Otomotif

Perjalanan Honda BeAT dari Masa ke Masa, Motor “Sejuta Umat” yang Irit

Resepmakanan.id – Honda BeAT telah cukup lama beredar pada Indonesia. Sejak pertama kali diperkenalkan di tempat Indonesia pada 2008, motor ini menjadi salah satu pilihan dari para konsumen di tempat Tanah Air.

Motor produksi Honda ini pun juga mendapatkan julukan dari beberapa penduduk dengan sebutan motor “sejuta umat”. Pasalnya, tak sedikit publik yang tersebut telah terjadi menggunakannya untuk aktivitas.

Selama diperkenalkan tahun 2008, Honda BeAT sudah ada mengalami beberapa evolusi. Berikut ulasan dari perjalanan Honda BeAT dari masa ke masa.

  • Honda BeAT Karburator (2008-2012)
Honda BeAT karburator (bukapalak)
Honda BeAT karburator (bukapalak)

Honda BeAT memulai debutnya di tempat Indonesia pada tahun 2008 dengan mesin berkapasitas 108 cc yang tersebut masih mengandalkan karburator.

Generasi pertama ini dikenal dengan sebutan Honda BeAT karbu. Salah satu ciri khasnya adalah kata-kata starter yang kasar lalu dimensi yang dimaksud lebih banyak kecil dibandingkan motor matic ketika ini.

Meskipun mempunyai karakteristik unik, Honda BeAT karbu terkenal sebagai motor yang dimaksud lebih besar boros bensin.

Mesin ini mengalami minor change pada tahun 2010, dengan pembaharuan mencolok pada sepatbor depan yang dimaksud tak menempel pada ban depan.

  • Honda BeAT PGM-FI (2012-2014)

Empat tahun pasca peluncuran, Honda BeAT mengalami pembaruan pada tahun 2012 dengan hadirnya Honda BeAT PGM-FI yang dimaksud menggunakan teknologi injeksi.

Desainnya mengalami inovasi signifikan, terasa lebih tinggi besar kemudian miliki bagasi jok yang tersebut lebih tinggi lapang.

Meskipun demikian, karakteristik pernyataan starter yang tersebut khas dari generasi sebelumnya tetap saja ada.

  • Honda BeAT eSP (2014-2016)
New Honda Beat eSP. [AHM]
New Honda Beat eSP. [AHM]

Honda BeAT PGM-FI kemudian digantikan oleh Honda BeAT eSP pada tahun 2014, yang dimaksud tetap memperlihatkan menggunakan bodi yang digunakan sebanding dengan pendahulunya.

Mesinnya mengalami inovasi total dengan teknologi Enhanced Smart Power (eSP), termasuk ciri Idling Stop System (ISS).

Varian Honda BeAT POP juga diperkenalkan untuk pengguna wanita, meskipun kurang diminati.

  • All New Honda BeAT eSP (2016-2020)

Generasi ketiga, All New Honda BeAT eSP, diperkenalkan pada tahun 2016. Meskipun mesinnya masih sama, desain kemudian fiturnya mengalami peningkatan.

Spidometer baru dengan kombinasi analog kemudian digital, eco indicator, juga peningkatan kapasitas tangki kemudian bagasi membuatnya lebih besar modern.

Varian All New Honda BeAT Street juga diperkenalkan dengan perbedaan pada setang yang dimaksud terbuka tanpa cover, mirip motor trail.

  • All New Honda BeAT (2020-sekarang)

Pada tahun 2020 akhirnya meninggalkan Honda BeAT generasi terbaru yang digunakan dikenal sebagai All New Honda BeAT. Desainnya dari bodi berubah total juga pakai mesin generasi eSP generasi terbaru.

Mesin Honda BeAT generasi terbaru pada saat ini pakai model long stroke dengan konfigurasi bore x stroke 47 x 63,1 mm. Mesin Honda BeAT ini diklaim punya tarikan yang digunakan responsif, namun juga mampu menghemat penyelenggaraan komponen bakar.

All New Honda BeAT ini juga pakai sasis baru yang dimaksud oleh Honda dinamai e-SAF yang dimaksud diklaim miliki bobot ringan.

Dan pada saat ini muncul kabar kalau Honda BeAT diisukan akan mendapatkan ubahan dari PT Astra Honda Motor (AHM). Apakah nantinya Honda BeAT akan mengalami ubahan yang dimaksud signifikan?

Redi Alamsyah

Di tengah derasnya arus informasi, saya berdiri sebagai seorang penulis artikel yang berupaya menyalurkan kata-kata ke dalam bentuk cerita, analisis, dan refleksi. Nama saya Redi Alamsyah, seorang penggali kata yang mencari makna di balik huruf dan kalimat. Bagi saya, menulis bukan hanya pekerjaan, melainkan sebuah perjalanan menuju pemahaman yang lebih dalam tentang dunia dan kehidupan.

Related Articles

Back to top button