4 Resep Semur Ayam Ide Menarik Bagi Hobi Memasak

Resep Semur Ayam
Image by: BBC

Resepmakanan.ID – Resep semur ayam – Berbicara mengenai resep makanan memang tiada habisnya. Selalu muncul resep terbaru yang mampu membuat siapapun merasa tertarik. Kali ini kita pun akan membahas tentang resep semur ayam.

Dimana resep tersebut hadir dalam berbagai macam variasinya. Dari segi cita rasa tentunya lezat serta nikmat sehingga mampu menggugah selera makan. Dari pada harus membeli olahan semur ayam diluar pastinya akan lebih berhemat jika bisa memasak sendiri di rumah.

Kali ini sudah tersedia beberapa resep semur ayam yang patut anda coba. Tak bisa dipungkiri lagi jika hidangan tersebut memang sudah familiar sekali ditengah masyarakat. Tak heran banyak dari mereka suka dengan olahan tersebut. Inilah beberapa rekomendasi resep yang patut anda coba untuk olahan semur ayam. Di antaranya:

Daftar Isi

Resep Semur Ayam Bali

figure style="width: 826px" class="wp-caption aligncenter">resep semur ayam
image by: sndimg.com

Meskipun sudah banyak restoran yang telah menyajikan menu masakan ini. Hanya saja olahan semur ayam Bali ini mampu membuat siapapun menjadi tertarik. Bahan maupun bumbu yang perlu dipersiapkan sebelum memasak begitu mudah didapatkan. Sehingga proses memasak bisa berjalan dengan lancar. Sebaiknya anda menyimak langkah mudah pembuatannya berikut ini.

Bahan yang dibutuhkan:
– Daging ayam 1 kg potong
– Tahu 7 buah potong dadu
– Bumbu halus (jahe, kemiri maupun lengkuas) secukupnya
– Daun jeruk nipis 2 lembar
– Daun bawang 1 batang
– Daun seledri 1 batang
– Jeruk nipis 1 buah
– Air asam jawa seperlunya
– Saus tiram 1 sendok teh
– Kecap bango secukupnya
– Lada bubuk 1 sendok teh
– Minyak goring secukupnya
– Kapulaga, cengkeh dan kayu manis secukupnya
– Air putih secukupnya
– Bunga lawang 1 biji
– Garam secukupnya

Langkah mudah memasak ayam semur Bali:
1. Bersihkan terlebih dahulu daging ayam kemudian potong sesuai selera.
2. Daging ayam dan tahu bisa digoreng hingga matang. Kemudian tiriskan saja kedua bahan ini.
3. Kini anda bisa menuangkan minyak goreng dalam wajan lalu tumis bumbu halus dan bumbu sambalnya.
4. Jika anda sudah mencium bau harum maka anda bisa masukkan air asam jawa, air jeruk nipis, daun jeruk sekaligus bumbu rempah yang lain. Jangan lupa juga menambahkan lada bubuk, air, garam, kecap sekaligus saus tiram.
5. Masukkan daging ayam maupun tahu yang tadinya sudah ditiriskan sebelumnya. Jangan sampai lupa juga tambahkan bawang bombay supaya semur ayam ini terasa lebih lezat.
6. Aduk saja semua bahan hingga bumbunya ini meresap. Kemudian tiriskan dan jangan lupa menambahkan taburan daun bawang, bawang goreng sekaligus daun seledri.
7. Kini masakan semur ayam Bali siap anda sajikan.

Kini kelezatan masakan semur ayam khas Bali menarik untuk dicoba. Dimana bumbunya bisa meresap hingga rasa lezat pun bisa kita dapatkan. Paling nikmat jika anda menyantapnya bersamaan dengan nasi yang hangat.

Resep Semur Ayam Kecap Bangofigure style="width: 1400px" class="wp-caption aligncenter">resep semur ayam
image by: tesco.com

Bukan hanya semur ayam Bali saja yang menarik untuk dicoba. Namun kenyataannya semur ayam kecap bango ini juga memiliki cita rasa yang menggugah selera. Terlebih bahan yang dibutuhkan mudah sekali untuk anda dapatkan. Kini anda bisa mencoba membuat masakan ini dengan resep berikut.

Bahan yang diperlukan:
– Daging ayam 1 kg bersihkan terlebih dahulu kemudian potong saja menjadi 6 bagian.
– Kentang 3 buah kupas kemudian potong dadu.
– Serai 1 batang memarkan.
– Kecap bango manis 2 sachet
– Royco rasa ayam 1 bungkus
– Kelapa parut 1 butir
– Merica putih bubuk 1 sendok teh
– Garam beryodium 1 sendok teh
– Air 1 liter
– Minyak 3 sendok makan
– Bawang merah 2 sendok makan

Bumbu yang perlu dihaluskan:
– Bawang merah 5 siung
– Bawang putih 5 siung
– Jahe 2 cm kupas terlebih dulu
Langkah mudah membuat semur ayam kecap bango:
1. Daging ayam beserta kentang digoreng terlebih dahulu. Selanjutnya tiriskan kedua bahan tadi.
2. Bumbu yang tadinya sudah anda haluskan kini bisa ditumis. Jangan lupa juga tambahkan serai 1 batang supaya aroma masakan semur ayam kecap bango tercium harum. Masukkan pula ayam kemudian aduk hingga bumbu benar meresap kedalamnya.
3. Apabila bumbu sudah meresap dalam daging ayam. Sebaiknya anda tambah dengan kentang yang tadinya sudah digoreng. Jangan sampai lupa juga menambahkan royco ayam, kecap manis bango, garam, merica beserta air secukupnya. Kemudian aduk saja sampai bumbunya bisa tercampur rata.
4. Kini api bisa anda kecilkan menjadi nyala api sedang kemudian tunggulah sampai kuah semur ini bisa mengental.
5. Ketika kuah sudah semakin mengental, anda bisa tembahkan taburan bawang goreng. Aaduklah hingga semuanya tercampur rata.
6. Sekarang anda sudah bisa hidangkan semur ayam kecap bango.

Betapa nikmatnya masakan semur ayam kecap yang satu ini. Pastinya anda kini bisa membuat masakan tersebut berkat adanya resep praktis pembuatan semur ayam kecap. Semoga saja anda mampu mencicipi olahan masakan semur buatan sendiri.

Resep Semur Ayam Tahu Pedasfigure style="width: 920px" class="wp-caption aligncenter">resep semur ayam
image by: timeincuk.net

Memang banyak sekali inspirasi resep semur ayam yang patut anda coba. Kali ini kreasinya menggunakan tambahan bahan tahu dengan cita rasa masakan yang cukup pedas. Tentunya cara pembuatan juga tidak kalah mudah dengan menu semur ayam yang lainnya. Jika memang anda berencana untuk membuat semur ayam tahu pedas. Ada baiknya anda mengikuti resep semur ayam yang satu ini.

Bahan yang diperlukan:
– Daging ayam 500 gram cuci sampai bersih
– Kecap manis bango 5 sendok makan
– Daun bawang 2 batang
– Minyak goreng 5 sendok makan
– Tahu putih 6 buah potong dadu
– Jahe 1 ruas memarkan
– Cabai merah 2 buah iris miring
– Gula pasir 1 sendok teh
– Air putih 300 ml
– Royco ayam 1 sendok teh

Bumbu yang perlu dihaluskan:
– Bawang merah 5 siung kupas
– Bawang putih 4 siung kupas
– Merica bubuk
– Cabai merah 3 buah
– Biji pala secukupnya
– Kemiri 3 buah sangrai

Langkah mudah membuat semur ayam tahu pedas:
1. Ketika semua bahan sudah anda persiapkan, kini anda bisa mencuci bersih daging ayam. Selanjutnya lumuri daging menggunakan bubuk merica sekaligus garam. Lalu diamakan dalam kurun waktu 15 menit saja.
2. Jika memang sudah 15 menit kini anda bisa menggoreng daging ayam sampai berwarna kecoklatan. Selanjutnya goreng tahu yang tadinya sudah anda potong hingga matang.
3. Bumbu yang sudah dihaluskan kini bisa ditumis. Tumis saja sampai baunya harum kemudian masukkan garam, kecap bango, royco sekaligus gula pasir secukupnya saja. Aduk semua bumbunya hingga rata dan jangan lupa menambahkan air. Tunggu saja hingga airnya ini bisa mendidih.
4. Apabila airnya sudah mendidih tentunya anda bisa masukkan tahu sekaligus daging ayam. Masak saja kedua bahan ini sampai benar empuk. Jangan lupa menambahkan irisan cabai merah besar sekaligus daun bawang. Selanjutnya aduk sampai tercampur rata.
5. Apabila bumbu sudah rata dan mampu menyatu bersama dengan tahu dan daging ayam. Sekarang anda pun bisa angkat dan sajikan pada piring saji. Jangan lupa menaburinya dengan bawang goreng.
6. Semur ayam tahu cita rasa pedas sudah siap disajikan.

Buat anda yang suka dengan masakan pedas pastinya bisa mencoba resep semur ayam ini. Dimana bahan dan bumbu yang dibutuhkan begitu mudah didapatkan. Jadi siapapun bisa memasak dengan lancar tanpa gangguan apapun. Terlebih lagi langkah cara pembuatannya juga praktis dan mudah sekali.

Resep Semur Ayam Betawifigure style="width: 826px" class="wp-caption aligncenter">resep semur ayam
image by: sndimg.com

Kali ini anda bisa mencoba resep semur ayam Betawi yang tak kalah nikmat dengan masakan yang lain. Ciri dari masakan ini ternyata bisa kita lihat dari kuahnya yang terbilang kental. Apalagi bahan yang dibutuhkan juga mudah didapatkan. Dari pada merasa penasaran sebaiknya anda ikuti langkah pembuatannya berikut ini.

Bahan yang diperlukan:
– Paha ayam 7 potong bersihkan
– Kentang 3 buah kupas dan potong bentuk dadu

Bumbu semur ayam khas Betawi:
– Bawang merah 8 siung
– Bawang putih 4 siung
– Kemiri 3 butir
– Ketumbar 1 sendok teh
– Jahe 1 cm

Bumbu pelengkapnya:
– Serai 1 batang geprek
– Pala bubuk 1 sendok teh
– Cengkeh 4 batang
– Kayu manis bubuk secukupnya
– Garam secukupnya
– Gula pasir secukupnya
– Kecap manis 10 sendok makan
– Merica bubuk secukupnya
– Kaldu ayam

Cara praktis membuat masakan semur ayam Betawi:
1. Persiapkan terlebih dahulu wajan kemudian tuangkan saja minyak goreng dan tunggu hingga panas. Jika memang dirasa sudah panas selanjutnya tumis bumbu yang telah dihaluskan. Jangan sampai lupa juga mengaduk bumbunya hingga berbau harum.
2. Masukkan saa kentang, ayam sekaligus bahan pelengkap yang lain.
3. Kini semua bahan pun bisa anda aduk sampai benar tercampur rata dan ayam juga bisa matang. Jangan lupa pastikan juga kentangnya lunak.
4. Jika memang daging ayam telah matang dan kentang pun juga lunak sebaiknya angkat kemudian tiriskan.
5. Sekarang anda sudah bisa menyajikan olahan semur ayam Betawi.

Dari beberapa resep semur ayam yang sudah tersedia ini semoga saja mampu membuat anda tertarik untuk memasak sendiri di rumah. Dari pada harus membeli pastinya lebih berhemat jika anda mampu membuat sendiri. Nikmati saja olahan masakan semur ayam sesuai dengan selera.

Komentar Disini