4 Resep Brownies Kukus Sederhana dan Murah

Resep Brownies Kukus

Resepmakanan.id – Resep brownies kukus dengan berbagai varian rasa menjadi salah satu resep masakan yang mudah dibuat dan memiliki rasa yang lezat. Brownies kukus menjadi makanan favorit di kalangan masyarakat karena mudah divariasikan dengan berbagai macam cita rasa.

Tentu saja rasa cokelat masih menjadi bahan dasar yang selalu digunakan. Dengan membuat sendiri brownies di rumah tentunya Anda bisa menyesuaikan rasanya sesuai dengan selera anggota keluarga.

Selain itu, faktor kesehatan makanan juga pasti lebih terjamin daripada membeli brownies yang sudah jadi di toko-toko. Jenis brownies yang saat ini banyak diminati adalah brownies dengan perpaduan berbagai buah-buahan segar.

Resep Brownies Kukus Enak dan Lembut:

Selain menikmati kelezatan resep kue brownies, kandungan vitamin yang ada di buah-buahan segar tersebut juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini Resep brownies kukus yang bisa Anda buat sendiri di rumah dengan mudah.

Resep Brownies Pisang Pandan

brownies pandan

Resep brownies kukus pisang pandan ini merupakan salah satu resep brownies yang dipadukan dengan varian buah-buahan. Anda bisa menggunakan pisang ambon yang sudah matang agar rasanya manis dan tidak terasa kesat. Berikut ini langkah-langkah membuat brownies pisang pandan yang bisa Anda buat dengan mudah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Dark cooking chocolate (DCC) 60 gram
– White cooking chocolate (WCC) 60 gram
– Minyak goreng 90 ml
– Gula pasir 100 gram
– Pisang yang sudah matang 100 gram, jangan menggunakan pisang yang terlalu matang, haluskan dengan garpu
– Tepung terigu 50 gram, diayak G
– aram 1.3 sdt
– Pasta cokelat ¼ sdt
– Pasta pandan ¼ sdt
– Baking powder 1/3 sdt
– Telur 4 butir

Topping:
– Keju cheddar parut
– Chocochips 50 gram

Langkah-langkah membuat resep brownies pisang pandan:
– Tim dark cooking chocolate (DCC) bersama dengan 45 ml minyak goreng. Setelah minyak panas matikan api.
– Aduk-aduk hingga WCC meleleh, kemudian sisihkan terlebih dahulu.
– Selanjutnya panaskan panci untuk mengukur, kemudian bungkus panci dengan serbet yang bersih.
– Lalu kocok gula dan telur menggunakan mixer hingga mengembang. Kemudian masukkan pula tepung terigu, baking soda, dan garam. Aduk-aduk dan balik dengan spatula hingga merata. Tambahkan pisang yang sudah dihaluskan tadi dan aduk-aduk hingga merata.
– Selanjutnya bagi adonan menjadi dua bagian. Adonan yang pertama ditambah dengan DCC dan pasta cokelat. Aduk-aduk dan balik hingga merata. Lalu tuangkan ke loyang atau wadah tahan panas yang sudah diolesi margarin serta dialasi kertas roti yang sudah diolesi margarin pula. Kukus adonan setengah matang, kurang lebih 15 menit.
– Sedangkan adonan kedua tambahkan WCC dan pasta pandan. Aduk-aduk dan balik adonan hingga merata. Lalu tuangkan di atas adonan pertama, kemudian kukus lagi hingga matang. Kurang lebih selama 30 menit. Setelah matang buka tutup panci, angkat loyang dari atas panci dan siapkan wadah. Wadah berbentuk datar. Saat loyang telah dibalik maka keluarkan brownies lalu diinginkan dan potong-potong.
– Langkah berikutnya taburi dengan keju cheddar parut dan juga chocochips.
– Brownies kukus siap untuk dihidangkan.

Brownies pisang pandan bisa tahan dalam jangka waktu yang lama jika disimpan dai wadah tertutup. Lebih bagus saat brownies didinginkan di suhu ruangan, karena pendinginan brownies di lemari es bisa menyebabkannya kering. Resep brownies kukus pisang pandan bisa Anda jadikan sebagai jenis camilan sehat yang lezat untuk keluarga dan untuk menjamu para tamu yang datang ke rumah.

Resep Brownies Ubi Cokelatp>brownies coklat

Resep brownies kukus ubi cokelat merupakan salah satu jenis brownies kukus yang sangat digemari oleh masyarakat. Rasanya yang khas dan warna ungunya yang menarik menjadi alasannya. Selain itu, pigmen ungu sebagai pewarna alami makanan ini tidak berbahaya bagi kesehatan.

Ubi ungu juga memiliki antioksidan yang mampu menyerap racun, radikal bebas, pelindung tubuh, dan melancarkan peredaran darah. Karena berbagai manfaat kesehatan yang dimiliki berikut ini langkah-langkah membuat resep brownies ubi cokelat yang lezat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Telur 4 butir
– Gula Pasir 120 gram
– Emulsifier (sp/tbm) 1 sendok teh
– Tepung terigu protein sedang 160 gram
– Santan kental instan 60 ml
– Margarin 60 gram, lelehkan
– Ubi ungu 160 gram, kukus lalu haluskan
– Pewarna ungu 10 tetes
– Garam ¼ sdt
– White cooking chocolate 60 gram, lelehkan
– Cokelat pasta ¼ sdt

Langkah-langkah membuat resep brownies ubi cokelat:
– Langkah pertama kocok telur, emulsifier, dan gula pasir hingga mengembang.
– Kemudian tambahkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk-aduk hingga merata.
– Setelah itu, tambahkan cokelat masak putih leleh sedikit demi sedikit sambil terus diaduk secara perlahan.
– Lalu ambil adonan sebanyak 100 gram, tambahkan dengan cokelat pasta lalu aduk-aduk hingga merata.
– Tuangkan adonan ubi ke loyang berukuran 24x10x7 cm yang sudah diolesi margarin dan dialasi juga dengan kertas roti.
– Kemudian semprotkan adonan cokelat di atasnya dengan plastik segitiga hingga merata. Jika sudah kukus adonan di atas api sedang selama 30 menit hingga matang.

Sebelum disajikan sebaiknya diinginkan brownies terlebih dahulu. Baru setelah dingin bisa dipotong-potong sesuai dengan selera. Anda bisa menyimpan brownies ini di wadah yang kedap udara dan masukkan ke dalam lemari es agar brownies yang dibuat lebih tahan lama. Dengan membuat Resep brownies kukus ubi cokelat ini maka Anda tidak perlu repot-repot mencari makanan di luar sebagai camilan di rumah.

Resep Brownies Pisang Keju

Resep Brownies kukus Pisang Keju

Resep brownies kukus pisang keju memiliki rasa manis dan gurih sehingga menjadi makan favorit bagi banyak orang. Tekstur pisang yang berair dipadukan dengan keju yang gurih membuat cita rasa tersendiri yang lezat dan khas.

Brownies kukus ini bisa Anda jadikan sebagai pilihan camilan sehat untuk akan menemani kebersamaan bersama keluarga tercinta. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat brownies pisang keju yang manis dan gurih.

Bahan-bahan yang digunakan:
– Dark cooking chocolate (DDC) 60 gram
– White cooking chocolate (WCC) 60 gram
– Minyak goreng 90 ml
– Gula pasir 100 gram
– Pisang yang sudah matang 100 gram, jangan terlalu matang dan haluskan dengan garpu
– Tepung terigu 50 gram, diayak
– Keju cheddar cincang 50 gram
– Garam 1/3 sdt
– Baking powder ¼ sdt
– Telur 4 butir

Topping:
– Keju cheddar parut
– Trimit 100 gram

Langkah-langkah membuat resep brownies pisang keju:
– Tim dark cooking chocolate (DDC) bersama dengan 45 ml minyak goreng. Setelah minyak panas matikan api dan aduk-aduk DCC hingga meleleh, kemudian sisihkan.
– Selanjutnya tim white cooking chocolate (WCC) bersama dengan 45 ml minyak goreng. Setelah minyak panas matikan api dan aduk-aduk DCC hingga meleleh, kemudian sisihkan.
– Lalu panaskan panci yang digunakan untuk mengukus. Bungkus tutup panci tersebut dengan serbet yang bersih.
– Jika sudah, kocok telur dan gula menggunakan mixer hingga mengembang. Lalu masukkan tepung terigu, baking powder, dan garam. Aduk-aduk dan balik hingga merata dengan spatula hingga rata. Jika sudah tambahkan pisang yang sudah dihaluskan tadi dan aduk kembali hingga rata.
– Kemudian bagi adonan menjadi dua bagian. Adonan yang pertama tambahkan DCC dan juga pasta cokelat. Aduk-aduk dan balik dengan spatula hingga rata. Lalu tuangkan ke dalam loyang atau wadah yang tahan panas yang telah diolesi margarin. Jangan lupa alasi dengan kertas roti yang sudah diolesi margarin juga. Kukus hingga setengah matang kurang lebih selama 15 menit.
– Sedangkan untuk adonan kedua tambahkan dengan WCC dan juga kecu cheddar cincang. Aduk-aduk dan balik hingga merata. Kemudian tuangkan di atas adonan pertama. Kukus lagi selama kurang lebih 30 menit hingga matang.
– Jika sudah matang, buka tutup panci dan angkat loyang dari atas panci. Kemudian siapkan wadah yang berbentuk datar, balik loyang dan keluarkan brownies. Diinginkan dan potong-potong brownies sesuai selera.
– Taburi brownies dengan keju cheddar parut serta trimit. Brownies siap untuk disajikan.

Dalam membuat resep brownies kukus pisang keju Anda bisa menggunakan pisang ambon, pisang raja ataupun jenis pisang lainnya. Agar bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama Anda bisa memasukkan brownies tersebut ke dalam wadah kedap udara dan masukkan ke dalam lemari es. Pastikan agar wadah kedap udara agar brownies tidak basah pada saat disajikan sebagai salah satu camilan sehat yang lezat.

R

Resep Brownies Fruity Mix

img class="aligncenter" src="https://images-gmi-pmc.edge-generalmills.com/6935db52-d355-4cb7-8b2e-b3cb770c66b6.jpg" alt="Resep Brownies kukus Fruity Mix" width="800" height="450" />

Resep brownies kukus fruity mix yang segar menjadi resep makanan yang paling populer bagi para pecinta brownies. Seperti yang telah diketahui bahwa cocktail buah disukai banyak orang karena mengandung berbagai macam buah eksotis di dalamnya.

Pasti rasanya akan jauh lebih nikmat jika dipadukan dengan brownies yang memiliki rasa manis yang lembut. Berikut ini langkah-langkah membuat brownies fruity milk yang mudah untuk dilakukan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Tepung terigu protein sedang 250 gram
– Susu bubuk 25 gram
– Cokelat bubuk 1 sdm
– Vanili bubuk ½ sdt
– Kuning telur 8 Putih telur 3
– Gula pasir 225 gram Emulsifier 1 sdt
– Margarin 150 gram, kocok hingga lembut
– Dark cooking chocolate 100 gram, patahkan kemudian lelehkan
– Cokelat pasta 1 sdt
– Manisan buah campur 250 gram

Langkah-langkah membuat resep brownies fruity mix:
– Langkah yang pertama ayak tepung terigu, vanili, dan susu bubuk, lalu sisihkan. Kemudian kocok telur, emulsifier, dan gula hingga kental. Masukkan campuran tepung terigu sedikit-sedikit (sisakan sedikit untuk melumuri buah campur).
– Selanjutnya masukkan buah campur yang sudah dilumuri dengan sisa campuran tepung. Aduk-aduk hingga tercampur rata.
– Masukkan margarin kocok, cokelat pasta, dan cokelat yang sudah dilelehkan. Aduk-aduk hingga rata, kemudian masukkan ke dalam loyang berukuran 12x20x5 cm yang sudah diolesi margarin dan dialasi dengan kertas roti.
– Kemudian kukus adonan dalam dandang yang sudah dipanaskan kurang lebih 25 menit. Tunggu sampai matang dan angkat.

Pada saat memilih manisan buah campur sebaiknya perhatikan tanggal kedaluarsa agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan rasanya tetap nikmat.

Itulah, beberapa Resep brownies kukus yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Anda juga bisa membuat jenis brownies lain dengan varian rasa yang berbeda pula. Sehingga anggota keluarga bisa menikmati brownies buatan Anda yang lezat, manis, dan lembut. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Komentar Disini