4 Resep Kue Kering Lebaran dan Gambarnya

Resep Kue Kering

Resepmakanan.id – Resep kue kering sekarang ini ada banyak variasi yang dapat Anda gunakan dalam membuat kue kering. Kue kering dapat Anda nikmati bersama keluarga dalam menghabiskan waktu senggang atau dapat menjadi teman minum kopi maupun teh.

Ada banyak resep kue kering yang tersebar di internet dengan berbagai variasinya. Membuat kue kering sendiri akan memberi kepuasan tersendiri bagi Anda, karena kue buatan sendiri pasti lebih sesuai dengan selera buah hati maupun anggota keluarga lainnya.

Dalam pembuatan kue kering tidak harus menggunakan oven, jadi bagi Anda yang tidak memiliki oven tidak perlu khawatir. Untuk saat ini banyak juga resep kue kering yang tanpa menggunakan oven.

Daftar Isi

Resep Kue Kering Enak dan Renyah:

p>Pembuatan kue kering yang menggunakan oven maupun tanpa oven sangat mudah dan untuk bahan-bahan pembuatan juga mudah didapat. Untuk Anda yang menginginkan resep kue kering yang menggunakan oven maupun tanpa oven, lebih baik ikuti langkah-langkah berikut.

Nastar Isi Cokelatp>kue nastar

Kue kering nastar yang biasanya menggunakan selai nanas, kali ini Anda harus mencoba nastar dengan isian cokelat. Membuat nastar isi cokelat bisa menjadi alternatif ketika Anda atau pun anggota keluarga tidak menyukai selai nanas. Berikut langkah dalam pembuatan resep kue kering nastar isi cokelat.

Bahan untuk Kulit:
– Butter + margarin 250 gram
– Kuning telur dari 3 butir telur ukuran besar
– Gula bubuk 60 gram
– vanilla ½ sendok the
– Susu bubuk 25 gram
– Terigu protein sedang 370 gram

Bahan Olesan:
2 kuning telur dan 1 sendok teh susu cair, aduk rata.

Bahan Topping:
Gunakan Dark Cooking Chocolate yang dilelehkan. Kemudian masukkan ke plastik segitiga.

Bahan Isi Cokelat:
– Terigu protein sedang 100 gram
– Cokelat bubuk 20 gram
– Gula pasir 90 gram
– Butter atau margarin 35 gram
– Air matang 35 gram
– Dark Cooking Chocolate, dicincang 75 gram

Cara Membuat:
Isi:
1. Campur dan ayak terigu serta cokelat bubuk dan sisihkan.
2. Campur gula pasir, butter atau margarin dan air. Panaskan dengan api kecil sambil diaduk hingga mendidih dan gula menjadi larut.
3. Masukkan dark cooking chocolate yang sudah dicincang dan aduk-aduk sampai semua cokelat meleleh dan tercampur rata.
4. Masukkan campuran terigu dan cokelat bubuk. Aduk hingga merata menggunakan sendok kayu. Nyalakan api kecil, aduk hingga membentuk adonan pasta yang licin dan kalis. Kemudian angkat dan biarkan hingga sedikit hangat.
5. Buatlah adonan isi dengan membentuk bulatan yang disesuaikan dengan besar kecilnya ukuran nastar yang Anda buat.

Kulit:
1. Kocok dengan kecepatan rendah sampai lembut, tidak perlu hingga mengembang pada campuran butter + margarin, gula bubuk, dan vanilla.
2. Masukkan kuning telur, kocok hingga rata. Matikan mixer.
3. Masukkan susu bubuk, aduk rata menggunakan sendok kayu.
4. Kemudian masukkan terigu secara bertahap, sesuaikan terigu dengan kondisi adonan. Apabila adonan sudah tidak lengket tetapi masih lembut dan tidak kering, berarti adonan sudah cukup.
5. Panaskan oven dengan suhu yang rendah sekitar 130 derajat sampai 140 derajat Celcius.
6. Pulung adonan secukupnya kemudian berilah isi adonan dan bulatkan. Tata di atas loyang.
7. Masukkan ke dalam oven dan panggang lah selama 15 atau 20 menit. Keluarkan dari oven dan oles lah dengan bahan polesan. Selanjutnya panggang kembali hingga matang dan permukaan kuning keemasan. Angkat lalu dinginkan.
8. Berilah topping coretan dengan dark cooking chocolate leleh, biarkan hingga mengeras. Nastar pun siap untuk dinikmati.

Itulah cara membuat nastar isi cokelat yang dapat Anda buat sendiri. Sedikit tips untuk resep kue kering ini yaitu, ketika mengocok butter dan margarin tidak perlu hingga mengembang, cukup sampai lembut saja.

Kemudian untuk penambahan terigu disesuaikan dengan kondisi adonan, meskipun terigu tersisa namun adonan dirasa sudah tidak lengket maka hentikan penambahan terigu. Selanjutnya dalam menjaga adonan tidak mengeras karena margarin yang mencair, maka ambil adonan secukupnya untuk dibentuk dan sisanya masukkan ke dalam lemari es.

Kastengel Tanpa Oven>kue kangstengel

Resep kue kering ini sangat mudah karena bahan yang mudah dijangkau dan pembuatannya yang tidak ribet. Camilan yang syarat akan keju ini sangat disukai banyak orang terutama anak-anak. Anda dapat mencoba resep kastengel ini dengan menggunakan panci pengukus bukan dengan oven. Berikut langkah dalam membuat kastengel tanpa oven.

Bahan Utama:
– Tepung terigu 200 gram
– Kuning telur 2 butir
– Susu bubuk 2 sendok makan
– Margarin atau butter 5 sendok makan
– Tepung maizena 2 sendok makan
– Kuning telur untuk olesan 1 butir
– Keju cheddar parut 80 gram
– Keju edam parut 50 gram
– Gula halus 2 sendok makan

Cara Membuat:
1. Campurlah margarin atau butter dengan kuning telur ke dalam mangkuk yang berukuran besar sampai merata.
2. Tambahkan susu bubuk, tepung terigu, gula halus, keju cheddar parut, keju edam parut, serta tepung maizena. Aduk hingga tercampur rata dan membentuk adonan.
3. Giling lah adonan dengan menggunakan rolling pin atau bisa menggunakan botol kaca, kemudian bentuk lah adonan kastengel sesuai selera Anda.
4. Panaskan panci pengukus tanpa air dan berikan saringan kemudian oles saringan dengan margarin supaya tidak lengket.
5. Oleskan kuning telur pada adonan kastengel di atasnya dan berikan taburan keju pada permukaannya.
6. Letakkan adonan kastengel di atas saringan panci dan masaklah kue selama 25 atau 30 menit menggunakan api kecil.
7. Angkat dan dinginkan sejenak. Kastengel pun siap untuk disantap.

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda tiru di rumah. Resep kastengel tanpa oven ini tentu sangat membantu Anda yang tidak punya oven di rumah. Nikmatilah camilan ini dengan ditemani teh hangat bersama anggota keluarga Anda atau kastengel ini bisa digunakan sebagai pelengkap kue kering saat ada hari besar.

Kue Sagu Keju Pandan>kue sagu pandan

Resep kue kering yang satu ini berbeda dari biasanya karena kue sagu ini menggunakan varian rasa keju pandan, dari rasa akan lebih enak dan dari segi tampilan juga terlihat menarik. Buat Anda yang suka dengan pandan, maka resep kue kering ini patut Anda coba. Berikut langkah pembuatan kue sagu keju pandan.

Bahan:
– Butter dan margarin 225 gram
– Gula halus 150 gram
– Kuning telur 3 butir
– Pasta pandan 1,5 sendok teh
– Keju edam 100 gram, haluskan
– Keju cheddar 75 gram, parut dan angin-anginkan sampai kering
– Tepung sagu tani 300 gram
– Daun pandan 2 lembar
– Maizena 50 gram
– Terigu protein sedang 50 gram
– Susu bubuk full cream 2 sendok makan

Cara Membuat:
1. Sangrai lah tepung sagu tani bersama daun pandan sambil diaduk-aduk sampai daun pandan sedikit layu dan kering serta tepung terasa lebih ringan. Dinginkan.
2. Tepung sagu yang tadi telah disangrai, maizena, terigu, dan susu bubuk dicampur kemudian diayak lalu sisihkan.
3. Kocok butter + margarin dan gula halus sampai lembut. Kemudian masukkan kuning telur satu per satu sambil dikocok hingga rata. Terakhir masukkan pasta pandan dan kocok rata.
4. Masukkan keju dan aduk hingga merata.
5. Masukkan campuran tepung tadi dan aduk rata menggunakan spatula.
6. Setelah tercampur rata, masukkan adonan ke dalam plastik segitiga yang sudah di beri spuit. Semprotkan ke atas loyang yang sudah dioles margarin dan bentuk sesuai selera. Jangan lupa untuk diberi jarak antara kue satu dan lainnya.
7. Panggang lah di oven dengan suhu antara 130 derajat hingga 140 derajat celsius. Panggang selama kurang lebih 30 menit. Perlu diingat bahwa sesuaikan waktu pemanggangan dengan oven Anda.
8. Angkat kue sagu, dan kue pun siap dinikmati.

Itulah di atas langkah dalam pembuatan kue sagu keju pandan yang dapat Anda coba di rumah. Resep kue kering ini juga mempunyai beberapa tips yaitu sangrai lah tepung sagu tani untuk mengurangi kadar air dan akan menjadikan tekstur kue menjadi lebih ringan dan renyah.

Kocok margarin hingga lembutnya pas, jangan terlalu sebentar juga jangan terlalu lama. Supaya keju nya tidak berbongkah-bongkah terlalu kasar serta bisa menyangkut pada spuit, Anda dapat menghaluskan keju edam menggunakan blender dry mill.

Panggang lah dengan suhu rendah atau dengan api kecil agar kue kering matang dengan sempurna. Nikmatilah camilan ini dengan teh hangat.

Crispy Choconuts Cookies>kue kelapa

Resep kue kering yang satu ini adalah resep andalan Ibu-Ibu pada saat lebaran maupun hari penting lainnya. Bagaimana tidak, kue kering yang satu ini sangat disukai oleh berbagai kalangan terutama anak-anak karena rasa cokelatnya yang enak dan rasa kacangnya yang gurih.

Yang membuat kue ini terlihat cokelat bukan karena cokelat bubuk, melainkan karena penggunaan sereal instan yang juga membuat kue ini menjadi renyah atau crispy. Berikut langkah pembuatannya.

Bahan:
– Sereal instan 100 gram, blender hingga halus
– Butter dan margarin 300 gram
– Gula halus 125 gram
– Gula palem bubuk 125 gram
– Kuning telur 4 butir
– Pasta cokelat 1 sendok teh
– Terigu protein sedang 350 gram
– Maizena 30 gram
– Susu bubuk full cream 40 gram
– Baking powder 1 sendok teh
– Kacang mete sangrai, cincang kasar 100 gram
– Chocolate chips secukupnya

Cara Membuat:
1. Campur terigu, maizena, dan susu bubuk. Kemudian ayak dan sisihkan.
2. Kocok butter dan margarin, gula halus, gula palem, dan pasta cokelat hingga lembut. Selanjutnya, tambahkan telur satu per satu sambil dikocok hingga merata. Tambahkan baking powder dan kocok sebentar. Matikan mixer.
3. Masukkan campuran terigu, sereal instant yang sudah halus, dan kacang mete cincang. Aduk hingga rata menggunakan sendok kayu dan sampai adonan dapat di pulung.
4. Ambillah sedikit adonan, kemudian bulatkan sebesar kelereng. Jangan terlalu besar saat membulatkan karena nantinya akan mengembang dam melebar saat dipanggang.
5. Tata di atas loyang yang sudah dioles margarin, tekan secara perlahan menggunakan punggung garpu sampai pipih. Berilah Choco chips di atasnya.
6. Panggang di dalam oven yang panas dengan suhu 150 derajat celcius selama kurang lebih 30 menit. Setelah matang, angkat dan biarkan sampai dingin.

Sedikit catatan untuk kue kering ini, yaitu ketika matang memang akan terasa sedikit lunak di bagian tengahnya, tidak perlu khawatir akan hal ini karena nanti setelah dibiarkan dingin akan kering sendiri. Sebaliknya, apabila Anda sengaja memanggang lama sampai kering, nanti setelah dingin kue ini akan keras dan tidak enak buat digigit.

Komentar Disini