4 Resep Nasi Uduk Gurih dan Pulen

Resep Nasi Uduk

Resepmakanan.id – Resep nasi uduk yang enak dan gurih banyak diminati oleh ibu-ibu ketika akan mengadakan acara syukuran. Nasi uduk adalah makanan khas Betawi yang terbuat dari beras yang di aron terlebih dahulu dengan air santan dan bumbu lainnya, baru kemudian dikukus hingga matang.

Rasanya yang gurih membuat nasi uduk banyak disukai oleh semua orang. Tak heran jika nasi uduk sangat mudah untuk ditemui pada penjual jajanan di kaki lima, bahkan ada penjual khusus nasi uduk ketika pagi hari yang berkeliling menggunakan gerobak.

Makanan ini sangat diminati karena selain gurih dan mengenyangkan tentu karena harganya yang terjangkau. Untuk menyajikan resep nasi uduk, biasanya menambahkan beberapa lauk seperti tahu goreng, telur dadar, abon, tempe kering, ayam goreng, kerupuk, bawang goreng, mentimun, dan sambal kacang. Anda dapat membuat nasi uduk sendiri di rumah dengan mengikuti beberapa resep nasi uduk di bawah ini.

Resep Nasi Uduk yang Komplit dan Gurih

nasi uduk lengkap

Ketika Anda akan mengadakan acara syukuran untuk salah satu anggota keluarga Anda, selain nasi kuning maka Anda dapat membuat nasi uduk yang gurih dan komplit. Karena ketika Anda membuat nasi uduk, yang menambah rasa lebih enak adalah adanya lauk tambahan. Anda dapat mengikuti cara untuk membuat resep nasi uduk yang komplit dan gurih.

Bahan untuk membuat nasi uduk:
– Beras 300 gram (cuci bersih dan sisihkan)
– Santan kelapa kental 450 ml

Bahan untuk bumbu nasi uduk:
– Daun salam muda 2 lembar
– Cengkeh 2 butir
– Serai 2 batang (memarkan)
– Kayu manis 2 cm
– Merica secukupnya
– Pala bubuk secukupnya
– Garam secukupnya

Bahan untuk pelengkap nasi uduk:
– Tahu
– Daging
– Telur
– Kerupuk
– Sambal kacang

Cara membuat nasi uduk yang komplit dan gurih:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah siapkan panci kukusan dan beras yang sudah dicuci bersih di kukus selama kurang lebih 30 menit.
– Kemudian sambil menunggu beras dikukus, Anda siapkan panci dan didihkan santan kelapa kental bersama cengkeh, pala, kayu manis, daun salam, dan serai. Masak santan kental hingga harum dan mendidih, sambil diaduk-aduk.
– Selanjutnya adalah campur santan kental dengan beras yang sudah dikukus menjadi setengah matang, aduk hingga merata dan santan dapat meresap sempurna.
– Langkah berikutnya, kukus kembali campuran nasi setengah matang dengan santan selama kurang lebih 45 menit sampai nasi menjadi lunak atau matang. Angkat dan sajikan bersama bahan pelengkap.

Sangat mudah bukan untuk membuat nasi uduk yang komplit dan gurih. Sedikit tips ketika Anda membuat nasi uduk, yaitu untuk tingkat kelezatan terletak pada pemakaian santan kental, karena jika Anda menggunakan santan yang kental maka rasa nasi uduk akan sangat enak dan gurih.

Anda juga dapat menambahkan bahan pelengkap lainnya seperti ikan. Anda juga dapat menambahkan bawang goreng di atas nasi uduk untuk membuat nasi uduk terasa lebih gurih atau memberikan taburan kacang goreng yang asin. Hidangkan nasi uduk selagi hangat dan lebih nikmat dihidangkan ketika makan pagi.

Resep Nasi Uduk Rice Cooker

nasi uduk

Untuk Anda yang sibuk namun ingin membuat masakan yang berbeda, maka resep nasi uduk menggunakan rice cooker dapat dijadikan alternatif untuk Anda. Dengan membuat nasi uduk di rice cooker akan dapat menghemat waktu Anda dan membiarkan Anda mengerjakan hal lain selagi menunggu nasi uduk matang. Berikut adalah langkah untuk membuat nasi uduk di rice cooker.

Bahan untuk membuat nasi uduk:
– Beras putih 3 cangkir (cuci bersih)
– Daun salam segar 2 lembar (cuci bersih)
– Serai 2 batang (cuci bersih dan memarkan)
– Garam 1 sendok teh
– Santan kental 200 ml dari 1 butir kelapa atau menggunakan santan instan
– Air secukupnya

Cara untuk membuat nasi uduk dengan rice cooker:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah masukan beras yang sudah dicuci bersih ke dalam rice cooker.
– Kemudian masukan santan kental atau santan instan dan air secukupnya, sesuai seperti Anda masak nasi pada biasanya di rice cooker.
– Tambahkan serai, daun salam, dan garam. Aduk-aduk hingga merata.
– Setelah semua bahan masuk ke dalam rice cooker, masak hingga beras sudah menjadi ¼ matang atau sekitar kurang lebih 20 menit.
– Setelah 20 menit, buka rice cooker dan aduk-aduk nasi agar benar-benar pulen.
– Setelah matang, hidangkan nasi uduk selagi hangat.

Itulah di atas resep nasi uduk yang praktis karena menggunakan rice cooker. Anda dapat menghidangkan nasi uduk dengan lauk kesukaan Anda atau dengan ayam, tahu, tempe kering, kerupuk, dan sambal kacang.

Berikan taburan bawang goreng di atas nasi uduk untuk menambah rasa gurih dan irisan mentimun untuk penyegar mulut. jika memasak nasi uduk menggunakan rice cooker juga akan lebih enak dan mudah serta simpel juga praktis. Sajikan nasi uduk selagi hangat dan lebih nikmat apabila dinikmati untuk sarapan pagi Anda.

<

Resep Nasi Uduk Betawi

nasi uduk betawi

Ada banyak resep nasi uduk sesuai dengan daerah masing-masing di seluruh Indonesia, salah satunya adalah nasi uduk asli Betawi yang spesial. Nasi uduk ini memberikan rasa gurih dan enak dalam setiap suapan bersama bahan pelengkap yang komplit yang akan menambah nikmatnya nasi uduk khas Betawi. Berikut ini adalah langkah untuk membuat nasi uduk asli Betawi yang spesial.

Bahan untuk membuat nasi uduk:
– Beras putih 300 gram
– Santan kental 400 ml

Bahan untuk bumbu nasi uduk Betawi:
– Bunga pala 3 buah
– Cengkeh 7 biji
– Kayu manis 2 ruas jari
– Pala ½ biji (memarkan)
– Lengkuas 1 ruas (memarkan)
– Serai 3 batang (memarkan)
– Jahe 1 ruas jari (memarkan)

Bahan untuk pelengkap nasi uduk:
– Sambal goreng tahu
– Telur
– Empal
– Sambal kacang
– kerupuk

Cara untuk membuat nasi uduk asli Betawi:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah rendam beras yang sudah dicuci bersih selama kurang lebih 30 menit untuk membuat tekstur yang lembut. Tiriskan.
– Kemudian, siapkan panci kukusan dan kukus beras selama kurang lebih 30 menit. Tiriskan.
– Selanjutnya adalah merebus santan kental hingga mendidih dan dapat diaduk sampai mendidih.
– Masukan kayu manis, lengkuas, bunga pala, cengkeh, serai, dan jahe. Aduk dan masak hingga santan menjadi harum.
– Setelah itu, masukan beras yang sudah dikukus bersama santan kelapa kental yang sudah di masak. Aduk hingga merata dan santan benar-benar meresap sempurna.
– Langkah terakhir, kukus kembali campuran beras hingga selama kurang lebih 40menit. Angkat dan sajikan selagi hangat.

Sajikan nasi uduk asli Betawi dengan bahan pelengkap sambal kacang, aneka gorengan, ayam, empal, ayam goreng, kerupuk, irisan mentimun, tempe dan tahu. Anda juga dapat menambahkan taburan bawang goreng di atas nasi uduk yang akan menambah rasa gurih. Nasi uduk asli Betawi ini sangat cocok disajikan ketika Anda sedang mengadakan acara keluarga maupun ketika Anda hanya ingin memberi variasi makanan sehari-hari.

Resep Nasi Uduk Beras Merahp>nasi uduk beras merah

Apabila biasanya Anda membuat nasi uduk dengan menggunakan beras putih, maka Anda dapat mencoba membuat nasi uduk dengan menggunakan beras merah yang kaya akan gizi.

Membuat nasi uduk beras merah sangat mudah karena letak perbedaan hanya pada beras. Berikut ini adalah cara membuat resep nasi uduk beras merah dengan orek tempe yang lezat.

Bahan untuk membuat nasi:
– Beras merah 500 gram (cuci bersih)
– Serai 1 batang (memarkan)
– Daun salam segar 1 lembar
– Kayu manis 3 cm
– Garam 2 sendok teh
– Cengkeh 2 buah
– Santan 1.350 ml dari ½ butir kelapa

Bahan untuk membuat orek tempe:
– Tempe 300 gram (potong bentuk korek api berukuran besar)
– Bawang putih 3 siung (iris tipis)
– Bawang merah 4 butir (iris tipis)
– Daun salam 1 lembar
– Cabai merah besar 1 buah (buang bijinya dan iris halus)
– Kecap manis 3 ½ sendok teh
– Lengkuas 2 cm (memarkan)
– Gula pasir ¼ sendok teh
– Garam ¼ sendok teh
– Minyak goreng 2 sendok makan
– Air 2 sendok makan
– Merica bubuk ¼ sendok teh

Bahan untuk pelengkap:
– Kerupuk kanji 100 gram
– Bawang goreng 3 sendok makan
– Tempe bacem 5 buah
– Telur ayam 3 butir

Cara membuat nasi uduk beras merah dan tempe orek:
– Langkah pertama adalah membuat nasi uduk dengan cara siapkan panci kemudian masukan santan, cengkeh, garam, daun salam, dan serai. Aduk dan masak hingga mendidih.
– Setelah mendidih, masukan beras dan masak sambil sesekali di aduk hingga meresap.
– Apabila santan sudah meresap, kukus beras merah selama kurang lebih 30 menit menggunakan api sedang. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
– Langkah berikutnya adalah membuat tempe orek, goreng terlebih dahulu tempe hingga matang.
– Selanjutnya panaskan wajan dengan sedikit minyak dan tumis bumbu untuk tempe orek seperti bawang putih, bawang merah, cabai merah, lengkuas, dan daun salam. Tumis semua bumbu hingga matang dan mengeluarkan aroma harum.
– Kemudian masukan kecap manis bersama dengan bumbu lainnya seperti gula pasir, merica bubuk, dan garam. Aduk sampai semua bumbu tercampur rata.
– Selanjutnya, tuang 2 sendok makan air. Aduk hingga rata dan masak sampai air mendidih serta bumbu sudah meresap sempurna.
– Terakhir adalah masukan potongan tempe sambil di aduk- aduk hingga merata. Masak orek tempe hingga matang bumbu meresap pada tempe dengan sempurna.

Nah, itulah di atas resep nasi uduk beras merah yang kaya akan gizi dan rasa yang lezat dengan tempe orek yang gurih. Sangat mudah bukan untuk membuat nasi uduk beras merah, sajikan nasi uduk di atas piring saji dan sajikan bersama tempe orek serta bahan pelengkap lainnya.

Anda dapat menambahkan sambal kacang atau sambal terasi kesukaan Anda. Sajikan nasi uduk beras merah selagi hangat sebagai menu sarapan keluarga Anda atau hidangan ketika Anda mengadakan sebuah acara.

Komentar Disini