5 Resep Masakan Jawa yang Sederhana dan Praktis

Resep Masakan Jawa

Resepmakanan.id – Resep masakan Jawa memang menjadi salah satu resep yang banyak diburu oleh masyarakat dari berbagai daerah, tidak hanya masyarakat Jawa saja.

Mungkin karena rasanya yang kaya rempah sehingga membuat banyak orang menyukainya. Dengan membuat masakan Jawa sebagai menu pada saat makan bersama keluarga akan membuat suasana makan lebih meriah.

Berbagai jenis masakan Jawa juga banyak tersedia di warung makan ataupun restoran kecil hingga besar. Jenis-jenis makanan Jawa yang memiliki rasa lezat dan biasa dibuat antara lain mie godog Jawa, tongseng ayam, urap sayur, tempe bacem, dan ayam bacem.

Resep-resep tersebut bisa Anda coba dengan mudah jika mengikuti langkah-langkah membuat resep masakan Jawa berikut ini.

Resep Makanan Jawa Nasi Liwet Tutug Oncom

oncom tutug

Resep masakan Jawa yang pertama ada nasi liwet tutug oncom. Selain membuat kenyang, nasi liwet yang satu ini memiliki rasa yang mampu menggoyang lidah siapa saja yang menikmatinya.

Dengan bumbu rempah-rempah yang begitu lengkap membuat nasi liwet tutug oncom akan menjadi menu favorit saat Anda hidangkan di atas meja makan. Berikut ini langkah-langkah membuat nasi liwet tutug oncom yang mudah untuk dilakukan.

Bahan-bahan yang diperlukan:
– Oncom 100 gram, di cacah sampai halus
– Ikan teri Medan 1 ons, goreng hingga kering
– Bawang merah 5 siung, iris tipis
– Bawang putih 3 siung, iris tipis
– Kencur 1 ruas jari, haluskan
– Daun salam 2 lembar
– Serai 1 ruas batang
– Garam, gula, penyedap rasa, masing-masing 1 sdt
– Cabai rawit merah 7-10 buah

Langkah-langkah membuat nasi liwet tutug oncom:
– Langkah yang pertama tumis bawang merah dan cabai yang sudah diiris. Kemudian tambahkan kencur yang sudah dihaluskan beserta daun salam dan serai.
– Selanjutnya masukkan oncom yang sudah di cacah halus. Tambahkan gula, garam, dan penyedap rasa. Lalu aduk-aduk dan masak hingga harum. Setelah oncomnya matang, angkat dan masukkan ke dalam wadah terlebih dahulu.
– Langkah selanjutnya siapkan nasi yang masih panas, ambil oncom sedikit dan tumbuk bersama dengan nasi.
– Jika sudah, sajikan nasi liwet tutug oncom ini bersama dengan teri Medan yang sudah digoreng kering.

Cara membuat nasi liwet tutug oncom tersebut bisa Anda coba sebagai salah satu menu sarapan ataupun makan siang yang sehat untuk keluarga. Oncom yang merupakan sumber protein nabati ini memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan.

Selain itu, nasi liwet yang masih hangat juga merupakan sumber karbohidrat yang memberikan asupan energi untuk beraktivitas. Selain nasi liwet tutug oncom, Anda juga bisa membuat selat segar Solo.

Selat Segar Solo

Resep masakan Jawa yang lezat berikutnya ada selat segar Solo. Selat segar Solo ini memiliki rasa yang lezat dan segar, karena perpaduan bumbu rempah dan aneka sayuran yang sehat.

Selat segar Solo terbuat dari sayuran yang kaya akan zat besi dan juga tambahan telur yang merupakan sumber protein. Dengan membuat selat segar Solo, maka Anda sudah membuat menu yang sehat untuk anggota keluarga. Berikut ini langkah-langkah membuat selat segar Solo yang mudah dan lezat.

Bahan-bahan yang diperlukan:
– Bawang putih 5 siung
– Bawang merah 3 siung
– Bawang Bombay 1 butir
– Pala ¼
– Cengkeh 5 biji
– Gula jawa 1 buah
– Kecap manis 2 sdm
– Garam ½ sdt
– Gula pasir 3 sdm
– Wortel 2 buah
– Kentang 2 buah
– Kacang panjang 4 buah
– Telur 7 butir
– Merica bubuk ½ sdt
– Kuning telur 1 butir
– Cuka 2 sdm
– Daging sapi iris, secukupnya
– Kaldu sapi 700 ml

Langkah-langkah membuat selat segar Solo:
– Langkah yang pertama rebus wortel, kentang, telur, dan kacang panjang. lalu di Sisihkan dahulu.
– Untuk membuat kuahnya kemudian haluskan 5 siung bawang putih, lalu iris 3 siung bawang merah dan yang terakhir 1 bawang jenis bombay. Lalu panaskan panci yang berisi minyak goreng. Setelah panas, tumis irisan bawang merah, bawang Bombay, dan bawang putih hingga harum. Tambahkan sebanyak 700ml kaldu sapi, gula pasir dan jawa, garam, kecap, biji pala, dan terakhir biji cengkeh.
– Untuk bahan membuat mustard tumbuk kentang dan campurkan dengan cuka secukupnya, lalu gula dan garam juga secukupnya, dan terakhir kuning telur, Kemudian campur menjadi satu.
– Langkah yang terakhir sajikan rebusan di atas piring dan tambahkan mustard. Lalu di siram dengan kuah, Selat segar Solo siap untuk disajikan.

Cara membuat selat segar Solo tersebut bisa Anda coba untuk membuat menu yang lezat sebagai teman nasi. Dengan mengikuti langkah-langkah dan bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas maka Anda akan bisa membuat menu masakan Jawa yang mudah dan lezat. Selain selat segar Solo, resep lain yang tidak kalah nikmat ada opor ayam kampung.

Opor Ayam Kampung>opor ayam

Resep masakan Jawa yang berikutnya yaitu opor ayam kampung. Resep opor ayam kampung yang lezat pastinya banyak dicari karena opor ayam biasanya menjadi menu andalan di warung makan ataupun di restoran-restoran.

Membuat opor ayam kampung sendiri di rumah untuk keluarga merupakan pilihan yang tepat. Berikut ini langkah-langkah membuat opor ayam kampung yang mudah dan lezat.
Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Ayam kampung 1 kg, potong-potong sesuai selera
– Santan kental 300 ml
– Santan encer 600 ml
– Daun salam 4 lembar
– Serai 2 batang
– Bawang merah 10 siung
– Bawang putih 5 siung
– Kemiri 4 butir
– Merica butir 1 sdm
– Kunyit 2 ruas jari
– Lengkuas 4 ruas jari
– Jahe 4 ruas jari
– Jinten 11 sdt
– Ketumbar 1 sdm
– Gula dan garam secukupnya
– Taburan bawang merah goreng

Langkah-langkah membuat opor ayam kampung:
– Langkah yang pertama cuci ayam hingga bersih lalu tiriskan. Lalu ditumus bumbu yang sudah dihaluskan dengan campuran mentega atau bisa juga dengan minyak goreng secukupnya.
– Lalu masukkan ayam dan aduk-aduk hingga rata dan berubah warnanya. Lalu masukkan santan hingga encer.
– Kemudian setelah santan yang encer sudah menyusut, ayamnya sudah empuk, masukkan santan kental dan bumbu lainnya. Tunggu hingga mendidih.
– Jika sudah mendidih angkat dan opor ayam kampung siap untuk disajikan.

Resep masakan Jawa opor ayam kampung ini memiliki rasa yang segar dan kaya akan rempah-rempah. Rasa pedas yang ada di opor ini berasal dari merica, sehingga bisa menghangatkan tubuh.

Ayam kampung juga merupakan sumber protein hewani yang menyehatkan, karena kandungan kolesterolnya yang tidak terlalu tinggi. Selain opor ayam kampung, resep lain yang harus Anda coba ada ayam bacem Jawa.

Ayam Bacem Jawa>Resep Masakan Jawa ayam bacem

Resep masakan Jawa yang berikutnya ada ayam bacem jawa yang tidak kalah nikmat dari jenis resep lainnya. Rasanya yang manis dan gurih pasti disukai semua anggota keluarga. Ayam bacem Jawa juga memiliki rasa yang khas, sangat cocok digunakan sebagai lauk saat waktu makan tiba. Berikut ini langkah-langkah membuat ayam bacem Jawa yang mudah dan lezat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Ayam 1 ekor, potong-potong sesuai selera

Bahan halus:
– Ketumbar 1 ½ sdm, disangrai
– Bawang merah 5 siung
– Bawang putih 3 siung

Bumbu lain:
– Daun salam 6 lembar
– Lengkuas ukuran besar 1 ruas, digeprek
– Gula merah 70 gram
– Kecap manis 4 sdm
– Gula 1 sdm
– Garam 1 sdm
– Air kelapa 1 liter
– Asam jawa 1 sdm, dilarutkan dengan 100 ml air

Langkah-langkah membuat ayam bacem Jawa:
– Langkah yang pertama campurkan semua bumbu halus dengan bumbu lainnya. Kemudian masak hingga mendidih dan masukkan ayam. Masak hingga mendidih lagi.
– Selanjutnya goreng ayam ke dalam minyak yang panas sebentar saja. Lalu angkat dan opor ayam Jawa siap untuk disajikan.

Cara membuat opor ayam Jawa ini sangat mudah karena langkah-langkah membuatnya yang sederhana. Opor ayam Jawa sangat cocok dimakan dengan nasi yang masih hangat. Cita rasanya yang manis gurih ini membuat selera makan Anda bersama keluarga tercinta menjadi bertambah. Selain opor ayam Jawa yang lezat dan manis ini, resep lain yang tidak kalah lezat ada urap bunga pepaya.

Urap Bunga Pepaya

Resep Masakan Jawa urap bunga pepaya

Resep masakan Jawa yang lezat dan nikmat berikutnya ada urap bunga pepaya. Urap yang segar, pedas, dan asin ini sangat cocok digunakan sebagai pelengkap menu makan siang. Banyak sekali orang yang menyukai urap bunga pepaya ini.

Namun, rasa yang ada di warung makan biasanya berbeda dengan selera Anda, sehingga membuatnya sendiri menjadi pilihan yang tepat. Berikut ini langkah-langkah membuat urap bunga pepaya yang lezat dan segar.

Bahan-bahan yang diperlukan:
– Bunga pepaya 200 gram
– Kacang panjang 10 lembar, dipotong-potong
– Kelapa parut ½ butir
– Daun jambu biji 10 lembar
– Cabai merah 10 buah
– Bawang merah 3 siung
– Bawang putih 3 siung
– Kencur 1 cm
– Terasi 2 bungkus
– Royco ayam 1 bungkus
– Garam secukupnya
– Minyak secukupnya
– Jeruk nipis 1 buah, ambil airnya

Langkah-langkah membuat urap bunga pepaya:
– Langkah yang pertama rebus bunga pepaya dengan daun jambu biji. Tambahkan 2 sdm garam dan didihkan. Setelah mendidih, buang airnya sambil diperas. Lakukan proses perebusan sebanyak dua kali. Lalu cuci keduanya dengan air dingin sambil diperas.
– Kemudian rebus kacang panjang sampai mendidih, lalu tiriskan.
– Selanjutnya haluskan cabai merah, bawang merah, bawang putih, kencur, dan terasi.
– Lalu tumis bumbu halus sampai harum dan tambahkan garam, air jeruk nipis, dan royco. Selanjutnya masukkan kelapa parut dan aduk-aduk hingga rata. Lalu masak sebentar sampai mengering.
– Kemudian masukkan bunga pepaya dan kacang panjang. Urap bunga pepaya siap untuk disajikan.

Resep masakan Jawa yang satu ini sangat cocok disantap untuk lauk karena rasanya yang mampu menggoyang lidah. Anda juga bisa membuatnya dengan mudah jika mengikuti langkah-langkah di atas.

Itulah beberapa resep masakan Jawa yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Dengan menggunakan bahan-bahan dan cara yang tepat maka Anda bisa membuatnya agar terasa lezat dan nikmat saat disantap.

Komentar Disini