4 Resep Dadar Gulung Lembut dan Enak

Resep Dadar Gulung

Resepmakanan.id – Resep dadar gulung yang enak sangat disukai oleh semua orang, jajanan tersebut banyak dijumpai ketika berkunjung ke pasar tradisional atau tempat jajanan lainnya.

Kulitnya yang lembut dan terkenal warnanya yang hijau ditambah dengan isian parutan kelapa yang dimasak bersama gula merah atau yang sering disebut enten-enten membuat rasa dadar gulung sangat enak. Tak heran jika dadar gulung sering digunakan sebagai salah satu jajanan ketika ada acara tertentu.

Namun sekarang ini sudah banyak terdapat resep dadar gulung yang berbeda dari biasanya, banyak yang sudah memodifikasi untuk isian dadar gulung tersebut. Apabila anggota keluarga Anda sangat menyukai jajanan yang satu ini, Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan rasa yang Anda inginkan.

Resep Dadar Gulung Sederhana Enak dan Lembut:

Berikut beberapa resep dadar gulung yang dapat Anda ikuti.

Dadar Gulung yang Enak dan Praktis

dadar gulung

Dadar gulung memang banyak terdapat di pasar tradisional, namun jika Anda membuat sendiri tentu akan lebih hemat dari segi keuangan dan waktu, karena tidak perlu pergi ke pasar.

Kelebihan membuat dadar gulung sendiri di rumah lainnya adalah Anda dapat membuat isian sesuai selera Anda dan tentunya Anda akan lebih yakin terhadap bahan-bahan yang digunakan. Berikut adalah resep dadar gulung yang enak dan sederhana.

Bahan untuk membuat dadar gulung:
– Telur 1 butir
– Santan segar 250 ml
– Kelapa parut 100 gram
– Tepung terigu 150 gram
– Daun pandan 3 lembar
– Daun suji 5 lembar
– Gula merah atau gula Jawa 500 gram
– Ekstrak vanili 1 sendok teh
– Minyak goreng 1 sendok makan
– Garam ½ sendok teh
– Air secukupnya

Cara membuat dadar gulung:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat warna hijau dari daun suji. Bersihkan daun suji kemudian blender, saring dan ambil airnya. Sisihkan.
– Selanjutnya siapkan wadah, masukan telur, tepung terigu dan air secukupnya, air daun suji yang sudah disaring. Aduk-aduk hingga tercampur rata dan kekentalan untuk adonan merata. Sisihkan.
– Langkah berikutnya adalah siapkan wajan dan sisir gula merah kemudian masukan ke dalam wajan dengan ditambah air sedikit. Didihkan sampai gula merah mencair. Angkat dan saring gula merah.
– Selanjutnya, siapkan wajan kemudian masukan parutan kelapa ditambah air gula merah yang sudah disaring.
– Masak kelapa parut menggunakan api sedang kemudian tambahkan ekstrak vanili serta daun pandan. Aduk-aduk hingga air menyusut. Angkat dan tuang pada wadah.
– Selanjutnya adalah membuat kulit dadar gulung, siapkan wajan yang anti lengket dan oles dengan minyak goreng sedikit.
– Tuang sedikit adonan dadar gulung yang tadi sudah di buat, masak dengan menggunakan api kecil agar kulit tidak gosong.
– Biarkan adonan mengering baru kemudian angkat dan letakkan pada wadah yang datar. Lakukan sampai adonan habis.
– Setelah semua adonan kulit habis, tuang parutan kelapa sesuai dengan kulit dadar gulung.
– Cara menggulungnya tekuk pada bagian kiri ke kanan dan bagian kanan ke kiri baru digulung. Lakukan untuk semua kulit dadar gulung. Dadar gulung siap disajikan.

Itulah resep dadar gulung yang enak dan praktis. Untuk memberi varian pada isi, dapat ditambahkan buah nangka atau durian agar aroma lebih kuat dan menggugah selera. Sajikan dadar gulung bersama secangkir teh hangat atau secangkir kopi.

Dadar Gulung Rainbow

dadar gulung

Apabila biasanya Anda membuat dadar gulung dengan kulit berwarna hijau, maka kali ini ada resep yang akan membuat dadar gulung Anda menjadi lebih menarik yaitu resep dadar gulung pelangi. Warna pelangi pada kulitnya akan menambah cantik tampilan dadar gulung tersebut. Berikut beberapa langkah untuk membuat dadar gulung pelangi.

Bahan untuk membuat kulit dadar gulung:
– Tepung terigu 220 gram
– Tepung custard 15 gram
– Telur 2 butir
– Santan segar 400 ml
– Garam 1,5 sendok teh
– Minyak goreng 4 sendok makan
– Pewarna makanan merah dan hijau
– Kelapa parut 75 gram
– Gula merah 25 gram
– Garam secukupnya
– Air secukupnya

Cara membuat dadar gulung:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat isian, siapkan wajan dan masukan kelapa parut, gula merah, garam, dapat di tambahkan sedikit air. Aduk-aduk dan masak dengan api sedang. Masak sampai air menyusut dan matang. Angkat dan letakkan pada wadah atau mangkuk.
– Langkah berikutnya adalah membuat kulitnya, siapkan wadah dan masukan tepung terigu, tepung custard, telur, santan, dan air secukupnya. Aduk-aduk hingga merata dan kekentalan adonan merata.
– Adonan kulit yang sudah disaring, dibagi menjadi 3 warna yaitu merah, hijau, dan sebagian tidak berwarna. Untuk membuat motif bercak, siapkan botol yang berspuit dan masukan 2 sendok makan adonan yang sebelumnya sudah diberi warna.
– Langkah berikutnya adalah siapkan wajan anti lengket, oles sedikit dengan minyak goreng. Tuang adonan yang tidak berwarna dengan sendok sayur, dadar tipis-tipis adonan kemudian tuang adonan warna dan atur sesuai selera. Lakukan hingga adonan kulit dadar gulung habis.
– Setelah semua matang masukan isian dadar gulung pada kulit, tekuk bagian kiri ke kanan dan bagian kanan ke kiri kemudian gulung. Lakukan hingga adonan habis. Dadar gulung siap disajikan.

Itulah di atas resep dadar gulung pelangi yang enak dan cantik. Warnanya yang cantik akan menarik perhatian semua orang dan penasaran untuk mencicipinya. Anda dapat memberikan potongan nangka untuk menambah aroma yang lebih lezat. Sajikan dadar gulung bersama teh hangat atau kopi.

Dadar Gulung Isi Vla Durian yang Lembut dan Super Lezat

Resep Dadar Gulung durian

Dapat dipastikan jika semua orang pasti mengetahui dadar gulung. Bagaimana tidak? Dadar gulung adalah jajanan yang mempunyai kulit dengan tekstur yang lembut serta isi yang enak berisi kelapa parut yang dimasak bersama gula.

Namun, bagaimana jadinya jika isi dadar gulung diganti dengan vla durian yang menggoda dan menggugah selera. Anda dapat mengikuti langka-langkah berikut ini untuk membuat dadar gulung isi vla durian.

Bahan untuk membuat dadar gulung:
– Tepung terigu 250 gram
– Tepung kanji 1 sendok teh
– Santan encer 500 ml
– Ekstrak pandan 1 sendok teh
– Garam halus ½ sendok teh
– Minyak sayur secukupnya

Bahan untuk membuat isi:
– Tepung maizena 4 sendok teh
– Daging durian 400 gram
– Telur ayam 3 butir
– Susu bubuk full cream 5 sendok makan
– Air sebanyak 150 ml
– Gula pasir sebanyak 1 sendok teh
– Garam 1 sendok teh

Cara membuat dadar gulung isi vla durian:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat isi dadar gulung. siapkan alat sebuah panci, kemudian tuangkan air, bubuk susu, garam dan terakhir gula pasir. Rebus bahan-bahan tersebut sampai matang dan mendidih, baru tambahkan buah durian yang sudah dipisahkan dari bijinya.
– Kemudian, siapkan mangkuk dan masukan kuning telur kemudian tambahkan vla durian yang sudah dimasak sebelumnya sebanyak 1 sendok sayur. Aduk-aduk hingga tercampur rata dan masukan kembali pada vla durian yang ada di panci. Aduk hingga vla tercampur rata dengan kuning telur.
– Selanjutnya, tuang tepung maizena yang sebelumnya sudah dilarutkan dengan sedikit air. Aduk terus vla durian sehingga berubah menjadi kental. Ketika adonan sudah meletup-letup berarti adonan sudah matang dan diangkat serta didinginkan.
– Langkah berikutnya adalah membuat kulit dengan menyiapkan wadah kemudian campur tepung tapioka atau kanji, tepung terigu, dan garam. Tuangkan santan encer sedikit demi sedikit serta aduk-aduk hingga merata dan kental.
– Saring adonan dadar gulung agar diperoleh adonan yang halus, karena apabila ada gumpalan maka kulit dadar gulung akan kasar. Berikan beberapa tetes ekstrak pandan untuk memberi warna hijau.
– Setelah semua bahan siap, panaskan Teflon dan oles dengan minyak goreng sedikit. Tuangkan adonan dengan sendok sayur dan ratakan sesuai ukuran Teflon. Masak kulit dadar gulung menggunakan api kecil agar tidak gosong. Masak hingga matang dan angkat. Lakukan hal tersebut hingga adonan habis.
– Setelah kulit selesai dibuat, tuang isi vla durian dan tekuk bagian kiri ke kanan dan bagian kanan ke kiri kemudian gulung dengan rapi. Dadar gulung isi vla durian siap disajikan.

Nah, itulah resep dadar gulung isi vla durian yang enak, lembut, dan lumer dalam sekali gigitan. Jika Anda ingin lebih menarik lagi, maka dapat membuat kulit dadar dengan warna pelangi. Anda dapat menyajikan dadar gulung isi vla durian dengan teh hangat atau kopi dan menikmati bersama keluarga tercinta.

Dadar Gulung Isi Kelapa Muda dan Nangka yang Spesial

Resep Dadar Gulung nangka

Ketika Anda menghadiri suatu acara seperti pengajian atau arisan, tentu jajanan yang satu ini hampir selalu ada dalam acara apa pun. Jajanan tersebut adalah dadar gulung, dengan kulitnya yang lembut dan isi yang enak membuat jajanan ini banyak yang suka.

Jika di atas membahas dadar gulung isi vla durian, maka kali ini ada dadar gulung isi kelapa muda dan nangka yang tidak kalah enak. Anda dapat mengikuti resep dadar gulung berikut ini.

Bahan untuk membuat isi dadar gulung:
– Kelapa muda parut 100 gram
– Nangka 5 buah (potong dadu)
– Air bersih 100 ml
– Gula merah secukupnya
– Daun pandan 1 lembar
– Garam ¼ sendok teh

Bahan untuk membuat kulit dadar gulung:
– Tepung terigu 150 gram
– Santan encer 250 ml
– Telur ayam 1 butir
– Pasta pandan 1 sendok teh
– Minyak goreng 1 sendok makan
– Garam ½ sendok teh

Cara membuat dadar gulung isi kelapa muda dan nangka:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat isi untuk dadar gulung. Siapkan wajan, masukan kelapa muda parut, air, gula merah, daun pandan, dan garam. Aduk-aduk hingga merata dan matang. Tambahkan potongan nangka. Aduk kembali hingga rata dan air menyusut. Angkat dan sisihkan.
– Langkah berikutnya adalah membuat kulit dadar gulung, siapkan wadah dan campur tepung terigu, telur, minyak, dan garam. Aduk-aduk sambil dituang santan encer sedikit demi sedikit.
– Setelah semua bahan tercampur rata, siapkan Teflon dan oles dengan minyak goreng sedikit. Tuang 1 sendok sayur adonan kulit dan masak hingga matang menggunakan api kecil. Lakukan pada semua adonan hingga habis.
– Setelah semua selesai, tuang isian pada kulit dan gulung dengan rapi. Lakukan hingga adonan habis. Dadar gulung siap disajikan.

Itulah di atas resep dadar gulung isi kelapa muda dan nangka yang enak dan menggugah selera. Sajikan dadar gulung dengan secangkir teh atau secangkir kopi.