Bisnis

Anggota JKN Hal ini Akui Inisiatif REHAB Jadi Solusi Tepat untuk Lunasi Tunggakan BPJS Kesejahteraan

Resepmakanan.id – Rencana Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB) yang mana ditawarkan BPJS Kesejahteraan untuk partisipan Garansi Kesejahteraan Nasional (JKN) mulai dirasakan oleh masyarakat. Salah satunya adalah Merly Wanita dengan syarat Pondok Labu, Cilandak, Ibukota Selatan.

Wanita berusia 33 tahun itu mengatakan, acara REHAB memberikan faedah yang sangat besar baginya. Sebab, sebelumnya ia memiliki tunggakan pada jumlah total besar, namun pada saat ini kondisinya belum mempunyai dana atau kemampuan untuk membayar kemudian melunasinya.

“Jadi awalnya saya memang benar miliki tunggakan iuran, kemudian saya datang ke Kantor BPJS Kesejahteraan Pusat Depok untuk menanyakan solusi terbaik dari tunggakan tersebut. Tentu saya pribadi belum memiliki dana yang cukup untuk melunasi tunggakan tersebut. Lalu diinfokan oleh petugasnya bahwa ada Rencana REHAB yang digunakan dapat dimanfaatkan oleh kontestan yang tersebut mempunyai tunggakan seperti saya. Pendaftarannya juga sangatlah mudah tidak ada ribet, saya cukup mendaftar melalui Aplikasi komputer Mobile JKN belaka dan juga disitu sudah ada ada petunjuknya yang digunakan mudah dipahami lalu tidak ada bikin bingung,” kata Merly, Senin, (29/1/2024).

Merly mengatakan, setelahnya mencoba pengecekan mendaftar kegiatan yang disebutkan ternyata prosesnya tak sulit, cuma tinggal memilih menu Rencana REHAB pada Program Mobile JKN, kemudian menyetujui aturan juga ketentuan dan juga hasil simulasi kegiatan maka tagihan iuran yang mana akan dibayar otomatis berubah sesuai dengan besaran simulasi.

“Tunggakan yang digunakan saya miliki sudah ada mencapai maksimal yaitu sekitar 24 bulan alias dua tahun. Sehingga saya merasa cukup berat untuk bisa saja melunasinya sekaligus, dikarenakan dananya juga belum mencukupi, dengan adanya Proyek REHAB saya diberi pilihan untuk mampu melunasi pembayaran tunggakan yang disebutkan dengan jangka waktu sanggup sampai 10 bulan cicilan kalau tidaklah salah. Dengan begini sangat bagus sanggup menghasilkan kita sebagai partisipan lebih besar berikrar untuk melunasinya. Jangka waktu pelunasannya ada pilihan-pilihannya berapa lamanya, itu semua sanggup disesuaikan dengan budget lalu kemampuan yang tersebut kita miliki masing-masing. Walau memang sebenarnya selama proses cicilan yang dimaksud status kepesertaan kita belum dapat berpartisipasi tapi setidaknya menjadi pecutan atau motivasi kontestan untuk miliki target pelunasannya,” jelas Merly.

Merly bersyukur lantaran pada waktu ini ia mendapatkan bantuan dari pemerintah, maksudnya adalah walau sebelumnya masih mempunyai tunggakan pada segmen kepesertaan Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), namun beruntungnya pada waktu ini Merly terdaftar terlibat disegmen bantuan pemerintah yaitu segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI), sehingga ketika ini ia bergerak pada segmen tersebut.

Namun hal itu tidak berarti tunggakan pada segmen PBPU-nya hilang, tunggakan yang disebutkan tetap memperlihatkan ada dan juga tetap saja wajib dilunaskan. Itulah yang mana menciptakan Merly semakin merasa bertanggung jawab untuk melunasi tunggakan yang dimaksud ia miliki dikarenakan ketika ini ia telah mendapatkan privilege lain yaitu terdaftar terlibat pada segmen kepesertaan yang digunakan dibayarkan oleh pemerintah.

“Itulah mengapa pada waktu ini saya merasa semakin bertanggung jawab untuk melunasi tunggakan yang digunakan saya miliki, toh tanpa saya proses pendaftaran pun saya mendapat hak untuk merasakan bergerak pada kepesertaaan PBI alias gratis. Ditambah lagi ada Rencana REHAB yang mana benar-benar memudahkan peserta, ini menjadi solusi tepat untuk kontestan yang tersebut memiliki tunggakan juga belum memiliki dana yang cukup untuk melunasinya. Tiap kontestan wajib update terus terkait program-program yang mana ada pada Inisiatif JKN oleh sebab itu tiap-tiap kesulitan pada waktu ini telah ada solusi tepatnya. Update terkait JKN juga sekarang mampu ditemukan dimana-mana, khususnya pada media sosial jadi mudah kok untuk tahu informasi-informasinya,” tutupnya.

Redi Alamsyah

Di tengah derasnya arus informasi, saya berdiri sebagai seorang penulis artikel yang berupaya menyalurkan kata-kata ke dalam bentuk cerita, analisis, dan refleksi. Nama saya Redi Alamsyah, seorang penggali kata yang mencari makna di balik huruf dan kalimat. Bagi saya, menulis bukan hanya pekerjaan, melainkan sebuah perjalanan menuju pemahaman yang lebih dalam tentang dunia dan kehidupan.

Related Articles

Back to top button