4 Resep Bolu Panggang Lembut dan Mengembang

Resep Bolu Panggang

Resepmakanan.id – Resep Bolu panggang yang enak banyak di minati oleh semua orang, terutama bagi mereka yang suka memasak. Bolu panggang pada umumnya mempunyai bentuk yang biasa kalau tidak kotak yang bulat.

Pembuatan bolu panggang terbilang sangat sederhana karena bahannya menggunakan bahan dasar tepung terigu, telur, dan margarin kemudian di panggang. Namun sekarang ini sudah banyak macam resep bolu panggang yang dijual di toko-toko kue yang digunakan sebagai ciri khas dari toko tersebut.

Resep bolu panggang agar berhasil, terletak pada saat proses menakar bahan dan proses mengocok adonan. Pada saat menakar bahan harus pas dan sesuai, karena jika tidak pasti nanti kue yang dihasilkan tidak akan sempurna.

Resep Bolu Panggang Sederhana Lembut dan Lezat:

Seperti apabila takaran untuk tepung terlalu banyak maka kue yang dihasilkan akan menjadi terlalu padat atau keras dan jika takaran untuk margarin serta telur kurang maka bolu panggang yang dihasilkan akan menjadi kasar atau kurang lembut. Di bawah ini ada beberapa resep bolu panggang yang dapat Anda ikuti.

Resep Bolu Panggang yang Enak dan Sederhana

resep bolu panggang
Image by: Selerasa.com.

Bolu panggang adalah camilan favorit yang sering digunakan saat ada acara atau hanya untuk isian snack. Pembuatannya yang sangat mudah dan membuat bolu panggang menjadi alternatif untuk menjadi salah satu menu isian snack. Berikut ini resep bolu panggang yang dapat Anda ikuti.

Bahan untuk membuat bolu panggang:
– Margarin 100 gram
– Vanili bubuk 1 sendok teh (optional)
– Tepung terigu 75 gram
– Gula pasir 150 gram
– Emulsifier 1 sendok teh
– Baking powder ½ sendok teh
– Telur ayam 4 butir

Cara untuk membuat bolu panggang:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah lelehkan margarin, saat melelehkan lebih baik jangan sampai mendidih.
– Kemudian olesi loyang dengan margarin putih atau margarin kuning, dan tambahkan kertas roti.
– Ayak tepung terigu dan baking powder. Sisihkan.
– Selanjutnya, masukan telur ayam, emulsifier (dapat menggunakan ovalet atau SP), dan gula pasir. Kocok dengan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang.
– Setelah mengembang, masukan campuran tepung terigu sedikit demi sedikit. Kocok kembali menggunakan mixer dengan kecepatan rendah sampai semua adonan tercampur rata.
– Selanjutnya tuang margarin yang sudah dilelehkan sedikit demi sedikit, kocok dengan kecepatan rendah atau dapat mengaduk menggunakan spatula hingga adonan tercampur rata.
– Setelah semua tercampur rata, tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dioles margarin.
– Masukkan adonan ke dalam oven dan panggang selama kurang lebih 35 menit dengan api sedang.
– Lakukan tes tusuk untuk mengetahui bolu sudah matang. Angkat dan tuang bolu ke wadah, potong sesuai selera Anda.

Sangat mudah dan sederhana bukan untuk mengikuti resep bolu panggang di atas. Perlu Anda ketahui, pada saat proses mengocok adonan harus sampai benar-benar mengembang dan kental tak berjejak.

Hal tersebut dikarenakan apabila adonan tidak mengembang dengan kental, maka adonan dapat turun dan kue nanti juga tidak bisa mengembang sempurna. Nikmati bolu panggang dengan secangkir teh.

<

Resep Bolu Panggang Marmer yang Enak dan Cantik

kue-bolu

Sekarang ini untuk pembuatan bolu panggang sudah mempunyai banyak variasi, salah satunya adalah resep bolu panggang marmer yang enak dan dari segi tampilan juga cantik dan menarik. Sehingga sangat cocok untuk disajikan ketika ada acara-acara tertentu atau untuk isian snack. Berikut ini adalah langkah untuk membuat bolu panggang marmer.

Bahan untuk membuat bolu panggang:
– Tepung terigu 300 gram
– Gula pasir 200 gram
– Margarin 300 gram
– Telur ayam ukuran sedang 6 butir
– Kuning telur 2 butir
– Baking powder secukupnya
– Pasta cokelat 1 ½ sendok teh

Cara membuat bolu panggang marmer:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah ayak tepung terigu bersama baking powder. Sisihkan.
– Kemudian oles loyang berbentuk tulban atau bundar dengan margarin putih atau margarin kuning.
– Selanjutnya, kocok margarin sampai benar-benar lembut.
– Tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit dan kocok hingga adonan menjadi pucat dan mengembang.
– Masukan telur satu per satu sampai adonan mengembang dan kocok menggunakan kecepatan rendah.
– Kemudian masukan campuran tepung terigu secara bertahap dan kocok hingga adonan tercampur rata.
– Setelah semua tercampur rata, ambil adonan sebanyak 4 sendok makan dan berikan pasta cokelat dan aduk sampai merata.
– Kemudian masukan adonan ke dalam loyang dengan cara masukan adonan yang putih terlebih dahulu baru kemudian tuang adonan cokelat dan bentuk motif menggunakan garpu atau lidi.
– Panggang adonan bolu di oven yang sebelumnya sudah dipanaskan. Panggang menggunakan api sedang, selama kurang lebih 40 menit.
– Lakukan tes tusuk dengan lidi, apabila sudah tidak lengket maka bolu dikatakan matang dan angkat.

Nah, itulah cara membuat bolu panggang marmer yang enak. Anda juga dapat mengganti pasta cokelat dengan pasta pandan. Atau menggantinya dengan cokelat bubuk sebagai warna cokelat. Sajikan bolu panggang marmer dengan secangkir teh atau kopi bersama keluarga Anda.

Resep Bolu Panggang Cokelat Keju yang Lembutp>bolu keju

Apabila Anda sudah bosan dengan bolu panggang yang original, maka Anda dapat mencoba resep bolu panggang cokelat keju yang menggugah selera dan lembut di mulut.

Dari segi tampilan, bolu ini sangat cantik dengan dua warna yakni cokelat dan warna kuning. Anda dapat menjadikan bolu panggang cokelat keju untuk camilan di sore hari atau disajikan saat ada acara di rumah. Ikuti langkah-langkah pembuatan bolu panggang cokelat keju di bawah ini.

Bahan untuk Adonan Cokelat:
– Telur ayam ukuran sedang 2 butir
– Cokelat bubuk berkualitas tinggi 100 gram
– Gula pasir 200 gram
– Vanili bubuk ½ sendok teh
– Mentega 100 gram

Bahan untuk adonan keju:
– Mentega 3 sendok makan
– Krim keju 150 gram
– Telur ayam ukuran sedang 2 butir
– Gula pasir 3 sendok makan
– Tepung terigu 4 sendok makan
– Vanili bubuk ½ sendok teh

Bahan yang di ayak:
– Tepung terigu 75 gram
– Baking powder ½ sendok teh
– Garam ¼ sendok teh

Cara untuk membuat bolu panggang cokelat keju:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah olesi loyang berukuran 20x20x4 cm menggunakan margarin tipis secara merata dan lapisi alas loyang menggunakan kertas roti.
– Selanjutnya adalah membuat adonan cokelat terlebih dahulu. Lelehkan mentega dan cokelat bubuk, lelehkan menggunakan api kecil dan aduk hingga tercampur rata.
– Kemudian masukan vanili bubuk dan gula pasir. Aduk kembali sampai gula pasir benar-benar larut dan matang.
– Siapkan wadah dan kocok telur hingga mengembang. Setelah mengembang masukan tepung terigu dan aduk kembali hingga tercampur rata. Sisihkan.
– Langkah berikutnya adalah membuat adonan keju. Siapkan wadah dan aduk krim keju hingga lembut. Setelah lembut, masukan mentega bersama dengan telur, gula, dan vanili bubuk, aduk dan kocok lepas.
– Setelah tercampur rata, masukan tepung terigu ke dalamnya dan aduk hingga tercampur rata.
– Setelah semua siap, tuang adonan cokelat ke dalam loyang 1 sendok makan, kemudian tuangkan 1 sendok makan adonan keju di salah satu sisinya. Lakukan secara berselang-seling hingga adonan habis.
– Masukan loyang ke dalam oven yang sebelumnya sudah di panaskan. Panggang adonan hingga matang menggunakan api sedang. Panggang selama kurang lebih 45 menit.
– Lakukan tes tusuk, apabila sudah tidak lengket maka bolu sudah matang. Angkat dan potong sesuai selera.

Itulah resep bolu panggang cokelat keju yang enak dan empuk. Apabila Anda tidak mempunyai mentega maka dapat menggantinya dengan margarin. Setelah dingin berikan cokelat leleh dan beri taburan keju pada bagian atasnya. Sajikan bolu panggang cokelat keju bersama secangkir teh atau kopi.

Re

Resep Bolu Panggang Ubi Ungu yang Spesial

re style="width: 806px" class="wp-caption aligncenter">bolu ubi
imeg by: pinimg.com

Ada banyak resep bolu panggang yang dapat Anda buat sendiri di rumah, salah satunya adalah bolu panggang ubi ungu yang enak dan warna ungu yang cantik akan membuat Anda tergoda untuk menikmati bolu panggang ubi ungu tersebut. Berikut adalah cara untuk membuat bolu panggang ubi ungu yang enak dan lembut.

Bahan untuk membuat bolu panggang:
– Tepung terigu 175 gram
– Susu bubuk full cream 50 gram
– Kuning telur ayam 6 butir
– Putih telur 4 butir
– Ubi ungu 300 gram (kukus dan haluskan)
– Gula pasir 200 gram
– Mentega 75 gram
– Margarin 75 gram

Cara untuk membuat bolu panggang ubi ungu:
– Langkah pertama untuk dalam membuat bolu panggang ubi ungu ini adalah oles loyang bentuk kotak dengan ukuran 20 cm menggunakan margarin putih atau margarin kuning dan berikan taburan tepung atau alasi dengan kertas roti.
– kemudian lelehkan margarin dan mentega. Sisihkan.
– Selanjutnya, siapkan wadah dan masukan telur dan gula pasir. Kocok dengan mixer hingga mengembang dan kental berjejak.
– Setelah adonan mengembang dan kental, masukan sedikit demi sedikit campuran tepung terigu dan susu bubuk yang sebelumnya sudah di ayak. Kocok dengan kecepatan rendah dan tercampur rata.
– Masukan ubi ungu dan kocok hingga tercampur rata.
– Setelah tercampur rata, tuang margarin dan mentega leleh sedikit demi sedikit. Kocok dengan kecepatan rendah atau dapat menggunakan saptula dan campur dengan teknik aduk balik. Hal tersebut dilakukan agar mentega dan margarin leleh tercampur rata dan tidak mengendap di dasar adonan.
– Setelah semua bahan tercampur rata, tuang adonan ke dalam loyang yang sebelumnya sudah diberi olesan margarin.
– Masukan adonan ke dalam oven yang sebelumnya sudah dipanaskan. Panggang adonan menggunakan api sedang selama kurang lebih 35 menit.
– Panggang hingga matang dna permukaan adonan berubah warna menjadi kecokelatan.

Lakukan tes tusuk, apabila sudah tidak lengket maka bolu panggang telah matang. Angkat dan potong sesuai selera.

Itulah resep bolu panggang ubi ungu yang dapat Anda ikuti. Setelah dingin, Anda dapat memberi topping sesuai selera Anda. Seperti cokelat leleh, butter cream, keju parut, dal lain sebagainya. Anda juga dapat menjadikan bolu panggang ubi ungu sebagai base cake untuk kue ulang tahun. Nikmati bolu panggang ubi ungu dengan secangkir teh atau secangkir kopi.

Komentar Disini