4 Resep Ayam Bakar Kecap Sederhana Dengan Cita Rasa Nendang

Resep Ayam Bakar Kecap

Resepmakanan.ID – Resep Ayam Bakar Kecap – Bahan dasar ayam sekarang ini menjadi salah satu bahan yang sering divariasikan menjadi masakan tertentu. Ternyata daging ayam ini mudah sekali kita peroleh disekitar kita.

Dari segi nutrisinya tentu saja tergolong lengkap sekali sehingga mampu menjaga kesehatan tubuh anda. Wajar saja jika sekarang ini olahan ayam hadir dengan berbagai macam variasi menu lezat yang mampu menggugah selera makan. Kini resep ayam bakar kecap seakan menjadi salah satu olahan dengan cita rasa paling nendang.

Olahan ayam kali ini lebih banyak menggunakan kecap. Dimana sensasi rasa manisnya seakan mampu membuat masakan ayam ini semakin nikmat. Sekarang sudah banyak sekali ide unik untuk resep ayam kecap yang bisa anda praktekkan.

Langkah pembuatan yang harus anda lalui begitu mudah dan praktis. Apalagi untuk bahan maupun bumbunya mudah sekali anda peroleh. Jika sekarang anda merasa penasaran dengan beragam olahan berbumbu kecap. Simak beberapa penjelasan berikut ini.

Resep Ayam Bakar Kecap Lezat

resep ayam bakar kecap lezat
image by: lkk.com

Kali ini ada salah satu variasi resep olahan ayam yang bisa anda coba untuk praktekkan yakni ayam bakar kecap. Tentunya menu yang satu ini sudah melegenda sehingga di sukai banyak kalangan masyarakat. Jika memang merasa penasaran, ikuti saja langkah cara membuatnya berikut ini.

Bahan yang diperlukan:
– Sayap ayam 5 potong
– Bawang merah 6 butir
– Bawang putih 5 butir
– Cabe rawit 6 buah
– Cabe merah 5 buah
– Kemiri 5 butir
– Jahe 1 ruas
– Sereh 1 batang
– Daun jeruk 2 lembar
– Santan 1 gelas
– Kecap manis secukupnya

Langkah praktis membuat ayam bakar kecap lezat:
1. Cucilah daging ayam hingga bersih.
2. Kupas saja bawang putih, bawang merah maupun cabe. Selanjutnya blender sampai benar halus.
3. Selanjutnya bumbu halus tadi bisa anda tumis kemudian tambah lagi dengan sereh dan jahe yang tadinya sudah anda pukul-pukul. Lalu masukkan saja ayam dalam bumbu kemudian tambah dengan santan.
4. Anda kini bisa memasaknya menggunakan nyala api sedang sampai santannya benar menyusut. Jangan lupa menambahkan gula, garam, kecap maupun penyedap rasa.
5. Biarkan sampai bumbu benar mengering.
6. Kini ayam bisa anda angkat dan diamkan beberapa saat. Persiapkan alat panggangan dan panggang daging ayam tadi sampai benar matang.
7. Ayam bakar kecap lezat pun siap anda sajikan bersama dengan tambahan sambal sekaligus pelengkap lainnya.

Tentu saja resep ayam bakar kecap diatas ini mudah sekali anda coba. Bahkan dari segi bahan maupun bumbu juga tergolong mudah anda dapatkan. Kapan lagi bisa menikmati kelezatan kuliner ini jika tidak mencobanya sekarang.

Resep Ayam Bakar Kecap Pedas

resep ayam bakar kecap
image by: nyt.com

Sekarang ini ada lagi variasi resep menarik yang patut anda coba yakni ayam kecap pedas. Dimana sajian makanan yang satu ini lebih cenderung dengan cita rasa pedasnya. Buat anda anggota keluarga yang lebih suka dengan olahan ayam berbumbu pedas. Pastinya resep yang satu ini menarik sekali untuk anda coba.

Bahan yang dibutuhkan:
– Ayam ½ kg
– Bawang merah 7 siung
– Bawang putih 3 siung
– Cabai merah 8 buah
– Cabai rawit merah 5 buah
– Lada 1 sendok teh
– Kemiri 3 butir
– Kunyit 2 cm
– Jahe 3 cm
– Daun jeruk 4 lembar
– Kecap manis secukupnya
– Garam secukupnya
– Penyedap rasa seperlunya
– Air secukupnya
– Minyak goreng seperlunya

Langkah praktis membuat ayam bakar kecap pedas:
1. Langkah pertama mencuci daging ayam sampai benar bersih.
2. Kumpulkan semua bahannya lalu haluskan. Kemudian tumis bumbu halus ini hanya dengan sedikit minyak saja. Aduk semuanya sampai merata kemudian tambah dengan daun jeruk. Masak saja selama beberapa saat sampai tercium aroma harum.
3. Masukkan saja ayam yang tadinya sudah anda persiapkan dalam campuran bumbu tadi. Aduk semuanya sampai merata dan biarkan kurang lebih 4 menit supaya bumbunya ini mampu meresap dengan sempurna.
4. Kini anda bisa masukkan air seperlunya kemudian tambah dengan sedikit kecap, penyedap rasa maupun gula. Aduk semuanya sampai tercampur merata.
5. Sebaiknya anda mencicipi rasanya. Jika memang masih ada yang kurang setidaknya bisa anda tambah dengan garam. Diamkan saja selama kurang lebih beberapa menit sampai airnya ini surut dan daging ayam pun sudah empuk.
6. Kini anda bisa angkat daging ayam kemudian sajikan dalam piring saji. Jangan lupa menambahkan bahan pelengkap lainnya.
7. Kini ayam kecap pedas pun sudah siap anda sajikan.

Dengan melihat resep ayam bakar kecap yang satu ini pastinya anda sudah tidak sabar lagi untuk mencoba membuatnya. Dengan menggunakan resep praktis ini siapapun memang bisa memasaknya. Mengapa harus membelinya jika memang sudah bisa membuatnya sendiri di rumah.

<

Resep Ayam Bakar Kecap Sederhana

resep ayam bakar
image by: theflourhandprint.com

Variasi dari olahan ayam kecap ini memang banyak sekali idenya. Termasuk untuk resep kali ini yang tak kalah mudah cara membuatnya. Langkah cara memasaknya begitu praktis dan sederhana sekali. Dimana cita rasanya memang manis dan juga gurih sehingga mampu menggugah selera makan.

Jika memang anda merasa penasaran ingin mencoba membuat sendiri di rumah. Ikuti saja langkah caranya berikut ini.

Bahan yang diperlukan:
– Ayam ½ kg
– Bawang putih 4 siung
– Jahe 2 ruas jari
– Bawang Bombay 1 buah
– Kecap manis seperlunya
– Daun bawang secukupnya
– Air matang 1 gelas
– Penyedap rasa dan garam seperlunya
– Merica bubuk secukupnya
– Minyak goreng dan juga margarine

Langkah mudah memasak ayam bakar kecap sederhana
1. Ayam bersihkan terlebih dahulu kemudian rendam dengan air garam kurang lebih 15 menit.
2. Iris dengan tipis bawang bombay dan juga bawang putih. Setelah itu jahe pun bisa anda pukul hingga pipih.
3. Kini panaskan minyak goreng sedikit saja dengan nyala api sedang. Goreng ayam yang telah direndam tadi sampai benar matang hanya saja jangan sampai terlalu kering kemudian angkat.
4. Minyak sekaligus margarin panaskan terlebih dahulu. Kemudian tumis saja bawang putih sampai benar tercium harumnya. Jahe pun bisa anda masukkan kemudian aduk sampai benar merata. Tambah pula dengan bawang bombay lalu tumis kembali sampai benar layu.
5. Ayam yang tadinya sudah digoreng masukkan saja. Tambah dengan kecap sekaligus daun bawang. Kemudian aduk hingga rata dan tunggu kurang lebih beberapa menit sampai bumbunya ini meresap dalam daging.
6. Angkat selanjutnya sajikan masakan ayam dengan piring saji.
7. Kini anda bisa menambahkan sambal sekaligus bahan pelengkap yang lain.

Dengan mencoba resep ayam bakar kecap yang satu ini pastinya bisa membuat anda semuanya merasa tertarik untuk mencicipinya. Betapa nikmatnya kuliner ayam kecap ini apalagi jika anda santap bersama dengan sambal maupun pelengkap lainnya.

Resep Ayam Bakar Madup>Kali ini anda juga perlu mencoba kudapan lezat yang satu ini. Dimana dari segi rasanya memang tak kalah nikmat dan lezat. Sekarang anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah. Supaya tidak merasa kebingungan lagi dengan langkah cara pembuatannya. Ikuti saja beberapa langkah membuat ayam bakar madu berikut ini.

Bahan yang diperlukan:
– Sayap ayam 500 gram
– Bawang putih 2 siung
– Garam 1 sdt

Bumbu untuk perendam:
– Bumbu inti kokita A 1 bungkus
– Bawang bombay 50 gram cincang hingga halus
– Bawang putih 3 siung cincang sampai halus
– Saus tomat 3 sdm
– Air jeruk lemon 50 ml
– Madu 2 sdm
– Merica bubuk ½ sdt
– Garam 1 sdt

Langkah mudah mudah membuat ayam bakar madu:
1. Sayap ayam remas dengan menggunakan garam dan bawang putih sampai merata.
2. Selanjutnya goreng dalam minyak panas hingga sedikit kering.
3. Angkat memudian tiriskan.
4. Aduk sayap ayam bersama dengan bumbu perendamnya sampai merata. Selanjutnya diamkan kurang lebih selama 1 jam.
5. Taruhlah sayap ayam pada sebuah pinggan yang tahan panas. Panggang dalam oven 180 derajat kurang lebih 45 menit sampai dagingnya empuk.
6. Selanjutnya angkat dan sajikan.

Ternyata cukup banyak juga variasi resep ayam bakar kecap yang bisa anda buat di rumah. Setidaknya kini anda bisa merasakan kelezatan masakan ayam berbumbu kecap dengan beragam variasi yang berbeda ini.

Komentar Disini