4 Resep Daging Sapi Sederhana dan Enak

Resep Daging Sapi

Resepmakanan.id – Resep daging sapi yang enak paling banyak disukai oleh semua orang. Daging sapi sangat enak untuk dijadikan hidangan apapun. Ada banyak olahan dari daging sapi yang enak dan mudah dibuat.

Seperti ketika ada hari raya umat Islam, hari raya Idul Adha maupun hari raya Idul fitri. Hidangan dari daging sapi pasti hampir selalu ada di setiap rumah, terutama saat Idul Adha.

Olahan daging sapi di setiap daerah di Indonesia pun bermacam-macam, biasanya terletak pada penggunaan rempah-rempah. Namun, bagi Anda yang bosan dengan masakan daging sapi yang di semur, dibuat rendang, maupun dibuat bakso. Maka simaklah berbagai resep daging sapi berikut ini yang dapat Anda buat sendiri di rumah.

Resep Daging Sapi Beef Teriyaki Ala Resto

teriyaki beef

Jika Anda mempunyai stok daging sapi dalam lemari pendingin yang berlebih dan belum tahu akan diolah menjadi apa daging sapi tersebut, maka tidak ada salahnya Anda mencoba resep daging sapi seperti beef teriyaki ala resto cepat saji.

Anda akan mendapatkan sensasi seperti menyantap salah satu menu di resto cepat saji yang lezat yang mana beef teriyaki itu sendiri adalah buatan Anda, sangat menyenangkan bukan? Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat beef teriyaki.

Bahan utama untuk membuat beef teriyaki:
– Daging sapi 500 ram (cuci bersih dan potong tipis-tipis)
– Bawang bombay 100 gram (iris memanjang)
– Bawang putih 3 siung (iris halus)
– Minyak wijen 1 sendok teh
– Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bahan untuk bumbu:
– Teriyaki marinade sauce 75 cc
– Air jahe 1 sendok teh
– Kecap manis 3 sendok makan
– Gula pasir 3 sendok makan
– Penyedap rasa 1 sendok teh
– Saus teriyaki instan 4 sendok makan

Bahan untuk pelengkap:
– Salad sayur irisan wortel dan kol
Cara membuat beef teriyaki ala resto cepat saji:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah siapkan wadah dan rendam daging sapi bersama teriyaki marinade sauce, kecap manis, gula pasir, serta penyedap rasa. Aduk-aduk dan rendam selama kurang lebih 30 menit.
– Selanjutnya adalah siapkan penggorengan, tumis bawang bombay dan bawang putih dengan minyak wijen. Tumis lah hingga beraroma harum dan layu. angkat dan sisihkan.
– Langkah berikutnya adalah siapkan wajan dan tuang minyak wijen serta minyak goreng, tunggu sampai panas. Masak daging sapi hingga matang dan empuk.
– Setelah daging sapi matang dan empuk, tambahkan tumisan bawang putih dan bawang bombay tadi. Aduk-aduk hingga tercampur rata dan aroma keluar. Angkat dan beef teriyaki ala resto cepat saji siap dihidangkan.

Sangat mudah bukan untuk membuat resep daging sapi seperti di atas. Anda dapat menyajikan beef teriyaki dengan sambal kesukaan Anda. Santap beef teriyaki selagi hangat bersama bahan pelengkap salad wortel dan kol dan juga nasi putih hangat.

Resep Daging Sapi Patty Burger

Resep Daging Sapi patty burger

Tentu Anda pernah mencoba untuk membeli burger di toko atau tempat jajanan di tepi jalan bukan? Mungkin sebagian dari Anda ada yang kurang puas atas rasanya atau dagingnya yang sedikit.

Maka bagi Anda yang mempunyai stok daging sapi berlebih dapat membuat patty burger untuk mengobati rasa kekecewaan Anda terhadap rasa yang tidak sesuai dan ukuran daging yang juga sedikit. Ikutilah resep daging sapi patty burger berikut ini.

Bahan untuk membuat patty burger:
– Mentega atau margarin 10 sendok makan
– Bawang bombay ukuran kecil 3 butir (cincang halus)
– Daging sapi 1,5 kg (cincang halus)
– Roti tawar 10 lembar
– Susu cair 255 cc
– Telur ayam kampung 7 butir (kocok lepas)
– Garam 3 sendok teh
– Lada bubuk 3 sendok teh
– Gula pasir 10 sendok teh

Cara membuat patty burger yang enak:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menyiapkan wajan dan panaskan mentega atau margarin, kemudian tumis bawang bombay sampai layu dan harum. Angkat dan sisihkan.
– Selanjutnya adalah rendam roti tawar yang sebelumnya sudah di suwir-suwir dengan susu cair serta telur ayam yang sudah dikocok lepas. Rendam hingga roti berubah menjadi lunak serta berubah menjadi adonan yang lembut.
– Setelah roti tawar lembut dan lunak, masukan daging sapi cincang beserta tumisan bawang bombay ke dalam rendaman roti tawar. Aduk-aduk hingga tercampur rata.
– Kemudian tambahkan garam, lada bubuk, dan gula pasir ke dalam adonan. Aduk hingga merata.
– Langkah berikutnya adalah siapkan aluminium foil kemudian letakkan 2 sampai 4 sendok makan adonan daging sapi ke atas plastik anti panas, bentuk bulat dan pipihkan.
– Selanjutnya tutup adonan menggunakan plastik anti panas seperti Anda membungkus kulit lumpia. Lakukan sampai semua adonan daging sapi habis.
– Kukus adonan daging sapi selama kurang lebih 15 sampai 25 menit.
– Setelah 25 menit, daging sapi siap diolah atau dipanggang dengan menggunakan Teflon yang dioles sedikit mentega atau margarin agar tidak lengket. Kemudian kreasikan menjadi burger yang enak.

Sangat mudah bukan untuk membuat patty burger di atas, Anda dapat mengatur rasa sesuai selera Anda dan penggunaan daging sesuai keinginan Anda. Anda juga dapat menyimpan adonan daging yang sudah dikukus di lemari pendingin untuk stok ketika Anda tiba-tiba menginginkan patty burger. Sajikan patty burger dengan saus tomat atau saus pedas dan sayuran segar seperti selada dan tomat.

Resep Daging Sapi Lada Hitam yang Istimewa

Resep Daging Sapi lada hitam

Di Indonesia sendiri ada banyak macam resep daging sapi yang dapat Anda buat untuk disajikan pada keluarga tercinta. Apalagi ketika ada momen spesial seperti saat Idul Adha, jika biasanya Anda membuat rendang, soto daging sapi, semur daging sapi, atau bakso daging sapi.

Maka cobalah resep daging sapi lada hitam yang istimewa untuk orang-orang yang istimewa. Berikut adalah langkah-langkah membuat daging sapi lada hitam.

Bahan dan bumbu untuk membuat daging sapi lada hitam:
– Daging sapi 500 gram (rebus dan pastikan daging sapi benar-benar empuk)
– Bawang merah 4 butir (potong kecil-kecil)
– Jahe ukuran sedang 1 ruas jari (bakar)
– Bawang putih 3 siung
– Wortel ukuran sedang 3 buah (cuci bersih, kupas dan potong berbentuk kotak-kotak)
– Lada hitam halus 3 sendok teh
– Cabai merah besar 3 buah (cuci bersih dan potong kecil-kecil)
– Cabai hijau besar 3 buah (cuci bersih dan potong kecil-kecil)
– Tomat merah ukuran sedang 2 buah ( cuci bersih dan potong menjadi 6 bagian)
– Bawang bombay 1 butir (potong tipis-tipis)
– Kecap kental manis 3 sendok makan
– Saus tiram 2 sendok makan
– Garam secukupnya
– Gula pasir secukupnya
– Minyak goreng secukupnya

Cara membuat daging sapi lada hitam:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah rebus daging sapi hingga benar-benar empuk menggunakan api sedang. Buang kotoran yang keluar ketika daging direbus, angkat dan tiriskan daging sapi. Potong sesuai selera Anda. Sisihkan.
– Selanjutnya adalah siapkan wajan dan panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bumbu yang sudah dihaluskan seperti bawang merah, bawang putih, dan jahe. Tumis hingga beraroma harum.
– Kemudian, masukan wortel, cabai merah, dan cabai hijau ke dalam tumisan. Aduk-aduk hingga merata.
– Masukan potongan daging sapi dan beri air sedikit, aduk-aduk hingga mendidih.
– Setelah mendidih, tambahkan saus tiram, kecap manis, garam, lada hitam, dan gula pasir. Aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata. Tutup sebentar sambil sesekali diaduk-aduk hingga bumbu benar-benar meresap sempurna ke dalam daging.
– Setelah hampir matang masukan potongan tomat merah dan aduk kembali sebentar.

Apabila sudah pas rasanya maka angkat dan daging sapi lada hitam siap disajikan. Itulah di atas resep daging sapi lada hitam yang dapat dijadikan alternatif ketika Anda bingung untuk mengolah daging sapi saat Idul Adha. Anda dapat memberikan taburan bawang goreng, sajikan daging sapi lada hitam selagi hangat bersama kerupuk dan nasi putih hangat.

Resep Daging Sapi Semur Bola Bola Daging

Resep Daging Sapi enak dan pedas

Jika Anda mempunyai stok daging sapi di lemari pendingin dan kebetulan buah hati Anda sedang tidak nafsu makan, maka membuat semur bola-bola daging akan membuat anak Anda menjadi lahap makannya karena daging sapi di bentuk bola-bola yang akan menarik anak Anda. Berikut adalah resep daging sapi semur bola-bola daging yang dapat Anda ikuti.

Bahan untuk membuat semur bola-bola daging:
– Daging sapi 250 gram (cincang halus)
– Telur puyuh secukupnya (rebus dan kupas kulitnya)
– Bawang merah 5 butir
– Bawang putih 3 siung
– Telur ayam 1 butir
– Saus tomat 2 sendok makan
– Garam secukupnya
– Gula psir secukupnya
– Pala ½ sendok teh
– Kecap manis sesuai selera
– Margarin untuk menumis 5 sendok makan
– Air bersih 600 ml
– Kentang berukuran besar 2 buah ( potong kotak-kotak dan goreng)
– Tomat merah segar 2 buah (potong sesuai selera)

Cara membuat semur bola-bola daging:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah siapkan wadah kemudian masukan daging sapi yang sebelumnya dicincang halus, gula pasir, lada bubuk, pala bubuk, kecap sedikit, dan telur ayam. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata. Anda dapat menambahkan tepung roti 2 sendok makan agar daging sapi empuk. Setelah semua bahan tercampur rata, bentuk adonan menjadi bola-bola bersama telur puyuh yang sudah direbus dan dikupas kulitnya.
– Selanjutnya siapkan wajan dan panaskan margarin kemudian goreng bola-bola daging sampai matang atau berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
– Kemudian, gunakan wajan tadi dan tumis bawang merah serta bawang putih hingga beraroma harum. Tambahkan sedikit air dan biarkan hingga mendidih.
– Setelah mendidih masukan bola-bola daging yang sudah digoreng, beri bumbu sesuai selera dan masukan potongan tomat serta kentang. Aduk kembali hingga matang dan bumbu meresap dengan sempurna. Angkat dan sajikan semur bola-bola daging.

Sangat mudah bukan untuk membuat resep daging sapi semur bola-bola daging yang enak dan tampilan yang begitu menarik akan membuat anak Anda penasaran untuk mencobanya. Berikan taburan bawang goreng si atasnya untuk menambahkan rasa gurih, sajikan dengan nasi putih hangat dan kerupuk kesukaan anak Anda.

Komentar Disini