Otomotif

Tesla Mau Boyongan Pabrik dari China ke Meksiko, otoritas Amerika Serikat Malah Siap Hadang

Resepmakanan.id – Selama perjalanan Elon Musk ke China tahun lalu untuk bertemu pejabat setempat, ketua eksekutif Tesla sempat memuji bidang manufaktur negara itu serta para pekerja dalam pabrik perusahaannya di dalam Shanghai.

Pujian ini dilontarkan merek lantaran mencapai tingkat produktivitas tertinggi secara global.

Sekarang, laporan Carscoops mengindikasikan bahwa perusahaan mobil listrik ini sedang bekerja untuk merelokasi pemasok yang mana menyokong pabrik Shanghai lebih tinggi dekat ke Amerika Serikat dengan mendirikan operasi di tempat Meksiko.

Namun, perusahaan mungkin saja mulai menghadapi perlawanan dari pemerintah Amerika, UAW, juga kelompok perdagangan yang dimaksud mewakili produsen suku cadang mobil Kanada.

Pihak barat pada waktu ini mencari cara untuk menghindari perusahaan China terlalu nyaman berekspansi ke Meksiko.

CEO SpaceX dan juga Tesla, Elon Musk. [Jim Watson/AFP]
CEO SpaceX juga Tesla, Elon Musk. [Jim Watson/AFP]

Terlepas dari kegelisahan sebelumnya menghadapi akses pembuat mobil China ke bursa AS, Musk dilaporkan sudah mengundang pemasok dari seluruh Pasifik ke Meksiko untuk menduplikasi rantai pasokan yang tersebut pada waktu ini digunakan pabrik Tesla di dalam Shanghai.

Langkah ini merupakan bagian dari inisiatif yang dimaksud tambahan besar untuk memproduksi EV yang digunakan lebih lanjut hemat biaya di dalam sebuah sarana dalam Nuevo Leon, Meksiko, yang selanjutnya akan melayani pabrik Tesla dalam Austin, Texas.

Namun, Tesla tidak satu-satunya pembuat mobil yang dimaksud mendapat faedah dari suku cadang yang digunakan bersumber dari sarana milik China dalam Meksiko, dikarenakan segmen bidang ini mengalami pertumbuhan nilai 15 persen pada tahun 2023.

Para ahli berpendapat bahwa logis bagi pembuat mobil Amerika untuk memanfaatkan rantai pasokan China yang mana sangat efisien dan juga hemat biaya.

Namun demikian, laporan terpisah dari pekan lalu menunjukkan bahwa Amerika Serikat ingin mengendalikan aliran hasil yang datang dari China melalui Meksiko.

Gedung Putih dilaporkan sedang mencari cara untuk memodifikasi tarif yang ada terhadap impor kendaraan buatan China, juga juga meninjau bagaimana hal itu dapat membatasi jumlah keseluruhan data yang dimaksud dikumpulkan oleh kendaraan China,.

Sebagai hasil dari perlawanan ini, perusahaan-perusahaan yang dimaksud berbasis di tempat China berlomba untuk memulai pembangunan diri merekan sebagai pemasok di area Meksiko.

Sebagai tanggapan, Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen pergi ke Meksiko pada bulan Desember untuk bekerja pada kesepakatan untuk menguatkan penyaringan penanaman modal asing Meksiko.

Redi Alamsyah

Di tengah derasnya arus informasi, saya berdiri sebagai seorang penulis artikel yang berupaya menyalurkan kata-kata ke dalam bentuk cerita, analisis, dan refleksi. Nama saya Redi Alamsyah, seorang penggali kata yang mencari makna di balik huruf dan kalimat. Bagi saya, menulis bukan hanya pekerjaan, melainkan sebuah perjalanan menuju pemahaman yang lebih dalam tentang dunia dan kehidupan.

Related Articles

Back to top button