5 Resep Kue Basah Tradisional dan Praktis

Resep Kue Basah

Resepmakanan.idResep kue basah merupakan jenis makanan paling terkenal di Indonesia. Walaupun saat ini sudah banyak jenis cake namun eksistensi kue basah masih sangat bagus di pasaran.

Kue basa atau disebut dengan kue pasar ini masih sering dijumpai di pasar tradisional ataupun toko kue yang modern. Sepertinya kue basah ini menjadi jenis makanan yang selalu memiliki banyak pelanggan dari waktu ke waktu.

Adapun kue basah yang sering dijumpai seperti cara membuat donat kentang, lumpia, pastel, putu ayu, dan jenis kue basah lainnya. Jika Anda ingin menikmati rasa kue basah yang lezat bisa datang ke pasar tradisional dan membeli beberapa kue basah. Dan jika Anda memiliki waktu luang tidak ada salahnya untuk mencoba resep kue basah berikut ini yang mudah untuk dilakukan.

Resep Kue Basah Tradisional Enak dan Lezat:

Resep Kue Putu Ayu

kue putu ayu

Resep kue basah putu ayu ini memiliki rasa yang lembut saat dimakan. Selain itu, tambahan parutan kelapa menjadikan rasanya gurih dan lebih nikmat. Kue manis yang satu ini sering digunakan sebagai isi snack makanan untuk acara-acara tertentu dan bisa juga digunakan sebagai hidangan untuk menerima tamu. Untuk camilan keluarga kue putu ayu ini juga sangat pas. Berikut ini langkah-langkah membuat kue putu ayu yang mudah dan praktis.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Telur 2 butir
– Kuning telur 1 butir
– SP ½ sdt
– Gula 125 gram
– Garam secukupnya
– Terigu 150 gram
– Santan 150 ml
– Pasta pandan ½ sdt
– Vanila bubuk ½ sdt
– Kelapa tua parut secukupnya

Langkah-langkah membuat kue putu ayu:
– Langkah yang pertama campurkan kelapa dengan garam secukupnya, lalu masukkan 1/5 nya ke dalam cetakan putu ayu yang telah disiapkan sebelumnya.
– Kemudian telur, gula, dan SP di mixer sampai mengembang, lalu tambahkan santan kelapa muda dan terigu secara perlahan-lahan. Jika sudah tambahkan sedikit pasta pandan, garam, dan vanili bubuk.
– Lalu masukkan adonan ke cetakan kue putu ayu hingga penuh. Selanjutnya kukus dengan api sedang selama kurang lebih 25 menit.
– Tunggu hingga matang. Jika sudah matang, angkat dan kue putu ayu siap disajikan.

Resep kue basah putu ayu ini sangat mudah Anda lakukan sendiri. Bahan-bahan yang digunakan juga sedikit, sehingga tidak perlu repot-repot mencari jenis bahan yang susah diperoleh. Selain kue putu ayu, jenis kue basah lainnya yang tidak kalah nikmat ada resep kue gemblong.

Resep Kue Gemblong

kue gemblong

Resep Kue Basah gemblong ini memiliki rasa yang manis dan gurih. Sangat cocok disantap sebagai teman santai pada pagi, siang, ataupun sore hari. Cara membuatnya juga cukup mudah, sehingga Anda bisa memanfaatkannya sebagai salah satu kuliner dalam bisnis kuliner yang Anda jalani. Berikut ini langkah-langkah membuat kue gemblong yang mudah dan praktis.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Tepung terigu 250 gram
– Kelapa parut ½ butir
– Santan hangat 100-150 ml
– Garam secukupnya
– Gula merah 100 gram
– Gula pasir 100 gram
– Daun pandan 1 helai
– Air 150 ml

Langkah-langkah membuat kue gemblong:
– Langkah yang pertama adalah aduk tepung ketan, garam, kelapa parut, dan santan hingga benar-benar rata. Kemudian cetak adonan tadi menggunakan sendok hingga membentuk agak lonjong. Jika sudah dicetak kemudian langsung digoreng.
– Kemudian masak gula merah, daun pandan, gula pasir, dan air hingga mendidih. Lalu masukkan gemblong yang sudah digoreng dan aduk-aduk rata hingga air gula tadi menyusut. Jika airnya sudah menyusut dan terserap angkat dan kue gemblong siap disajikan.

Resep kue basah gemblong ini memiliki rasa manis dan gurih yang khas, berbeda dari jenis kue basah lainnya. Karena proses membuatnya juga berbeda, namun tetap mudah dan bisa Anda lakukan sendiri. Sangat cocok untuk camilan keluarga tercinta Anda. Selain kue gemblong, kue basah lainnya yang memiliki rasa yang lezat yakni kue lumpur.

Resep Kue Lumpur

kue lumpur

Resep kue basah lumpur dengan rasa yang lezat dan menggoda ini mampu menggoyang lidah siapa saja yang memakannya. Rasa kentang yang khas menjadikan kue lumpur memiliki rasa yang unik.

Anda bisa menemukan kue lumpur ini di pasar-pasar tradisional. Namun, bagi Anda yang ingin berkreasi membuat sendiri kue lumpur bisa mencoba langkah-langkah membuat kue lumpur berikut ini yang mudah dilakukan sendiri.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Kentang 600 gram
– Gula pasir 250 gram
– Kuning telur 3 butir
– Putih telur 2 butir
– Garam 1 sdt
– Vanili bubuk secukupnya
– Santan 500 ml
– Tepung terigu 250 gram
– Margarin 100 gram, lelehkan
– Kenari bubuk secukupnya, sebagai taburan

Langkah-langkah membuat kue lumpur:
– Langkah yang pertama kukus kentang, kupas, kemudian haluskan.
– Selanjutnya kocok gula, garam, telur, dan vanili sampai putih dan mengembang. Lalu tuang santan dan aduk-aduk hingga rata.
– Kemudian masukkan kentang dan terigu bertahap dan bergantian sambil terus diaduk-aduk hingga rata.
– Lalu tuangkan margarin dan lelehkan.
– Selanjutnya panaskan cetakan kue lumpur, lelehkan mentega yang sudah disiapkan. Tuang adonan hingga ¾ dari cetakan tersebut.
– Jika sudah tutup dan biarkan hingga setengah matang. Taburi dengan kenari secukupnya dan diamkan hingga matang.
– Jika sudah matang, segera angkat dan sajikan.

Resep kue basah lumpur ini cukup mudah dilakukan sendiri, bahkan untuk orang yang belum pernah membuatnya sekalipun. Karena caranya yang mudah, bahannya yang mudah diperoleh, dan rasanya yang lezat maka kue lumpur merupakan pilihan yang tepat sebagai camilan sehat sehari-hari keluarga Anda. Selain kue lumpur, jenis kue basah lain yang tidak kalah terkenal adalah kue apem nasi.

Resep Apem Nasi Langsung Enak

kue apem

Resep Kue Basah apem nasi merupakan jenis kue tradisional yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Dari zaman dahulu hingga sekarang kue apem nasi masih terus eksis walaupun sudah ada jenis kue modern lainnya.

Rasanya yang lembut dan manis menjadi ciri khas kue apem ini. Bagi Anda yang ingin membuat kue apem nasi berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Nasi 1 gelas
– Tepung terigu 1 gelas
– Tepung beras 1 gelas
– Gula pasir ¾ gram
– Air matang 1 ½ gelas
– Fermipan 1 sdt
– Garam 1/ sdt
– Pewarna makanan secukupnya

Langkah-langkah membuat kue apem nasi:
– Langkah yang pertama blender nasi, gula pasir, dan air hingga benar-benar halus.
– Kemudian campurkan tepung terigu, fermipan, dan tepung beras. Masukkan nasi yang sudah diblender tadi dan aduk-aduk hingga tercampur dengan rata.
– Lalu tambahkan garam dan aduk-aduk lagi hingga rata. Setelah itu, beri pewarna makanan secukupnya dan aduk hingga warnanya merata. Jika sudah diamkan selama kurang lebih 1-2 jam.
– Panaskan kukusan hingga airnya mendidih, kemudian tuang adonan yang sudah didiamkan tadi ke dalam cetakan yang sudah diolesi minyak terlebih dahulu.
– Kukus adonan selama kurang lebih 20 menit hingga matang.
– Jika sudah matang segera angkat adonan, dan lepaskan dari cetakannya.
– Kue apem nasi siap disajikan.

Resep kue apem nasi ini banyak dicari karena banyak sekali peminatnya, sehingga banyak pula orang yang ingin mengetahui cara pembuatannya. Dengan sering-sering membuat kue apem nasi maka Anda akan bisa membuat kue ini dengan rasa yang lezat dan tekstur yang lembut. Selain kue apem nasi ada juga jenis kue basah yang tidak kalah enak berikutnya, yakni kue lapis ubi ungu.

Kue Lapis Ubi Ungu

kue lapis ubi

Kue lapis ubi ungu ini memiliki ciri khas yakni warna ungu alaminya yang menggoda. Ubi ungu memang sering dijadikan sebagai bahan dasar dalam membuat berbagai kue basah dan keripik. Teksturnya yang masir menjadikan ubi ungu memiliki rasa khas yang berbeda dari jenis makanan lainnya. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat kue lapis tela ungu yang lezat dan mudah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Tepung beras 250 gram
– Tepung sagu 100 gram
– Santan 1000 ml
– Daun pandan 2 lembar
– Garam 1 sdt
– Ubi ungu 250 gram, kukus dan haluskan
– Gula pasir 300 gram
– Vanili bubuk 1/8 sdt
– Pasta cokelat 2 sdt

Langkah-langkah membuat kue lapis ubi ungu:
– Langkah yang pertama adalah masukkan santan dan garam, aduk-aduk secara perlahan hingga rata, tunggu sampai mendidih sambil terus diaduk-aduk.
– Kemudian setelah santan hangat, blender bersama dengan ubi ungu halus sampai tercampur rata.
– Lalu aduk-aduk campuran santan dan ubi dengan tepung beras, gula, sagu, dan vanili sampai rata dan tidak ada yang menggumpal.
– Selanjutnya ambil 1/3 dari adonan tersebut dan campurkan dengan pasta cokelat. Lalu masukkan 1 sendok sayur adonan cokelat tadi ke dalam loyang berukuran 24x10x7 yang sudah diolesi minyak sebelumnya. Kukus adonan selama tiga menit dengan api sedang.
– Kemudian masukkan adonan ungu sebanyak dua sendok sayur di atas adonan yang berwarna cokelat tadi. Kukus lagi selama lima menit. Lakukan hal ini berulang-ulang hingga kedua adonan tadi habis.
-Sedangkan untuk lapisan terakhir kukus selama 15 menit. Setelah matang segera angkat dan tunggu hingga dingin.
– Setelah kue lapis ubi ungu dingin, potong kue tersebut dengan pisau yang sudah dilapisi dengan plastik.
– Kue lapis ubi ungu siap untuk disajikan.

Kue lapis ubi ungu ini memiliki rasa khas ubi ungu yang menggiurkan untuk dicoba. Selain untuk dimakan bersama keluarga tercinta, resep kue lapis ubi ungu ini juga bisa Anda jual untuk memulai bisnis kuliner. Jika makanan yang Anda buat lezat , memiliki bentuk dan warna menarik, dan harganya terjangkau pasti bisa laris.

Itulah beberapa resep kue basah yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Mengingat kue basah di atas merupakan makanan khas Indonesia maka sebaiknya dijaga bersama-sama agar tetap eksis di tengah makanan modern yang kian hari semakin bertambah banyak. Selamat mencoba resep di atas, semoga bermanfaat.