5 Makanan Khas Papua Unik dan Bakal Bikin Ngiler

Makanan Khas Papua

Resepmakanan.ID – Makanan Khas Papua – Berbicara mengenai makanan khas tentunya setiap daerah memiliki masakan tersendiri yang patut dibanggakan. Jika anda datang berkunjung ke Papua sudah seharusnya mencoba kelezatan kuliner khas yang ada disana.

Masakan tersebut diolah dari beragam bahan alami yang mampu memunculkan sajian unik cita rasa lezat. Bagi anda yang belum sempat pergi ke Papua tentunya bisa mencoba memasak sendiri di rumah.

Kali ini sudah tersedia beberapa rekomendasi resep makanan khas Papua yang terbilang unik bahkan membuat anda ketagihan. Menariknya beragam kudapan lezat tersebut juga akan menambah porsi makan. Jika sekarang sudah merasa penasaran dengan beragam resepnya, kita simak saja uraian berikut ini.

Udang selingkuh

udah selingkuh khas papua
image by: sndimg.com

Memang ada banyak sekali rekomendasi makanan khas Papua yang menarik untuk dicoba. Seperti halnya udang selingkuh dimana bahan dan bumbunya mudah anda temui dipasar ataupun supermarket.

Cita rasa dari masakan tersebut tergolong unik dimana rasanya memadukan antara manis dan asam. Nggak kebayang gimana lezatnya masakan udang selingkuh ini. Dari pada penasaran, sebaiknya simak saja resep mudah dalam pembuatannya.

Bahan yang diperlukan:
– Udang selingkuh bersihkan
– Minyak goring secukupnya

Bumbu yang perlu dipersiapkan:
– Gula secukupnya
– Garam secukupnya
– Penyedap rasa seperlunya
– Bawang merah 5 siung
– Bawang putih 3 siung
– Bawang bombay 1 siung cincang halus
– Tomat 1 buah cincang
– Cabai merah 5 buah sesuai selera
– Air asam 1 sendok teh

Langkah mudah dalam memasak udang selingkuh:
1. Haluskan saja bawang merah, bawang putih, cabai merah dan juga tomat.
2. Panas saja minyak goreng kemudian masukkan udang. Sebaiknya anda tumis udang sampai berwarna.
3. Kemudian bawang Bombay masukkan dan oseng sebentar saja. Jangan lupa menambahkan bumbu yang tadinya sudah anda haluskan.
4. Tambahkan pula garam, air asam, penyedap rasa sekaligus saus Bangkok secukupnya. Aduklah sampai semua tercampur merata.
5. Apabila anda merasa bumbunya sudah pas. Angkat kemudian sajikan.

Kelezatan masakan udang selingkuh buatan anda sendiri ini pastinya tak kalah nikmat dengan olahan yang ada di Papua. Mengapa harus pergi jauh ke Papua jika kini anda bisa mencoba membuatnya dengan langkah yang mudah dan praktis.

Ikan Bakar Manokwari

ikan bakar
image by: diabetesfoodhub.org

Makanan khas Papua yang satu ini tak kalah nikmat dengan kudapan lezat lainnya. Dimana ikan bakar yang satu ini menjadi makanan favorite bagi masyarakat. Langkah pembuatan ikan bakar tersebut juga begitu mudah.

Hingga anda bisa menyiapkan segala bumbu maupun bahan yang nantinya akan digunakan untuk memasak ikan bakar manokwari. Sebaiknya anda menyimak resep berikut agar mengerti cara memasaknya.

Bahan yang diperlukan:
– Ikan tongkol 1 ekor
– Air jeruk lemon 1 sendok makan
– Garam ½ sendok makan

Bumbu yang perlu ditumbuk kasar:
– Bawang merah 8 butir
– Cabai rawit merah 8 butir
– Garam ½ sendok teh
– Gula pasir ¼ sendok teh

Langkah mudah memasak ikan bakar manokwari:
1. Ikan tongkol bisa anda lumuri dengan garam sekaligus air jeruk lemon. Selanjutnya diamkan kurang lebih selama 15 menit.
2. Selanjutnya ikan tongkol pun bisa anda bakar sembari bolak- balikkan saja sampai benar matang.
3. Ketika sudah matang sebaiknya anda angkat dan jangan lupa menaburinya dengan campuran bumbu yang ditumbuk kasar tadi.

Kelezatan masakan ikan bakar manokwari ini seakan menambah selera makan kita. Dengan cita rasa yang khas dan rasa yang lezat seakan mampu menambah porsi makan menjadi semakin banyak. Anda pun merasa ketagihan ingin memasaknya lagi esok hari.

Papeda khas Papuaigure style="width: 1701px" class="wp-caption aligncenter">papeda
image by: wikimedia.org

Berbicara mengenai makanan khas Papua memang banyak sekali ragamnya. Kali ini kita pun akan membahas mengenai resep masakan yang namanya papeda. Pastinya banyak yang merasa penasaran dengan cita rasa olahan ini.

Apalagi sering sekali anda menemui makanan tersebut di internet. Hingga akhirnya anda berencana untuk membuatnya sendiri. Simak saja resep pembuatan papeda berikut ini:

Bahan yang diperlukan:
– Tepung sagu 100 gram
– Air 1000 cc
– Garam 1/2sdt
– Gula ½ sdt

Langkah mudah pembuatan papeda:
1. Pergunakan panci untuk cairkan tepung sagu bersama dengan 300 cc air.
2. Selanjutnya tambah dengan garam dan gula sesuai dengan selera.
3. Pada panci yang terpisah sebaiknya anda mendidihkan air 700 cc.
4. Tuangkan saja air mendidih pada panci larutan sagu. Aduk saja sampai benar matang dan warnanya pun berubah menjadi putih bening.
5. Kini papeda sudah siap anda hidangkan.

Unik sekali memang tampilan dari masakan papeda ini. Kini anda pun bisa menyajikannya dengan beragam makanan pendamping yang lain. Tampilan yang unik bahkan cita rasa yang berbeda tentu membuat siapapun tertarik untuk mencobanya.

Ikan Kuah Kuning Makanan Khas Papua

gure style="width: 1260px" class="wp-caption aligncenter">ikan bakar
image by: epicurious.com

Siapapun orangnya tentu saja begitu suka dengan olahan ikan. Kali ini makanan khas Papua yang patut anda coba yakni ikan kuah kuning dengan cita rasanya yang gurih. Apalagi cabai rawit yang dipergunakan ini utuh dengan daun kemangi maupun perasan jeruk nipis hingga menampilkan masakan dengan cita rasa pedas, nikmat bahkan segar.

Mungkin banyak yang tidak sabar ingin mengetahui langkah cara memasaknya. Dari pada penasaran sebaiknya simak resep praktisnya berikut ini.

Bahan yang dibutuhkan:
– Ikan tongkol 500 gram
– Daun kemangi secukupnya
– Jeruk nipis 1 buah peras airnya
– Cabai rawit hijau
– Daun salam 2 lembar
– Serai 1 batang
– Air 700 ml
– Minyak goreng 2 sdm
– Garam secukupnya
– Gula secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:
– Bawang putih 3 siung
– Bawang merah 6 buah
– Kemiri 3 buah sangria
– Jahe 2 cm
– Kunyit 2 cm
– Air

Langkah mudah membuat ikan kuah kuning khas Papua:
1. Terlebih dahulu persiapkan wajan untuk panaskan minyak goreng kemudian masukkan bumbu halus, daun salam sekaligus serai. Tumislah sampai bumbunya matang serta berbau harum.
2. Tambahkan pula air kemudian aduk dan masak sampai benar mendidih.
3. Masukkan ikan, garam, gula sekaligus cabai rawit. Kemudian masak sampai ikannya matang.
4. Sebelum anda angkat masakan, sebaiknya tambahkan jeruk nipis sekaligus daun kemangi dan aduklah sampai merata.
5. Kini ikan kuah kuning pun siap dihidangkan.

Betapa nikmatnya olahan masakan ikan kuah kuning yang satu ini. Dimana siapapun tentu saja bisa membuat sendiri di rumah dengan resep yang telah tersedia kini. Tanpa harus pergi jauh ke Papua, hidangan lezat tetap bisa dinikmati.

Sate Ulat Sagu

gure style="width: 600px" class="wp-caption aligncenter">sate ulat sagu
image by: idntimes.com

Ulat sagu memang mempunyai banyak kandungan protein yang terbilang tinggi. Inilah mengapa banyak masyarakat tertarik untuk mengolah ulat tersebut. Kali ini ulat sagu dibuat menjadi masakan sate dengan cita rasa lezat dan nikmat.

Pasti banyak yang merasa penasaran dengan langkah membuatnya. Sebaiknya anda menyimak resep praktis pembuatan sate ulat sagu berikut ini.

Bahan yang dibutuhkan:
– Ulat sagu seperlunya
– 1 buah jeruk nipis ambil airnya
– Tusuk sate secukupnya

Bahan untuk sambal kecap:
– 5 sdm kecap manis
– 6 butir bawang merah
– 2 siung bawang putih
– 5 buah cabai rawit merah

Cara praktis membuat sate ulat sagu:
1. Persiapkan ulat sagu kemudian cuci sampai bersih dan tiriskan.
2. Masukkan saja ulat sagu pada sebuah wadah yang bersih kemudian masukkan air jeruk nipis. Aduk sampai ulatnya bisa berbalut dengan air jeruk.
3. Ambillah 1 buah tusuk sate kemudian tusukan saja beberapa ulat sagu. Lakukan saja sampai ulat sagu benar habis dan sisihkan.
4. Persiapkan terlebih dahulu alat pembakaran yakni grill pan kemudian panaskan.
5. Kini ulat sagu bisa anda bakar diatas panggangan hingga matang. Angkat kemudian sisihkan.
6. Pembuatan sambal juga mudah sekali yakni iris bawang putih, bawang merah sekaligus cabai rawit sesuai dengan selera dan masukkan dalam sebuah wadah.
7. Jangan lupa menambahkan kecap manis kemudian aduk.
8. Kini sate ulat sagu sudah siap anda sajikan bersama sambal kecap.

Sebetulnya masih banyak sekali makanan khas Papua yang menarik untuk anda cicipi. Dimana anda bisa mencoba memasak sendiri olahan makanan khas dari Papua dengan resep yang sudah ada. Apalagi masakannya mempunyai cita rasa yang lezat dengan tampilan unik sekali.

Komentar Disini