5 Makanan Khas Riau Paling Unik Patut di Coba

Makanan Khas Riau

Resepmakanan.ID – Makanan Khas Riau – Ketika anda berkunjung ke suatu daerah, salah satu hal yang harus anda lakukan adalah menikmati kuliner lezatnya. Kuliner menjadi hal yang sangat menyenangkan sekali bahkan menjadi pengalaman tersendiri bagi anda.

Apalagi saat berkunjung ke Riau tentu saja ingin mencicipi kuliner lezat yang ada di sana. Ada banyak menu makanan yang lezat dan unik patut untuk di coba. Kuliner yang ada di sana begitu bervariasi sekali. Biasanya olahannya ada yang terbuat dari olahan laut maupun jenis kuliner lezat yang lainnya.

Berikut 5 Datar Makanan Khas Riau nan Enak dan Lezat

Kali ini kita akan membahas mengenai makanan khas Riau yang terkenal enak dan juga unik. Bagi anda yang merasa penasaran dengan makanan khas yang ada di sana. Inilah berbagai macam rekomendasi makanan enak dan lezat yang tergolong unik. Di antaranya:

1. Mie Lendir

makanan khas riau mie lendir
Image by: sportourism.id

Jenis mie yang satu ini berasal dari daerah Tanjung Pinang. Mie tersebut dinamakan mie lender dikarenakan kuah yang sudah disajikan terbilang kental layaknya lendir. Bahan dasar yang di pergunakan untuk kuahnya ini adalah ubi jalar dan juga kacang tanah sehingga warna yang di hasilkan pun berwarna coklat.

Umumnya untuk mienya sendiri tentu saja mie kuning. Sebetulnya mie lendir ini hampir sama dengan mie ayam. Apalagi ada beragam tambahan lain supaya rasanya lebih nikmat ketika di makan.

Mungkin saat ini anda merasa penasaran ingin mencicipi kelezatan dari mie kuah tersebut. Kini anda bisa membuatnya sendiri di rumah berdasarkan pada resep yang telah tersedia.

Tak perlu bingung lagi harus pergi ke Riau hanya untuk mencicipi kuliner lezatnya. Anda hanya perlu mengikuti langkah pembuatannya berdasarkan resep yang telah tersedia di bawah ini.

Cara membuat mie lendir
Bahan yang perlu di persiapkan:
– Mie kuning 1 kg
– Kacang tanah 100 gram
– Bawang putih 4 siung
– Bawang merah 3 siung
– Cabe merah Padang 10 buah
– Jahe halus 2 sdm
– Gula jawa 1 blok
– Toge 200 gram
– Cabe rawit secukupnya saja iris tipis
– Daun seledri secukupnya saja iris tipis
– Tepung maizena 2 sdm
– Air 500 ml
– Telur ayam rebus 4 buah

Langkah cara pembuatan
1. Kacang di goreng terlebih dahulu sampai matang kemudian blender namun tidak begitu halus
2. Bawang merah, bawang putih, jahe dan cabe merah di blender sampai halus
3. Gula jawa di iris-iris
4. Bumbu yang telah di blender tadi tumislah dengan menggunakan sedikit minyak kemudian masukkan saja kacang dan air kemudian aduk sampai semua tercampur rata. Jangan sampai lupa memasukkan gula jawa aduk sampai merata hingga gulanya bisa melumer
5. Berilah sedikit air tepung maizenanya kemudian masukkan dalam kuah kacang yang sudah di aduk tadi. Masukkan penyedap rasa dan garam sesuai dengan selera. Jangan lupa menambahkan daun salam supaya kuahnya berbau wangi
6. Toge di rendam menggunakan air yang panas sampai setengah matang
7. Masukkan mie dalam piring kemudian taburi dengan toge. Masukkan kuah kentalnya dalam sebuah wadah dan di taburi dengan cabe rawit yang sudah di iris tadi. Berilah daun seledri lalu beri juga telur rebus
8. Kini mie lendir sudah siap untuk di sajikan
Begitu mudahnya langkah cara pembuatan mie lendir makanan khas Riau ini. Saya rasa siapapun tentu bisa membuatnya sendiri di rumah.

2. Mie Tarempa

mie tarempa
Image by: liandamarta

Makanan khas Riau yang satu ini ternyata tak kalah nikmat dengan mie yang lainnya. Mie tersebut terbuat dari telur dan juga tepung. Rasa dari mie Tarempa ini memang pedas sebab menggunakan bumbu rempah-rempah. Bahkan variasi mie ini juga terbagi menjadi 3 yakni mie tarempa basah, kering bahkan lembab.

Mie Tarempa ini tentu saja salah satu olahan mie goreng yang berasal dari Riau. Menariknya kuah dari mie ini menggunakan kuah daging dari ikan tongkol. Semua olahan mie ini menggunakan bahan asli Tarempa. Hal inilah yang menjadikan kuliner ini semakin lezat di makan. Jika anda berencana untuk membuatnya sendiri di rumah. Ikuti saja resep yang ada di bawah ini.

Cara Membuat Mie Tarempa Riau
Bahan yang di persiapkan:
– Mie kuning bentuk pipih 50 gram bersihkan dengan air
– Ikan tongkol 50 gram gunakan dagingnya
– Tauge 50 gram
– Cabe rawit pedas 8 buah
– Telur ayam 1 buah
– Bawang putih 1 siung
– Kecap manis 2 sendok makan
– Kecap asin 2 sendok makan
– Minyak goreng 3 sdm untuk menumisnya
– Bawang goreng secukupnya

Cara mudah membuat mie Tarempa
1. Gunakan daging ikan tongkol kemudian cincang
2. Haluskan bawang putih dan cabe rawit secara terpisah
3. Tumislah cabe dan juga bawang putih kemudian aduklah sebentar saja dan masukkan mie yang telah di siapkan tadi
4. Jika sudah aduklah sebentar kemudian tambah dengan kecap asin dan kecap manis kemudian masukkan saja tauge dalam olahannya
5. Masukkan ikan tongkol yang telah di cincang
6. Aduk sampai semua bahannya tercampur merata kemudian tambah garam dan penyedap rasa sampai benar pas
7. Mie Tampera kini siap untuk di sajikan

Begitu mudahnya cara membuat mie Tarempa khas dari Riau ini. Tak perlu pergi jauh ke sana hanya untuk menikmati kelezatan dari mie tersebut.

3. Asam Pedas Ikan Baung

masakan ikan baung

Bukan hanya olahan mie saja yang masuk dalam makanan khas Riau namun kini anda juga bisa menikmati kelezatan menu asam pedas ikan baung khas Riau. Masakan yang satu ini berasal dari kabupaten Rokan Hulu dimana di sana menyediakan beragam jenis makanan khas dengan rasa yang lezat.

Apabila anda merasa penasaran dengan cara pembuatan asam pedas ikan baung, ikuti saja cara pembuatannya berikut ini:

Resep Asam Pedas Ikan Baung
Bahan yang perlu di persiapkan:
– Ikan baung segar 1 kg bersihkan kemudian cuci dan potong sesuai keinginan
– Air bersih 1 liter
– Serai 2 batang memarkan
– Daun kunyit 1 lembar
– Asam kandis 3 buah

Bumbu yang perlu di haluskan:
– Cabe merah 12 buah
– Bawang merah 6 buah
– Lengkuas 3 cm
– Jahe 2 cm
– Kunyit 2 cm
– Garam secukupnya

Langkah cara pembuatan
1. Air di rebus terlebih dahulu kemudian masukkan saja bumbu halus serta bahan yang lainnya seperti halnya daun kunyit, serai, asam kandis aduklah sampai mengental
2. Masukkan saja potongan ikan baung yang telah di bersihkan
3. Ketika ikannya sudah matang dan juga kuahnya semakin mengental, angkat dan juga sajikan
4. Ikan yang sudah matang dengan kuah yang mengental ini tandanya masakan siap diangkat dan sajikan

Ternyata begitu mudah sekali cara membuat masakan khas Riau yang satu ini. Siapa saja tentu bisa membuatnya sendiri di rumah. Kapan lagi bisa menikmati kelezatan masakan khas dari Riau ini.

4. Mie Sagu

mie sagu riau

Mie yang satu ini memang terbuat dari bahan tepung sagu yang sudah di rebus menggunakan air yang hangat. Mie sagu ini bahkan mempunyai tekstur yang lembut. Mungkin saat ini terasa susah untuk memperoleh mie sagu ini. Tetapi kini anda sudah bisa membuat mie sagu di rumah.

Bahan yang perlu di persiapkan:
– Tepung sagu 300 gram kemudian bagi dua yakni 250 gram dan 50 gram
– Air ½ gelas
– Garam 1 sendok makan
– Minyak sayur 1 sendok makan

Langkah cara pembuatan:
1. Mie sagu 50 gram di rebus sampai setengah matang
2. Masukkan mie sagu setengah matang tadi dalam tepung sagu 250 gram
3. Aduklah sampai licin
4. Pipihkan sampai benar tipis
5. Potong menjadi bentuk segi empat dengan ukuran sesuai keinginan
6. Iris menjadi tipis
7. Rebus irisan dalam air yang mendidih yang sebelumnya di beri minyak sayur

Kini anda pun bisa menikmati kelezatan mie sagu hasil buatan anda sendiri. Tanpa perlu pergi jauh ke Riau mie sagu pun sudah bisa di nikmati kelezatannya.

<

5. Gulai Belacan Udang

gulai udang khas riau
Image by: Cookpad.com

Siapa sih yang tak suka dengan masakan gulai apalagi untuk gulai belacan udang makanan khas Riau ini. Masakan tradisional yang satu ini rasanya memang nikmat. Jika anda salah satu orang yang gemar dengan makanan seafood apalagi udang tentunya kini bisa mencoba resep gulai belacan udang. Makanan khas Riau ini begitu lezat, gurih bahkan juga pedas dengan cabai rawit yang sangat terasa.

Jika saat memasaknya anda tambah dengan pete maka masakan pun akan bertambah menjadi harum. Apabila merasa penasaran dengan kelezatan gulai belacan udang makanan khas Riau. Sekarang ini anda bisa mencoba membuatnya sendiri dengan resep yang mudah berikut ini:

Bahan yang perlu di persiapkan:
– Udang besar 10 ekor cuci sampai bersih
– Belacan 1 sdm
– Petai 1 papan kupas
– Air asam jawa 1 sdm
– Gula pasir 1 sdm
– Santan 500 ml
– Garam 1 sdt
– Lada ½ sdt
– Minyak goreng 3 sdm

Bumbu yang harus di haluskan:
– Bawang merah 6 buah
– Bawang putih 4 buah
– Kemiri 6 butir
– Cabe merah 6 buah
– Cabe rawit 6 buah

Cara memasak gulai belacan udang
1. Minyak goreng dipanaskan terlebih dahulu kemudian tumis belacan beserta bumbu halus sampai matang dan harus. Kemudian masukkan udangnya masak sampai udangnya mampu berubah warna
2. Masukkan air asam jawa, santan, garam, gula pasir dan juga lada kemudian masak sampai semua bahannya matang dan kuahnya bisa mengental
3. Masukkan petai dan aduk sampai merata. Jika sudah angkat
4. Kini gulai belacan udang pun siap di sajikan

Begitu praktis dan mudahnya langkah cara pembuatan gulai belacan udang kahs Riau ini. Kini anda pun bisa dengan mudah membuat masakan tersebut di rumah. Berdasarkan pada resep yang telah tersedia mampu membantu anda membuat kuliner lezat khas Riau.

Itulah tadi beberapa resep makanan khas Riau beserta dengan cara pembuatannya yang kini bisa menginspirasi anda yang suka dengan masakanan yang ada di sana. Tak perlu lagi pergi jauh ke Riau hanya untuk mencicipi kuliner lezatnya. Namun kini masakan yang lezat dan nikmat khas Riau bisa dicicipi dengan membuatnya sendiri di rumah.

Komentar Disini