Teknologi

Strategi Indosat pada Transformatif dari Telco menjadi TechCo

Resepmakanan.id – Indosat Ooredoo Hutchison melakukan perubahan struktural dari Telco ke Techco.

Untuk meningkatkan kualitas layanan kemudian memperluas konektivitas dalam wilayah perdesaan, Indosat meningkatkan jumlah agregat BTS 4G sebesar 30,7 persen dibandingkan 2022.

Indosat mencatatakan pada saat ini mempunyai 179.000 sites BTS yang dimaksud tersebar pada seluruh Indonesia.

Indosat juga menyelesaikan proses integrasi jaringan pada lebih tinggi dari 46.000 sites belaka pada waktu satu tahun dengan menggunakan teknologi Multi-Operator Core Network (MOCN).

Dengan penerapan teknologi ini, seluruh pelanggan Indosat, baik IM3 maupun Tri, dapat merasakan jangkauan jaringan yang lebih besar luas.

Tidak cuma itu, kualitas layanan di area pada ruangan yang mana lebih lanjut baik, juga pengalaman internet yang tersebut lebih lanjut cepat hingga dua kali lipat.

Menara BTS. [Envato]
Menara BTS. [Envato]

Kecepatan unduh juga latensi lebih lanjut baik, meningkatkan pengalaman digital pelanggan untuk layanan utama seperti video streaming dan juga gaming.

Peningkatan kualitas layanan ini berkontribusi terhadap peningkatan trafik data yang tersebut kuat sebesar 14,8 persen dibandingkan periode 2022menjadi 14.417 Petabyte (PB).

Dalam kinerja perusahaan sepanjang 2023, belanja modal Indosat tercatat sebesar Rp12,7 triliun.

Sebagian besar digunakan untuk pengembangan perusahaan selular dan juga perluasan jangkauan jaringan hingga ke tempat perdesaan lalu terpencil.

Tidak cuma itu, perusahaan terus melakukan berbagai kerja sebanding strategis dengan berbagai mitra berskala global.

Mulai dari peluncuran pusat pameran inovasi, Indosat Marvelous Xperience (MX) Center, hingga kerja mirip strategis pada pengelolaan pusat data berteknologi tinggi.

Dalam perjalanan menuju perusahaan teknologi, Indosat juga terus mengembangkan layanan internet fixed broadband.

Termasuk melalui pembelian banyak pelanggan aset milik MNC Play pada rangka mempertegas langkahnya dalam perusahaan Home Broadband (HBB).

Perusahaan mencatatkan data kenaikan jumlah total pelanggan HBB menjadi 336,9 ribu di tempat akhir 2023.

Indosat mengumumkan kampanye Pesta Hadiah IM3 pada Awal Minggu (16/10/2023) di area Jakarta. Pelanggan dapat mendapatkan iPhone 14 Pro hingga Samsung Galaxy S23 Ultra gratis. [Suara.com/Dicky Prastya]
Ilustrasi Indosat . [Suara.com/Dicky Prastya]

Sedangkan pengguna berpartisipasi bulanan (Monthly Active Users/MAU) aplikasi mobile milik Indosat, myIM3 juga bima+ turut meningkat pesat sebanyak 8,6 jt YoY menjadi 37,7 jt pengguna.

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menegaskan peran strategis Indosat di menginisiasi pertumbuhan infrastruktur pusat data berbasis Artificial Intelligence (AI) dalam Indonesia.

Bersama mitra strategisnya, beliau menambahkan pada keterangan resminya, Kamis (8/2/2024), Indosat mempunyai tekad untuk memajukan Indonesia pada pengembangan Kecerdasan Buatan Cloud tingkat dunia.

“Dengan adopsi teknologi terbaru didukung kolaborasi dengan berbagai pihak yang tersebut didasari semangat gotong royong, kami akan melanjutkan perjalanan tanpa akhir kami pada mewujudkan tujuan besar Indosat untuk menghubungkan serta memberdayakan seluruh warga Indonesia dengan mengakselerasi perubahan struktural digital bangsa,” tutup Vikram.

Redi Alamsyah

Di tengah derasnya arus informasi, saya berdiri sebagai seorang penulis artikel yang berupaya menyalurkan kata-kata ke dalam bentuk cerita, analisis, dan refleksi. Nama saya Redi Alamsyah, seorang penggali kata yang mencari makna di balik huruf dan kalimat. Bagi saya, menulis bukan hanya pekerjaan, melainkan sebuah perjalanan menuju pemahaman yang lebih dalam tentang dunia dan kehidupan.

Related Articles

Back to top button