4 Makanan Khas Pontianak Ini Siap Memanjakan Lidah

Makanan Khas Pontianak

Resepmakanan.ID – Makanan Khas Pontianak – Akankah anda pernah berkunjung ke Pontianak? Jika pernah tentunya tak akan meleatkan aktu untuk mencicipi kuliner lezat yang tersedia disana. Dimana olahan makannya memang nikmat dan lezat.

Beraneka macam makanan khas Pontianak nyatanya bisa memanjakan lidah anda. Hingga akhirnya anda pun merasa tertarik untuk memasak sendiri di rumah. Tentu saja hal ini terbilang ajar dan lebih berhemat tanpa perlu pergi jauh ke Pontianak.

Jika memang sekarang anda merasa penasaran dengan masakan khas dari Pontianak ini. Alangkah baiknya anda simak dengan baik beberapa resep makanan khas Pontianak yang mampu menggugah selera makan anda. Di antaranya:

Tiam Mie Khas Pontianak

tiam mie

Makanan yang satu ini bisa dikatakan baru sekali bahkan mie tersebut layaknya mie goreng dengan cita rasa manis. Pastinya banyak yang semakin penasaran dengan olahan masakan yang satu ini. Dari pada bingung dengan cita rasanya, sebaiknya simak saja resep berikut:

Bahan yang diperlukan:
– Mie kuning 2 papan
– Kucai 2 batang
– Bawang putih 5 siung cincang
– Telur 2 butir
– Kecap jamur 2 sdm
– Kecap manis 2 sdm
– Kaldu jamur 1 sdt
– Lada bubuk secukupnya
– Air secukupnya
– Gula pasir 1 sdt
– Gula merah 1 sdm

Langkah mudah memasak Tiam mi khas Pontianak:
1. Pertama kalinya mie direbus sampai benar matang kemudian campurkan dengan minyak supaya nanti tidak lengket.
2. Telur dikocok lepas kemudian goreng orak-arik dan sisihkan.
3. Bawang putih tumis sampai benar harum kemudian masukkan kucai dan tumis kembali sampai tercium bau harum. Masukkan saja semua bumbunya dan tuangi dengan sedikit air saja. Aduk semuanya sampai merata.
4. Masukkan saja mie sekaligus telur orak-arik. Aduk merata bersama bumbunya. Aduk saja sampai bumbu bisa meresap bahkan airnya pun juga habis sehingga mie pun terlihat sedikit nyemek.
5. Sekarang Tiam Mi khas Pontianak sudah siap anda sajikan.

Kali ini anda pun bisa mencicipi makanan khas Pontianak yang begitu lezat dan nikmat ini. Kudapan yang satu ini paling nikmat disantap ketika cuaca dingin.

Bubur Ikan Kakap Khas Pontianak

bubur

Pernah nggak sih anda menyantap kudapan bubur? Mungkin kali ini ada yang berbeda yakni bubur ikan kakap. Tanpa harus pergi ke Pontianak kini sudah tersedia resep paling praktis untuk membuatnya. Mengapa harus merasa bingung jika kudapan nikmat ini bisa anda buat sendiri. Ikuti saja langkah mudah pembuatan bubur ikan kakap berikut ini.

Bahan yang dibutuhkan:
– Ikan kakap merah 2 ekor bersihkan
– Air perasan jeruk nipis 1 sendok makan
– Garam 1 sendok teh
– Air 11/2 liter
– Minyak goreng seperlunya

Bumbu bubur ikan yang perlu dihaluskan:
– Bawang merah 8 buah
– Garam 2 sendok teh
– Merica bubuk 1 sendok teh
– Bawang putih 6 siung

Bumbu yang lain:
– Serai 3 batang ambil putihnya saja memarkan
– Lengkuas 2 cm memarkan
– Jahe 2 cm memarkan
– Daun jeruk 5 lembar

Bahan pelengkap:
– Sambal
– Kecap ikan
– Daun seledri
– Daun bawang
– Sawi keriting secukupnya
– Bawang goreng

Cara paling praktis membuat bubur ikan kakap:
1. Sebaiknya bersihkan terlebih dahulu ikannya kemudian lumuri menggunakan air perasan jeruk nipis sekaligus campuran garam. Diamkan kurang lebih 10 menit selanjutnya cuci sampai bersih kemudian tiriskan.
2. Potonglah sesuai dengan selera dan jangan lupa menyisakan daging pada bagian tulang jangan sampai dibuang kemudian sisihkan.
3. Selanjutnya air didihkan terlebih dahulu baru masukkan sisa dagingnya.
4. Disamping itu bisa dengan menyiapkan minyak lalu tumis saja bumbu halus sampai benar harum. Tambahkan pula jahe, serai, daun jeruk dan lengkuas lalu tumis kembali.
5. Masukkan saja daging fillet tadi kemudian tumislah bersamaan dengan bumbunya sampai benar meresap dan tercampur merata. Angkat dan masukkan saja dalam rebusan air. Aduk kembali sampai merata didihkan hingga ikannya bisa empuk dan matang. Barulah angkat.
6. Persiapkan nasi hangay semangkuk saja dan tata sawi keriting tadi. Lalu siram menggunakan kuah dengan ikannya.
7. Kini anda sudah bisa menikmatinya bersama dengan sambal dan kecap ikan.

Makanan khas Pontianak ini tidak perlu anda ragukan lagi kelezatannya. Dimana anda bisa mencicipinya hanya dengan memasak sendiri di rumah. Dengan langkah mudah dan praktis membuat siapapun semakin dimudahkan.

Choi Pan Makanan Khas Pontianak

choi pan
image by: kumparan.com

Siapa sangka ternyata masyarakat yang ada di Pontianak paling suka dengan masakan yang lezat. Masyakarat Pontianak banyak sekali yang menyukai kudapan ini. Bahkan banyak yang merasa penasaran dengan cara paling praktis pembuatan choi pan ini. Sebaiknya simak saja uraian dibawah terkait dengan resep pembuatan choi pan khas Pontianak.

Bahan yang diperlukan:
– 200 gram tepung beras
– 30 gram tepung sagu
– ½ sdm minyak sayur
– ¼ sdt garam
– 400 ml air

Bahan untuk isian choi pan:
– 250 gram bengkuang potong kecil panjang
– 5 butir bawang putih rajang halus
– 25 gram ebi rajang halus
– ¼ sdt lada bubuk
– ½ sdt gula pasir
– 2 sdm minyak
– ½ sdt garam

Bahan untuk membuat saus:
– 2 butir bawang putih lembutkan
– 50 gram cabai merah lembutkan
– 2 sdm cuka
– 1 sdt garam
– 250 ml air

Cara paling mudah dalam membuat choi pan khas Pontianak:
1. Pembuatan bahan isi: Persiapkan penggorengannya lalu panaskan minyak sekaligus tumis irisan dari bawang putih sampai tercium bau harum. Jangan lupa menambahkan semua bahan isi sembari diaduk sampai matang kemudian angkat.
2. Pembuatan kulit: Persiapkan panci lalu masukkan saja semua bahan kulit tadi dalam panci. Masak saja sembari diaduk sampai teksturnya ini kental sehingga nanti bisa dengan mudah dibentuk. Angkat kemudian dinginkan terlebih dahulu.
3. Membuat sausnya: mengaduk semua bahan saus sampai tercampur merata.
4. Persiapkan panci yang bisa digunakan untuk mengukus lalu tuangkan air dan masak sampai benar matang. Ambillah adonan kulit sedikit saja kemudian anda bisa masukkan bahan isi dan bentuk adonannya layaknya pastel. Lakukan saja hal ini sampai semua adonan benar habis.
5. Jika semua adonan sudah anda bentuk tentunya bisa dimasukkan dalam kukusan. Kini anda pun bisa mengukusnya sampai benar matang dan angkat.
6. Choi pan khas Pontianak sudah siap untuk disantap.

Ada banyak sekali makanan khas Pontianak yang bisa membuat anda merasa tertarik. Termasuk untuk kudapan lezat choi pan ini. Dengan langkah pembuatan yang terbilang praktis memungkinkan banyak orang bisa membuatnya.

A

Asam Pedas Kepala Ikan dan Nanas

ure style="width: 1260px" class="wp-caption aligncenter">gulai kepala ikan
image by: unileversolutions.com

Kali ini menu masakannya memang mampu menggugah selera makan anda. Mungkin yang suka dengan masakan pedas bisa mencoba olahan makanan khas Pontianak ini. Mungkin anda merasa penasaran dengan langkah pembuatan asam pedas ikan dan nanas ini. Dari pada kebingungan sebaiknya anda menyimak resepnya berikut ini.

Bahan yang dibutuhkan:
– Kepala ikan 1 potong
– Nanas 1 buah
– Bawang putih 2 siung
– Bawang bombay 1 buah
– Cabe merah kering 1 sendok makan
– Asam jawa secukupnya
– Kunyit ½ sendok teh
– Air 1 liter
– Serai 2 batang
– Daun jeruk 3 lembar
– Minyak goreng sekaligus garam secukupnya

Langkah mudah memasak asam pedas kepala ikan dan nanas:
1. Semua bahan seperti halnya bawang putih dan bawang bombay dihaluskan. Selanjutnya minyak goreng panaskan untuk bisa menumis bawang dengan garam, daun jeruk dan serai sampai berbau harum.
2. Jangan lupa masukkan cabe kering yang tadi sudah anda haluskan. Kemudian tumislah sampai benar matang.
3. Kini anda bisa masukkan kepala ikan kemudian aduk. Jangan lupa menambahkan air kemudian tunggu hingga mendidih.
4. Terakhir kalinya masukkan saja potongan nanas sekaligus air asam jawa. Kemudian rebuslah hingga bumbu meresap.
5. Ketika semuanya sudah dipersiapkan tentu saja kini asam pedas kepala ikan dan nanas siap anda sajikan.

Sebetulnya masih banyak sekali makanan khas Pontianak yang bisa anda coba resepnya. Diatas hanya beberapa contoh saja, mungkin sesuai dengan keinginan. Mengapa harus merasa bingung jika memang kudapan lezat Pontianak ini bisa menambahkan porsi makan anda. Segeralah mencoba beberapa masakan yang dirasa sesuai dengan selera.

Komentar Disini