Otomotif

Untuk Juli 2024, Pabrikan Mobil Wajib Pasang Teknologi yang tersebut Ada di area Pesawat pada Kendaraannya

Resepmakanan.id – Pabrikan mobil diwajibkan memasang teknologi yang biasa digunakan pada pesawat per Juli 2024. Teknologi apa yang dimaksud dimaksud?

Ada aturan baru yang mana mewajibkan untuk para pabrikan mobil memasang Event Informasi Recorder (EDR) atau istilah kerennya Black Box alias kotak hitam yang dimaksud rutin digunakan pada pesawat.

Dilansir dari Carscoops, aturan ini berlaku khusus untuk mobil yang digunakan terdaftar di dalam Uni Eropa. Namun tak semua mobil yang digunakan wajib dipasang Black Box ini.

Syarat ini berlaku untuk kendaraan penumpang kelas M1 yang dapat mengakomodasi hingga delapan kursi penumpang, tidak ada termasuk kursi pengemudi.

Selain itu, kendaraan niaga yang termasuk pada kategori kelas N1, seperti truk pikap juga van dengan berat dalam bawah 3.500 kilogram, juga akan dilengkapi dengan EDR.

Kecelakaan yang dimaksud kerap terjadi di tempat jalan terkadang menyebabkan pihak berwajib berjuang ekstra untuk menentukan siapa pelaku yang tersebut menyebabkan insiden kecelakaan.

Dengan adanya EDR, pihak berwenang dapat memahami secara akurat menganalisis data yang digunakan tersimpan di tempat dalamnya untuk membantu menentukan kronologi kejadian kecelakaan.

Ilustrasi kecelakaan. (unsplash)
Ilustrasi kecelakaan. (unsplash)

Perangkat ini merekam beberapa jumlah parameter di periode singkat, yakni lima detik sebelum kecelakaan juga 0,3 detik pasca terjadinya benturan.

Selain itu EDR juga bisa saja menyimpan informasi dengan tingkat akurasi yang dimaksud tinggi, mencatat informasi tentang merek juga model kendaraan, juga perlengkapannya.

EDR akan bergerak secara otomatis ketika airbag serta belt tensioner terpicu, termasuk pada waktu terjadi pembaharuan kecepatan ke arah lateral atau longitudinal dalam menghadapi 8 km/jam pada waktu 0,15 detik.

Apakah nantinya aturan ini akan diberlakukan pada seluruh dunia, termasuk Indonesia?

(Sumber: Suara.com)

Redi Alamsyah

Di tengah derasnya arus informasi, saya berdiri sebagai seorang penulis artikel yang berupaya menyalurkan kata-kata ke dalam bentuk cerita, analisis, dan refleksi. Nama saya Redi Alamsyah, seorang penggali kata yang mencari makna di balik huruf dan kalimat. Bagi saya, menulis bukan hanya pekerjaan, melainkan sebuah perjalanan menuju pemahaman yang lebih dalam tentang dunia dan kehidupan.

Related Articles

Back to top button