Bisnis

Rupiah Terjungkal! Inflasi Negara Adidaya Ini adalah Jadi Biang Kerok

Resepmakanan.id – Pada akhir perdagangan Kamis, nilai tukar rupiah terhadap dolar Negeri Paman Sam mengalami penurunan oleh sebab itu data pemuaian Amerika Serikat (AS) yang digunakan melebihi perkiraan. Rupiah ditutup dengan penurunan 19 poin atau 0,12 persen menjadi Rp15.623 per dolar Amerika Serikat dari sebelumnya Rp15.604 per dolar AS.

“Nilai tukar rupiah masih akan terpengaruh dengan sentimen eksternal di area mana kesempatan penurunan suku bunga Amerika Serikat kembali tertahan pasca data inflasinya per Januari 2024 kembali dirilis di area berhadapan dengan ekspektasi pasar,” kata analis pangsa uang Bank Mandiri Reny Eka Putri pada Kamis (15/2/2024).

Reny menjelaskan bahwa kenaikan harga inti Amerika Serikat (AS) masih tetap saja tinggi, sehingga indeks dolar Negeri Paman Sam kembali ke kisaran 104-105. Menguatkan indeks yang dimaksud menunjukkan bahwa dolar Amerika Serikat menguat terhadap mata uang utama lainnya serta masih memberikan tekanan terhadap rupiah.

Departemen Tenaga Kerja Negeri Paman Sam melaporkan bahwa indeks nilai konsumen (consumer price index) Amerika Serikat naik sebesar 3,1 persen dari tahun sebelumnya pada bulan Januari, sedikit turun dari bilangan bulat 3,4 persen dalam bulan Desember. Meskipun demikian, pertumbuhan yang disebutkan masih di tempat berhadapan dengan perkiraan para ekonom yang digunakan sebesar 2,9 persen.

Data pemuaian yang digunakan tambahan tinggi dari perkiraan yang disebutkan menghasilkan kemungkinan penurunan suku bunga Federal Reserve pada bulan Maret menjadi hilang. Analis menyatakan bahwa lingkungan ekonomi keuangan Negeri Paman Sam sedang beradaptasi dengan tingkat suku bunga Negeri Paman Sam yang tersebut lebih besar tinggi pada jangka waktu yang digunakan lebih banyak panjang.

Sementara terkait pemilihan umum (Pemilu) RI yang dimaksud diadakan pada 14 Februari 2024, pada waktu ini pelaku lingkungan ekonomi menantikan hasil real count, meskipun telah tampak dominasi salah satu pasangan calon Presiden kemudian Wakil Presiden RI yang dimaksud unggul di hasil hitung cepat (quick count).

Hasil hitung cepat banyak lembaga survei termasuk dari Charta Politika Indonesia serta Lembaga Survei KedaiKOPI pada Rabu (14/2) menyatakan pasangan calon presiden dan juga delegasi presiden Prabowo Subianto juga Gibran Rakabuming Raka unggul.

“Diharapkan jikalau pilpres dinilai berhasil dengan satu putaran, kepastian urusan politik juga akan lebih banyak jelas dan juga dapat menjadi sentimen positif bagi pasar,” ujar Reny, diambil dari Antara.

Sementara Kurs DKI Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Kamis merosot ke level Rp15.606 per dolar Negeri Paman Sam dari sebelumnya Rp15.585 per dolar AS.

Redi Alamsyah

Di tengah derasnya arus informasi, saya berdiri sebagai seorang penulis artikel yang berupaya menyalurkan kata-kata ke dalam bentuk cerita, analisis, dan refleksi. Nama saya Redi Alamsyah, seorang penggali kata yang mencari makna di balik huruf dan kalimat. Bagi saya, menulis bukan hanya pekerjaan, melainkan sebuah perjalanan menuju pemahaman yang lebih dalam tentang dunia dan kehidupan.

Related Articles

Back to top button