5 Resep Ayam Bakar Gurih dan Nikmat

Resep Ayam Bakar

Resepmakanan.id – Resep ayam bakar banyak dicari oleh semua orang yang menginginkan olahan ayam selain ayam goreng. Banyak yang menyukai olahan ayam, terutama ayam bakar.

Namun, bagi sebagian orang merasa jika membuat resep masakan ayam bakar terlalu ribet dan sulit, sehingga mereka lebih memilih untuk membelinya. Apalagi bagi mereka yang tidak pernah membuat ayam bakar, akan merasa takut saat mencobanya. Takut akan tekstur tidak sesuai dan rasa yang tidak enak nantinya.

Untuk Anda yang masih pemula dari banyaknya resep ayam bakar yang dapat Anda tiru, pilihlah yang paling mudah dalam mendapatkan bumbunya atau cara pengolahannya. Berikut ini akan disajikan berbagai resep ayam bakar yang dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda.

Resep Ayam Bakar Untuk Pemula

Resep Ayam Bakar Untuk Pemula

Resep ayam bakar ini sangat cocok untuk Anda yang akan mencoba resep ayam bakar. Dengan mencoba resep ini, Anda dapat membuat ayam bakar yang nikmat dan mudah dalam membuatnya. Silahkan ikuti langkah-langkah resep ayam bakar berikut ini.

Bahan untuk membuat ayam bakar:
– Ayam 300 gram (cuci bersih dan potong sesuai selera Anda)
– Bawang merah 5 butir
– Bawang putih 3 siung
– Lengkuas 2 cm
– Jahe 1 cm
– Kunyit 1 cm
– Ketumbar ½ sendok teh
– Daun salam 3 lembar
– Serai 1 batang (memarkan)
– Garam secukupnya
– Gula merah secukupnya
– Kecap manis secukupnya
– Air secukupnya
– Minyak goreng secukupnya

Cara membuat ayam bakar:
– Langkah pertama yang Anda lakukan adalah masukkan ayam ke wajan dan lumuri dengan bumbu halus yaitu bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, kunyit, ketumbar, garam, dan gula merah).
– Beri sedikit air, serai serta daun salam. Kemudian nyalakan api dan ungkep ayam hingga bumbu meresap sempurna.
– Setelah bumbu meresap sempurna dan ayam menjadi empuk, matikan api.
– Siapkan teflon dan oles lah dengan minyak secara tipis. Panggang ayam sambil dioles sisa bumbu ungkep.
– Bolak balik ayam, dan sebelum diangkat, oles lah dengan kecap manis. Angkat ayam bakar dan ayam bakar pun siap untuk dihidangkan.

Cukup mudah bukan dalam membuat ayam bakar bagi pemula. Anda dapat membuatnya untuk menjadi lauk harian Anda dan nikmatilah dengan nasi hangat. Selamat mencoba.

<

Ayam Bakar Wong Solo

ayam bakar solo

Resep ayam bakar wong Solo ini sangat terkenal di Indonesia. Cara membuatnya pun cukup mudah untuk Anda tiru. Ayam bakar wong Solo ini dapat Anda jadikan sebagai menu harian Anda. Berikut cara untuk membuat ayam bakar wong Solo.

Bahan untuk membuat ayam bakar:
– Ayam kampung 1 ekor (cuci bersih dan potong sesuai selera)
– Serai 2 batang (memarkan)
– Air kelapa tua 500 ml
– Daun salam 4 lembar
– Kecap manis 4 sendok makan
– Lengkuas 2 cm (memarkan)
– Air asam Jawa 2 sendok makan
– Gua merah 3 sendok makan

Bumbu halus untuk ayam bakar:
– Jahe 3 cm
– Bawang merah 10 butir
– Garam secukupnya
– Bawang putih 6 siung
– Kunyit 4 cm
– Jintan ½ sendok teh

Cara memasak ayam bakar wong Solo:
– Langkah pertama, panaskan minyak dan tumis bumbu halus. Setelah harum, masukkan lengkuas, daun salam, dan juga serai. Tumis lagi hingga harum.
– Kemudian masukkan daging ayam ke wajan, aduk hingga bumbu merata. Setelah itu masukkan gula merah. Kecap dan air asam Jawa. Aduk hingga merata.
– Tuangkan air kelapa tua dan campur kembali hingga rata. Masak daging ayam hingga kuahnya menyusut dan ayam menjadi empuk serta masak.
– Setelah matang, angkat ayam dan dapat langsung untuk dibakar.
– Ketika membakar, oleskan bumbu ayam sampai merata dan ayam menjadi kecokelatan.
– Angkat dan hidangkan ayam bakar dengan lalapan sayuran segar.

Itulah resep ayam bakar wong Solo yang dapat Anda ikuti sendiri di rumah. Untuk bumbunya juga mudah dijangkau, serta cara pembuatannya sangat mudah. Meskipun cara pembuatan sama dengan membuat ayam bakar lainnya, namun soal rasa tidak kalah enak dengan yang lainnya. Selamat mencoba.

Resep Ayam Bakar Bumbu Rujakp>Resep Ayam Bakar Khas bumbu rujak

Mendengar ayam bakar bumbu rujak mungkin sudah basa bagi Anda, karena ayam bakar bumbu biasa disajikan saat ada acara selamatan. Ayam bakar ini mempunyai rasa yang gurih dan untuk bumbunya sedikit pedas, jadi dapat dipastikan akan menambah selera makan Anda. Ikutilah resep di bawah ini untuk membuat ayam bakar bumbu rujak.

Bahan untuk ayam bakar bumbu rujak:
– Ayam kampung 1 ekor (cuci bersih dan potong sesuai selera)
– Jeruk nipis 1 buah ambil airnya)
– Minyak goring untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan:
– Bawang merah 8 butir
– Bawang putih 4 siung
– Cabai merah keriting 10 buah
– Terasi matang ½ sendok teh
– Gula merah 2 sendok makan (yang sudah diiris haus)
– Kemiri 3 butir
– Garam 2 sendok teh
– Daun jeruk 3 lembar
– Serai 1 batang (memarkan)
– Air asam Jawa (2 sendok makan)
– Santan cair 400 ml
– Santan kental 600 ml

Cara membuat ayam bakar bumbu rujak:
– Langkah pertama yang dapat dilakukan oleh Anda adalah melumuri ayam dengan air jeruk nipis. Diamkan selama kurang lebih 15 menit.
– Setelah 15 menit, bilaslah hingga bersih. Sisihkan.
– Selanjutnya panaskan minyak goring, dan tumis lah bumbu haus beserta daun jeruk an serai. Tumis hingga harum dan matang.
– Setelah itu, masukkan daging ayam dan aduk-aduk hingga merata baru selanjutnya tuang santan cair. Masak ayam hingga matang dan empuk.
– Setelah ayam matang, masukkan santan kental. Masaklah daging ayam hingga benar-benar empuk dan bumbu meresap sempurna. Untuk kuah santan juga sudah menyusut.
– Kemudian, bakarlah ayam di atas bara sambil sesekali oles lah bumbu santannya untuk mendapatkan ayam bakar yang lebih gurih.
– Ketika matang, sajikan ayam bakar dengan lalapan dengan sayuran yang mash segar.

Terbayang bukan untuk rasa dari ayam bakar bumbu rujak di atas. Cara membuatnya yang tidak sulit dapat Anda praktikan secara langsung. Ayam bakar bumbu rujak ini adalah yang terenak dan akan terasa nikmat jika disajikan dengan nasi hangat serta akan lebih nikmat jika dinikmati bersama keluarga Anda. Selamat mencoba.

Resep Ayam Bakar Khas Padang>Resep Ayam Bakar Khas Padang

Mungkin sudah tidak asing lagi jika Anda mendengar masakan khas Padang yang terkenal enak-enak. Salah satunya adalah ayam bakar khas Padang ini yang dapat Anda coba, karena ayam bakar khas Padang ini mempunyai cita rasa tersendiri dan rasa pedas khas Padang yang akan menggugah selera Anda. Anda tidak harus ke rumah makan Padang untuk menikmatinya, Anda juga dapat membuat sendir di rumah dengan mudah. Ikutilah langkah-langkah berikut ini.

Bahan untuk ayam bakar khas Padang:
– Ayam kampung 1 ekor (cuci bersih dan potong sesuai selera)
– Air jeruk nipis 1 sendok teh
– Bawang putih 4 siung (iris tipis)
– Bawang merah 5 butir ( iris tipis)
– Serai 2 batang (memarkan)
– Santan encer 600 ml
– Santan kental 200 ml
– Garam 1 sendok teh
– Gula pasir ¼ sendok teh
– Asam kandis 3 buah
– Minyak goring untuk menumis secukupnya

Bahan untuk bumbu halus:
– Cabai merah keriting 5 buah
– Cabai merah besar 5 buah
– Kemiri 5 butir (sangrai)
– Jahe 3 cm
– Kunyit 2 cm (bakar)
– Merica bubuk ½ sendok teh

Cara membuat ayam bakar Padang:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melumuri daging ayam dengan air jeruk nipis serta 1 sendok the untuk garam. Dan diamkan terlebih dahulu selama 15 menit.
– Selanjutnya, panaskan minyak goring dan tumis lah bumbu halus sambil diaduk, baru masukkan bawang merah dan bawang putih serta serai hingga harum.
– Setelah harum, masukkan potongan daging ayam dan masaklah hingga tampak berubah warna.
– Selanjutnya tuangkan santan encer beserta garam, gula, dan juga asam kandis.
– Masaklah ayam hingga kuah mendidih baru tuangkan santan kental. Masak hingga kuahnya mendidih dan sambil diaduk-aduk secara perlahan hingga ayam menjadi matang dan bumbu meresap sempurna.
– Setelah makan, panggang lah ayam hingga matang.
– Angkat ayam dan sajikan bersama sisa bumbu.

Sangat mudah bukan untuk mengikuti resep ayam bakar khas Padang di atas. Karena untuk bahan dan bumbunya tersedia di sekitar Anda. Sajikan ayam bakar ini denga nasi hangat, selamat mencoba.

R

Resep Ayam Bakar Barbeque

img class="aligncenter wp-image-272 size-full" src="https://resepmakanan.id/wp-content/uploads/2017/11/ayam-bakar-barbeque.jpg" alt="Resep Ayam Bakar Barbeque" width="650" height="325" srcset="https://resepmakanan.id/wp-content/uploads/2017/11/ayam-bakar-barbeque.jpg 650w, https://resepmakanan.id/wp-content/uploads/2017/11/ayam-bakar-barbeque-300x150.jpg 300w" sizes="(max-width: 650px) 100vw, 650px" />

Resep ayam bakar ini berbeda dengan biasanya karena menggunakan bumbu barbeque. Tidak perlu khawatir dalam mencoba resep ini, karena untuk bumbunya sangat mudah di peroleh dan Anda dapat mencoba sendiri di rumah. Berikut ini adalah resep untuk membuat ayam bakar barbeque.

Bahan untuk ayam bakar:
– Paha ayam 500 gram (cuci bersih)
– Air jeruk lemon atau jeruk nipis 4 sendok makan
– Gula pasir 200 gram
– Air 100 ml

Bumbu untuk ayam bakar:
– Bawang putih 5 siung (haluskan)
– Garam secukupnya
– Saus barbeque instan 4 sendok makan
– Merica secukupnya
– Saus tiram 2 sendok makan
– Saus tomat 4 sendok makan

Cara membuat ayam bakar:
– Langkah pertama, lumuri paha ayam dengan air jeruk nipis atau air jeruk lemon. Diamkan sebentar sekitar 15 menit, dan cuci bersih.
– Gula dan air dicampur, panaskan hingga membentuk karamel. Angkat dan sisihkan.
– Panaskan minyak dan tumis bawang putih hingga harum.
– Bawang putih tersebut dicampur dengan karamel dan bumbu lainnya dalam satu wadah. Aduk hingga semuanya tercampur rata.
– Setelah tercampur rata, masukkan ayam ke bumbu dan aduk rata. Biarkan bumbu sedikit meresap lalu angkat.
– Kemudian, panggang lah ayam dengan menggunakan alat pemanggang atau dapat juga menggunakan pembakar sampai ayam matang dan kecokelatan. Jangan lupa ayam dibolak-balik saja agar ayam tidak menjadi gosong dan nanti pahit.
– Setelah matang, ayam bakar siap disajikan selagi hangat. Penyajian ayam bakar bisa ditambahkan irisan timun, tomat, dan nasi hangat.

Nah, itulah cara membuat ayam bakar barbeque yang enak dan Anda dapat membuat ayam bakar sendiri di rumah. Untuk bahan juga dapat ditemukan dengan mudah di sekitar Anda. Selamat mencoba.

Komentar Disini