4 Resep Kue Nastar Lembut Lumer di Mulut

Resep Kue Nastar

Resepmakanan.id – Resep kue nastar untuk saat ini banyak sekali variasinya baik dari bentuknya yang lucu-lucu atau dari isinya yang memiliki banyak rasa. Kue kering nastar biasa ditemukan ketika hari raya Idul Fitri atau ketika hari besar lainnya.

Kue nastar ini sangat digemari oleh semua kalangan, baik anak-anak, remaja, atau orang dewasa. Teksturnya yang lembut dan lumer di mulut dengan isian selai nanas yang manis membuat semua orang menyukainya.

Meskipun terbilang pembuatannya cukup mudah, akan tetapi masih banyak yang gagal dalam menerapkan resep kue nastar. Salah satu bentuk kegagalan dari pembuatan kue nastar adalah tekstur kue nastar yang setelah di panggang menjadi keras, kemudian ada yang adonan menjadi melebar ketika dipanggang. Hal tersebut yang membuat orang menjadi malas untuk membuat nastar, karena membuatnya butuh waktu lama tetapi hasilnya tidak memuaskan.

Namun, Anda tidak perlu merasa takut ketika mencoba resep kue nastar berikut ini, cukup Anda ikuti langkah-langkahnya dengan benar, maka Anda akan mendapatkan kue nastar yang enak dan lumer dimulut.

Bagaimana Caranya Bikin Resep Kue Nastar?

Resep Kue Nastar yang Enak dan Lumer di Mulut

kue nastar

Resep ini adalah resep kue nastar yang biasanya dibuat oleh banyak orang ketika menjelang hari raya. Kue nastar dengan isian selai nanas dengan parutan keju di atasnya. Anda dapat membuat kue nastar ini meskipun bukan hari raya, Anda bisa membuat nastar untuk mengisi liburan bersama keluarga. Berikut langkah dalam pembuatan nastar yang enak dan lumer di mulut.

Bahan membuat kue nastar:
– Mentega 200 gram
– Margarin 100 gram
– Gula halus 90 gram
– Kuning telur 3 butir
– Susu bubuk full cream 100 gram
– Tepung terigu protein rendah 250 gram
– Tepung maizena 100 gram
– Ekstrak vanilla 1 sendok teh

Bahan untuk olesan:
– Kuning telur 2 butir
– Madu ½ sendok teh
– Minyak goreng 1 sendok teh
– Air 1 sendok teh
– Keju cheddar parut secukupnya

Bahan untuk selai nanas:
– Nanas 1 buah (kupas, parut atau blender)
– Gula pasir 200 gram
– Kayu manis 2 batang
– Cengkeh 3 butir

Cara membuat selai nanas:
– Masukkan parutan nanas, kayu manis, dan cengkeh, masaklah hingga airnya menyusut serta tekstur adonan sedikit lengket. Kemudian masukkan gula pasir dan aduk-aduk terus hingga kandungan airnya habis. Selanjutnya, adonan selai dapat dibentuk bulat-bulat untuk isian nastar.

Cara membuat kulit nastar:
– Kocok mentega, margarin, gula halus, serta vanili menggunakan mixer. Kocok sebentar saja hingga bertekstur lembek dan tercampur rata. Baru masukkan kuning telur satu per satu dan aduk kembali hingga merata. Lalu jangan lupa matikan Mixernya
– Langkah selanjutnya adalah masukkan bahan campuran tepung terigu dan susuk bubuk dikit demi sedikit agar merata kedalam adonan, Aduk adonan dengan menggunakan sendok kayu sampai tercampur rata.
– Bungkus adonan menggunakan plastik wrap dan diamkan adonan di dalam lemari pendingin selama kurang lebih 1 jam.
– Keluarkan adonan menjadi beberapa bagian. Gilas adonan dengan ketebalan sesuai keinginan, kemudian cetaklah menggunakan bibir gelas. Untuk sisa adonan masukkan kembali ke lemari pendingin.
– Isi adonan dengan selai nanas tadi, dan bulatkan.
– Tata nastar di atas loyang yang telah dioles margarin dan diberi alas kertas roti. Berilah jarak antar kue, jangan terlalu dekat karena takut akan menempel satu sama lain.
– Masukkan adonan ke dalam oven dan panggang dengan suhu kurang lebih 150 derajat, suhu tidak boleh terlalu tinggi.
– Setelah ¾ matang, keluarkan adonan dan oles dengan bahan oleskan. Kemudian, beri taburan keju di atasnya.
– Panggang kembali hingga matang kuning kecokelatan, atau sekitar 15 menit.
– Angkat kue dan biarkan hingga dingin, baru masukkan ke dalam toples.

Nah, itulah cara membuat kue nastar yang enak dan lumer di mulut. Taburan keju akan menambahkan rasa gurih pada nastar tersebut. Satu catatan untuk Anda, yaitu ketika nastar baru diangkat tidak perlu khawatir permukaannya retak dan kurang mulus. Karena nanti setelah dingin retakan akan menutup serta permukaannya menjadi lebih halus. Selamat mencoba.

Resep Balck Nastar

kue nastar

Bagi sebagian orang akan merasa aneh ketika mendengar kue black nastar, karena biasanya mereka hanya tahu nastar saja. Anda dapat menjadikan black nastar ini sebagai variasi nastar di rumah, sehingga Anda dan keluarga tidak bosan. Anda dapat mengikuti langkah-langkah dalam pembuatan black nastar berikut ini.

Bahan membuat black nastar:
– Butter 125 gram
– Margarin 125 gram
– Gula castor 60 gram
– Kuning telur 2 butir
– Tepung terigu serbaguna 320 gram
– Tepung maizena 10 gram
– Cokelat bubuk pekat 20 gram
– Susu bubuk full cream 2 sendok makan

Bahan untuk isian:
– Selai nanas buatan sendiri

Cara membuat kue black nastar:
– Langkah pertama dalam pembuatan black nastar ini adalah dengan cara campur serta ayak tepung terig u, cokelat bubuk pekat, dan tepung maizena. Kemudian sisihkan.
– Masukkan butter, margarin, gula castor dan kuning telur ke dalam baskom dan kocok sebentar saja sampai tercampur rata, tidak perlu hingga mengembang.
– Langkah berikutnya, campur tepung terigu dan cokelat bubuk, susu bubuk ke dalam adonan tadi. Aduk sampai merata dengan sendok kayu.
– Setelah tercampur rata, pulung adonan dan bulatkan, baru kemudian di isi selai nanas buatan sendiri. Selanjutnya bulatkan lagi adonan. Lakukan langkah tersebut hingga adonan habis.
– Tata adonan di atas loyang yang sudah dioles margarin.
– Oven dengan suhu kurang lebih 130 derajat hingga matang.
– Angkat black nastar dan dingin kan sebentar sebelum dimasukkan ke toples.

Cukup mudah bukan dalam membuat black nastar ini. Sedikit tips untuk Anda, yaitu Anda dapat skip tepung maizena dan tambahkan lagi takaran cokelat bubuknya. Untuk tepung terigu 325 gram, cokelat bubuk pekat 25 gram, dan gula castor 75 gram. Hal tersebut akan membuat warna nastar lebih pekat dan rasa tidak pahit. Sesuaikan dengan selera Anda dan selamat mencoba resep kue nastar tersebut.

Resep Kue Nastar Isi Cokelat

nastar coklat
Image by: Cookpad.com

kali ini varian lain dari kue nastar yaitu nastar isi cokelat, berbeda dengan nastar biasanya yang berisi selai nanas. Kue nastar isi cokelat ini bisa menjadi alternatif ketika Anda atau pun anggota keluarga tidak menyukai selai nanas. Anda dapat mencobanya dengan mengikuti resep berikut ini.

Bahan untuk kulit nastar:
– Butter + margarin 250 gram
– Kuning telur dari 3 butir telur ukuran besar
– Gula bubuk 60 gram
– vanilla ½ sendok teh
– Susu bubuk 25 gram
– Terigu protein sedang 370 gram

Bahan untuk olesan:
2 kuning telur dan 1 sendok teh susu cair, aduk rata.

Bahan untuk topping:
Gunakan Dark Cooking Chocolate yang dilelehkan. Kemudian masukkan ke plastik segitiga.
Bahan isi cokelat:
– Terigu protein sedang 100 gram
– Cokelat bubuk 20 gram
– Gula pasir 90 gram
– Butter atau margarin 35 gram
– Air matang 35 gram
– Dark Cooking Chocolate, dicincang 75 gram
Cara membuat Nastar:
Membuat isi nastar:
– Air, margarin atau butter di campur, kemudian dipanaskan sambil diaduk hingga mendidih.
– Selanjutnya masukkan dark cooking chocolate yang telah dicincang dan aduk-aduk sampai semua cokelat meleleh dan tercampur rata.
– Campur dan ayak terigu serta cokelat bubuk.
– Kemudian campuran tersebut dimasukkan ke adonan cokelat. Aduk hingga merata menggunakan sendok kayu. Hidupkan api dengan skala kecil, lalu aduk ingga merata dan membentuk adonan pasta yang licin dan kalis, kemudian angkat dan biarkan hingga sedikit hangat.
– Buatlah adonan isi dengan membentuk bulatan yang disesuaikan dengan besar kecilnya ukuran nastar yang Anda buat.

Cara membuat kulit nastar:
– Kocok dengan kecepatan rendah sampai lembut, tidak perlu hingga mengembang pada campuran butter + margarin, gula bubuk, dan vanilla.
– Masukkan kuning telur, kocok hingga rata. Matikan mixer.
– Masukkan susu bubuk, aduk rata menggunakan sendok kayu.
– Kemudian masukkan terigu secara bertahap, sesuaikan terigu dengan kondisi adonan. Apabila adonan sudah tidak lengket tetapi masih lembut dan tidak kering, berarti adonan sudah cukup.
– Panaskan oven dengan suhu yang rendah sekitar 130 derajat sampai 140 derajat Celcius.
– Pulung adonan secukupnya kemudian berilah isi adonan dan bulatkan. Tata di atas loyang.
– Masukkan ke dalam oven dan panggang lah selama 15 atau 20 menit. Keluarkan dari pengovenan lalu oleskan dengan bahan polesan, Selanjutnya panggang kembali hingga matang dan permukaan kuning keemasan. Angkat lalu dinginkan.
– Berilah topping coretan dengan dark cooking chocolate leleh, biarkan hingga mengeras. Nastar pun siap untuk dinikmati.

Itulah cara membuat nastar isi cokelat yang dapat Anda buat sendiri. Sedikit tips untuk resep kue nastar ini yaitu, ketika mengocok butter dan margarin tidak perlu hingga mengembang, cukup sampai lembut saja.

Kemudian untuk penambahan terigu disesuaikan dengan kondisi adonan, meskipun terigu tersisa namun adonan dirasa sudah tidak lengket maka hentikan penambahan terigu. Selanjutnya dalam menjaga adonan tidak mengeras karena margarin yang mencair, maka ambil adonan secukupnya untuk dibentuk dan sisanya masukkan ke dalam lemari es.

Resep Kue Nastar Beras

kue nastar

Resep nastar yang biasanya menggunakan tepung terigu, kali ini bagaimana rasanya jika menggunakan tepung beras? Anda pasti penasaran untuk bagaimana hasilnya nanti setelah matang, terutama pada tekstur kue nya. Jika Anda penasaran, maka ikutilah cara membuat kue nastar beras berikut ini.

Bahan untuk kulit:
– Tepung beras 200 gram
– margarin 200 gram
– Gula halus 4 sendok makan
– Keju parut 150 gram
– Telur 2 butir (kocok lepas)

Bahan isi:
– Selai nanas buatan sendiri

Bahan olesan:
– kuning telur 2 butir (kocok lepas)

Cara membuat nastar beras:
– Langkah pertama yaitu membuat kulit. Campur dengan tepung beras, margarin, keju dan gula yang sudah dihaluskan. Kemudian kocok secara perlahan hingga tercampur rata.
– Masukkan telur dan aduk rata dengan sendok kayu, diamkan selama 10 menit.
– Setelah 10 menit, ambil adonan dan pipihkan. Kemudian isi dengan selai nanas lalu tutup kembali menjadi bulatan.
– Tata adonan nastar di atas loyang yang sudah diolesi margarin. Panggang selama kurang lebih 20 menit dengan suhu sekitar 140 derajat.
– Setelah 20 menit dan keluarkan adonan, kemudian oleslah dengan bahan olesan. Panggang kembali sampai matang.
– Angkat kue dan dinginkan baru kemudian dimasukkan ke toples.

Nah, itulah di atas resep kue nastar beras. Rasanya yang tidak kalah dengan nastar biasa patut Anda coba, untuk mengisi waktu luang dan dapat Anda nikmati bersama keluarga tercinta. Selamat mencoba.

Komentar Disini