahlil merinci target pembangunan ekonomi pada 2016 sebesar Simbol Rupiah 594,8 triliun dan juga realisasinya Mata Uang Rupiah 612,8 triliun. Kemudian tahun 2017 Mata Uang Rupiah 678,80 triliun, tapi realisasinya semata-mata Mata Uang Rupiah 692,9 triliun.

Setelah itu pada tahun 2018, target yang digunakan ditetapkan Simbol Rupiah 765 triliun tapi realisasinya cuma Rupiah 721,3 triliun.

“Jadi di fasenya ada target yang mana tidaklah tercapai, kemudian kami masuk pada 2019 target Rp792 triliun, realisasinya Rupiah 809 triliun,” ucapannya di konferensi pers dalam Kantor BKPM Jakarta, Rabu (24/1/2024).

Bahlil pun sedikit besar kepala berhadapan dengan kondisi ini, dimana ia bilang realisasi target pembangunan ekonomi terus-menerus terpcapai bahkan melebihi target yang tersebut ditetapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Jadi ini perbandingan pejabat terdahulu tamatan Harvard serta alumni Jayapura. Ini adalah data objektif,” imbuh dia.

Sebelumnya, selama menjadi Kepala BKPM, realisasi penanaman modal yang mana dicatatkan oleh Thomas Lembong cukup baik, pada mana setiap tahunya mencatatkan kenaikan.

(Sumber: Suara.com)

Redi Alamsyah

Di tengah derasnya arus informasi, saya berdiri sebagai seorang penulis artikel yang berupaya menyalurkan kata-kata ke dalam bentuk cerita, analisis, dan refleksi. Nama saya Redi Alamsyah, seorang penggali kata yang mencari makna di balik huruf dan kalimat. Bagi saya, menulis bukan hanya pekerjaan, melainkan sebuah perjalanan menuju pemahaman yang lebih dalam tentang dunia dan kehidupan.

Related Articles

Back to top button