4 Resep Roti Maryam Enak dan Lezat Bikin Kenyang

Resep Roti Maryam
Resep Roti Maryam

Resepmakanan.ID – Resep Roti Maryam – Siapa lagi yang tidak mengenal roti yang satu ini. Dimana roti tersebut bentuknya bundar bahkan tekstur pun juga renyah dan lebih empuk.

Makanan khas yang berasal dari Timur Tengah ini sebetulnya mempunyai nama lain yakni roti canai. Tentunya setiap negara memiliki sebutan tersendiri untuk roti tersebut. Kudapan lezat ini memang sudah berkembang sampai di India.

Apalagi sekarang masyarakat Indonesia semakin menggemari kudapan kue paling nikmat tersebut. Kali ini resep roti maryam hadir dengan berbagai macam pilihannya. Mungkin banyak yang merasa penasaran dengan resep roti maryam.

Padahal untuk bahan yang dibutuhkan juga mudah didapatkan sehingga siapapun bisa dengan mudah membuatnya sendiri. Roti maryam menjadi salah satu makanan yang banyak dicari oleh peminatnya.

Inilah mengapa setiap negara memiliki nama yang berbeda-beda. Jika sekarang ini anda merasa tertarik ingin membuatnya. Sebaiknya anda menyimak beberapa pilihan resep roti maryam berikut ini.

Resep Roti Maryam Kuah Kari Ayam

roti maryam
image by: tokopedia.net

Siapa sangka langkah pembuatan yang mudah serta bahan sedikit menjadikan banyak orang bisa membuatnya. Jika memang anda sudah merasa penasaran sebaiknya simak penjelasan berikut:

Bahan membuat roti maryam:
– Tepung terigu 250 gram
– Susu cair 100 ml
– Telur 1 butir
– Margarine cair 5 sdm
– Minyak goreng 5 sdm
– Garam ½ sdt
– Air secukupnya

Bahan membuat kari ayam:
– Ayam potong ½ ekor potong kecil
– Kentang 4 buah potong dadu
– Bawang goreng secukupnya

Bahan untuk bumbu halus:
– Ayam potong ½ ekor potong kecil
– Kentang 4 buah potong dadu
– Bawang goreng secukupnya

Bahan untuk bumbu halus:
– Bawang merah 7 siung
– Bawang putih 6 siung
– Cabe keriting 4 buah
– Cabe rawit 7 buah
– Jahe 3 cm
– Ketumbar bubuk 2 sdt
– Garam dan gula secukupnya
– Lada bubuk 2 sdt
– Jintan 2 sdt
– Bubuk kari 1 sdm
– Daun salam 2 lembar
– Lengkuas 3 cm geprek
– Daun jeruk 3 lembar buang bagian tulangnya
– Santan kental 150 ml
– Santan cair 300 ml
– Air matang secukupnya

Langkah mudah membuat roti maryam kuah kari:
1. Campurkan saja telur, susu cair, minyak goreng, margarine cair, garam maupun air 100 ml dalam sebuah wadah kemudian aduk merata.
2. Kini tepung bisa anda masukkan sedikit saja kemudian aduk hingga semuanya tercampur merata.
3. Uleni saja adonan roti sampai benar kalis, jangan lupa menambahkan air sedikit saja supaya tekstur lebih elastis.
4. Apabila adonan memang sudah benar kalis sebaiknya anda mendiamkan kurang lebih 1 jam lamanya. Adonan pun selanjutnya bisa anda tutup menggunakan kain lap yang bersih supaya kelembapan tidak hilang.
5. Ketika sudah didiamkan kurang lebih 1 jam sebaiknya anda membaginya menjadi beberapa bagian. Selanjutnya bentuk saja bulatan sekiranya sebesar bakso. Diamkan lagi selama 15 menit lamanya.
6. Ambil saja satu adonan kemudian olesi menggunakan minyak selanjutnya pipihkan sampai melebar dan lebih tipis.
7. Apabila sudah terasa pipih sebaiknya anda menggulingkannya sampai berbentuk gulungan yang memanjang. Selanjutnya anda bisa menggulung kembali bagian ujungnya berlawanan.
8. Gulung saja adonan dari bagian ujung sebelah kanan menuju ke atas kea rah yang berlawanan. Hingga nantinya kedua ujung tadi bisa bertemu ditengahnya. Sebaiknya anda menekannya kemudian pipihkan saja gulungan sesuai dengan selera.
9. Masak saja roti maryam diatas wajan dengan nyala api kecil sampai benar matang.
10. Ketika sudah matang sebaiknya anda melanjutkan dengan membuat kuah kari ayamnya tadi. Caranya tentu saja dengan menumis bumbu halusnya, daun salam, lengkuas, daun jeruk hingga harum. Kemudian masukkan saja ayam kemudian aduk merata hingga warnanya bisa berubah.
11. Tambahkan pula santan encer maupun kentang selanjutnya aduk hingga ayamnya matang. Jangan lupa menambahkan santan kentalnya tadi dan masak kembali hingga ayam benar empuk dan matang.
12. Jangan lupa menambahkan bubuk kari, garam, gula sampai sedikit mengental. Kini anda bisa memberinya taburan bawang goreng angkat lalu sajikanlah bersamaan dengan roti maryam.

Siapa sangka ternyata langkah cara pembuatan roti maryam kuah kari ayam ini terbilang mudah jika anda bisa menyimak resepnya. Dari segi bahan maupun bumbu memang cukup banyak sekali. Namun hal ini tidak akan menyurutkan siapapun untuk membuatnya sendiri.

Resep Roti Maryam Coklat>roti maryam

Menarik sekali pastinya jika anda bisa mencicipi kenikmatan roti maryam dengan tambahan coklat ini. Pastinya anda para pecinta coklat berusaha ingin membuat sendiri roti tersebut. Siapa sangka ternyata roti yang satu ini paling nikmat jika dihidangkan bersamaan dengan kari ayam. Dari pada menunggu lama, alangkah baiknya anda menyimak langkahnya berikut ini.

Bahan yang dibutuhkan:
– Tepung terigu 250 gram
– Telur 1 butir
– Minyak sayur 2 sdm
– Margarine 5 sdm
– Gula halus 5 sdm
– Susu coklat 1 sdm
– Garam seperlunya

Langkah praktis membuat roti maryam coklat:
1. Campurkan saja semua bahannya sampai benar kalis. Apabila adonannya masih keras tentunya anda bisa menambahkan air hangat sedikit saja sampai benar kalis.
2. Tutup saja adonan roti yang tadinya sudah anda buat menggunakan kain basah lalu diamkan selama kurang lebih 1 jam lamanya.
3. Sebaiknya anda membagi adonannya menjadi beberapa bagian. Satu bagian bisa anda ambil kemudian pipihkan. Berikan olesan margarine pada bagian atasnya sampai rata.
4. Gulunglah adonan dari bagian ujung menuju ujung berbeda sampai adonannya tadi bisa membentuk memanjang.
5. Apabila sudah selesai tentunya anda bisa menggulung adonannya dari bagian kedua ujung hingga akhirnya bertemu dibagian tengah dan tumpuk menjadi satu bagian.
6. Kemudian pipihkan saja menggunakan pan di bagian atas teflon sampai benar matang. Jika memang sudah selesai, kini anda bisa menaburi bagian atasnya dengan coklat.
7. Roti maryam coklat sudah siap anda nikmati.

Mencoba sesuatu hal yang baru memang menarik dan menyenangkan sekali. Kali ini roti maryam hadir dengan variasi coklat. Semoga saja anda yang merasa penasaran dengan roti ini bisa segera membuatnya.

Resep Roti Maryam Frozenigure style="width: 622px" class="wp-caption aligncenter">roti maryam
image by: steemitimages.com

Ada lagi yang unik dan menarik dari roti maryam dimana kali ini hadir varian roti maryam frozen. Kreasi ini memang sudah populer hingga ke berbagai negara. Biasanya roti tersebut sering disajikan selama kondisinya masih panas. Sebelum akhirnya anda membuat roti ini, ada baiknya mempersiapkan semua bahannya. Selanjutnya anda bisa mengikuti langkah praktisnya berikut ini.

Bahan yang diperlukan:
– Tepung terigu 250 gram
– Gula pasir 1 sdm
– Garam ½ sdt
– Kuning telur 1 butir
– Susu cair 120 ml
– Margarine cair 3 sdm

Langkah paling praktis membuat roti maryam frozen:
1. Persiapkan saja semua bahan sekaligus peralatan. Kemudian campurkan tepung terigu, garam dan gula. Aduk hingga tercampur merata.
2. Tambahkan pula kuning telur dalam campuran tepung. Aduk sebentar saja lalu masukkan kembali susu cair.
3. Sembari diaduk sebaiknya anda menuangkan margarine cair kemudian uleni adonannya sampai benar kalis.
4. Saat adonannya sudah benar kalis, kini anda pun bisa membagi adonannya menjadi 6 bagian. Bentuk saja bulat kemudian lumurilah dengan margarine cair.
5. Adonan yang tadinya sudah anda bentuk bisa disimpan dalam sebuah wadah selama 2 jam. Setelahnya adonan pun bisa digilas sampai tipis hingga mampu anda gulung dan pipihkan.
6. Apabila sudah anda bentuk tentunya roti maryam ini bisa anda masak sampai setengah matang. Kemudian simpan saja dalam freezer.
7. Kini roti maryam frozen sudah siap untuk disantap bersama topping sesuai dengan selera.

Siapapun saya rasa merasa tertarik dengan resep roti maryam frozen ini. Dengan adanya resep tersebut pastinya bisa membuat siapapun lancar membuatnya.

Resep Roti Maryam Malaysia

gure style="width: 700px" class="wp-caption aligncenter">roti maryam
image by: twimg.com

Perlu anda ketahui jika kreasi dari roti maryam ini memang banyak sekali. Dimana roti tersebut memang laris di Malaysia. Hingga akhirnya kini anda pun bisa mencoba untuk membuat roti maryam di rumah. Simak saja ulasan dibawah ini supaya mengerti langkah cara pembuatannya.

– Tepung terigu 300 gram
– Susu bubuk 2 sdm
– Garam ½ sdt
– Gula pasir ¾ sdt
– Telur 1 butir
– Minyak goreng 50 ml
– Mentega 25 gram
– Air 125 ml

Bahan untuk topping: susu kental manis 50 ml

Langkah mudah membuat roti maryam Malaysia:
1. Campurkanlah tepung terigu, susu bubuk, gula pasir, garam, minyak maupun mentega dalam wadah kemudian aduk sampai merata.
2. Tuangkan saja air lalu uleni sampai adonan roti ini kalis.
3. Sebelum akhirnya anda membulatkan tentu saja anda perlu menimbang adonannya skitar 100 gram kemudian diamkan kurang lebih selama 1 jam lamanya.
4. Potong adonan roti dari bagian tengah menuju ke arah bawah.
5. Jika ¾ sudah matang sebaiknya anda menggulung adonan sampai memiliki bentuk kerucut.
6. Siram saja roti maryam Malaysia ini menggunakan topping kuah kari ayam.
7. Kini roti maryam Malaysia siap anda santap.

Tentunya masih banyak sekali variasi resep roti maryam yang telah hadir ditengah kita. Tentunya dengan hadirnya beberapa resep diatas bisa membuat siapa saja merasa tertarik. Semoga saja banyak yang beruntung bisa mencicipi roti maryam hasil buatan sendiri.

Komentar Disini