4 Resep Tongseng Kambing Sederhana dan Empuk

Resep Tongseng Kambing

Resepmakanan.id – Resep tongseng kambing yang lezat dan gurih memang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Sebenarnya tongseng kambing hampir sama seperti gulai kambing, namun bumbu rempah yang digunakan untuk membuat tongseng jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan gulai kambing.

Untuk jenis tongseng kambing yang banyak beredar di masyarakat adalah tongseng kambing santan dan tongseng kambing tanpa santan. Pada hari raya Idul Adha biasanya daging kambing dimasak dengan berbagai olahan agar rasanya lebih nikmat, bisa dibuat gulai kambing ataupun tongseng kambing.

Resep tongseng kambing juga banyak terdapat di warung makan dan juga restoran-restoran besar. Untuk menghilangkan rasa prengus dari daging kambing juga digunakan cara khusus dalam memasaknya. Berikut ini langkah-langkah membuat tongseng kambing yang lezat dan mudah.

Resep Tongseng Kambing Santan

tongseng kambing

Resep tongseng kambing santan ini memiliki rasa yang sangat lezat dan gurih. Dengan memasak tongseng kambing di rumah pasti semua anggota keluarga akan menyukainya. Rasanya yang kaya rempah akan membuat selera makan menjadi bertambah.

Santan yang ada pada tongseng kambing santan ini membuatnya menjadi lebih gurih dan sangat cocok digunakan sebagai lauk yang lezat dan bergizi. Berikut ini langkah-langkah membuat tongseng kambing santan yang mudah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Daging kambing 150 gram
– Air santan 500 cc
– Serai 2 batang, geprek dan buat tali simpul
– Daun salam 2 lembar
– Lengkuas 3 potong
– Minyak goreng 2 sdm
– Kecap manis 1 sdm
– Gula pasir 1 sdt
– Lada bubuk ¼ sdt
– Cabai rawit merah 5 biji
– Tomat 2 buah, potong dadu agak besar
– Kol 100 gram, potong kecil-kecil
– Daun bawang 1 batang
– Bawang goreng 1 sdm

Bumbu halus:
– Bawang merah 3 siung
– Bawang putih 3 siung
– Kemiri 1 buah, disangrai
– Kunyit bakar 1 ruas
– Jahe geprek 1 ruas
– Garam 1 sdt

Langkah-langkah membuat tongseng kambing santan:
– Langkah yang pertama untuk bahannya, cuci bersih semua sayuran yang meliputi tomat, kol, dan daun bawang lalu potong-potong. Kemudian haluskan semua bumbu halusnya yaitu kemiri dan ketumbar yang sebelumnya sudah disangrai terlebih dahulu. Bakar kunyit kemudian haluskan bersama dengan bumbu halus.
– Langkah berikutnya rebus daging kambing sampai matang. Air rebusan daging kambing tersebut bisa dipakai, sisihkan terlebih dahulu. Agar lebih cepat bisa menggunakan daging kambing yang sudah dipotong tipis-tipis, sehingga bisa langsung dimasukkan tanpa direbus terlebih dahulu.
– Kemudian siapkan wajan dan masukkan minyak goreng untuk menumis. Jika sudah panas, masukkan bumbu halus, serai, lengkuas, dan daun salam. Tumis hingga layu dan berbau harum.
– Selanjutnya, masukkan santan dan daging kambing, aduk-aduk hingga bumbunya tercampur. Lalu tambahkan gula, lada, dan cabai yang masih utuh. Aduk-aduk dan masak hingga mendidih, lalu tambahkan tomat, kol, dan kecap manis. Aduk-aduk hingga merata.
– Jika sudah mendidih lagi masukkan potongan daun bawang. Lakukan tes rasa, jika sudah pas taruh tongseng kambing santan di mangkuk saji.
– Tongseng kambing santan siap untuk disajikan.

Resep tongseng kambing santan ini sangat mudah untuk dibuat. Bagi Anda yang belum terbiasa membuat masakan yang kaya rempah bisa mengikuti langkah-langkah di atas. Untuk ukuran bumbunya bisa Anda sesuaikan dengan selera masing-masing. Selain tongseng kambing santan, resep tongseng lain yang tidak kalah lezat ada tongseng kambing nanas.

<

Tongseng Kambing Nanas

tongseng kambing

Resep tongseng kambing nanas memiliki perpaduan rasa yang lezat sekaligus unik. Tambahan nanas pada bahan yang digunakan menjadikan rasa tongseng berbeda dari jenis tongseng lainnya.

Pastinya rasa tongseng kambing nanas ini lebih segar dan unik dari jenis tongseng biasanya. Berikut ini langkah-langkah membuat tongseng kambing nanas yang lezat dan mudah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Daging kambing 1 kg
– Nanas 1 potong, diparut
– Garam secukupnya

Bumbu halus:
– Bawang merah 8 siung
– Bawang putih 6 siung
– Cabai merah keriting 5 buah
– Kemiri 2 buah, disangrai
– Ketumbar bubuk ½ sdt
– Pala bubuk ½ sdt
– Kunyit 1 ruas
– Jahe 1 ruas
– Jintan secukupnya
– Minyak goreng
– Air
– Garam secukupnya
– Merica

Bumbu tumis:
– Lengkuas 1 ruas
– Serai 2 batang
– Daun salam 3 lembar
– Daun jeruk 2 lembar
– Kayu manis 2 batang
– Cengkeh 4 buah
– Kapulaga 5 buah
– Bunga pekak 2 buah
– Santan kara 1 bungkus
– Air 1 liter

Pelengkap:
– Kol
– Tomat hijau dan merah, diiris
– Daun bawang
– Kecap
– Cabai rawit merah

Langkah-langkah membuat tongseng kambing nanas:
– Langkah yang pertama potong daging kambing menjadi bentuk dadu, lalu tambahkan nanas parut dan garam. Selanjutnya simpan di lemari es kurang lebih dua jam.
– Langkah berikutnya haluskan bumbu halus hingga benar-benar halus.
– Kemudian panaskan minyak dan tumis terlebih dahulu bumbu tumislantas jangan lupa tambahkan bumbu halus, lalu tumis hingga benar-benar matang. Masukkan air, santan, garam, dan merica. Masak sampai mendidih.
– Langkah berikutnya saring kuah gulai agar lebih bersih. Lalu sisihkan.
– Kemudian panaskan minyak dengan wajan dan tumis daging kambing sampai warnanya berubah. Tambahkan kuah gulai yang tadi sudah disaring dan tambahkan bahan pelengkap. Aduk-aduk hingga kol dan tomatnya layu. Lakukan uji rasa.
– Jika rasanya sudah pas segera angkat dan sajikan tongseng kambing nanas dengan kerupuk, nasi panas, dan acar mentimun.

Resep tongseng kambing nanas ini memiliki rasa yang sangat lezat dan gurih. Sangat cocok digunakan sebagai lauk saat makan bersama keluarga tercinta. Sajikan bersama minuman segar seperti jus dan sebagainya agar rasanya lebih nikmat. Selain tongseng kambing nanas, Anda juga bisa membuat tongseng kambing tanpa santan yang tidak kalah lezat.

Tongseng Kambing Tanpa Santan>tongseng kambing tanpa santan

Resep tongseng kambing tanpa santan bisa Anda pilih jika tidak menyukai jenis makanan yang menggunakan santan. Bagi Anda yang ingin membuat jenis tongseng kambing yang berbeda juga bisa mencoba membuat tongseng kambing tanpa santan ini. Berikut ini langkah-langkah membuat tongseng kambing tanpa santan yang mudah di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Daging kambing ¼ kg
– Jeruk nipis 1 buah
– Kol ukuran sedang 1 buah
– Tomat hijau 3 buah, potong dadu
– Jahe 1 ruas, digeprek
– Lengkuas ½ ruas, digeprek
– Daun jeruk 2 lembar
– Sereh 1 batang, digeprek
– Kecap manis 5 sdm
– Garam
– Air
– Minyak sayur
– Kaldu sapi

Bumbu halus:
– Bawang merah siung
– Bawang putih 4 siung
– Kunyit ½ ruas
– Lada halus 1 sdt
– Cabai rawit dan cabai merah

Langkah-langkah membuat tongseng kambing tanpa santan:
– Langkah yang pertama bersihkan daging kambing dan beri perasan jeruk nipis. Buang lemak yang ada pada daging kambing, lalu rebus hingga keluar busa pada air rebusan. Buang air rebusan tersebut dan sisihkan daging kambingnya.
– Kemudian tumis bumbu halus dan tambahkan lengkuas, jahe, sereh, dan daun jeruk. Tumis bumbu tersebut hingga harum lalu tambahkan air sesuai dengan selera untuk kuah.
– Langkah berikutnya masukkan daging kambing dan 1 ½ buah tomat yang sebelumnya sudah dipotong dadu pada saat air sudah mendidih. Lalu tambahkan kecap manis dan garam kaldu. Masak hingga daging kambing empuk dan kuahnya tinggal sedikit. Jika sudah mengering bisa tambahkan air lagi dan masak hingga mendidih. Lakukan uji rasa.
– Apabila sudah matang, matikan api dan tambahkan irisan kol dan sisa potongan tomat.
– Tongseng kambing tanpa santan siap untuk disajikan.

Resep tongseng kambing tanpa santan ini memiliki rasa yang lebih segar, sangat cocok bagi Anda yang tidak suka dengan masakan bersantan. Selain tongseng kambing tanpa santan, jenis tongseng lainnya yang tidak kalah lezat ada tongseng kambing jeroan.

Ton

Tongseng Kambing Jeroan

g class="aligncenter" src="http://cdn2.tstatic.net/surabaya/foto/bank/images/1206tongseng-kambing.jpg" alt="Resep Tongseng Kambing jeroan" width="700" height="393" />

Resep tongseng kambing jeroan juga memiliki rasa yang sangat lezat. Terlebih lagi dengan adanya tambahan jeroan yang membuat rasanya lebih cocok digunakan sebagai lauk sehari-hari.

Dengan menu tongseng yang beragam ini membuat suasana makan bersama dengan keluarga menjadi lebih menyenangkan. Berikut ini langkah-langkah membuat tongseng kambing jeroan yang nikmat dan mudah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Daging kambing campur jeroan ¼ kg
– Cabai rawit merah 10 buah
– Cabai merah besar 5 buah
– Bawang merah 4 siung
– Bawang putih 5 siung
– Merica
– Kemiri
– Kapulaga secukupnya
– Kayu manis secukupnya
– Jinten secukupnya
– Cengkih secukupnya
– Jahe 1 ruas
– Laos 1 ruas
– Serai 1 batang
– Daun salam
– Daun jeruk
– Santan kara
– Gula pasir
– Royko sapi

Langkah-langkah membuat tongseng kambing jeroan:
– Langkah yang pertama rebus daging kambing hingga lunak. Sambil menunggu daging kambing empuk, blender bumbu-bumbu yang sudah disiapkan hingga halus.
– Kemudian panaskan minyak dan tumis bumbunya hingga matang. Lalu masukkan serai yang sudah digeprek, daun jeruk, dan daun salam. Jika sudah layu tambahkan daging kambingnya dan beri air, gula pasir, dan royco. Lakukan koreksi rasa.
– Selanjutnya tutup sebentar dan biarkan bumbunya meresap di daging kambing. Setelah bumbunya meresap masukkan santan dan aduk-aduk agar santannya tidak pecah.
– Lakukan koreksi rasa lagi dan aduk-aduk terus hingga mendidih. Jika sudah mendidih segera angkat dan tongseng kambing jeroan siap untuk disajikan.

Cara membuat tongseng kambing jeroan ini bisa Anda lakukan di rumah dengan mudah. Bumbu-bumbu yang digunakan juga tidak terlalu banyak, bahkan bisa Anda temukan dengan mudah di sekitar rumah. Tongseng kambing jeroan menjadikan rasa tongseng yang biasanya hanya terdiri dari daging saja lebih bervariasi.

Itulah beberapa resep tongseng kambing yang memiliki rasa lezat dan mudah untuk dibuat. Tongseng kambing yang lezat pasti akan disukai oleh siapa saja yang memakannya. Resep-resep tadi bisa Anda pilih sesuai dengan selera dan keinginan masing-masing.

Komentar Disini