Bisnis

Strategi SILO Memaksimalkan Unique Value Proposition Rumah Sakit

Resepmakanan.id – PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), anak bidang usaha PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) di dalam sektor layanan kesehatan, berazam meningkatkan layanan setiap kelas pasien dengan memfokuskan segmentasi rumah sakit. Strategi yang disebutkan sekaligus memaksimalkan Unique Value Proposition (UVP) masing-masing rumah sakit Siloam.

Seperti diketahui, SILO mengoperasikan 41 rumah sakit yang tersebut tersebar di area 28 kota, menjadi yang terbesar di tempat Indonesia dan juga mampu mencakup lebih banyak dari 50% populasi.

SILO juga menerapkan strategi pertumbuhan yang digunakan berkelanjutan juga manajemen yang sangat berkualitas juga fokus pada tata kelola perusahaan kemudian inisiatif keberlanjutan.

Salah satu strategi yang dimaksud diterapkan adalah SILO mengadopsi metode baru dalam mengklasifikasikan rumah sakit, yang didasarkan pada demografi pelanggan di masing-masing area rumah sakit atau menyesuaikan dengan segmentasi pelanggan.

“Dengan klasifikasi tersebut, SILO dapat menerapkan strategi industri yang berbeda sekaligus memaksimalkan UVP masing-masing rumah sakit,” kata Group ketua eksekutif LPKR sekaligus Komisaris Utama SILO John Riady, ditulis Hari Jumat (9/2/2024).

Secara garis besar, SILO mengelompokkan Rumah Sakit (RS) premium sebanyak 10 unit, value seeker hospitals sebayak 13 unit, lalu RS pelayanan BPJS sebanyak 18 unit. RS premium dibagi lagi menjadi grand deluxe dengan 2 unit, spesialis premium sebanyak 2 unit, dan general premium sebanyak 6 unit.

RS pada kelas grand deluxe memberikan layanan mewah, eksklusif, dan berfokus pada kenyamanan. UVP tipe RS ini ialah eksklusivitas, sanggup menjadi rujukan internasional, peralatan kelas atas, juga keutamaan kenyamanan pasien termasuk infrastruktur hingga makanan.

Selanjutnya, RS spesialis premium menawarkan layanan khusus dengan spesialisasi ahli sesuai bidangnya. RS menyedialan peralatan yang terbaik serta berinovasi di penanganan pasien. RS general premium juga mengedepankan layanan premium dengan waktu tunggu yang dimaksud tambahan singkat, serta infrastruktur pasien yang mana lebih lanjut baik serta peralatan yang digunakan modern.  

“Untuk value seeker hospitals, SILO mengedepankan layanan kebugaran yang dimaksud terjangkau bagi masyarakat kelas menengah sebagai mayoritas populasi pada Indonesia. Untuk RS pelayanan BPJS, SILO menyasar pasien BPJS Aspek Kesehatan yang tersebut belum mengambil asuransi swasta.” pungkas John.

Redi Alamsyah

Di tengah derasnya arus informasi, saya berdiri sebagai seorang penulis artikel yang berupaya menyalurkan kata-kata ke dalam bentuk cerita, analisis, dan refleksi. Nama saya Redi Alamsyah, seorang penggali kata yang mencari makna di balik huruf dan kalimat. Bagi saya, menulis bukan hanya pekerjaan, melainkan sebuah perjalanan menuju pemahaman yang lebih dalam tentang dunia dan kehidupan.

Related Articles

Back to top button