5 Resep Kastengel Lumer di Mulut

Resep Kastengel

Resepmakanan.id – Resep kastengel paling banyak dicari saat hari lebaran hampir tiba. Selain nastar dan putri salju, kue kastengel juga menjadi salah satu kue kering yang paling banyak disediakan saat hari lebaran.

Rasanya yang gurih membuat kue kastengel banyak disukai oleh masyarakat. Dengan bentuk yang cantik dan mungil menjadikan kue kastengel sangat pas saat dimasukkan ke mulut. Ciri khas keju parut yang menjadi topping dari kue kastengel membuat rasanya semakin gurih.

Mungkin bagi beberapa orang lebih memilih untuk membeli kue kastengel ini daripada membuatnya. Namun, bagi Anda yang akan membuat kue kastengel sebenarnya tidak terlalu sulit.

Resep Kastengel Praktis dan Enak:

Karena dengan membuat kue kastengel sendiri bisa mengisi waktu luang menjadi lebih bermanfaat. Resep kastengel ini bisa Anda buat dengan tampilan yang unik dan topping sesuai dengan selera masing-masing. Berikut ini langkah-langkah membuat kue kastengel yang mudah dan gurih.

Kue Kastengel Krispi

kue kastengel

Resep kastengel krispi yang gurih dan lezat ini bisa melengkapi momen lebaran Anda bersama keluarga tercinta. Bagi Anda yang ingin membuat ukuran kue kastengel yang lebih besar dari biasanya namun tetap krispi bisa menggunakan resep kue kastengel krispi yang satu ini. Dijamin rasanya tetap gurih dan lezat walaupun memiliki ukuran yang jumbo. Berikut ini langkah-langkah membuat kue kastengel keju krispi yang mudah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Tepung terigu 300 gram
– Tepung maizena 50 gram
– Butter 150 gram
– Margarin 100 gram
– Telur 3 butir, yang 2 buang putihnya, yang 1 dengan putihnya
– Keju Kraft 150 gram, diparut
– Keju Kraft 50 gram untuk topping
– Baking powder ½ sdt
– Telur 1 butir dicampur SKM 1 sdm untuk lapisan atas
– Margarin sedikit untuk olesan loyang

Langkah-langkah membuat kue kastengel krispi:
– Langkah yang pertama mixer margarin, butter, dan telur dengan kecepatan rendah untuk meratakan adonan.
– Kemudian tambahkan keju Kraft yang sudah diparut sebelumnya. Aduk-aduk hingga rata dengan spatula.
– Lalu tambahkan tepung terigu, baking powder, dan tepung maizena. Agar lebih homogen aduk-aduk menggunakan sarung tangan plastik secara manual.
– Langkah berikutnya cetak adonan secara manual. Bersamaan dengan mencetak adonan, panaskan oven hingga mencapai suhu 100 derajat Celsius. Kemudian lapisi loyang menggunakan margarin tipis-tipis.
– Selanjutnya tata adonan yang sudah dicetak pada loyang, lalu panggang selama 35 menit.
– Lalu angkat kue kastangel krispi yang sudah matang. Masukkan dan tata ke dalam toples.

Resep kastengel krispi ini membutuhkan waktu pembuatan selama 90 menit. Sedangkan untuk hasilnya sebanyak dua toples kue kastengel krispi. Ukuran yang cukup untuk digunakan sebagai camilan hari raya yang lezat dan gurih bersama dengan jenis kue kering lainnya. Selain kue kastengel krispi ini, jenis kue kastengel yang tidak kalah gurih ada kue kastengel tanpa telur.

Kue Kastengel Tanpa Telur

kue kastengel

Resep kastengel tanpa telur ini bisa menjadi menu andalan bagi yang tidak menyukai telur atau memiliki alergi terhadap telur. Rasanya juga tetap lezat dan gurih, tidak berbeda dengan kue kastangel yang menggunakan telur.

Namun, bahan-bahan yang digunakan lebih sedikit, sehingga Anda tidak perlu repot-repot mencari berbagai jenis bahan kue yang sangat beragam. Berikut ini langkah-langkah membuat kue kastangel tanpa telur yang mudah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Blue band cake and cookies 150 gram
– Unsalted butter 150 gram
– Keju cheddar 100 gram
– Keju edam chesy 250 gram
– Tepung kunci biru 500 gram
– Kuning telur 2 butir sebagai olesan
– Keju parut 180 gram untuk taburan. Sebelumnya dipanggang terlebih dahulu selama 10 menit.

Langkah-langkah membuat kue kastangel tanpa telur:
– Langkah yang pertama kocok butter dan blueband sebentar saja
– Kemudian masukkan keju parut yang terdiri dari cheddar dan edam
– Lalu tambahkan tepung terigu dan aduk-aduk adonan dengan tangan. Bisa juga uleni adonan hingga kalis.
– Langkah selanjutnya giling adonan dan cetak menjadi bulan sabit. Kemudian olesi adonan yang sudah dicetak dengan kuning telur dan beri taburan keju di atasnya.
– Panggang adonan yang sudah siap tersebut di dalam oven selama 20-25 menit, tergantung pada oven yang digunakan.
– Jika sudah matang, angkat kastengel dan masukkan ke dalam toples dengan rapi.

Resep kastengel tanpa telur ini terbuat dari bahan-bahan yang sederhana, sehingga Anda akan dimudahkan mencari bahan-bahannya di toko-toko sekitar rumah. Suasana lebaran dengan ditemani kue kastengel di meja tamu akan membuatnya semakin meriah dan menyenangkan. Selain kue kastengel tanpa telur, jenis kastengel lain yang tidak kalah lezat ada kue kastengel keto.

Kue Kastengel Edam

Kue Kastengel

Resep kastengel edam memiliki rasa yang lezat dan gurih, sangat cocok digunakan sebagai camilan pada saat Hari Raya Lebaran tiba. Selain Hari Raya Lebaran, Anda juga bisa membuat kue kastengel edam ini pada hari-hari biasa.

Pastinya semua anggota keluarga akan menyukai kue kastengel edam yang Anda buat. Berikut ini langkah-langkah membuat kue kastengel edam yang lezat dan mudah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Keju edam150 gram
– Butter 100 gram
– Wisman 100 gram
– Tepung terigu 300 gram
– Kuning telur 1 butir
– Kuning telur kocok lepas 1 butir, untuk olesan
– Keju parut 30 gram, untuk taburan

Langkah-langkah membuat kue kastengel edam:
– Langkah yang pertama mixer butter dan wisman hingga kaku. Kemudian masukkan kuning telur dan kocok hingga merata. Jika sudah merata matikan mixer.
– Langkah berikutnya tambahkan tepung terigu dan aduk-aduk menggunakan spatula sampai rata.
– Kemudian masukkan keju dan aduk-aduk lagi hingga merata.
– Selanjutnya cetak adonan dan olesi bagian atasnya menggunakan kuning telur yang sudah dikocok. Lalu taburi dengan keju parut.
– Jika sudah kemudian panggang adonan yang sudah dicetak tadi di oven selama kurang lebih 25 menit dengan suhu 180 derajat celsius.
– Kue kastengel edam siap untuk disajikan.

Resep kastengel edam ini sangat mudah untuk dibuat. Selain langkah-langkah pembuatannya yang mudah, bahannya juga mudah diperoleh. Anda bisa membuat kue kastengel edam sebagai camilan pilihan yang menyehatkan untuk keluarga. Selain kue kastengel edam, jenis kue lain yang tidak kalah lezat ada kue kastengel lembut.

Kue Kastengel Lembut

Resep Kastengel lembut

Resep kastengel lembut banyak sekali dicari oleh masyarakat yang ingin membuat kue kastengel yang lembut, lezat, dan gurih. Kue kastengel ini menggunakan bahan-bahan tanpa putih telur.

Rasanya yang lembut dan tidak terlalu kering ini sangat disukai oleh kebanyakan orang. Berikut ini langkah-langkah membuat kue kastengel lembut yang gurih.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Tepung terigu serba guna 330 gram
– Tepung maizena 50 gram
– Keju edam parut 100 gram
– Keju cheddar parut 100 gram
– Butter/mentega 250 gram
– Kuning telur 2 buah
– Kuning telur untuk olesan 1 buah
– Keju cheddar/parmesan untuk taburan secukupnya

Langkah-langkah membuat kue kastengel lembut:
– Langkah yang pertama masukkan mentega ke dalam mangkuk, Lalu kocok dengan menggunakan alat mixer dengan kecepatan sedang selama kurang lebih 2 menit saja. Kocok hingga warnanya berubah menjadi pucat atau putih.
– Kemudian masukkan kuning telur satu persatu. Jika satu kuning telur sudah dimasukkan kocok menggunakan mixer dengan kecepatan rendah. Kemudian masukkan kuning telurnya lagi dan kocok lagi menggunakan mixer hingga merata.
– Langkah selanjutnya masukkan keju yang sudah diparut dan kocok sebentar menggunakan mixer dengan kecepatan rendah.
– Lalu masukkan tepung terigu dan tepung maizena yang sudah diaduk sebelumnya. Kemudian aduk-aduk menggunakan spatula atau centong plastik yang memiliki bintik-bintik.
– Apabila adonan sudah merata dan kalis lalu wrap menggunakan plastik wrap. Kemudian masukkan ke dalam kulkas selama satu jam.
– Langkah selanjutnya keluarkan adonan dari dalam kulkas dan giling menggunakan rolling pin. Apabila tidak ada rolling pin bisa menggunakan benda lain yang berbentuk tabung.
– Kemudian tapiskan adonan kurang lebih 1 cm, lalu potong-potong menjadi bentuk persegi panjang kecil. Selanjutnya tata adonan yang sudah dipotong tadi di atas loyang yang sebelumnya sudah diberi kertas baking. Antara satu adonan dan adonan yang lain beri jarak sekitar 0,5 cm.
– Langkah selanjutnya olesi bagian atas adonan menggunakan kuning telur yang sudah dikocok. Diolesi tipis-tipis menggunakan kuas atau jari yang sudah dicuci bersih. Kemudian taburi parutan keju di atasnya.
– Selanjutnya panaskan oven sekitar 10 menit dengan suhu 180 derajat celcius. Kemudian masukkan adonan dan panggang sekitar 25 menit hingga matang.
– Jika sudah matang, diinginkan kue kastengel lembut dan masukkan ke dalam toples yang kedap udara.

Cara membuat kue kastengel lembut ini bisa Anda ikuti dengan mudah. Keju yang digunakan merupakan perpaduan antara keju cheddar dan keju edam. Sehingga rasanya sangat gurih dan lembut. Selain kue kastangel lembut, jenis kue kastangel yang tidak kalah lezat ada kue kastangel renyah.

Kue Kastengel Renyah

Resep Kastengel renyah

Kue kastangel yang renyah ini sangat cocok Anda jadikan sebagai hidangan yang lezat untuk keluarga tercinta. Terlebih lagi saat hari raya tiba, maka kue kastengel renyah menjadi menu yang harus ada di meja tamu. Berikut ini langkah-langkah membuat kue kastengel renyah yang mudah dan lezat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Mentega 60 gram
– Margarine 115 gram
– Kuning telur 2
– Keju edam parut 150 gram
– Tepung terigu 250 gram
– Keju cheddar secukupnya
– Kuning telur 2 untuk olesan
– Minyak goreng 1 sdt untuk olesan

Langkah-langkah membuat kue kastengel renyah:
– Langkah yang pertama parut keju edam dan anginkan selama satu jam.
– Jika sudah, mixer mentega, margarine, dan kuning telur hingga merata.
– Lalu masukkan keju edam parut dan aduk-aduk secara pelan-pelan.
– Kemudian masukkan tepung terigu yang sudah diayak dan aduk secara perlahan hingga tidak lengket.
– Bulatkan adonan dan simpan di kulkas selama 30 menit. Setelah itu, gilas adonan dengan rolling pin. Lalu oles dengan campuran kuning telur dan minyak, kemudian taburi keju parut.
– Panggang kue kastangel dengan api sedang selama 30 menit sambil dibolak-balik. Jika sudah matang, angkat dan kue kastangel siap untuk disajikan.

Cara membuat kue kastangel ini sangat mudah dan hanya memerlukan sedikit bahan-bahan. Namun rasanya gurih, lembut, lezat, dan pastinya cocok sebagai camilan pelengkap hari raya. Itulah beberapa resep kastengel yang bisa Anda pilih sesuai selera. Dengan menggunakan langkah-langkah di atas maka Anda bisa membuat kue kastangel yang lezat dan gurih.

Komentar Disini