4 Resep Bolu Pisang Kukus Lembut dan Mengembang

Resep Bolu Pisang

Resepmakanan.id – Resep bolu pisang yang nikmat dan mudah dalam proses pembuatannya banyak dicari oleh masyarakat. Pisang sebagai salah satu jenis buah yang mudah ditemukan di Indonesia ini memiliki rasa yang manis, sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan dalam membuat resep bolu.

Dengan mencoba berbagai resep bolu pisang maka Anda bisa membuat sebuah bolu yang sehat bagi seluruh anggota keluarga. Selain dibuat untuk anggota keluarga, Anda juga bisa memanfaatkan keahlian dalam cara membuat kue bolu pisang ini sebagai sumber penghasilan.

Caranya adalah dengan membuka usaha kuliner bolu pisang. Dengan membuat bolu pisang yang bervariasi maka Anda akan mendapatkan pelanggan yang banyak. Sehingga keuntungannya akan berlipat. Berikut ini resep bolu pisang yang lezat dan juga mudah untuk dibuat.

Resep Bolu Pisang Cokelat Panggang

resep bolu pisang coklat

Resep bolu pisang cokelat panggang ini memiliki rasa manis yang nikmat. Adanya tambahan cokelat membuat bolu pisang ini memiliki rasa yang lebih lezat, sehingga disukai oleh semua anggota keluarga.

Selain itu, adanya buah pisang menjadi ciri khas bolu yang membuat rasanya berbeda dari jenis bolu pada umumnya. Dan yang menarik bolu pisang ini menggunakan bahan-bahan yang mudah untuk diperoleh. Berikut ini langkah-langkah membuat bolu pisang cokelat panggang yang mudah.

Bahan-bahan yang diperlukan:
– Tepung terigu 250 gram
– Gula pasir 170 gram
– Pisang ambon 250 gram
– Telur 2 butir, kocok lepas
– Minyak sayur 115 ml
– Susu UHT plain 115ml
– Cocoa powder 2 sdt
– Backing powder 2 sdt
– Backing soda 1 sdt
– Garam ½ sdt
– Vanilla 1 sdt

Bahan olesan loyang:
– Margarin 1 ½ sdt
– Minyak sayur 1 ½ sdt
– Terigu 1 ½ sdt

Langkah-langkah membuat bolu pisang cokelat panggang:
– Langkah yang pertama aduk semua bahan olesan loyang. Kemudian oleskan ke loyang dengan merata. Sisihkan terlebih dahulu.
– Selanjutnya di wadah terpisah tepung terigu, vanilla, garam, backing powder, backing soda, cocoa powder disisihkan.
– Kemudian di wadah yang lain haluskan pisang yang sudah matang dengan garpu. Lalu masukkan kocokan telur, minyak, dan susu. Aduk-aduk sebentar, jika sudah masukkan campuran tepung terigu sambil diayak-ayak hingga merata.
– Lalu panaskan oven hingga suhu 180 derajat. Sambil menunggu oven panas masukkan adonan ke dalam loyang dan beri hiasan topping sesuai dengan selera. Jika sudah lanjutkan oven kurang lebih 40 menit, atau tergantung pada oven masing-masing.
– Jika sudah matang, segera angkat dan bolu pisang cokelat panggang siap untuk disajikan.

Resep bolu pisang cokelat panggang bisa dipotong-potong setelah dingin sesuai dengan selera masing-masing. Pastinya rasa yang ditawarkan sangatlah lezat dan sesuai dengan perjuangan membuat yang Anda lakukan.

Semua anggota keluarga pasti menyukai bolu pisang cokelat panggang yang Anda buat. Selain bolu pisang cokelat panggang, jenis bolu pisang lain yang bisa Anda buat ada bolu pisang keju panggang.

Bolu Pisang Keju Panggang

bolu pisang keju

Resep bolu pisang keju panggang bisa Anda jadikan sebagai salah satu resep andalan dalam membuat camilan sehat untuk keluarga. Rasanya yang lembut dan harum membuat semua anggota keluarga menyukainya.

Bahan yang digunakan juga termasuk mudah ditemukan, sehingga Anda tidak perlu repot mencarinya di berbagai tempat yang jauh. Berikut ini langkah-langkah membuat bolu pisang keju panggang yang mudah dan lezat.

Bahan-bahan yang digunakan:
– Pisang matang ukuran sedang 1 buah, kurang lebih 150 gram tanpa kulit, haluskan
– Terigu 12 sdm
– Gula pasir 10 sdm, bisa ditambah sesuai selera
– Santan bubuk ½ bks
– Susu Kental Manis putih 1 bks
– Air 75 ml
– Minyak goreng 75 ml
– Baking powder 75 ml
– Baking soda ¼ sdt
– Telur 4 butir
– Keju parut 50 gram, campurkan dengan pisang halus

Langkah-langkah membuat bolu pisang keju panggang:
– Langkah yang pertama panaskan oven dengan api sedang. Olesi loyang kue menggunakan mentega dan sedikit tepung.
– Kemudian campurkan tepung terigu, baking powder, santan bubuk, dan baking soda. Sisihkan terlebih dahulu.
– Selanjutnya campurkan air, susu kental manis, dan minyak. Sisihkan.
– Lalu mixer campuran terigu tersebut sedikit demi sedikit ke dalam adonan telur. Kemudian dilanjutkan dengan campuran susu dan campuran pisang keju. Sambil mencampurkan aduk-aduk dan balik secara perlahan.
– Jika sudah rata masukkan adonan tersebut ke dalam loyang. Panggang hingga matang. Bolu pisang keju panggang siap untuk disajikan.

Resep bolu pisang keju panggang ini sangat mudah untuk Anda lakukan, karena langkah-langkahnya yang sederhana. Dengan membuat bolu yang lezat dan bergizi pastinya semua anggota keluarga akan menyukainya.

Kandungan gizi yang ada pada bolu ini juga sangat baik karena pisang mengandung potasium. Potasium ini merupakan salah satu zat yang baik untuk menjaga kesehatan seseorang. Selain bolu pisang keju panggang yang lezat, Anda juga bisa membuat bolu pisang kukus yang tidak kalah lezatnya.

Bo

Bolu Pisang Kukus

mg class="aligncenter" src="https://1.bp.blogspot.com/-zD1D6mhFcSc/VTn8yiadKoI/AAAAAAAAAUY/kMafA0PjBO4/s1600/resep-bolu-pisang.jpg" alt="Resep Bolu Pisang kukus" width="1600" height="1066" />

Resep bolu pisang kukus yang satu ini dijamin memiliki rasa yang lezat jika Anda mengikuti cara-cara yang sudah diberikan. Proses memasak bolu pisang kukus ini juga akan menjadi pengalaman yang menarik.

Bagi Anda yang belum terbiasa membuat bolu juga tidak masalah, karena langkah-langkah yang diberikan sederhana dan mudah dipahami. Bolu pisang kukus sangat cocok dinikmati bersama dengan teh ataupun kopi. Berikut ini langkah-langkah membuat bolu pisang kukus yang mudah dan berhasil.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Pisang matang 400 gram, bisa memakai pisang ambon, haluskan
– Tepung terigu protein sedang 250 gram
– Telur 2 butir
– Gula pasir 230 gram atau gula halus 240 gram
– Mentega/butter cair 100 ml, bisa menggunakan minyak sayur
– Baking soda 1 sdt
– Baking powder 1 sdt
– Vanilli bubuk 1 sdt

Langkah-langkah membuat bolu pisang kukus:
– Langkah yang pertama campurkan tepung terigu dengan baking powder dan baking soda. Agar ketiga bahan tersebut tidak menggumpal sebaiknya diayak terlebih dahulu.
– Kemudian mixer telur, vanilli bubuk, dan gula dengan kecepatan tinggi hingga adonan berwarna agak putih dan mengembang.
– Lalu turunkan kecepatan mixer dan masukkan mentega cair. Ratakan menggunakan mixer kecepatan sedang.
– Selanjutnya campurkan adonan telur dan tepung menggunakan whisker atau spatula. Saat air didihkan dalam panci kukusan pastikan tutupnya diberi kain.
– Saat adonan telah tercampur rata masukkan pisang dan aduk-aduk lagi hingga merata.
– Selanjutnya siapkan loyang yang sudah diolesi dengan mentega dan tepung. Lalu masukkan adonannya ke dalam loyang.
– Jika Anda mau menambahkan topping pisang bisa diiris tipis-tipis dan tata satu per satu di atas adonan tersebut. Kukus adonan kurang lebih 1 jam 10 menit dengan api kecil. Lakukan pengecekan dengan dengan cara menusuk, jika ada adonan yang menempel pada saat pengecekan ini berarti kue bolunya sudah matang.
– Lalu matikan kompor dan angkat loyang dimana kue itu dimasak. Tunggu hingga agak dingin. Kemudian pindahkan dengan membalik loyang ke arah piring. Jika sudah dingin potong-potong sesuai selera dan bolu pisang kukus siap untuk dinikmati.

Resep bolu pisang kukus ini bisa Anda lakukan dengan porsi yang lebih banyak atau pun lebih kecil. Bisa disesuaikan dengan takaran yang ada pada masing-masing bahannya. Bagi Anda yang suka rasa manis juga bisa menambah takaran pada gulanya agar rasanya lebih manis.

Tentunya rasa manis harus sesuai agar rasanya tidak aneh karena terlalu manis. Selain bolu pisang kukus, Anda juga bisa mencoba resep lain yang tidak kalah nikmat yakni bolu pisang panggang rasa pandan.

Bo

Bolu Pisang Panggang Rasa Pandan

mg class="aligncenter wp-image-319 size-full" src="https://resepmakanan.id/wp-content/uploads/2017/11/bolu-pisang.jpg" alt="Resep Bolu Pisang rasa pandan" width="650" height="420" srcset="https://resepmakanan.id/wp-content/uploads/2017/11/bolu-pisang.jpg 650w, https://resepmakanan.id/wp-content/uploads/2017/11/bolu-pisang-300x194.jpg 300w" sizes="(max-width: 650px) 100vw, 650px" />

Resep bolu pisang panggang rasa pandan ini juga memiliki langkah-langkah yang mudah untuk dilakukan. Bahan-bahan yang digunakan juga cukup sederhana sehingga Anda hanya perlu mencarinya di sekitar rumah saja.

Dengan mencoba resep ini pastinya semua anggota keluarga akan menyukai rasa bolu pisang panggang rasa pandan yang Anda buat. Berikut ini langkah-langkah membuat bolu pisang panggang ras pandan yang lezat dan mudah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Telur 4 butir
– Tepung 500 gram
-Belimbing gula pasir 2 gelas
– Baking soda 1 sdt
– Baking powder 1 sdt
– SP 1 sdm
– Vanilli bubuk 2 bks
– Minyak sayur 1 gelas
– Pisang ambon 8 biji
– Pasta pandan 2 sdm

Langkah-langkah membuat bolu pisang panggang rasa pandan:
– Langkah yang pertama kocok telur, SP, gula pasir, baking powder, baking soda, dan vanilli dengan kecepatan tinggi hingga mengembang.
– Kemudian masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil dikocok secara perlahan.
– Jika sudah masukkan minyak sayur.
– Dilanjutkan dengan memasukkan pisang, hancurkan pisang menggunakan garpu. Lalu masukkan pasta pandan, aduk-aduk hingga benar-benar rata.
– Lalu tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin dan sedikit tepung. Panggang adonan kurang lebih 30 menit. Tusuk untuk mengetahui apakah sudah matang ataukah belum.
– Menjelang adonan matang beri hiasan kismis di atas adonan.
– Jika sudah matang, angkat adonan dan biarkan sedikit dingin. Jika sudah dingin Anda bisa memotongnya sesuai dengan selera.
– Bolu pisang panggang rasa panda bisa Anda nikmati.

Cara membuat bolu pisang panggang rasa pandan ini memiliki rasa harum yang khas. Rasa harum ini berasal dari pisang ambon dan juga pandan, sehingga sangat menggoda untuk dicicipi.

Selain itu, bolu pisang panggang rasa pandan juga memiliki tekstur yang lembut, sehingga semua anggota keluarga akan menyukainya. Anda bisa memberi topping kismis ataupun jenis topping lainnya sesuai dengan selera. Agar rasa bolu pisang panggang rasa pandan ini semakin lezat dan disukai banyak orang.

Itulah beberapa resep bolu pisang yang sangat mudah untuk dibuat. Selain caranya mudah bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan yang mudah untuk diperoleh.

Sehingga Anda tidak perlu mencarinya ke tempat atau toko yang jauh. Dengan mengikuti cara-cara pembuatan bolu pisang di atas maka Anda akan bisa membuat bolu pisang yang lembut, manis, lezat, dan pastinya disukai semua orang.

Komentar Disini