4 Resep Nasi Kuning Spesial dan Komplit

Resep Nasi Kuning

Resepmakanan.id – Resep nasi kuning yang lezat dan memiliki cita rasa yang khas menjadi menu favorit banyak orang. Nasi kuning bisa divariasikan dengan berbagai bahan-bahan pelengkap seperti telur goreng, selada, tomat, dan juga wortel.

Dengan dilengkapi bahan-bahan tersebut semakin menjadikan rasa nasi kuning lebih lezat. Semua anggota keluarga juga akan menyukai rasa nasi kuning yang Anda buat. Selain digunakan sebagai menu andalan yang lezat dan bergizi bagi anggota keluarga, Anda juga bisa menjadikan resep nasi kuning sebagai salah satu menu dalam menjalankan bisnis kuliner.

Jika cita rasa nasi kuning yang Anda buat lezat dan disukai semua orang, maka bisnis kuliner yang Anda jalankan akan berkembang dengan baik. Sehingga memperoleh penghasilan dari keahlian bisnis kuliner menjadi hal yang mudah untuk dilakukan.

Resep Nasi Kuning Tumpeng Mini

nasi kuning tumpeng

Resep nasi kuning tumpeng mini bisa Anda jadikan sebagai menu pada saat ulang tahun anak tercinta ataupun sahabat. Dengan membuat tumpeng cantik berukuran mini ini pastinya akan membuat sebuah moment lebih spesial.

Banyak sekali acara sehari-hari yang membutuhkan nasi tumpeng mini sebagai salah satu menu utamanya. Berikut ini langkah-langkah membuat nasi kuning tumpeng mini yang lezat dan mudah dilakukan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
Nasi kuning:
– Beras 1 kg
– Santan 4 gelas
– Daun santan
– Daun jeruk nipis
– Kunyit bubuk 1 sachet
– Garam 2 sdt
– Sereh 2 batang

Ayam krispi:
– Ayam 1 kg
– Tepung terigu 450 gram
– Tepung tapioka 150 gram
– Telur 1 butir
– Lada bubuk
– Bawang putih 5 siung
– Ryco ayam

Tempe kering:
– Tempe 1 papan
– Bawang merah 4 siung
– Bawang putih 3 siung
– Asam jawa
– Garam 1 sdt
– Gula 1 sdt
– Kecap 4 sdm
– Daun jeruk nipis
– Cabai merah besar

Perkedel kentang:
– Kentang ½ kg
– Bawang putih 5 siung
– Lada bubuk
– Garam secukupnya
– Telur

Langkah-langkah membuat nasi kuning tumpeng mini:
– Langkah pertama untuk mengolah nasinya. Pertama cuci beras hingga bersih kemudian rendam dengan bubuk kunyit selama ½ jam. Saat beras sedang direndam kemudian didihkan santan dengan daun salam, sereh, garam, dan daun jeruk nipis. Sisihkan terlebih dahulu. Selanjutnya kukus nasi setengah matang, lalu campurkan dengan santan yang sudah diberi bumbu. Kemudian masak hingga matang kurang lebih 1 jam.
– Langkah yang selanjutnya untuk ayam krispi. Cuci ayam menggunakan air bersih dan rendam dengan bawang putih halus, garam, serta lada bubuk. Lalu taruh di lemari es 3 hingga 5 jam. Untuk adonan tepung nya campurkan semua tepung, royco, lada bubuk dan garam. Lalu buatlah pencelup menggunakan air es 200 ml yang sudah dicampur dengan 4 sendok adonan tepung. Untuk membuat ayam campurkan telur kocok 1 butir di ayam yang sebelumnya sudah disimpan di lemari es. Lalu taruh di adonan tepung dan celupkan di adonan basah, kemudian taruh lagi di adonan tepung. Goreng di minyak panas hingga matang dengan api sedang.
– Langkah yang selanjutnya membuat kering tempe yaitu dengan memotong tempe kecil-kecil dan goreng sampai garing. Kemudian haluskan bawang putih dan bawang merah, lalu tumis hingga harum. Tambahkan pula irisan cabai merah besar, lengkuas, asam jawa, dan daun jeruk nipis. Beri sedikit air dan tambahkan pula kecap, gula dan garam. Kemudian lakukan tes rasa, jika sudah cocok tunggu bumbu mengental dan masukkan tempe yang sudah digoreng.
– Langkah yang berikutnya membuat perkedel kentang yaitu dengan menggoreng kentang kemudian dihaluskan. Kemudian haluskan bawang putih yang sudah Anda goreng tadi, Lalu campurkan kentang yang sudah Anda haluskan lalu jangan lupa beri garam dan bubuk lada agar menambah kesan rasa yang enak. Bentuk bulat adonan perkedel lalu pipihkan. Balur perkedel dengan telur kocok dan goreng hingga matang atau berwarna kecokelatan.
– Langkah yang terakhir adalah menata menjadi tumpeng kecil dengan ditambah irisan seperti telur gulung, sambal terasi,dan telur gulung.

Resep nasi kuning tumpeng mini bisa Anda jadikan sebagai salah satu bentuk bisnis kuliner yang menjanjikan. Seperti yang telah diketahui bahwa untuk membuka sebuah badan usaha diperlukan dukungan yang kuat dari berbagai pihak.

Dengan membuat nasi kuning yang lezat pastinya semua orang akan menyukainya dan tidak segan untuk membelinya lagi. Selain nasi kuning tumpeng yang menarik Anda juga membuat jenis nasi tumpeng lain yang tidak kalah lezat dan menarik yakni nasi kuning liwet.

Nasi Kuning Liwetp>Resep Nasi Kuning liwet

Resep nasi kuning liwet bisa Anda jadikan sebagai salah satu menu andalan yang lezat dan bergizi untuk semua anggota keluarga. Rasanya yang lezat pastinya membuat semua anggota keluarga akan menyukainya.

Selain lezat, nasi kuning liwet juga merupakan salah satu meni masakan dengan bahan sedikit dan cara memasak yang tidak terlalu lama. Berikut ini langkah-langkah membuat nasi kuning liwet yang mudah untuk dilakukan.

Bahan-bahan yang digunakan:
– Beras 2 gelas
– Bawang putih 2 siung, iris
– Bawang merah 3 siung, iris
– Daun salam 1
– Daun jeruk 1
– Sere 1
– Kunyit 2 jari
– Garam secukupnya
– Penyedap rasa secukupnya

Langkah-langkah membuat:
– Langkah yang pertama cuci beras hingga bersih dan beri air sesuai dengan takaran saat hendak memasak.
– Kemudian kunyit dibakar dan kupas kulitnya lalu diparut. Lalu disaring untuk diambil airnya dan masukkan ke dalam beras yang sudah dicuci.
– Selanjutnya siapkan minyak dan panaskan dengan api sedang. Masukkan bawang putih, bawang merah, daun salam, daun serai, dan daun jeruk hingga harum. Masukkan garam dan penyedap rasa secukupnya lalu beri ari secukupnya.
-Langkah berikutnya masukkan ke dalam magicom yang tadi sudah diisi beras. Aduk-aduk terlebih dahulu sebelum dimasak.
– Masukkan ke dalam magicom dan tekan tombol mulai memasak. Saat 15 menit aduk nasinya lalu dilanjutkan untuk memasaknya hingga matang.
– Jika sudah matang angkat dan nasi kuning liwet siap untuk disajikan.

Resep nasi kuning liwet yang lezat dan mudah dibuat ini benar-benar membutuhkan waktu pengerjaan yang tidak panjang. Sangat cocok bagi Anda yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk membuat nasi kuning, baik itu untuk sendiri maupun untuk semua anggota keluarga.

Selain nasi kuning liwet yang mudah, jenis nasi kuning yang lezat berikutnya ada nasi kuning bumbu racik. Berikut ini langkah-langkah membuat nasi kuning bumbu racik yang mudah dan lezat.

Nasi Kuning Bumbu Racikp>Resep Nasi Kuning bumbu racik

Resep nasi kuning bumbu racik ini terbuat dari bumbu-bumbu dapur yang sangat mudah untuk diperoleh. Sehingga untuk membuat nasi kuning bumbu racik Anda tidak perlu pergi ke berbagai tempat yang jauh untuk sekadar mencari bumbunya.

Dengan mengikuti cara-caranya dengan benar maka Anda akan bisa membuat nasi kuning bumbu racik yang lezat. berikut ini langkah-langkah membuat nasi kuning bumbu racik yang mudah untuk dilakukan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Beras 2 cup
– Bumbu racik ayam ½ bks
– Bawang merah 2 siung
– Bawang putih 2 siung
– Salam
– Garam
– Penyedap rasa

Langkah-langkah membuat nasi kuning bumbu racik:
– Langkah yang pertama cuci beras hingga bersih dan masukkan ke dalam magicom.
– Kemudian tumis bawang putih, bawang merah, dan salam. Lalu tambahkan setengah bungkus racik ayam, penyedap rasa, garam, dan air yang pas untuk memasak nasi.
– Jika sudah tercium harum masukkan air tumisan tadi ke dalam magicom dan tunggu hingga matang.
– Nasi kuning bumbu racik siap untuk disajikan.

Cara membuat nasi kuning bumbu racik ini memiliki rasa yang lezat sehingga semua anggota keluarga akan menyukainya. Selain itu, cara membuatnya juga mudah sehingga bagi Anda yang belum terbiasa memasak tidak akan merasa kesulitan membuat nasi kuning bumbu racik ini. Selain nasi kuning bumbu racik jenis nasi kuning lain yang bisa Anda coba ada nasi kuning keju blue band.

Nasi Kuning Keju Blue Band>Resep Nasi Kuning blue band

Resep nasi kuning keju blueband terbuat dari bahan-bahan yang sederhana dan cara memasaknya juga mudah. Bagi Anda yang ingin membuat menu nasi kuning maka bisa mencoba menu yang satu ini.

Pastinya rasa nasi kuning yang dimiliki berbeda dari jenis nasi kuning lainnya, Berikut ini langkah-langkah membuat nasi kuning keju blue band yang mudah untuk dilakukan.

Bahan-bahan yang diperlukan:
– Beras 1 kg
– Kunyit halus 1 sdm
– Halia secukupnya, diparut
– Air perasan jeruk 1 sdm
– Margarin blue band 1 sdm
– Air 1 liter
– Keju cheddar yang sudah dihaluskan

Langkah-langkah membuat nasi kuning keju blue band:
– Langkah yang pertama cuci beras hingga bersih.
– Selanjutnya masukkan ke dalam wajan dan campurkan kunyit bubuk, halia blue band, air , dan perasan jeruk nipis.
– Kemudian masak di kompor sambil diaduk-aduk hingga airnya kering. Masukkan keju cheddar yang sudah dihaluskan sebelumnya.
– Siapkan dandang dengan daun salam di bawang saringan dandang agar nantinya aroma daun salam naik sehingga wangi. Angkat beras yang tadi sudah diaron dan kukus selama 30 menit.
– Setelah matang, angkat dan sajikan. Nasi kuning keju blue band siap untuk disajikan.

Resep nasi kuning keju blue band ini bisa menjadi salah satu menu Andalan yang lezat dan bergizi untuk semua anggota keluarga. Rasanya gurih pasti disukai semua anggota keluarga.

Nasi kuning keju blue band ini bisa Anda jadikan sebagai salah satu menu yang praktis dan mudah dibuat namun memiliki kandungan gizi yang tinggi. Adanya tambahan keju semakin menambah nilai gizi yang ada pada nasi kuning yang satu ini.

Itulah beberapa langkah-langkah resep nasi kuning yang bisa Anda buat di rumah dengan mudah. Anda bisa memilih salah satu dari resep di atas dengan mempertimbangkan berbagai hal, seperti bahan, lamanya pengerjaan, dan juga rasa yang dimiliki. Dengan membuat pertimbangan yang tepat maka nasi kuning dengan rasa yang lezat bisa tersedia di meja makan keluarga Anda dan pastinya anggota keluarga akan menyukainya.

Komentar Disini