Lifestyle

Riwayat Pendidikan Rektor ITB Reini Wirahadikusumah, Kini Didemo Mahasiswa Perkara UKT

Resepmakanan.id – Sosok Rektor ITB Reini Djuhraeni Wirahadikusumah menjadi sorotan belakangan ini dikarenakan kebijakannya terkait pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT). Kebijakan yang dimaksud menawarkan pembayaran biaya kuliah semesteran dalam Institut Teknologi Bandung (ITB) melalui cicilan.

Dalam pamflet yang dimaksud beredar, terdapat informasi mengenai cicilan yang mana bisa saja diambil selama 6 sampai 12 bulan. Lalu, ditulis juga bahwa pengajuan tanpa DP dan juga jaminan apapun.

ITB juga menyediakan simulasi pembayaran cicilan, apabila mengajukan biaya sekolah sebesar Rp12.500.000 di 12 bulan, maka setiap bulan peserta didik dapat mencicil Rp1.291.667. Akibatnya, sekarang tagar #MakzulkanReini pun mencuat. Ia didemo sebab kebijakannya tersebut. 

Reini Djuhraeni Wirahadikusumah lahir pada 25 Oktober 1968. Ia menjadi Rektor ITB untuk periode 2020-2025 untuk menggantikan Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA. Ia merupakan rektor perempuan pertama di dalam ITB sejak kampus yang disebutkan dibuka pada tahun 1920 silam.

Reini masuk di rute sejarah kepemimpinan ITB sebagai rektor ketujuh belas ITB atau rektor ketiga puluh tiga Kampus Ganesha sejak TH Bandung dibangun.

Lantas, seperti apakah riwayat sekolah Rektor ITB Reini Wirahadikusumah, didemo peserta didik gegara UKT? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Reini menjalani institusi belajar sarjana di dalam kegiatan studi Teknik Sipil, Institut Teknologi Bandung pada 1986 hingga 1991 dan juga meraih gelar kejuaraan Insinyur.

Ia kemudian mendapatkan penghargaan Master of Science in Civil Engineering (MSCE – S2) dari Purdue University, West Lafayette, Indiana, Amerika Serikat pada 1996. Pada tahun 1999, Reini mendapatkan penghargaan Ph.D. in Civil Engineering (Doktor – S3) dari universitas yang sama.

Reini Wirahadikusumah berkarier sebagai dosen dan juga Guru Besar Grup Keahlian Manajemen lalu Rekayasa Konstruksi, Fakultas Teknik Sipil kemudian Lingkungan (FTSL), Head of Construction Engineering Management Research Group, ITB pada tahun 2016-2019

Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Secretary for Construction and Engineering Division, The Institution of Engineers Indonesia (Persatuan Insinyur Indonesia – PII) kemudian beberapa jabatan lainnya.

Terpilih Jadi Rektor

Pada 2019, ITB melaksanakan proses pemilihan rektor yang mana dilaksanakan oleh MWA ITB. Pendaftaran calon Rektor ITB untuk periode 2020-2025 dimulai pada tanggal 5-30 Agustus 2019 dengan 34 pendaftar, 5 dalam antaranya merupakan kandidat perempuan. Reini terpilih menjadi salah satu dari 3 Calon Rektor bersatu dengan Jaka Sembiring, lalu Kadarsah Suryadi.

Pada tahun 2020, Reini terpilih menjadi rektor ITB. Reini dilantik oleh Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) ITB sebagai Rektor ITB untuk periode 2020-2025 melalui Sidang Terbuka MWA ITB di area Aula Barat ITB, Jalan Ganesha, Bandung.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

(Sumber: Suara.com)

Redi Alamsyah

Di tengah derasnya arus informasi, saya berdiri sebagai seorang penulis artikel yang berupaya menyalurkan kata-kata ke dalam bentuk cerita, analisis, dan refleksi. Nama saya Redi Alamsyah, seorang penggali kata yang mencari makna di balik huruf dan kalimat. Bagi saya, menulis bukan hanya pekerjaan, melainkan sebuah perjalanan menuju pemahaman yang lebih dalam tentang dunia dan kehidupan.

Related Articles

Back to top button