5 Resep Opor Ayam Enak dan Empuk

Resep Opor Ayam

Resepmakanan.id – Resep opor ayam yang lezat dapat Anda peroleh dari berbagai sumber, seperti buku resep, internet, atau resep yang sudah turun-menurun di keluarga Anda.

Opor ayam sering ditemukan ketika ada hari besar atau acara tertentu, bahkan opor ayam juga biasa disajikan untuk lauk sehari-hari. Ketika Anda membuat opor ayam tentu menginginkan resep opor ayam yang benar-benar lezat yang akan membuat semua orang menjadi ketagihan dengan opor ayam buatan Anda.

Resep Opor Ayam Enak dan Lezat juga Nikmat:

Dalam pembuatan opor ayam ada yang menggunakan ayam potong dan ada juga yang menggunakan ayam kampung, sesuai selera masing-masing. Hampir di setiap daerah memiliki resep ayam berkuah santan ini dengan bumbu yang berbeda-beda. Untuk Anda yang ingin mencoba resep opor ayam lezat khas Indonesia, maka simak beberapa resep opor ayam berikut ini.

Opor Ayam Kampung Bumbu Kuning

opor ayam kuning
iamge by: tempo.co

Ada sebagian orang yang tidak menyukai opor ayam dengan daging ayam potong, maka solusinya adalah dengan menggunakan daging ayam kampung. Resep opor ini menggunakan bumbu kuning yang kaya akan rempah-rempah dan sangat lezat jika disantap ketika masih hangat. Berikut ini adalah resep opor ayam kampung bumbu kuning.

Bahan membuat opor ayam kampung:
– Daging ayam kampung 1 ekor ( potong-potong sesuai selera Anda)
– Lengkuas 3 cm (memarkan)
– Serai 2 batang (memarkan)
– Daun salam 2 lembar
– Jahe 2 cm (memarkan)
– Santan 1 liter
– Garam secukupnya
– Gula pasir secukupnya
– Minyak goreng untuk menumis secukupnya

Bumbu opor ayam yang dihaluskan:
– Bawang merah 7 butir
– Bawang putih 5 siung
– Ketumbar 1 sendok teh
– Jintan ¼ sendok teh
– Pala ¼ butir
– Merica butiran 1 sendok teh
– Kemiri 5 butir
– Kunyit 3 cm

Cara membuat opor ayam kampung:
– Langkah pertama yaitu panaskan minyak goreng kemudian tumis lah bumbu halus hingga harum. Setelah itu masukkan daun salam, jahe, lengkuas, dan serai aduk-aduk hingga tercampur rata. Apabila bumbu sudah harum dan matang, maka masukkan potongan ayam kampung, aduk-aduk dan masak hingga berubah warna.
– Langkah berikutnya tuangkan santan dan aduk-aduk agar santan tidak pecah. Sambil mengaduk santan, masukkan garam dan gula pasir. Masaklah opor hingga matang dengan tekstur daging yang empuk serta jangan lupa untuk terus mengaduk opor ayam tersebut.
– Setelah opor ayam matang dan rasa opor sudah sesuai dengan selera Anda, maka angkatlah opor ayam dan berikan taburan bawang goreng untuk menambah rasa gurih pada opor.

Itulah cara dalam membuat opor ayam kampung bumbu kuning yang lezat dan gurih. Sedikit tips untuk Anda dalam memperlakukan bumbu yaitu lebih baik Anda sangrai bumbu terlebih dahulu baru kemudian dihaluskan. Opor ayam sangat nikmat apabila disantap dengan lontong atau kupat. Selamat mencoba.

Resep Opor Ayam Kering yang Enakp>opor ayam kering

Resep yang satu ini adalah variasi dari resep opor ayam yang syarat akan kuah santan yang banyak, kali ini opor ayam akan dimasak dengan cara mengeringkan opor ayam tersebut. Resep ini patut Anda coba sebagai bentuk varian masakan yang pernah Anda sajikan. Berikut adalah langkah-langkah dalam pembuatan opor ayam kering.

Bahan-bahan membuat opor ayam kering:
– ayam kampung 1 ekor (potong sesuai selera)
– Daun salam 2 lembar
– Serai 2 batang (memarkan)
– Air asam Jawa 1 sendok makan
– Irisan gula merah atau gula Jawa 1 sendok teh
– Santan kelapa 750 ml
– Air 1400 liter (untuk merebus ayam)
– Kaldu ayam 250 ml

bumbu opor ayam kering yang dihaluskan:
– Bawang merah 6 butir
– Bawang putih 4 siung
– Jintan bubuk 1 sendok teh
– Jahe 2 cm
– Kemiri 4 butir
– Garam secukupnya

Cara membuat opor ayam kering:
– Panaskan air dalam panci hingga mendidih, masukkan garam 1 sendok teh kemudian masukkan ayam kampung yang sudah dipotong. Rebus ayam selama kurang lebih 15 menit, sambil dibuang lemaknya yang mengapung.
– Selanjutnya, ketika ayam sudah sedikit empuk maka angkatlah ayam dan masukkan ke dalam panci yang baru kemudian tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan, irisan gula merah, serai, lengkuas, dan daun salam. Aduk-aduk secara merata.
– Tambahkan kaldu ayam serta santan sedikit demi sedikit sambil di aduk-aduk. Masak dengan menggunakan api sedang selama kurang lebih 15 menit hingga daging ayam benar-benar empuk dan bumbu meresap sempurna.
– Angkat ayam dan letakkan di atas mangkuk atau piring saji. Sementara untuk kuah opor tetap dimasak hingga kuah santan mengental. Selanjutnya, siramlah kuah kental opor ke atas daging ayam dan opor ayam kering siap disajikan untuk keluarga Anda.

Cukup mudah bukan dalam membuat opor ayam kering yang enak? Untuk membuat opor ayam lebih gurih, maka tabur lah bawang goreng di atas opor ayam kering tersebut dan opor ayam kering yang enak dan gurih pun siap disantap dengan kupat atau lontong.

Opor Ayam Jawa Kering yang Istimewap>resep Opor Ayam Jawa Kering yang Istimewa

Resep opor ayam Jawa kering ini hampir sama dengan resep opor ayam kering sebelumnya, yang membedakannya adalah cara mengolah bumbunya. Apabila Anda tidak menyukai bumbu yang langsung dimasak dengan ayam, maka resep opor ayam ini bisa menjadi pilihan Anda ketika menginginkan opor ayam jawa kering dengan bumbu halus di tumis terlebih dahulu. Ikutilah langkah-langkah dalam memasak opor ayam Jawa kering berikut ini.

Bahan-bahan untuk membuat opor ayam Jawa kering:
– Ayam kampung 1 ekor ( cuci dan potong sesuai selera Anda)
– Serai 2 batang (memarkan)
– Daun jeruk 3 lembar
– Daun salam 2 lembar
– Santan 1 liter
– Minyak goreng untuk menumis secukupnya
– Bawang goreng (untuk taburan)

Bumbu opor ayam Jawa kering yang dihaluskan:
– Bawang merah 8 butir
– Bawang putih 4 siung
– Ketumbar ½ sendok makan
– Jahe 1 cm
– Kunyit 1 cm
– Jintan bubuk ¼ sendok teh

Cara membuat opor ayam Jawa kering:
– Panaskan minyak dengan api sedang, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum. Kemudian, masukkan daging ayam kampung dan aduk-aduk hingga bumbu tercampur rata.
– Masaklah daging ayam hingga kering tetapi jangan sampai gosong, kemudian tambahkan santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Masukkan serai, daun jeruk, dan daun salam. Masak daging ayam kampung hingga empuk.
– Setelah daging ayam empuk, daging ayam sudah bisa diangkat dan letakkan di piring saji. Taburi bawang goreng dan opor ayam Jawa kering yang istimewa ini pun siap untuk disantap dengan kupat atau lontong.

Resep opor ayam ini juga tergolong mudah karena bumbu dapat dengan mudah Anda dapatkan. Opor ayam Jawa kering ini dapat Anda sajikan untuk keluarga tercinta atau saat ada acara tertentu. Resep ini juga dapat dijadikan alternatif supaya orang tidak bosan karena memakan opor ayam yang berkuah.

Opor Ayam Betawi Asli

Resep Opor Ayam betawi asli

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika setiap daerah di Indonesia mempunyai ciri khas untuk setiap masakan, seperti opor ayam yang mempunyai banyak varian tergantung daerah masing-masing.

Salah satunya yaitu opor ayam Betawi asli yang mempunyai cita rasa tersendiri berbeda dari opor ayam biasanya. Anda patut mencoba resep opor ayam Betawi asli ini untuk dijadikan sajian sedap ketika ada acara besar. Berikut ini adalah langkah dalam memasak opor ayam Betawi asli.

Bahan opor ayam Betawi asli:
– Ayam 1 ekor (cuci bersih dan potong sesuai selera Anda)
– Daun salam 2 lembar
– Serai 1 batang (memarkan)
– Lengkuas 1 cm (memarkan)
– Kayu manis 4 cm
– Santan kelapa 750 ml
– Minyak goreng untuk menumis secukupnya

Bumbu-bumbu yang dihaluskan:
– Bawang merah 10 butir
– Bawang putih 4 siung
– Ketumbar 1 sendok makan
– Jintan 10 butir
– Merica bulat ½ sendok teh
– Jahe 2 cm
– Kunyit 2 cm
– Garam secukupnya

Cara membuat opor ayam Betawi asli:
– Langkah pertama adalah panaskan minyak goreng dan goreng lah ayam hingga warnanya menjadi kekuning-kuningan, kemudian angkat dan tiriskan.
– Selanjutnya, tumis lah bumbu halus hingga harum, kemudian masukkan serai, daun salam, kayu manis, dan lengkuas. Aduk terus hingga merata dan harum.
– Masukkan ayam yang sudah digoreng dan masukkan sedikit demi sedikit santan sambil diaduk terus.
– Aduk terus hingga santan mendidih dan ayam menjadi empuk.
– Ketika ayam sudah empuk, maka angkatlah opor ayam dan taburkan bawang goreng di atasnya.

Nah, itulah cara membuat opor ayam Betawi asli yang mana menjadi opor ayam khas Jakarta. Resep opor ayam ini dapat Anda jadikan referensi ketika Anda akan membuat opor ayam. Selamat mencoba.

O

Opor Ayam Padang Asli yang Enak

img class="aligncenter" src="https://resepkampoeng.files.wordpress.com/2017/04/resep-membuat-opor-ayam-padang.jpg?w=680" alt="resep opor ayam padang" width="680" height="380" />

Seperti yang Anda ketahui jika Padang terkenal dengan kuliner rendang daging sapi yang bahkan sudah mendunia. Namun, ada juga masakan khas Padang lainnya yaitu opor ayam Padang asli.

Tidak perlu jauh-jauh ke Padang untuk menikmati opor khas Padang ini, Anda pun dapat membuatnya di rumah dengan mudah. Berikut langkah dalam pembuatan opor ayam Padang asli.

Bahan membuat opor ayam Padang:
– Ayam kampung 1 ekor (cuci bersih dan potong sesuai selera Anda)
– Santan dari 1 butir kelapa
– Air jeruk nipis secukupnya
– Asam kandis 1 potong
– Serai 2 batang (memarkan)
– Minyak goreng untuk menumis secukupnya

Bumbu opor ayam Padang yang dihaluskan:
– Bawang merah 7 butir
– Bawang putih 3 siung
– Jahe segar 1 rusa jari
– Kemiri 4 butir
– Daun salam 1 lembar
– Ketumbar 1 sendok makan
– Jintan ½ sendok teh
– Garam secukupnya

Cara membuat opor ayam Padang:
– Lumuri daging ayam yang sudah dipotong dengan air jeruk nipis, diamkan hingga 10 menit. Kemudian cuci lagi hingga bersih.
– Iris harus bawang merah dan bawang putih, kemudian tumis bumbu hingga harum dan warna kekuningan. sisihkan.
– Lumuri daging ayam dengan bumbu halus hingga merata. Kemudian rebus daging ayam hingga benar-benar empuk.
– Setelah empuk, tuangkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk pelan-pelan. Selanjutnya tambahkan serai dan air asam kandis. Masak sampai mendidih sambil terus diaduk.
– Jika sudah mendidih dan rasa sudah pas, angkatlah opor ayam dan letakkan di atas piring saji. Opor ayam Padang pun siap dihidangkan.

Itulah resep opor ayam Padang asli yang lezat. Anda dapat menaburkan bawang goreng untuk menambah rasa gurih opor ayam. Sajikan selagi hangat dengan lontong atau kupat. Selamat mencoba.

Komentar Disini