5 Resep Martabak Manis Enak dan Lembut

Resep Martabak Manis

Resepmakanan.id – Resep Martabak Manis yang enak dan memiliki rasa yang lembut banyak dicari karena penggemarnya cukup banyak. Martabak sendiri merupakan salah satu makanan khas di Indonesia yang berasal dari Bangka Belitung.

Banyak sekali pilihan isi yang bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Pastinya rasa martabak manis yang lembut dan lezat ini mampu membuat orang yang memakannya ketagihan untuk mencobanya lagi.

Biasanya dari masing-masing daerah memiliki variasi rasa dan bentuk martabak manis yang berbeda-beda. Namun, rasa khas manisnya selalu menjadi hal utama yang menjadi ciri khas dari martabak.

Untuk bisa membuat resep martabak manis yang lezat tidak kalah dari para penjual aslinya ada beberapa cara. Anda bisa membuat martabak manis yang lezat dengan mengikuti beberapa langkah mudah berikut ini.

Resep Martabak Manis Keju

martabak keju

Resep martabak manis keju memiliki rasa yang gurih dan lembut. Rasa gurihnya berasal dari keju yang meleleh saat dimakan. Selain rasanya yang lezat, kandungan gizi yang dimiliki juga cukup banyak untuk bisa memenuhi kebutuhan gizi harian.

Seperti yang telah diketahui bahwa keju merupakan sumber protein hewani dengan nilai gizi yang tinggi. Tentu saja martabak manis keju ini merupakan camilan sehat untuk keluarga Anda. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat martabak manis keju yang mudah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Tepung terigu 250 gram
– Gula putih 80 gram
– Baking powder ¾ sdt
– Garam ¾ sdt
– Telur 1 butir
– Vanila ekstrak ½ sdt
– Air santan 350 ml, yang terdiri dari 65 ml santan kara dan 285 ml air
– Keju batangan secukupnya

Setelah ditunggu selama satu jam bagi menjadi dua mangkok, masing-masing mangkok ditambahkan:
– Baking soda ¾ sdt
– Baking powder ¾ sdt

Langkah-langkah membuat martabak manis keju:
– Langkah yang pertama campurkan semua bahan kering yang sebelumnya sudah diayak.
– Lalu campurkan bahan kering tadi hingga tercampur rata.
– Kemudian tambahkan air santan sedikit demi sedikit secara perlahan.
– Setelah semuanya tercampur rata tambahkan telur dan aduk-aduk kembali hingga rata.
– Jika sudah diamkan kurang lebih 1 jam.
– Jika sudah didiamkan selama satu jam bagi adonan menjadi dua mangkuk.
– Masing-masing adonan ditambah dengan baking powder dan baking soda.
– Selanjutnya panaskan teflon dengan api kecil hingga teflon benar-benar panas.
– Tuangkan adonan yang sudah siap tadi ke dalam teflon yang sudah panas.
– Jika sudah muncul buih segera tambahkan gula pasir dan tutup teflon dengan tutup yang rapat.
– Jika sudah matang martabak siap diisi dengan parutan keju.
– Martabak bisa dilipat atau ditumpuk dengan martabak lain, sehingga isinya bisa tertutup.
– Setelah itu potong-potong martabak sesuai dengan selera.
– Martabak manis keju siap disajikan.

Resep martabak manis keju ini sangat mudah dilakukan dan caranya cukup sederhana. Sehingga camilan sehat bisa Anda buat sendiri di rumah untuk keluarga tercinta. Sajikan saat martabak manis keju masih dalam kondisi hangat agar rasanya lebih nikmat.

Kelembutan martabak dengan isi keju mampu menjadikan lidah siapa saja yang mengkonsumsinya ingin mengkonsumsinya lagi. Selain martabak manis keju ada juga martabak manis teflon yang rasanya juga menggugah selera.

M

Martabak Manis Teflon

img class="aligncenter wp-image-711 size-full" src="https://resepmakanan.id/wp-content/uploads/2017/11/martabak-manis.jpg" alt="martabak manis" width="750" height="394" srcset="https://resepmakanan.id/wp-content/uploads/2017/11/martabak-manis.jpg 750w, https://resepmakanan.id/wp-content/uploads/2017/11/martabak-manis-300x158.jpg 300w, https://resepmakanan.id/wp-content/uploads/2017/11/martabak-manis-696x366.jpg 696w" sizes="(max-width: 750px) 100vw, 750px" />

Resep Martabak Manis teflon dengan rasanya yang lembut dan manis banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Bagi orang yang tidak suka dengan keju bisa mencoba martabak manis teflon sebagai pilihannya.

Rasa manis dari martabak ini menjadikan martabak sebagai makanan favorit. Tak perlu khawatir Anda juga bisa sendiri membuatnya dirumah Anda dengan muda dan praktis. Berikut ini langkah-langkah membuat martabak manis teflon yang mudah dan praktis.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Tepung terigu 125 gram
– Gula pasir 50 gram
– Margarin 50 gram, lelehkan
– Telur 1 butir
– Ragi instan ½ sdt
– Baking soda 1 sdt
– Air 200 ml

Topping:
– Margarin
– Meises
– Susu kental manis
– Gula
– Keju (optional)

Langkah-langkah membuat martabak manis teflon:
– Langkah yang pertama campurkan tepung, air, dan gula pasir. Aduk-aduk rata hingga halus dan tidak ada yang bergerindil.
– Lalu masukkan ragi dan aduk-aduk kembali hingga rata. Diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit.
– Jika sudah didiamkan selama 30 menit masukkan margarin yang sudah dilelehkan terlebih dahulu,tambahkan satu butir telur yang sudah diaduk atau dikocok. Kemudian aduk-aduk rata lagi dan diamkan kurang lebih 15 menit.
– Selanjutnya masukkan baking soda dan aduk-aduk hingga rata, jika sudah selesai maka panaskan dengan api yang kecil.Jika sudah benar-benar panas masukkan adonan sambil pinggirannya dibuat agar jadi lapisan tipis sebagai sisi. Panggang martabak dan tunggu hingga muncul lubang-lubang pada martabak dan agak kering. Jika sudah tambahkan taburan gula pasir di atasnya dan tunggu hingga martabak matang.
– Jika sudah matang angkat martabak dan olesi dengan margarin secukupnya. Lalu tambahkan meises, keju, dan susu kental manis.
– Jika proses topping sudah selesai lipat martabak dan potong-potong sesuai selera.
– Martabak manis teflon siap disajikan.

Resep martabak manis teflon ini memiliki tata cara yang simple dan lengkap. Sehingga Anda bisa membuat martabak yang enak dan lezat, baik itu untuk dimakan bersama keluarga tercinta ataupun untuk keperluan bisnis kualiner. Untuk membuat martabak yang dijual Anda bisa menambahkan takarannya supaya lebih banyak.

Ma

Martabak Manis Pandan Cokelat Keju

mg class="aligncenter size-medium" src="https://www.beritainfo.web.id/wp-content/uploads/2015/10/Martabak-Manis.jpg" alt="martabak manis" width="1600" height="1200" />

Resep martabak manis pandan cokelat keju juga memiliki rasa lezat dan manis yang khas. Dengan ciri khas rasa pandannya yang menambah rasa lezat dari martabak manis cokelat keju ini.

Warnanya yang hijau dari bahan alami juga membuat tampilannya terlihat lebih cantik dan menggoda untuk dicicipi. Untuk mengetahui langkah-langkah membuat martabak manis pandan cokelat keju Anda bisa menyimaknya berikut ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Tepung terigu protein sedang 250 gram
– Tape singkong 4 buah, buang sumbunya dan haluskan
– Air 350 ml
– SKM putih 2 sdm
– Gula pasir 3 sdm
– Telur suhu ruang 1 butir
– Garam ½ sdt
– Soda kue ½ sdt
– Mentega 1 sdm, cairkan
– Pasta pandan secukupnya

Topping:
– Keju parut
– Meses wana-warni
– SKM cokelat
– Selai strawberry

Langkah-langkah membuat martabak manis pandan cokelat keju:
– Langkah yang pertama campurkan semua bahan martabak, kecuali soda kue. Lalu kocok-kocok adonan dengan garpu hingga rata. Tutup adonan kurang lebih 45 menit menggunakan lap yang bersih. Jika sudah, masukkan soda kue ke dalam adonan dan aduk-aduk lagi hingga rata.
– Kemudian panaskan teflon dengan api kecil hingga benar-benar panas. Masukkan satu cangkir adonan ke dalam teflon dan tutup dengan rapat. Tunggu hingga adonan yang diteflon tadi berlubang-lubang. Taburi dengan gula pasir sedikt hingga merata. Tunggu hingga matang dan angkat martabak.
– Olesi martabak dengan mentega secukupnya, tambahkan selai strawberry, meses warna-warni, keju, dan SKM cokelat. Jika sudah merata lipat martabak dan potong-potong sesuai selera.
– Martabak siap untuk disajikan.

Resep martabak manis pandan cokelat keju ini juga lebih nikmat disajikan pada saat masih hangat. Saat masih hangat rasanya sangat nikmat dibandingkan yang sudah dingin. Namun, martabak manis yang sudah dingin juga nikmat namun berbeda dari yang masih hangat. Anda bisa mencoba membuatnya untuk keluarga tercinta ataupun untuk membuka sebuah usaha kuliner.

Mart

Martabak Manis Bolu

class="aligncenter size-medium" src="http://cdn.jitunews.com/dynamic/article/2014/12/09/5869/IMbDUsbTXa.gif?w=630" alt="martabak manis" width="630" height="383" />

Resep martabak manis bolu ini bisa dibuat dengan bahan-bahan yang sederhana dan tidak terlalu banyak. Anda bisa memvariasikannya dengan topping yang lain sesuai dengan selera masing-masing.

Resep kue martabak berikut merupakan rasa martabak bolu yang paling disukai oleh banyak orang. Cara membuatnya juga mudah, sehingga bagi orang yang masih awam bisa mencobanya sendiri dengan mudah dan menyenangkan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Tepung terigu 3 gelas belimbing
– Gula pasir 9 sdm
– Garam 1,5 sdt
– Baking powder 1,5 sdt
– Telur 3 butir
– Susu bubuk 1 sachet
– Soda kue 1,5 sdt

Langkah-langkah membuat martabak manis bolu:
– Langkah yang pertama adalah campurkan semua bahan yang telah disediakan kecuali soda kue.
– Tambahkan air secukupnya sambil terus diaduk-aduk agar tidak bergerindil.
– Aduk-aduk adonan hingga rata dan licin.
– Setelah itu, panaskan cetakan atau teflon menggunakan api kecil. Pastikan cetakan tersebut benar-benar panas.
– Anda bisa mengecek cetakan tersebut sudah panas atau belum dengan mencipratkan sedikit air. Jika cetakan tersebut sudah panas maka akan keluar suara mendesis.
– Lalu tuangkan soda kue yang sudah dilarutkan dengan sua sendok air. aduk-aduk hingga benar-benar rata dan tuang ke cetakan.
– Tunggu hingga muncul gelembung-gelembung pada adonan di cetakan.
– Jika gelembung tersebut sudah hilang segera tutup dengan rapat dan tunggu hingga matang.
– Kemudian angkat dan bari topping martabak sesuai dengan selera masing-masing.
– Jika sudah diberi topping lipat martabak dan potong-potong sesuai dengan selera.

Martabak manis bolu ini sangat simple untuk Anda coba buat sendiri di rumah. Topping yang bisa Anda masukkan antara lain, keju, selai, kacang, atau kismis. Rasanya yang lezat bisa dijadikan sebagai salah satu camilan sehat yang mudah dibuat untuk keluarga tercinta.

Mart

Martabak Manis Mini

class="aligncenter size-medium" src="https://img-global.cpcdn.com/003_recipes/0431faa177ff0fb1/1200x630cq70/photo.jpg" alt="martabak mini" width="1200" height="630" />

Martabak manis mini juga bisa Anda jadikan sebagai menu camilan pilihan yang memiliki rasa lezat dan lembut. Ukurannya yang kecil memudahkan Anda untuk menikmatinya tanpa memotongnya menjadi kecil-kecil. Berikut ini langkah-langkah membuat martabak manis mini yang bisa Anda buat dengan mudah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Tepung terigu 300 gram
– Gula pasir 5 sdm
– Soda kue 1 sdm
– Garam 1 sdt
– Vanili bubuk 1 sdt
– Air 350 ml

Bahan B:
– Telur 2 butir
– Baking powder 1 ½ sdt
– Air 150 ml

Langkah-langkah membuat martabak manis mini:
– Langkah yang pertama campurkan semua bahan A dengan menggunakan wisk. Kemudian tutup menggunakan kain kurang lebih 30 menit.
– Lalu campurkan dengan bahan B dengan mixer hingga mengembang.
– Kemudian panaskan teflon dan tuangkan adonan dengan sendok sayur.
– Tunggu sampai muncul sarangnya dan tambahkan gula.
– Jika sudah tutup hingga matang. Angkat dan sajikan.

Martabak manis mini ini bisa Anda tambahkan dengan topping sesuai dengan selera. Rasanya yang lembut dan lezat sangat cocok disajikan pada saat masih panas. Itulah beberapa resep martabak manis yang sangat mudah untuk dipraktikan, yang pasti Anda bisa mencobanya sesuai dengan selera Anda masing-masing. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Komentar Disini