Otomotif

Tesla Model 3 Absen di area Indonesia, BYD Seal Bisa Dominasi Pasar

Resepmakanan.id – BYD Motor Indonesia optimistis BYD Seal punya kans besar mendominasi pangsa mobil listrik segmen sedan di dalam Tanah Air. Alasannya sebab pesaing utamanya pada pentas global, Tesla Model 3 belum masuk ke Indonesia.’

Head of Marketing Communication PT BYD Motor Indonesia Luther T Panjaitan mengungkapkan di tempat dunia Seal disandingkan dengan Tesla Model 3, yang tersebut miliki DNA sedan dengan cita rasa mobil sport. Sementara pada Indonesia, segmen sedan listrik boleh dibilang masih sepi. 

“BYD Seal unik di area Indonesia. Di lingkungan ekonomi global, banyak orang mengamati Seal bersaing dengan Tesla Model 3,” terang Luther pada percakapan dengan wartawan di dalam Sirkuit Sentul, Bogor pekan ini.

Ia melanjutkan, dengan absennya Tesla Model 3 pada Indonesia maka BYD Seal praktis tak miliki pesaing sepadan di dalam lingkungan ekonomi electric vehicle (EV) segmen sedan.

“Mungkin kalau kita masuk ke lingkungan ekonomi Indonesia telah lengkap dengan biaya lalu segala macam terkait penjualan, dapat cuma Seal mendominasi di area lingkungan ekonomi ev sedan lantaran saingan utamanya belum ada secara resmi dalam Indonesia,” beber Luther.

“Ini memproduksi kami semakin percaya diri, mudah-mudahan BYD Seal lebih banyak diterima di tempat Indonesia,” pungkas Luther.

Harga BYD Seal, yang mana diperkenalkan ke rakyat pada 18 Januari lalu, belum diungkap. Rencananya biaya sedan listrik itu akan disampaikan dalam pameran otomotif IIMS 2024 yang digunakan dilakukan 15-25 Februari pekan depan.

BYD Motor Indonesia akan meresmikan delapan diler pada 8 Februari 2024. Foto: Mobil listrik BYD Seal. [Suara.com/Liberty Jemadu]
BYD Motor Indonesia akan meresmikan delapan diler pada 8 Februari 2024. Foto: Mobil listrik BYD Seal. [Suara.com/Liberty Jemadu]

Spesifikasi BYD Seal

BYD Seal dirancang dengan tema estetika segara, yang terinspirasi dari cita-cita untuk menjaga lautan. Sedan ini memiliki garis kap mesin serta bemper yang mana menyatu ke arah tengah, tempat logo besar BYD berada. 

Hubungan BYD Seal dengan laut ditonjolkan oleh lampu LED siang hari yang menyerupai pergerakan ombak, dengan lampu belakang yang tersebut dibentuk oleh berbagai tetesan bercahaya yang digunakan semuanya membentuk tetesan yang tersebut lebih banyak besar atau, sekali lagi, dengan hiasan dinding dalam samping, di area belakang. 

Interior BYD Seal memberi kesan mewah, canggih juga sporty. Panoramic glass roof menciptakan suasana kabin lebih besar lapang. Penumpang akan masih nyaman ketika siang hari oleh sebab itu ada teknologi UV resistance double glaze yang dimaksud menangkal sinar UV. Teknologi ini juga mengisolasi pengumuman dari luar.

Fitur entertainment BYD Seal berpusat pada head unit 15.6 inci yang dapat dirotasi, speaker HIFI Dynaudio, kemudian Windshield Head-Up Display (W-HUD), teknologi yang dimaksud memproyeksikan informasi dengan segera ke kaca depan.

Di sektor keamanan, BYD Seal dijamin dengan beberapa teknologi canggih termasuk Blade Battery, CTB (cell-to-body) technology, ADAS, kamera 360 derajat beresolusi tinggi serta airbags yang tersebut komplit di dalam kabin kemudi maupun penumpang. Mobil ini faktanya telah mengantongi peringkat keamanan bintang lima dari Euro NCAP.

Tesla Model 3 [Suara.com/Jeghesta]
Tesla Model 3 [Suara.com/Jeghesta]

BYD Seal terdiri dari tiga varian, yakni Dynamic dengan akumulator 61,44 kWh, Premium serta Performance yang digunakan sama-sama mengusung elemen penyimpan daya 82,56 kWh. Tipe Dynamic bisa saja menempuh jarak maksimal 510 km, Premium 650 km, serta Performance berdaya jangkau 580 km. Baterai sudah ada didukung charge 150 kW.

BYD Seal Dynamic memunculkan tenaga 150 kW atau setara 201 HP juga torsi 310 Nm. Sementara tipe Premium bertenaga 230 kW atau sekitar 308 HP serta torsi 360 Nm, juga tipe Performance berdaya 390 kW atau sekitar 523 HP lalu torsi 670 Nm.

BYD Seal diklaim bisa jadi menembuh kecepatan 100 km/jam dari kondisi diam semata-mata di 3,8 detik.

Redi Alamsyah

Di tengah derasnya arus informasi, saya berdiri sebagai seorang penulis artikel yang berupaya menyalurkan kata-kata ke dalam bentuk cerita, analisis, dan refleksi. Nama saya Redi Alamsyah, seorang penggali kata yang mencari makna di balik huruf dan kalimat. Bagi saya, menulis bukan hanya pekerjaan, melainkan sebuah perjalanan menuju pemahaman yang lebih dalam tentang dunia dan kehidupan.

Related Articles

Back to top button