Lifestyle

Prabowo-Gibran Kantongi Suara Diatas 50 Persen, Pilpres 2024 Fix Cuma 1 Putaran? Cek Syaratnya!

Resepmakanan.id – Sejumlah lembaga hasil quick count Pemilihan Umum 2024 mengumumkan pasangan capres serta cawapres nomor urut 02, Prabowo-Gibran memperoleh pernyataan tertinggi dibandingkan rivalnya. Bahkan, raihan ucapan Prabowo dan juga Gibran dalam berbagai provinsi tercatat berada pada melawan bilangan 50 persen.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI), Djayadi Hanan mengumumkan dari hasil hitungan cepat di area beberapa orang lembaga sudah pernah memenuhi persyaratan Prabowo-Gibran menang pada satu putaran.

Memangnya, apa cuma persyaratan Pilpres 1 putaran?

Syarat Pilpres 1 Putaran

Aturan Pilpres sudah pernah diatur pada UUD 1945 Pasal 6A ayat (3) dan juga (4). Kedua ayat pada Pasal 6A yang disebutkan menjelaskan apa sekadar aturan Pilpres dilakukan satu putaran.

Merujuk pada Pasal 6A ayat (3) UUD 1945, pilpres satu putaran sanggup terjadi apabila pasangan calon presiden serta duta presiden memenuhi syarat-syarat berikut:

1. Mendapatkan Suara Lebih dari 50 Persen

Pasangan calon harus memperoleh ucapan lebih lanjut dari 50 persen dari jumlah agregat pendapat di pemilihan umum.

2. Meraih kemenangan pada Minimal Setengah Jumlah Provinsi

Pasangan calon harus menang dalam minimal setengah jumlah keseluruhan provinsi di dalam Indonesia atau 20 provinsi dari total 38 provinsi.

3. Sebaran Suara Minimal 20 Persen di tempat Setiap Provinsi

Pasangan calon harus miliki sebaran pendapat sedikitnya 20 persen pada lebih besar dari setengah total provinsi tersebut.

Apabila pasangan calon capres serta cawapres memenuhi ketiga aturan dalam atas, maka Pilpres diadakan satu putaran kemudian pasangan calon bisa jadi secara langsung dilantik menjadi Presiden kemudian Wakil Presiden.

Namun, jikalau bukan ada pasangan calon presiden dan juga delegasi presiden yang tersebut memenuhi syarat, di Pasal 6A ayat (4) UUD 1945 mengatur bahwa dua pasangan calon yang digunakan memperoleh pernyataan terbanyak pertama juga kedua pada pemilihan akan dipilih lagi oleh rakyat secara segera pada putaran kedua. Pasangan yang digunakan memperoleh ucapan terbanyak dari rakyat pada putaran kedua yang dimaksud yang digunakan akan dilantik sebagai Presiden juga Wakil Presiden.

Prabowo-Gibran Resmi Jadi Pemenang Pilpres 2024?

Berdasarkan hasil hitung cepat atau quick count, pasangan capres Prabowo-Gibran memang benar telah memenuhi ketiga aturan 1 putaran yang tersebut dijelaskan dalam atas. Meski demikian, hasil quick count bukanlah hasil final. Quick count hanyalah hasil hitung cepat sementara.

Hasil akhir sesungguhnya atau real count akan diinformasikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Berdasarkan hasil real count inilah yang dimaksud akan menentukan apakah Prabowo-Gibran memenuhi persyaratan Pilpres 1 putaran atau tidak.

Jadi, hasil quick count yang disampaikan oleh beberapa lembaga survei tiada mencerminkan hasil akhir jumlah agregat raihan pendapat masing-masing pasangan capres kemudian cawapres yang mana bertarung di tempat Pilpres 2024 ini.

Demikianlah penjelasan persyaratan Pilpres 1 putaran.

Redi Alamsyah

Di tengah derasnya arus informasi, saya berdiri sebagai seorang penulis artikel yang berupaya menyalurkan kata-kata ke dalam bentuk cerita, analisis, dan refleksi. Nama saya Redi Alamsyah, seorang penggali kata yang mencari makna di balik huruf dan kalimat. Bagi saya, menulis bukan hanya pekerjaan, melainkan sebuah perjalanan menuju pemahaman yang lebih dalam tentang dunia dan kehidupan.

Related Articles

Back to top button