Lifestyle

Selain Foto Nyeleneh, Komeng Ternyata Nyaleg Tanpa Partai Politik: Memangnya Boleh?

Resepmakanan.id – Kemunculan foto komedian Komeng dalam jajaran surat kata-kata calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI sempat menjadi trending lalu perbincangan penduduk luas. Hal ini dikarenakan tidaklah banyak yang digunakan tahu kalau Komeng terlibat mencalonkan diri sebagai calon DPD RI di area Jawa Barat.

Hal yang membuatnya pencalonannya menjadi tersebar luas ini juga sebab fotonya yang mana mencolok dibandingkan caleg lainnya. Foto di dalam surat suaranya itu tampak unik dengan mata melotot lalu mulut terbuka alias mangap.

Bukan cuma itu, Komeng juga mencalonkan diri sebagai DPD RI manusia diri. Diketahui, ia mendaftar menjadi calon DPD RI ini tanpa adanya partai politik. Terlihat juga dari surat pengumuman pada bagian fotonya tidaklah memiliki warna identik partai urusan politik seperti calon lainnya.

Komeng ditemui di area kawasan Tendean, Jakarta, Hari Jumat (16/2/2024)[Suara.com/Adiyoga Priyambodo]
Komeng ditemui dalam kawasan Tendean, Jakarta, hari terakhir pekan (16/2/2024)[Suara.com/Adiyoga Priyambodo]

Terkait majunya Komeng tanpa partai kebijakan pemerintah ini juga menjadi pertanyaan. Beberapa warganet bertanya-tanya apakah sebenarnya diperbolehkan menjadi caleg tanpa adanya partai politik. Lantas bagaimana hukumnya?

Mengutip Hukum Online, pada pasal 240 ayat (1) huruf n UU 7/2017 menyebutkan bahwa akan segera calon anggota DPR, DPRD provinsi, kemudian DPRD kabupaten/kota harus menjadi anggota partai kebijakan pemerintah partisipan pemilu. Oleh sebab itu, akan segera calon anggota DPR bukan diperbolehkan untuk mencalonkan diri secara independen tetapi harus melintasi partai politik.

Namun, hal ini berbeda apabila sosok yang disebutkan mendaftarkan dri sebagai anggota DPD. Pasalnya, akan segera calon anggota DPD harus mencalonkan diri secara perseorangan atau independen. Hal yang disebutkan sebagaimana diatur pada Pasal 1 hitungan 27 UU 7/2017 sebagaimana disebutkan di area atas.

Hal ini juga sudah dijelaskan pada Pasal 1 hitungan 27 UU 7/2017 menyatakan sebagai berikut.

“Peserta Pemilihan Umum adalah partai urusan politik untuk pemilihan anggota DPR, anggota DPRD provinsi, anggota DPRD kabupaten/kota, perseorangan untuk Pemilihan Umum anggota DPD, lalu pasangan calon yang tersebut diusulkan oleh partai urusan politik atau gabungan partai kebijakan pemerintah untuk Pemilihan Umum Presiden juga Wakil Presiden.”

Dengan demikian, mencalonkan diri tanpa partai kebijakan pemerintah seperti Komeng diperbolehkan selama memenuhi persyaratan yang mana berlaku. Sama halnya dengan foto nyeleneh yang dimaksud dilakukannya. Komeng mengaku, dirinya sudah ada memohonkan izin dan juga mengonfirmasi kalau fotonya tidaklah menjadi masalah.

“Saya bilang, ‘ini gue melanggar nggak nih? Salah nggak?’, (kata petugas) ‘nggak sih pak, nggak ada peraturannya kayak begini, kalau abang begini, nggak masalah’, katanya begitu, hahaha,” pungkasnya.

Redi Alamsyah

Di tengah derasnya arus informasi, saya berdiri sebagai seorang penulis artikel yang berupaya menyalurkan kata-kata ke dalam bentuk cerita, analisis, dan refleksi. Nama saya Redi Alamsyah, seorang penggali kata yang mencari makna di balik huruf dan kalimat. Bagi saya, menulis bukan hanya pekerjaan, melainkan sebuah perjalanan menuju pemahaman yang lebih dalam tentang dunia dan kehidupan.

Related Articles

Back to top button