5 Resep Bakwan Jagung Renyah Tahan Lama

Resep Bakwan Jagung

Resepmakanan.id – Resep bakwan jagung dapat menjadi alternatif bagi Anda yang sedang tidak sempat memasak, terutama untuk menghidangkan makan malam. Meskipun hanya bakwan jagung tetapi untuk masalah rasa tidak dapat diragukan lagi, terbukti dari banyaknya yang menyukai gorengan yang satu ini.

Bakwan jagung mempunyai rasa manis dari jagung dan gurih dan gurih. Pembuatannya pun cukup sederhana dengan bahan dasar tepung terigu dan jagung manis tentunya. Namun, sekarang ini banyak yang memberikan variasi untuk resep bakwan jagung alasannya tentu agar tidak bosan dan karena kebebasan berkreasi dari para pecinta gorengan yang satu ini atau dari pelaku usaha bakwan jagung.

Ada banyak variasi resep bakwan jagung yang enak dan patut untuk Anda coba seperti bakwan jagung udang, bakwan jagung Manado, dan bakwan jagung lainnya. Berikut ini ada beberapa resep untuk membuat bakwan jagung.

Resep Bakwan Jagung yang Enak dan Sederhana

bakwan jagung

Dari banyaknya jenis gorengan yang menjadi favorit dari semua orang adalah bakwan jagung, karena rasanya yang gurih, manis, dan crispy. Namun, membuat bakwan jagung yang enak, gurih serta crispy mempunyai resep tersendiri.

Seperti dalam penggunaan jagung manis, pilihlah jagung manis yang baru saja dipetik karena masih banyak mengandung gula pada setiap bulir jagung. Agar lebih jelas lagi, Anda dapat melihat resep bakwan jagung di bawah ini.

Bahan dan bumbu untuk membuat bakwan jagung:
– Jagung manis berkualitas 6 butir (di pipil)
– Tepung terigu protein sedang yang berkualitas 4 sendok makan
– Bawang merah 1 butir
– Kemiri 1 butir
– Bawang putih 4 siung
– Ketumbar ¼ sendok teh
– Cabai merah berkualitas 4 buah
– Telur ayam berukuran sedang 1 butir
– Udang yang masih segar 100 gram (kupas kulitnya, bersihkan dan potong kecil-kecil)
– Daun bawang 1 batang (cuci bersih dan potong tipis-tipis)
– Seledri secukupnya (cuci bersih dan potong tipis-tipis)
– Garam secukupnya
– Minyak goreng secukupnya

Cara untuk membuat bakwan jagung:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah haluskan bumbu hingga halus untuk bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan kemiri.
– Kemudian tumbuk dalam cobek untuk sebagian bulir jagung manis dan biarkan sebagian jagung manis utuh.
– Selanjutnya dalam wadah masukan tumbukan jagung manis serta jagung manis yang masih utuh, bumbu yang dihaluskan, dan seledri. Aduk hingga tercampur rata.
– Masukan tepung terigu serta aduk kembali hingga semua tercampur rata.
– Kemudian, masukan garam, daun bawang, cabai merah, udang. Aduk kembali hingga semua bahan dan bumbu tercampur hingga rata.
– Setelah semua tercampur rata, masukan telur ayam dan aduk-aduk hingga tercampur rata serta adonan dapat terendam oleh telur.
– Langkah terakhir adalah panaskan minyak goreng dan goreng adonan bakwan jagung secukupnya, goreng dengan menggunakan api yang kecil sampai matang atau berubah warna menjadi kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.

Sangat mudah bukan untuk membuat bakwan jagung yang enak, gurih dan crispy seperti di atas. Anda dapat menghilangkan beberapa bahan jika memang tidak suka seperti jika Anda tidak menyukai udang maka hilangkan dari resep, hilangkan juga irisan cabai merah jika Anda akan menyajikan bakwan jagung untuk buah hati atau keluarga Anda yang masih kecil. Hidangkan bakwan jagung manis selagi masih hangat dan dapat juga dimakan untuk dijadikan lauk.

<

Bakwan Jagung Khas Manado yang Spesial

bakwan

Banyak yang menyukai bakwan jagung, namun tidak banyak yang mengetahui kandungan apa saja yang terdapat pada bakwan jagung tersebut. Perlu Anda ketahui jika bakwan jagung mempunyai kandungan zat yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin B kompleks, serat yang tinggi, protein yang tinggi, Elektrolit, sumber antioksidan dan kandungan lainnya.

Seperti olahan bakwan jagung khas Manado yang satu ini, selain mempunyai banyak kandungan zat bermanfaat juga rasanya yang enak telah menjadi favorit semua orang. Berikut adalah resep bakwan jagung khas Manado yang dapat Anda ikuti.

Bahan untuk membuat bakwan jagung:
– Jagung manis segar 3 buah (di pipil)
– Tepung beras 150 gram
– Air hangat 125 ml
– Telur ayam ukuran sedang 1 butir
– Ketumbar ½ sendok teh
– Garam secukupnya
– Tepung terigu 4 sendok makan
– Merica bubuk ½ sendok teh

Bahan untuk bumbu yang ditumbuk kasar:
– Bawang putih 4 siung
– Bawang merah 10 butir

Bahan yang diris halus:
– Daun bawang 2 batang
– Bawang bombay (cincang halus)
– Daun jeruk (buang tulangnya)
– Minyak goreng secukupnya

Cara membuat bakwan jagung khas Manado:
– Langkah pertama untuk membuat bakwan jagung adalah siapkan sebuah wadah untuk membuat adonan bakwan.
– Kemudian semua bahan dimasukan, seperti jagung manis yang sudah di pipil, bumbu halus, serta bahan yang diris halus. Aduk-aduk hingga benar-benar tercampur rata dan tepung sudah tidak ada yang menggumpal. Diamkan beberapa saat.
– Selanjutnya, panaskan minyak goreng. Setelah panas ambil secukupnya adonan bakwan dan goreng dengan menggunakan api kecil hingga matang atau berubah warna menjadi kuning keemasan. Angkat bakwan dan tiriskan.

Itulah di atas resep bakwan jagung khas Manado yang dapat Anda jadikan sebagai menu makanan pelengkap lauk atau hanya sebagai camilan di sore hari. Atau jika Anda suka udang, masukan irisan udang dalam adonan bakwan. Sajikan bakwan jagung dengan cabai rawit atau sambal khas Manado agar lebih terasa khas Manado.

Bakwan Jagung Seafood yang Menggugah Selera>bakwan

Ketika Anda bingung untuk membuat gorengan sebagai camilan di sore hari bersama keluarga. Membuat bakwan jagung adalah salah satu solusinya, karena soal rasa sudah tidak diragukan lagi.

Apabila Anda mempunyai stok udang atau kerang maka dapat dijadikan bakwan jagung seafood yang enak dengan nilai gizi yang tinggi. Berikut adalah resep bakwan jagung seafood yang menggugah selera.

Bahan untuk membuat bakwan jagung:
– Jagung manis yang segar 10 bauh
– Kerang 150 gram (iris halus)
– Daun bawang 2 batang (iris halus)
– Seledri 3 tangkai (iris halus)
– Merica bubuk secukupnya
– Tepung terigu secukupnya
– Telur 1 butir
– Air secukupnya

Bahan untuk bumbu halus:
– Bawang merah 5 butir
– Bawang putih 3 siung
– Ketumbar ½ sendok teh
– Garam secukupnya
– Gula pasir 1 sendok teh
Cara untuk membuat bakwan jagung seafood:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah tumbuk jagung manis yang sudah di pipil.
– Siapkan wadah dan masukan tepung terigu, bumbu halus, telur, dan sedikit air. Aduk-aduk hingga semua tercampur rata.
– Selanjutnya masukan jagung manis, irisan kerang, daun bawang, seledri, dan merica bubuk. Aduk kembali hingga tercampur rata.
– Langkah terakhir panaskan minyak goreng. Ambil adonan secukupnya dan goreng menggunakan api kecil, goreng hingga matang atau berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

Sangat mudah bukan untuk membuat bakwan jagung seafood di atas. Anda dapat mengganti kerang dengan cumi-cumi atau udang, bahkan dapat Anda masukan semuanya. Sajikan bakwan jagung seafood dengan sambal atau cabai rawit.

Bakwan Jagung Sosis Ayam yang Enak dan Praktis

perkedel-jagung-ebi

Siapa sih yang tidak menyukai gorengan? Hampir setiap orang Indonesia menyukai semua macam gorengan, salah satunya adalah gorengan bakwan jagung yang manis dan gurih. Kali ini ada bakwan jagung sosis ayam yang dapat Anda coba apabila sudah bosan dengan bakwan jagung yang biasa-biasa saja. Berikut ini adalah cara untuk membuat bakwan jagung sosis ayam.

Bahan untuk membuat bakwan jagung:
– Tepung terigu 5 sendok makan
– Tepung maizena 1 sendok makan
– Jagung manis 1 buah (sisir dan haluskan)
– Sosis ayam 2 buah (cincang halus)
– Daun bawang 1 batang (cincang halus)
– Daun seledri 1 batang (cincang halus)
– Telur ayam 1 butir (kocok lepas)
– Air secukupnya
– Minyak goreng secukupnya

Bahan untuk bumbu halus:
– Garam secukupnya
– Gula pasir secukupnya
– Merica bubuk secukupnya
– Bawang putih 2 siung
– Cabai rawit 3 buah
– Kaldu ayam bubuk secukupnya (optional)

Cara membuat bakwan jagung sosis ayam:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah siapkan wadah untuk membuat adonan. Masukkan jagung yang sudah disisir keldama adonan tepung terigu, meizena, daun bawang, bumbu yang dihaluskan dan terakhir daun saledri. Aduk-aduk semua bahan dan bumbu hingga tercampur rata.
– Setelah semua bahan dan bumbu tercampur rata, masukan telur dan sosis ayam. Aduk kembali hingga tercampur rata.
– Langkah terakhir adalah panaskan minyak goreng dan goreng bakwan hingga matang atau berubah warna menjadi kecokelatan. Goreng dengan menggunakan api kecil agar semua matang dengan rata. Angkat dan tiriskan.

Itulah cara membuat bakwan jagung sosis ayam yang enak. Anda dapat menghilangkan cabai rawit dari resep jika tidak menyukai pedas. Sajikan bakwan jagung sosis ayam di sore hari bersama secangkir teh hangat atau secangkir kopi.

Bakwan Jagung Udang Keju yang Istimewa

bakwan sosis

Bagi Anda yang mempunyai anak di atas 1 tahun mungkin akan mengalami gerakan tutup mulut dari anak. Gerakan tutup mulut adalah anak tidak mau membuka mulut untuk makan, ketika hal tersebut terjadi maka Anda harus pintar-pintar berkreasi dalam menyajikan makanan.

Salah satu yang dapat Anda jadikan alternatif adalah membuat bakwan jagung udang keju yang tentu saja mempunyai nilai gizi tinggi. Berikut adalah resep bakwan jagung udang keju.

Bahan untuk membuat bakwan:
– Tepung terigu 30 gram
– Baking powder ½ sendok teh
– Garam ¼ sendok teh
– Telur ayam ukuran besar 1 butir
– Jagung manis segar 150 gram
– Daun bawang 2 batang (iris halus)
– Udang kupas 2 sendok (cincang halus)
– Keju parut 50 gram
– Minyak sayur untuk menggoreng

Cara membuat bakwan jagung udang keju:
– Langkah pertama adalah siapkan wadah dan campur tepung, jagung, baking powder, garam, udang cincang, irisan daun bawang, dan telur. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
– Setelah semua tercampur rata, panaskan minyak goreng dan goreng adonan hingga matang atau berwarna kecokelatan. Angkat dan taburi dengan keju parut.

Sangat mudah bukan untuk membuat resep bakwan jagung udang keju di atas. Anda juga dapat menyajikan bakwan dengan saus mayones atau saus tomat. Dalam pemberian kepada anak lebih baik jangan terlalu banyak, gunakan bakwan hanya sebagai alternatif saja.

Komentar Disini