4 Resep Nugget Ayam Enak dan Empuk

Resep Nugget Ayam

Resepmakanan.id – Resep nugget ayam dengan rasa yang lezat dan cara pembuatan yang mudah banyak dicari oleh masyarakat. Nugget ayam memiliki rasa yang gurih dan cocok disantap kapan pun, baik itu pagi hari, siang hari, ataupun malam hari.

Selain bisa dinikmati sebagai camilan yang sehat, nugget ayam juga cocok Anda gunakan sebagai lauk saat makan. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis kuliner juga bisa menjadikan nugget ayam sebagai salah satu jenis kuliner yang dijual.

Bisa Anda membuatnya dengan berbagai bahan dan bumbu sehingga menghasilkan rasa yang lezat dan gurih. Para pelanggan juga akan menyukai nugget ayam yang Anda buat.
Dengan rasanya yang lezat menjadikan moment makan bersama anggota keluarga akan berasa lebih spesial. Seluruh anggota keluarga juga akan menyukai nugget ayam yang Anda buat karena rasanya yang lezat dan gurih.

Untuk dijadikan sebagai camilan yang menyehatkan atau bekal makanan untuk buah hati di sekolah Anda juga bisa membuat resep nugget ayam ini. Berikut ini langkah-langkah membuat nugget ayam yang sehat dan lezat.

Resep Nugget Ayam Sayuran

nugget ayam

Resep nugget ayam sayuran merupakan pilihan yang tepat bagi ibu rumah tangga yang ingin membuat santapan lezat dan bergizi untuk semua anggota keluarga. Paduan antara ayam yang merupakan sumber protein hewani dan sayuran yang merupakan sumber zat besi menjadikan nugget ayam memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Berikut ini langkah-langkah membuat nugget ayam sayuran yang mudah di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Dada ayam tanpa tulang ¼ kg
– Wortel 3 buah
– Daun bawang 1 batang
– Keju 25 gram
– Sagu 5 sdm
– Terigu 2,5 sdm
– Telur 1 butir
– Garam 1 sdt
– Gula 1 sdt
– Penyedap rasa

Bahan bumbu halus:
– Bawang putih 7 butir
– Bawang merah 5 butir
– Lada halus ½ sdt

Bahan pelapis:
– Tepung terigu 3 sdm
– Belimbing air 1 gelas
– Tepung panir / tepung roti ¼ kg
– Minyak untuk menggoreng

Langkah-langkah membuat nugget ayam sayuran:
– Langkah yang pertama bersihkan ayam kemudian blender dengan bumbu halus.
– Lalu parut wortel dan keju. Dilanjutkan dengan mengiris daun bawang.
– Kemudian aduk-aduk semua bahan hingga merata dan beri gula, garam, serta penyedap rasa.
– Selanjutnya tuang ke wadah yang sebelumnya sudah dialasi dengan plastik lalu kukus kurang lebih 30 menit.
– Dilanjutkan dengan mencampurkan bahan pelapis seperti terigu dengan air kemudian potong nugget yang sudah jadi. Celupkan nugget ke bahan pelapis lalu ke tepung panir. Simpan nugget di dalam freezer kurang lebih satu jam.
– Goreng nugget di minyak panas hingga berwarna kuning kecokelatan. Jika sudah matang angkat dan nugget siap untuk disajikan.

Resep nugget ayam sayuran ini memiliki langkah-langkah yang mudah dalam pembuatannya. Sehingga bagi Anda yang belum terbiasa membuatnya bisa menerapkan langkah-langkah tersebut dengan teliti. Hasil nugget ayam sayuran yang Anda buat pastinya akan terasa gurih dan lezat.

Nugget Ayam Wortel>nugget ayam

Resep nugget ayam wortel juga menjadi salah satu resep pilihan yang lezat dan bergizi. Semua anggota keluarga juga pastinya akan menyukai nugget ayam wortel yang Anda buat.

Nugget ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu jenis camilan sehat karena adanya wortel sebagai salah satu bahan isinya. Berikut ini langkah-langkah membuat nugget ayam wortel yang sehat untuk keluarga Anda.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Dada ayam 500 gram

Bumbu uleg:
– Bawang putih 5 siung
– Merica bubuk 1 sdt
– Garam 1 sdm

Bahan lain:
– Wortel 2 batang, serut agak halus
– Tepung panko/roti 2 sdm
– Telur 2 butir
– Tepung sagu 4 sdm
– Susu cair 50 ml

Bahan pelapis:
– Telur 2 butir, kocok lepas
– Tepung panko/roti secukupnya

Langkah-langkah membuat nugget ayam wortel:
– Langkah yang pertama daging ayam dipotong kecil-kecil lalu masukkan ke Food Processor hingga halus.
– Jika sudah halus, masukkan bumbu uleg, tepung roti, wortel serut, telur, tepung sagu, dan susu cair. Lalu proses lagi hingga tercampur rata.
– Selanjutnya ambil 1 sendok adonan kemudian goreng. Cicipi rasa adonan yang sudah digoreng tersebut, jika sudah kurang asing bisa ditambahi garam. Apabila terlalu asin bisa ditambah dengan sedikit tepung sagu.
– Jika rasanya sudah pas masukkan adonan ke dalam loyang berbentuk kotak dengan ukuran 20 cm yang sebelumnya sudah diolesi minyak dan dilapisi plastik. Kukus adonan tersebut selama 20 menit hingga matang.
– Jika sudah matang, diinginkan dan keluarkan nugget dari loyang. Potong-potong nugget sesuai dengan selera.
– Lalu celupkan nugget ke bahan telur kocok dan gulingkan di tepung roti. Lalu simpan terlebih dahulu ke dalam kulkas agar tepung panir melekat dan goreng secukupnya hingga berwarna kuning keemasan. Untuk sisanya bisa disimpan di kulkas untuk digoreng di lain waktu.

Resep nugget ayam wortel ini bisa disajikan dalam keadaan panas maupun saat sudah dingin. Rasanya yang lezat dan gurih pasti disukai semua orang. Selain itu, kesehatan camilan ini juga lebih terjamin karena nugget ayam wortel ini dibuat sendiri. Selain nugget ayam wortel, nugget lain yang tidak kalah lezat ada nugget ayam keju.

Nugget Ayam Keju>nugget ayam

Resep nugget ayam keju bisa juga Anda pilih jika nugget dengan bahan sayuran sudah sering dibuat. Nugget ini tentunya memiliki rasa yang tidak kalah lezat dari jenis nugget yang lainnya.

Selain itu, rasanya juga lezat dan gurih sehingga disukai semua anggota keluarga termasuk anak-anak juga. Berikut ini langkah-langkah membuat nugget ayam keju yang mudah di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Dada ayam 300 gram
– Keju cheddar 100 gram
– Roti tawar 2-3 lembar
– Susu cair secukupnya
– Minyak wijen 2 sdt
– Gula pasir 3 sdt atau bisa sesuai dengan selera
– Garam 2 sdt atau sesuai selera
– Merica bubuk secukupnya
– Bawang putih 3 buah
– Bawang Bombay 1/3 buah
– Telur 4 butir atau secukupnya
– Tepung terigu
– Tepung panir

Langkah-langkah membuat nugget ayam keju:
– Langkah yang pertama blender dada ayam, roti tawar, keju, susu, bawang Bombay, dan bawang putih hingga halus.
– Kemudian tambahkan 2 butir telur yang sudah dikocok, garam, gula, merica bubuk, dan minyak wijen. Aduk-aduk hingga rata.
– Lalu masukkan adonan ke dalam piring kaca yang anti panas. Kukus adonan hingga matang.
– Jika sudah matang, potong-potong adonan tersebut menjadi kotak-kotak kecil atau bisa juga sesuai bentuk yang diinginkan.
– Selanjutnya balurkan adonan dengan tepung terigu dan balurkan ke telur yang sudah dikocok. Dan yang terakhir balurkan ke tepung panir hingga merata.
– Lalu goreng potongan-potongan nugget tersebut hingga berwarna kuning keemasan. Jika sudah matang segera angkat dan nugget ayam keju siap untuk disajikan.

Resep nugget ayam keju ini bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama mencapai satu bulan jika disimpan di lemari pendingin. Sehingga bisa digoreng sewaktu-waktu Anda ingin menikmatinya.

Rasanya yang gurih dan lezat pasti disukai oleh semua orang yang memakannya. Selain nugget ayam keju, resep nugget lainnya yang tidak kalah lezat ada nugget ayam tahu wortel.

Nugget Ayam Tahu Wortel>Resep Nugget Ayam tahu wortel

Resep nugget ayam tahu wortel merupakan resep perpaduan yang lengkap. Karena adanya bahan tahu yang merupakan sumber protein nabati, ayam yang sumber protein hewani, dan wortel yang merupakan sumber vitamin A.

Dengan membuat nugget ayam tahu wortel berarti Anda telah membuat camilan sehat yang lezat untuk semua anggota keluarga. Berikut ini langkah-langkah membuat nugget ayam tahu wortel yang mudah untuk dilakukan.

Bahan-bahan yang diperlukan:
– Dada ayam tanpa tulang 300 gram
– Tahu 5 buah
– Telur 5 butir, 3 butir dikocok untuk bahan baluran tepung panir
– Wortel 3 buah
– Tepung tapioka 5 sendok
– Tepung terigu 6 sendok
– Royco 1 sachet
– Garam 1 sdt
– Merica ½ sdt
– Gula pasir 1 sdm
– Daun bawang 3 lembar
– Bawang merah 5 siung
– Bawang putih 4 siung
– Tepung panir/tepung roti 200 gram

Langkah-langkah membuat nugget ayam tahu wortel:
– Langkah yang pertama siapkan bahan-bahannya. Lalu parut atau blender wortel, bawang putih, dan bawang merah. Cincang ayam dan hancurkan tahu hingga halus. Iris daun bawang dan sisihkan.
– Kemudian campurkan semua bahan dan tambahkan tepung tapioka, tepung terigu, Royco, garam, gula, merica, dan dua butir telur. Jika sudah, aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata.
– Selanjutnya masukkan adonan yang sudah jadi ke dalam loyang yang sebelumnya sudah diolesi minyak. Bagi menjadi dua wadah dan ratakan.
– Lalu panaskan air di dalam dandang dan kukus adonan selama 20 menit. Jika sudah matang, diamkan terlebih dahulu nugget hingga dingin. Lalu potong-potong sesuai dengan selera.
– Langkah selanjutnya masukkan potongan nugget tersebut ke dalam telur yang sudah dikocok kemudian balurkan ke tepung panir. Jika sudah merata nugget siap untuk digoreng.
– Panaskan minyak dengan api sedang, kemudian masukkan nugget dan goreng hingga berwarna kuning keemasan. Nugget ayam tahu wortel siap untuk disajikan.

Cara membuat nugget ayam tahu wortel ini memiliki rasa yang lezat meskipun menggunakan berbagai jenis bahan-bahan. Sangat cocok disantap sebagai camilan sehat dan juga untuk lauk sebagai teman nasi. Anak-anak juga pastinya menyukai camilan sehat yang satu ini. Anda bisa menyimpan nugget yang sudah dibaluri tepung panir di lemari es agar bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Itulah beberapa resep nugget ayam yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Bahan-bahan yang digunakan mudah sekali diperoleh karena merupakan bahan-bahan yang sering digunakan untuk memasak sehari-hari.

Cara membuat nugget juga tergolong tidak terlalu sulit, sehingga Anda bisa mengikutinya dengan mudah dan hasil nugget yang dibuat terasa lezat dan disukai banyak orang.

Komentar Disini