4 Resep Ikan Tuna Paling Lezat dan Memanjakan Lidah Anda

Resepmakanan.ID – Resep Ikan Tuna – Siapapun orangnya tentu saja sudah mengerti jika ikan tuna menjadi salah satu jenis ikan dengan tekstur daging yang lembut. Hal ini seakan memungkinkan banyak orang tertarik membuat olahan berbahan ikan tuna.

Mengapa harus bingung mencari inspirasi jika memang saat ini sudah tersedia berbagai macam resep ikan tuna lezat bahkan memanjakan lidah anda. Ikan tuna mempunyai kandungan lemak yang terbilang rendah. Inilah mengapa ikan tersebut bagi anda yang berkeinginan menurunkan berat badan.

Tentunya ikan ini menjadi sumber protein hewani yang terbilang terjangkau untuk semua kalangan masyarakat. Jenis ikan ini memang bagus untuk anda konsumsi. Terlebih lagi dari warna dagingnya merah dan sedikit ada kesamaan dengan daging sapi.

Ikan tersebut termasuk ikan yang berbeda dari jenis lainnya. Kandungan proteinnya memang lengkap sekali bahkan ada kandungan asam amino yang terbilang menjadi kebutuhan tubuh manusia. Apalagi saat konsumsi ikan tuna ini, jaringan tubuh nantinya bisa terjaga dengan baik.

Perlu anda ketahui jika kandungan lemak yang berada dalam ikan tuna ini terbilang begitu rendah. Inilah mengapa ikan ini aman sekali bagi anda yang berkeinginan menjaga berat badan.

Sekarang ini sudah tersedia berbagai macam pilihan resep ikan tuna dengan cita rasa lezat dan lebih nikmat. Dari pada merasa penasaran sebaiknya simak ulasannya berikut ini:

Resep Ikan Tuna Bumbu Kuning

resep ikan tuna
image by: flavcity.com

Buat anda yang kini suka dengan masakan berbumbu kuning. Kali ini bisa mencoba olahan masakan ikan tuna yang tak kalah lezat dengan lainnya.

Dimana dari segi bahan maupun bumbu yang dibutuhkan begitu mudah anda peroleh. Jika memang anda merasa penasaran sebaiknya ikuti langkah pembuatannya.

Bahan yang dibutuhkan:
– Ikan tuna 1kg potong sesuai keinginan
– Tomat merah 2 buah potong sesuai selera
– Air mineral 400 ml
– Garam halus 1 sendok the
– Gula pasir 1 sendok the
– Penyedap rasa ½ sendok teh

Bumbu yang perlu dihaluskan:
– Kemiri 8 butir bersihkan
– Lengkuas 1 buah
– Bawang merah butir
– Jahe 1 buah
– Bawang putih 4 siung
– Kunyit 1 buah

Cara mudah memasak ikan tuna berbumbu kuning
1. Persiapkan semua bumbu yang tadinya perlu dihaluskan lalu tumbuk sampai halus.
2. Apabila bumbu sudah dihaluskan kemudian wajan pun siap dipanaskan. Goreng ikan tuna sampai benar matang.
3. Ketika ikan sudah matang sebaiknya persiapkan wajan kembali dan berikan sedikit minyak. Masukkan bahan halusnya tadi lalu tumis sampai tercium bau harum.
4. Lalu tambah dengan gula pasir, penyedap rasa, garam halus dan aduk sampai merata.
5. Potongan ikan tuna yang telah anda goreng masukkan saja dalam masakan bumbu kemudian aduk sampai benar merata.
6. Masak semuanya hingga matang sekaligus kuahnya sampai benar meresap.
7. Angkat kemudian sajikan selagi masih hangat.

Ternyata mudah dan begitu praktis sekali langkah cara pembuatan ikan tuna bumbu kuning ini. Sudah pasti kebanyakan orang bisa membuatnya hingga merasa ketagihan mencicipi masakan tersebut.

Resep Ikan Tuna Asam Manis

resep ikan tuna
image by: taste.com.au

Buat anda yang berkeinginan mengolah ikan tuna ini menjadi masakan super lezat. Ada baiknya mencoba olahan masakan ikan tuna asam manis. Pastinya dengan memadukan kedua rasa ini nantinya mampu hasilkan masakan paling lezat.

Terlebih jika anda menikmatinya bersama nasi yang masih hangat. Dari pada penasaran sebaiknya simak langkah pembuatannya.

Bahan yang diperlukan:
– Fillet ikan tuna 500 gram
– Tepung serba guna 200 gram
– Bawang bombay 1 buah
– Bawang putih 3 siung
– Saos tomat ½ botol
– Tomat merah 1 buah
– Lada, garam maupun gula secukupnya
– Perasan jeruk nipis
– Mentega 1 sendok makan

Langkah mudah memasak ikan tuna asam manis
1. Fillet ikan tadi perlu dipotong-potong terlebih dahulu supaya bau amisnya ini bisa menghilang. Jangan sampai lupa juga untuk melumurinya dengan air perasan jeruk nipis.
2. Bumbui saja menggunakan garam, lada lalu sisihkan. Selanjutnya larutkan sebanyak satu sendok makan tepung serba guna.
3. Ikan tuna bisa anda masukkan kemudian gulingkan dalam tepung kering.
4. Ikan pun bisa anda goreng sampai agak kecoklatan dala minyak panas. Bawang putih iris kemudian tumis sampai layu. Tomat yang sudah anda potong pun bisa anda masukkan.
5. Masukkan saja sedikit air kemudian tambah dengan saus tomat. Bumbui menggunakan gula, garam maupun lada. Aduk hingga merata dan cicipi cita rasanya.
6. Tambah juga dengan mentega dan aduk merata. Siramkan saus ini pada ikan gorengnnya.
7. Sekarang ikan tuna asam manis pun sudah bisa anda sajikan.

Mencoba resep ikan tuna dengan cita rasa baru memang menarik sekali. Bahkan mampu membuat semua orang merasa ketagihan untuk mencicipinya.

Resep Ikan Tuna Saus Tiram

image by: slenderkitchen.com

Banyak sekali pilihan resep ikan tuna yang menarik untuk dipraktekkan. Kali ini ada resep olahan ikan tuna saus tiram dengan cita rasa yang menggoyang lidah kita.

Bahan sekaligus bumbu yang dibutuhkan ternyata mudah sekali untuk didapatkan. Daripada anda penasaran, simak saja langkah dan cara pembuatannya.

Bahan yang diperlukan:
– Fillet tuna 500 gram, potong sesuai selera
– Bawang merah 5 siung, iris tipis-tipis
– Bawang putih 4 siung, iris tipis-tipis
– Bawang Bombay ½ siung, iris tipis-tipis
– Daun bawang 1 batang, iris tipis-tipis
– Saus tiram 2 sendok makan
– Cabe merah keriting 4 buah, iris serong
– Kaldu bubuk, gula, gara, beri secukupnya
– Tepung maizena 1 sendok makan, larutkan dengan air
– Air matang 300 ml
– Minyak goreng, beri secukupnya

Langkah praktis memasak ikan tuna saus tiram:
1. Terlebih dahulu tumis bawang Bombay, bawang putih, bawang merah sampai mengeluarkan aroma yang sedap. Lalu ikan tuna dimasukkan dan diaduk hingga warnanya berganti.
2. Setelah warnanya berubah, maka bisa ditambahkan air, cabe merah, daun bawang, garam, gula, kaldu bubuk, saus tiram, lalu masak sampai matang agar bumbunya meresap ke ikannya.
3. Lalu ambil larutan tepung maizena tadi, tuang dan aduk hingga masakan meletup-letup. Jika sudah dirasa matang, maka angkat ikan tuna saus tiram tadi dan sajikan hangat-hangat.

Begitu mudah sekali langkah pembuatan ikan tuna saus tiram yang mampu membuat siapapun merasa ketagihan. Semoga siapapun anda yang berkeinginan memasak bisa mempraktekkan resep tersebut.

Resep Ikan Tuna Balado

resep ikan tuna
image by: thespruceeats.com

Akankah anda menyukai masakan dengan rasa pedas? Jika memang iya sebaiknya anda mencoba resep yang satu ini. Dimana sambal balado memang mampu membuat olahan ikan tuna terasa lebih nikmat.

Kini tersedia langkah praktis dari masakan ikan tuna balado. Jadi sebaiknya simak saja langkahnya berikut ini.

Bahan yang dibutuhkan:
– Ikan tuna 800 gram potong sesuai selera
– Air asam jawa 2 sendok makan
– Garam seperlunya
– Daun jeruk 3 lembar
– Cabai sesuai keinginan kemudian haluskan
– Bawang putih 3 siung haluskan
– Bawang merah 4 siung haluskan

Cara mengolah masakan ikan tuna balado
1. Ikan perlu anda lumuri menggunakan garam dan air asam jawa seperlunya. Diamkan kurang lebih 15 menit kemudian cuci kembali.
2. Goreng ikannya hingga matang lalu tiriskan.
3. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sebentar saja. Lalu masukkan daun jeruk dan jangan lupa menambahkan ikan yang tadinya sudah anda goreng. Aduk hingga bumbu semua tercampur merata.
4. Diamkan sejenak kemudian kompor pun bisa dimatikan. Kini ikan tuna balado siap anda sajikan pada piring saji.

Itulah tadi beberapa rekomendasi resep ikan tuna yang patut dijadikan pilihan. Semoga saja anda mampu menikmati kelezatan masakan tersebut.