4 Resep Martabak Mini Sederhana dan Enak

Resep Martabak Mini

Resepmakanan.id – Resep martabak mini yang enak banyak disukai oleh ibu-ibu yang ingin membuat martabak mini ketika ada acara atau hanya untuk camilan bersama keluarga tercinta.

Martabak mini adalah martabak terang bulan yang berbentuk mini. Kue yang lezat ini adalah makanan khas dari daerah Bandung. Ada juga martabak asli Bangka yang hampir sama dengan martabak terang bulan.

Akan tetapi yang banyak ditemukan di pinggir jalan adalah martabak khas Bandung. Dengan memberikan variasi pada toping membuat martabak terlihat lebih menarik. Resep martabak mini menggunakan cetakan khusus untuk martabak mini dan keuntungannya Anda tidak perlu lagi untuk memotong martabak.

Apabila Anda mempunyai cetakan martabak mini maka Anda dapat membuat martabak sendiri di rumah. Berikut ini ada beberapa resep martabak mini yang dapat Anda ikuti.

Resep Martabak Mini yang Manis dan Sederhana

Martabak adalah jajanan pinggir jalan yang mempunyai rasa yang enak. Hampir semua orang menyukai martabak manis dari anak-anak hingga orang dewasa. Martabak yang hendak dibahas kali ini adalah martabak manis yang dicetak menggunakan cetakan khusus martabak mini.

Sehingga untuk setiap potong martabak dapat diberikan berbagai macam toping sesuai selera Anda. Anda dapat membuat martabak mini di rumah, berikut adalah resep martabak mini yang manis dan sederhana.

Bahan untuk membuat martabak mini:
– Tepung terigu protein sedang 250 gram
– Susu bubuk full cream 50 gram
– Gula pasir 80 gram (sesuaikan selera Anda)
– Telur ayam 1 butir
– Mentega 25 gram (lelehkan)
– Mentega untuk olesan wajan khusus martabak mini 25 gram
– Ragi instan 1/8 sendok teh
– Baking powder 1/8 sendok teh
– Vanili 1/8 sendok teh (optional)
– Air hangat kurang lebih 300 ml

Bahan untuk topping martabak mini:
– Mentega 25 gram
– Gula pasir secukupnya
– Susu kental manis secukupnya
– Cokelat butiran atau messes secukupnya
– Keju cheddar secukupnya (parut)

Cara membuat martabak mini:
– Langkah pertama untuk membuat adonan adalah siapkan wadah kemudian campur tepung terigu, susu bubuk full cream, vanili, dan ragi instan. Aduk hingga semua bahan tercampur rata. Sisihkan.
– Selanjutnya adalah dalam wadah lain kocok telur dan gula pasir hingga mengembang, kemudian masukan mentega leleh sambil terus diaduk.
– Masukan campuran dari tepung terigu tadi sedikit demi sedikit, bergantian dengan menuangkan air hangat sambil terus diaduk-aduk. Aduk terus hingga tercapai kekentalan yang diinginkan. Jangan biarkan adonan terlalu kental karena akan membuat martabak mempunyai tekstur yang sedikit keras serta tidak akan mengembang sempurna. Sebaliknya apabila adonan terlalu encer akan menjadikan martabak menjadi lembek.
– Setelah semua tercampur rata dan kekentalan sudah sesuai, tutuplah adonan menggunakan plastik dan diamkan selama kurang lebih 4 jam, lebih bagus lagi jika didiamkan semalaman. Hal tersebut dilakukan untuk membuat ragi instan melakukan fermentasi terhadap adonan.
Cara membuat martabak mini:
– Setelah adonan didiamkan selama kurang lebih 4 jam atau semalaman, adonan akan mengembang dan banyak mengandung gelembung udara di dalamnya. Hal tersebut menandakan jika adonan siap ke tahap selanjutnya.
– Selanjutnya, Anda siapkan loyang martabak mini dan beri olesan mentega hingga rata. Panaskan loyang di atas kompor dengan api sedang dan biarkan hingga benar-benar panas.
– Apabila loyang sudah dipastikan benar-benar panas, tuang adonan sekitar setengah loyang. Tekan adonan dengan irus sambil diputar sehingga membentuk pinggiran pada martabak mini.
– Setelah semua adonan dituangkan, biarkan adonan martabak mini hingga muncul gelembung-gelembung udara.
– Setelah itu kecilkan api dan tutup adonan dan tunggu hingga setengah matang.
– Setelah adonan setengah matang, buka tutup dan taburkan gula pasir secukupnya. Tutup kembali hingga matang.
– Setelah martabak mini dianggap matang yang terlihat dari bagian bawah martabak yang berwarna kecokelatan. Angkat martabak.
– Setelah diangkat, oles permukaan martabak dengan mentega dan beri taburan cokelat messes atau keju parut. Kemudian berikan susu kental manis sesuai selera Anda. Sajikan martabak mini selagi hangat.

Sangat mudah untuk mengikuti resep martabak mini yang manis dan sederhana ini. Ketika Anda menambahkan ragi dan baking powder jangan terlalu banyak karena akan memberikan aroma yang kurang enak ketika menyantap nya.

Dan untuk pemberian toping Anda dapat juga menggunakan kacang mete atau selai kacang. Sajikan martabak dengan ditemani secangkir teh hangat.

Martabak Mini Cokelat Keju

martabak mini

Martabak enak dimakan kapan pun, terutama jika saat cuaca sedang dingin. Menyantap martabak selagi hangat saat cuaca dingin akan memberikan kenikmatan tersendiri. Martabak mini cokelat keju mempunyai rasa manis dan gurih serta Anda pun dapat membuatnya sendiri di rumah. Berikut cara untuk membuat martabak mini cokelat keju.
Bahan untuk membuat martabak mini cokelat keju

Bahan ke 1:
– Tepung terigu 250 gram (ayak)
– Gula pasir 30 gram
– Air bersih 250 ml
– Baking powder ¼ sendok teh
– Garam sedikit (kurang dari ¼ sendok teh)

Bahan ke 2:
– Telur ayam ukuran sedang 3 butir
– Gula pasir 30 gram
– Ragi instan ½ sendok teh
– Soda kue ¼ sendok teh

Bahan untuk taburan:
– Gula pasir secukupnya
– Messes secukupnya
– Keju cheddar (parut)
– Susu kental manis
– Margarin secukupnya

Cara membuat martabak mini cokelat keju:
– Langkah pertama adalah siapkan wadah dan tuang bahan pertama yaitu tepung terigu, baking powder, garam, dan gula pasir. Campur dan aduk hingga merata sambil diberi air sedikit demi sedikit sambil diaduk selama kurang lebih 30 menit.
– Langkah berikutnya adalah siapkan wadah dan masukan gula pasir, soda kue, ragi instan. Aduk terlebih dahulu sampai merata, kemudian masukan telur satu per satu. Kocok adonan hingga mengembang selama kurang lebih 30 menit.
– Selanjutnya gabungkan bahan satu dan bahan dua, aduk hingga rata dan adonan menjadi kalis atau tidak lengket.
– Panaskan wajan khusus martabak mini yang anti lengket hingga benar-benar panas. Kemudian tuang adonan hingga ¾ lubang martabak. Tekan dengan irus dan putar sehingga terbentuk pinggiran martabak.
– Setelah matang, angkat martabak. Oles martabak dengan margarin dan taburi gula pasir, messes serta keju parut, dan susu kental manis.
– Martabak mini siap dihidangkan.

Itulah cara untuk membuat resep martabak mini cokelat keju yang sangat mudah dan enak. Ketika memasak martabak gunakan api yang kecil dan sebelum menuangkan adonan pastikan wajan khusus martabak mini benar-benar panas. Anda juga dapat mengganti toping dengan potongan kacang mete atau kacang tanah. Sajikan martabak mini dengan teh hangat.

M

Martabak Mini yang Manis Tanpa Ragi

img class="aligncenter size-medium" src="http://cdn2.tstatic.net/tribunnews/foto/bank/images/martabak-dmini_20160205_140311.jpg" alt="martabak mini" width="680" height="382" />

Ketika Anda mempunyai acara dan bingung untuk membuat jajanan, maka martabak mini dapat dijadikan alternatif untuk mengisi salah satu menu camilan di acara Anda. Kali ini Anda dapat membuat martabak mini yang tanpa ragi, karena dengan tidak menggunakan ragi akan diperoleh martabak yang sehat. Berikut adalah cara untuk membuat resep martabak mini tanpa ragi.

Bahan untuk membuat martabak mini tanpa ragi:
– Tepung terigu protein sedang 500 gram
– Air bersih 750 ml
– Gula pasir 50 gram
– Telur ayam 1 butir
– Garam 1 sendok makan
– Soda kue 1 sendok teh

Bahan untuk topping martabak mini:
– Messes secukupnya
– Kacang tanah secukupnya (tumbuk)
– Keju cheddar secukupnya (parut)
– Gula pasir secukupnya
– Susu kental manis secukupnya
– Mentega secukupnya

Cara membuat martabak mini tanpa ragi:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah siapkan wadah dan campur semua bahan kecuali soda kue.
– Setelah semua tercampur rata, diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam.
– Setelah kurang lebih 1 jam, panaskan wajan khusus martabak mini.
– Selanjutnya masukan soda kue ke dalam adonan dan aduk hingga rata.
– Setelah wajan benar-benar panas, tuang adonan martabak setengah penuh atau ¾ dari lubang martabak mini. Tekan irus memutar untuk membentuk pinggiran martabak mini.
– Tunggu adonan hingga setengah matang, kemudian berikan taburan gula pasir dan tutup kembali hingga martabak matang sempurna.
– Setelah matang, angkat martabak beri olesan mentega tipis-tipis, selanjutnya beri taburan topping messes, keju parut, atau kacang tanah dan tuang susu kental manis.

Itulah cara membuat martabak mini yang manis tanpa ragi, karena martabak menggunakan baking powder dan soda kue sebagai bahan pengembang untuk martabak mini. Untuk topping bisa diganti sesuai selera Anda, seperti berikan topping dengan buah segar atau selai kacang.

Ma

Martabak Mini Khas Bangka yang Super Lezat

mg class="aligncenter size-medium" src="https://img-global.cpcdn.com/003_recipes/cec7c199a6dfad37/1200x630cq70/photo.jpg" alt="martabak" width="1200" height="630" />

Ketika Anda sedang bersantai bersama keluarga tercinta, memang paling enak jika sambil makan camilan. Nah camilan yang bisa dijadikan alternatif adalah martabak mini khas Bangka yang akan membuat sore Anda menjadi lebih menyenangkan. Berikut adalah resep martabak mini khas Bangka yang super lezat.

Bahan untuk membuat taburan martabak mini per loyang:
– Messes 1 sendok makan
– Mentega yang asin ½ sendok makan
– Susu kental manis ½ sendok makan
– Gula pasir ½ sendok teh
– Wijen ¼ sendok teh (sangrai)
– Keju cheddar 25 gram (parut)

Bahan dasar untuk membuat kulit martabak mini:
– Baking powder 1 sendok teh
– Garam ½ sendok teh
– Bubuk vanili ¼ sendok teh
– Gula pasir bubuk 100 gram
– Telur ayam 2 butir (kocok lepas)
– Terigu protein sedang 500 gram
– Air putih 650 ml

Cara membuat martabak mini khas Bangka:
– Langkah pertama adalah membuat kulit martabak. Cara membuatnya yaitu dengan mengayak tepung terigu dan baking powder. Tuang gula pasir bubuk ke dalam adonan, dan aduk hingga tercampur rata. Gula pasir bubuk adalah gula pasir yang di blender hingga membentuk gula halus.
– Kemudian tambahkan telur ayam, vanili bubuk, dan garam. Aduk kembali hingga rata.
– Setelah itu, tuang air sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil dikocok menggunakan mixer dan kecepatan sedang. Kocok adonan selama kurang lebih 20 menit hingga lembut. Diamkan adonan selama jam agar mengembang.
– Kemudian untuk satu loyang nya siapkan adonan dengan berat 125 gram dan diberikan ¼ sendok teh soda kue dan aduk hingga rata.
– Tuang adonan ke dalam loyang setelah sebelumnya di panaskan hingga benar-benar panas. Tuangkan setengah loyang dan tekan dengan irus hingga membentuk pinggiran martabak.
– Masak adonan hingga berbusa dan kecilkan api. Berikan taburan gula pasir hingga berlubang dan tutup adonan hingga matang.
– Setelah matang, angkat martabak dan beri olesan mentega baru tambahkan gula pasir, messes, keju parut, wijen remuk, dan susu kental manis. Martabak mini khas Bangka pun siap disajikan.

Sangat mudah bukan untuk mengikuti resep martabak mini khas Bangka di atas. Lebih lezat jika disajikan bersama teh hangat ketika Anda sedang bersantai sore hari bersama keluarga tercinta.

Komentar Disini