3 Resep Sayur Daun Singkong Lezat dan Menggugah Selera

Resepmakanan.ID – Resep Sayur Daun Singkong – Sekarang ini berbagai macam bahan memang lezat jika diolah dengan bumbu yang tepat. Salah satu bahan yang bias anda olah yakni daun singkong.

Dimana daun singkong yang kelihatannya sederhana mampu anda olah selezat mungkin. Bahkan olahan tersebut bisa membuat banyak orang merasa ketagihan dengan cita rasanya.

Kebanyakan orang lebih suka memasak daun singkong dengan santan. Padahal kini sudah tersedia beberapa pilihan resep sayur daun singkong paling lezat dan mampu menggugah selera makan.

Sayur singkong paling nikmat jika anda masak dengan cita rasa pedas. Dimana hal ini mampu membuat siapapun merasa ketagihan. Ternyata bukan hanya rasa pedasnya saja tetapi rasa gurih pun hadir dari kuah santan.

Mungkin anda merasa penasaran dengan beragam resep sayur singkong saat ini. Dari pada masih merasa kebingungan ketika ingin memasaknya. Alangkah baiknya simak uraian berikut ini.

Resep Daun Sayur Singkong Kuah Santan

resep sayur singkong
image by: cookpad.com

Jika anda mempunyai daun singkong pada kebun anda sebaiknya olah menjadi masakan lezat dan nikmat. Dimana kali ini anda mampu menggunakan resep paling praktis yang satu ini. Jika memang penasaran sebaiknya menyimak uraiannya.

Bahan yang dibutuhkan:
– Daun singkong 1 ikat
– Santan 65 ml
– Air matang

Bumbu yang perlu dihaluskan:
– Bawang merah 4 siung
– Bawang putih 3 siung
– Cabai rawit 5 buah potong sesuai keinginan
– Ketumbar 1 sdt
– Ebi 1sdt
– Kemiri 5 buah pecahkan
– Kunyit 3 cm geprek halus

Bumbu pelengkapnya:
– Serai 1 batang geprek
– Daun salam 2 lembar
– Lengkuas 2 cm geprek halus

Langkah praktis memasak sayur singkong kuah santan
1. Daun singkong pisahkan saja dari batangnya kemudian rendam dalam air bersih. Apabila sudah bersih sebaiknya tumbuk perlahan namun jangan sampai hancur.
2. Rebuslah air matang seperlunya kemudian tunggu sampai mendidih. Cuci saja sayuran sampai benar bersih lalu haluskan bumbu halusnya tadi.
3. Masukkan saja bumbu yang tadinya sudah digeprek bersamaan dalam air yang telah mendidih.
4. Tambahkan pula daun singkong lalu kompor pun dinyalakan dan taburkan garamnya secukupnya. Tunggu saja sampai daun terlihat cukup layu. Aduk secara perlahan sembari tuangkan santan dalam rebusan.
5. Saat daunnya terlihat sudah mulai layu sebaiknya anda masukkan daun salam, serai maupun lengkuas dalam rebusannya. Tunggu sampai benar matang dan juga mendidih. Kini sayur singkong pun telah siap anda sajikan.

Siapapun anda tentunya tertarik untuk membuat masakan sayur singkong kuah santan ini. Dimana dari segi pembuatannya terbilang mudah hingga menjadikan banyak orang tertarik membuatnya. Dengan bumbu yang pas memang mampu hasilkan kudapan lezat dan nikmat.

Resep Sayur Daun Singkong Khas Padang

Tentunya anda paling suka dengan olahan sayur daun singkong khas Padang. Dimana dari segi cita rasanya menggugah selera hingga siapapun merasa tergoda. Sebetulnya cukup mudah pembuatan sayur daun singkong ini. Jika memang penasaran sebaiknya simak ulasannya berikut ini.

Bahan yang dibutuhkan:
– Daun singkong agak muda 3 ikat
– Santan 11/2 liter

Bumbu yang perlu dipersiapkan:
– Lengkuas 1 ruas memarkan
– Tomat 2 buah potong-potong
– Daun kunyit 1 lembar
– Serai 1 batang memarkan

Bumbu yang harus dihaluskan:
– Bawang merah 50 gram
– Cabe rawit 50 gram
– Ikan teri 50 gram
– Jahe 2 cm
– Garam seperlunya

Langkah mudah memasak sayur daun singkong khas Padang
1. Masaklah santan bersamaan bumbu yang telah anda haluskan. Jangan sampai lupa menambahkan daun kunyit, serai, maupun lengkuas sampai benar mendidih dan tercium bau harum.
2. Masukkan pula daun singkong kemudian masak sampai benar lunak. Jangan sampai lupa menambahkan irisan tomat yang telah dipotong. Aduk kemudian masak sampai santan cukup mengental. Angkat lalu hidangkan.

Ternyata resep sayur daun singkong khas Padang ini begitu mudah untuk diterapkan. Apalagi dari segi rasanya mampu membuat siapapun merasa ketagihan untuk konsumsinya.

Jadi buat apa lagi anda merasa kebingungan untuk memasaknya. Jika sekarang anda mampu mencoba resep paling mudah dengan cita rasa begitu nikmat.

Resep Sayur Daun Singkong Dengan Teri Medan

Sekarang ini bahan yang bisa anda olah menjadi sayur memang banyak sekali. Tak terkecuali untuk daun singkong. Dimana saat ini anda pun bisa memasaknya bersama dengan teri Medan. Anda pun kini mampu nikmati kelezatan daun singkong bersama keluarga.

Kudapan ini paling nikmat dikonsumsi dengan nasi putih ataupun potongan lontong. Sajikan pula dengan tambahan taburan bawang merah goreng dan kerupuk udang agar makin nikmat.

Bahan yang dibutuhkan:
– 1 ikat daun singkong siangi kemudian pisahkan dari bagian batangnya. Tentunya daun singkong ini yang masih muda.
– 1 liter air untuk merebus daun singkong
– 1 sendok teh garam untuk merebus daun singkongnya
– 3 cm lengkuas memarkan
– 1 batang serai memarkan
– 2 lembar daun salam
– 8 buah cabai rawit utuh
– 3 sendok makan teri medan goreng
– 1 sendok teh garam
– ½ sendok teh gula pasir
– 1 liter santan
– 2 sendok makan minyak

Bumbu halus untuk gulai:
– 8 siung bawang merah
– 4 siung bawang putih
– 4 buah cabai merah keriting
– 3 buah cabai rawit
– 3 butir kemiri sangria
– 5 cm kunyit sangrai

Langkah praktis memasak sayur daun singkong bumbu gulai
1. Didihkan air kemudian berilah garam 1 sendok the saja. Rebuslah daun singkong sebenatr kemydian angkat. Bilas menggunakan air bersih dan jangan lupa peras terlebih dahulu daunnya. Kemudian iris kasar dan sisihkan.
2. Kini panaskan minyak goreng kemudian tumis bumbu halus tadi sampai aromanya harum. Masukkan pula rawit utuh, serai, lengkuas maupun daun salam. Kemudian aduk semua sampai matang dan berbau harum.
3. Masukkan saja santan, garam maupun gula pasir. Masak terus sampai kuah bisa mendidih.
4. Langkah selanjutnya tentunya dengan memasukkan daun singkong sekaligus teri medan. Biarkan saja sampai benar mendidih kemudian aduk sesekali supaya santan nantinya tidak pecah. Jika perlu sebaiknya tambah dengan air baru kemudian angkat.
5. Taburi saja dengan bawang merah kemudian sajikan.

Ternyata cukup banyak sekali resep sayur daun singkong yang bisa anda pelajari. Semoga saja dengan beberapa resep yang ada ini memungkinkan siapapun memasak daun singkong sesuai selera.

Dengan langkah memasak yang terbilang mudah pastinya memungkinkan siapapun untuk memasak daun singkong muda ini. Sebetulnya kelezatan dari sebuah masakan itu tergantung pada bumbu yang anda pergunakan.

Jika bumbunya tepat maka kelezatan sebuah masakan tidak perlu anda ragukan lagi. Pastinya dengan resep sayur daun singkong yang sudah tersedia ini memberikan inspirasi terbaru bagi anda.