4 Resep Ayam Kecap Pedas Enak dan Gurih

Resep Ayam Kecap

Resepmakanan.id – Resep ayam kecap yang lezat, telah menjadi menu andalan di keluarga. Dagingnya yang empuk dan lembut serta rasa manis dan gurih dari kecapnya membuat semua orang menyukai masakan ayam kecap ini.

Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, pasti menyukai menu yang satu ini. Apabila dilihat dari tampilannya pun sangat menggoda. Untuk Anda yang menyukai makanan pedas, maka dapat membuat resep ayam kecap yang pedas manis, atau membuat varian rasa lainnya.

Rasa manis dari kecap ini akan menambah nafsu makan Anda dan keluarga, sehingga mereka akan dengan lahap menyantap ayam kecap buatan Anda. Berikut ini ada beberapa kuliner ayam kecap yang dapat Anda coba sendiri di rumah.

Resep Ayam Kecap yang Empuk dan Lezat

Resep Ayam Kecap

Membuat ayam kecap sebagai hidangan lauk memang sudah biasa. Rasanya yang manis dan sedikit asin namun tidak pedas, sangat pas untuk menjadi teman makan anak-anak. Ketika membuat ayam kecap, rasa manis dari kecap lah yang mendominasi sehingga Anda tidak perlu takut gagal saat membuatnya.

Supaya bumbunya lebih berasa, maka jangan terlalu banyak Anda menambahkan air dan bila perlu tambahkan tomat segar ke masakan agar terlihat lebih menarik. Berikut langkah mudah dalam membuat ayam kecap yang empuk dan lezat.

Bahan dan bumbu untuk menggoreng ayam:
– Ayam 1 ekor (cuci bersih dan potong sesuai selera Anda)
– Kunyit 2 cm
– Jahe 2 cm
– Bawang putih 3 siung
– Ketumbar 1 sendok makan (sangrai)
– Garam secukupnya

Bumbu masak kecap:
– Minyak goreng untuk menumis secukupnya
– Bawang bombay 1 buah (iris melintang tipis)
– Bawang putih 4 siung (cincang halus)
– Jahe 2 cm (memarkan)
– Gula merah atau gula jawa 1 sendok makan atau sesuai selera
– Air asam jawa 2 sendok makan
– Kecap manis 5 sendok makan
– Air panas antara 150 sampai 200 ml
– Garam secukupnya
– Merica putih bubuk ½ sendok teh
– Pala ¼ buah (parut halus)
– Daun bawang 1 batang (potong panjang 3 cm)
– Tomat merah 1 buah (belah menjadi 6 bagian)

Cara membuat ayam kecap:
– Masukkan ayam yang sudah dicuci dan dipotong ke dalam mangkuk, kemudian lumuri ayam dengan bumbu halus untuk menggoreng. Remas-remas dan aduk sampai bumbu tercampur rata. Diamkan ayam selama kurang lebih 15 menit.
– Panaskan wajan yang diberi minyak goreng, goreng ayam hingga matang dengan permukaan yang kecokelatan. Kemudian angkat dan tiriskan.
– Tuang minyak yang untuk menggoreng ayam ke wadah lain dan sisakan minyak secukupnya untuk menumis bumbu.
– Setelah minyak goreng panas, masukkan bawang Bombay dan tumis hingga layu. Selanjutnya masukkan jahe dan bawang putih cincang, aduk-aduk dan tumis sampai bawang setengah matang dan harum.
– Masukkan gula merah, air asam, dan kecap manis. Lalu aduk dan tumis sekitar 10 detik.
– Selanjutnya masukkan air panas, garam, merica bubuk serta pala. Aduk dan masak sampai kuah mendidih.
– Setelah mendidih, masukkan ayam dan masak hingga kuah sedikit mengental. Sesuaikan rasanya, jika sudah pas maka matikan api dan masukkan daun bawang serta tomat segar, aduk cepat. Angkat dan ayam kecap siap disajikan.

Sangat mudah bukan dalam membuat ayam kecap yang empuk dan enak ini. Hidangan ini sangat cocok dimakan dengan nasi yang hangat dan suasana yang sejuk. Ketika Anda bosan dengan lauk yang biasa saja, maka cobalah resep ayam kecap sebagai menu makan di keluarga Anda. Selamat mencoba.

Ayam Kecap Bumbu Pedas Manisp>Resep Ayam Kecap Bumbu Pedas Manis

Untuk Anda yang suka makan ayam, namun tidak tahu bagaimana cara mengolah ayam agar tidak melulu di goreng, lebih baik cobalah resep ayam kecap bumbu pedas manis. Ayam kecap bumbu pedas manis ini akan sangat pas jika dinikmati dengan nasi hangat.

Anda yang tidak suka pedas juga dapat mengurangi porsi cabai agar pedas yang dihasilkan sesuai dengan selera Anda. Berikut adalah langkah dalam pembuatan ayam kecap bumbu pedas manis.

Bahan ayam kecap bumbu pedas manis:
– Ayam ½ ekor (cuci bersih dan potong sesuai selera)
– Garam ½ sendok teh
– Air jeruk nipis 2 sendok makan
– Minyak goreng secukupnya
– Kecap manis pedas gurih 5 sendok makan
– Wortel 1 buah ukuran besar ( kupas, iris serong tipis, dan rebus sebentar)
– Bawang bombay ½ butir (potong memanjang)
– Air 100 ml
– Garam ¼ sendok teh
– Lada putih bubuk ½ sendok teh
– Tomat 1 buah (potong memanjang)
– Daun bawang 2 tangkai (potong sesuai selera)

Cara memasak ayam kecap pedas manis:
– Langkah pertama yaitu lumuri ayam yang sudah dipotong tadi dengan jeruk nipis dan garam, lalu diremas-remas hingga adonan merata dan biarkan kurang lebih selama 15 menit. Sisihkan.
– Selanjutnya, panaskan minyak dan goreng ayam hingga matang. Angkat dan tiriskan.
– Tuang minyak di wajan ke mangkuk dan sisakan sekitar 3 sendok makan untuk menumis. Tumis jahe sampai layu, kemudian masukkan wortel dan bawang bombay sambil diaduk rata.
– Setelah wortel sedikit empuk, masukkan kecap pedas manis, air, garam, dan lada. Tumis hingga matang, baru kemudian masukkan tomat serta daun bawang, aduk sebentar dan angkat.
ayam kecap pedas manis pun siap disantap dengan nasi hangat dan kerupuk. Cukup mudah bukan untuk membuat ayam kecap pedas manis ini, Anda dapat langsung mencobanya sekarang juga untuk lauk Anda hari ini. Aroma khas dari kecap yang manis berpadu dengan gurihnya ayam dan sedikit rasa pedas, dijamin akan menambah nafsu makan Anda.

Res

Resep ayam Kecap Mentega yang Super Lezat

g class="aligncenter" src="https://1.bp.blogspot.com/-194kazDFje4/WdBuQdFkMHI/AAAAAAAADao/dx4JtIHSbZwiWQx1UGoNyxCBH6olapZlQCEwYBhgL/s1600/Resep-Ayam-Kecap-Pedas-Gurih.png" alt="Resep ayam Kecap Mentega yang Super Lezat" width="600" height="373" />

Mungkin Anda sudah terbiasa memasak ayam kecap manis untuk menu harian Anda. Namun, tahukah Anda jika ada resep ayam kecap yang super lezat yaitu resep ayam kecap mentega.

Sebagian orang tidak pernah merasakan ayam kecap mentega karena memang tidak pernah mendengar masakan tersebut. Untuk mengobati rasa penasaran Anda silahkan ikuti langkah-langkah membuat ayam kecap mentega berikut ini.

Bahan untuk membuat ayam kecap mentega:
– Ayam 1 ekor (cuci bersih dan potong sesuai selera)
– Air jeruk lemon ½ sendok makan
– Garam 1 sendok teh
– Merica bubuk ½ sendok teh
– Minyak untuk menggoreng secukupnya

Bahan untuk saus:
– Bawang bombay 1 buah (potong memanjang)
– Bawang putih 3 siung (memarkan dan cincang kasar)
– Pekak 1 buah
– Gula pasir 1 ½ sendok makan
– Garam ¼ sendok teh
– Kecap manis 4 sendok makan
– Air 400 ml
– Daun bawang 1 tangkai (iris miring)
– Margarin untuk menumis 100 gram

Bahan pelengkap:
– Air jeruk limau 1 sendok teh
Cara membuat ayam kecap mentega:
– Taruh ayam dalam baskom dan lumuri dengan air jeruk lemon, garam serta merica bubuk. Diamkan selama 30 menit.
– Setelah 30 menit, goreng lah ayam menggunakan api sedang hingga matang dan berkulit. Angkat dan sisihkan.
– Tuang minyak ke mangkuk, kemudian gunakan wajan untuk memanaskan margarin. Setelah margarin meleleh, masukkan gula pasir dan biarkan larut.
– Selanjutnya, masukkan bawang bombay, bawang putih, dan pekak. Tumis hingga harum.
– Setelah harum, masukkan kecap manis dan aduk rata. Tuangkan air dan masak hingga air menyusut dan kuah menjadi kental.
– Terakhir, masukkan ayam aduk-aduk hingga bumbu tercampur rata dan meresap sempurna. Pastikan ayam menjadi terbalut bumbu, sebelum diangkat tambahkan daun bawang dan aduk rata.
– Angkat ayam dan ayam kecap mentega pun siap disajikan.

Nah, itulah cara membuat ayam kecap mentega yang super lezat. Jika Anda masih penasaran, maka sekarang juga cobalah resep tersebut untuk menu makan Anda hari ini. Selamat mencoba.

Resep A

Resep Ayam Kecap Bumbu Iris

ass="aligncenter wp-image-251 size-full" src="https://resepmakanan.id/wp-content/uploads/2017/11/ayam-kecap.jpg" alt="Resep Ayam Kecap bumbu iris" width="616" height="400" srcset="https://resepmakanan.id/wp-content/uploads/2017/11/ayam-kecap.jpg 616w, https://resepmakanan.id/wp-content/uploads/2017/11/ayam-kecap-300x195.jpg 300w" sizes="(max-width: 616px) 100vw, 616px" />

Mungkin sebagian orang ada yang tidak mau memasak ayam kecap karena sukar ketika menghaluskan bumbunya, namun kali ini Anda yang malas ribet cobalah resep ayam kecap bumbu iris berikut ini.

Ayam kecap bumbu iris ini tidak kalah enak dengan ayam kecap lainnya. Resep ini sangat praktis dan solusi bagi Anda yang sedang malas memasak. Berikut langkah dalam memasak ayam kecap bumbu iris.

Bahan untuk ayam kecap bumbu iris:
– Ayam 250 gram (cuci bersih dan potong sesuai selera)
– Bawang bombay ½ butir (potong bentuk kotak)
– Bawang putih 2 siung (iris halus)
– Bawang merah 5 butir (iris halus)
– Garam secukupnya
– Lada bubuk secukupnya
– Kecap manis secukupnya
– Kecap asin secukupnya
– Cabai bubuk secukupnya
– Daun salam 1 lembar
– Daun jeruk purut 2 lembar (sobek, buang tulangnya)
– Serai 1 batang (belah dan memarkan)
– Daun bawang 1 tangkai (iris miring)
– Air secukupnya

Cara memasak ayam kecap bumbu iris:
– Letakkan ayam yang sudah dipotong ke wadah, lumuri dengan air jeruk nipis dan garam. lalu diremas-remas hingga adonan merata dan biarkan kurang lebih selama 10 menit. Cuci bersih.
– Kemudian, panaskan minyak goreng dan goreng lah ayam dengan api sedang. Jangan terlalu kering, cukup sampai darah keluar saja. Lalu potonglah kembali ayam kecil-kecil dengan tujuan agar bumbu meresap sempurna. Sisihkan.
– Tuang minyak goreng ke mangkuk dan sisakan 3 sendok makan untuk menumis.
– Tumis bawang Bombay, bawang merah, dan bawang putih hingga harum. Masukkan daun salam, daun jeruk, daun bawang, serta serai. Aduk-aduk hingga merata lalu masukkan ayam yang telah digoreng.
– Taburkan lada, garam, kecap asin, kecap manis sambil diaduk-aduk hingga merata.
– Tuangkan sedikit air dan masak hingga bumbu dapat meresap sempurna. Biarkan air menyusut hingga menyisakan sedikit kuah kental.
– Yang terakhir adalah berilah taburan cabai bubuk sesuai selera Anda. Angkat ayam dan sajikan selagi hangat.

Itulah resep ayam kecap bumbu iris yang praktis dan tentunya enak. Rasa kecap manis dan asin serta rasa pedas akan bertemu di mulut dan menciptakan sensasi rasa yang luar biasa.

Ayam kecap bumbu iris dapat dijadikan lauk makan harian Anda. Anda pun tidak perlu susah payah untuk menghaluskan bumbu, jadi tidak ada alasan lain bagi Anda ketika akan membuat ayam kecap. Selamat mencoba.

Komentar Disini