5 Makanan Khas Palembang Paling Populer Rasa Nan Menggoda

Makanan Khas Palembang

Resepmakanan.ID – Palembang bukan hanya menarik berkat tempat wisatanya namun ada pula beragam makanan khas Palembang yang terbilang lezat dan nikmat. Bagi anda yang menjadi penikmat kuliner, jangan sampai lewatkan mencicipi makanan khasnya.

Mungkin anda lebih sering mengenal pempek sebagai salah satu makanan khas dari kota Palembang.

Namun sebetulnya masih banyak sekali makanan lezat yang bisa anda cicipi. Bahkan tak perlu lagi pergi jauh kesana hanya untuk menikmati kulinernya.

Berikut 5 Makanan Khas Palembang yang Enak dan Lezat

Kini anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah dengan resep yang sudah ada. Inilah berbagai macam makanan khas Palembang yang patut anda ketahui. Di antaranya:

1. Mie Celor

mie celor
Image by: detik.net.id

Makanan khas Palembang ini biasanya berupa mie nan lembut yang di sajikan bersama dengan kaldu ebi dan campuran kuah santan. Ukuran dari mie yang sering di pergunakan memang lebih besar dengan tekstur yang lembut.

Cara membuat mie celor ini mudah sekali bahkan semuanya saya rasa bisa memasaknya. Ikuti saja berbagai langkah berikut ini untuk memasak mie celor khas Palembang.

Resep mie celor khas Palembang
Bahan yang di butuhkan:
– Udang 300 gram kupas dan sisakan bagian ekor
– Air jeruk limau 1 sdt
– Mie basah 250 gram seduh
– Kecambah 100 gram seduh
– Telur rebus 3 butir potong-potong
– Kucai 6 batang iris sampai halus
– Bawang goreng 5 sdm

Bahan untuk kuah:
– Bawang putih 4 siung haluskan
– Bawang merah 4 siung haluskan
– Ebi 2 sdm haluskan
– Serai 1 batang geprek
– Daun jeruk 1 lembar
– Jahe 1 cm geprek
– Seledri 1 batang
– Kecap asin 1 sdm
– Kaldu udang 1250 ml
– Gula pasir ¼ sdt
– Santan 250 ml
– Merica bubuk ½ sdt
– Garam 1 sdm
– Air jeruk limau 1 sdt
– Tepung sagu 2 sdm encerkan dengan air 50 ml
– Telur 2 butir kocok lepas

Cara membuat mie celor khas Palembang
1. Aduk air jeruk limau dan juga udang kemudian diamkan 15 menit
2. Air 1500 ml di didihkan kemudian masukkan kulit udang dan angkat.
3. Tumislah bumbu halus dan masukkan jahe, serai maupun daun jeruk. Tumis sampai berbau harum dan jangan lupa masukkan udang. Aduk kembali sampai berubah warnanya.
4. Kaldu udang di masukkan tambah dengan garam, santan, merica, gula, daun bawang rebus dan daun sop. Masak hingga udangnya matang.
5. Telur mentah di masukkan lalu aduk sampai berbutir dan tambahkan dengan kecap asin, air jeruk limau. Aduk sampai benar matang. Kentalkan saja dengan larutan tepung sagu dan di aduk sampai meletup-letup.
6. Mie dan taoge di sendokkan dalam mangkung. Tambah dengan potongan telur rebusnya. Siramkan kuah panas dan tabor dengan bawang goreng dan juga kucai. Tambah juga dengan sambal cabe rawit apabila menginginkan rasa pedas.
7. Kini mie celor siap untuk di sajikan.

Praktis sekali langkah cara pembuatan mie celor khas Palembang ini. Kini anda pun bisa menikmati kuliner lezat hasil masakan sendiri.

2. Tekwanp>tekwan

Ada lagi salah satu makanan khas Palembang yang sudha popular di kalangan masyarakat yakni Tekwan. Makanan tersebut biasanya menggunakan ikan tenggiri. Daging ikan nantinya akan di bentuk menjadi bulatan yang kecil kemudian di balur dengan tepung tapioca yang nantinya akan di rebus bersama dengan kuah udang. Tak perlu pergi jauh ke Palembang jika ingin mencicipi kelezatan tekwan khas Palembang.

Kini anda sudah bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah untuk menu tekwan khas Palembang ini. Untuk lebih jelasnya ikuti saja langkah cara membuat tekwan berikut ini:

Bahan yang perlu di persiapkan:
– Ikan tenggiri giling 300 gram
– Tepung sagu 1 sendok makan
– Garam 1 sendok teh
– Gula pasir ¼ sendok teh
– Air bersih secukupnya
– Telur 1 butir

Bahan untuk kuah:
– Udang kupas bagian kulitnya 100 gram
– Kaldu udang 400 ml
– Jamur kuping 10 gram seduk air panas
– Bunga sedap malam 10 gram seduh air
– Bengkuang 150 gram iris dengan memanjang
– Garam 2 sendok teh
– Gula ¾ sendok teh
– Sohun 25 gram rendam air panas
– Cuka ½ sendok teh
– Bawang merah goreng sebagai taburan
– Seledri 1 tangkai cincang
– Minyak goreng ½ sendok makan

Bumbu halus yang perlu di persiapkan:
– Bawang putih 4 siung
– Bubuk merica ½ sendok teh

Cara praktis membuat tekwan

1. Cara membuat bola daging ikan: campurkan ikan giling bersamaan dengan gula pasir, garam dan juga putih telur. Kemudian aduk semuanya sampai merata. Jangan lupa menambahkan tepung sagu aduk kembali sampai rata.

Ambillah sedikit adonannya dengan sendok kemudian buat menjadi bentuk bola. Jika sudah rebus saja bola ikan ini dalam air yang mendidih. Tunggu saja sampai bola ikannya mampu mengapung dan juga matang baru kemudian angkat. Lakukan saja sampai adonan bola ikan tersebut habis.

2. Cara membuat kuah: tumis saja semua bumbu yang telah di haluskan sampai baunya harum. Lalu masukkan udang ke dalam tumisan bumbu ini dan aduk sampai udangnya bisa berubah warna.

Tuangkan juga kaldu udang dalam tumisannya dan masak saja sampai mendidih. Jangan lupa untuk menambahkan jamur kuping, garam, bunga sedap malam, gula pasir dan juga irisan bengkoang. Aduklah sebentar saja dan masukkan soun maupun cuka. Aduk kembali sampai tercampur merata dan masak hingga matang.

3. Ambil saja beberapa bola ikan kemudian siram bola ikan tadi dengan kuah tekwan dan jangan sampai lupa menaburinya bawang goreng.

4. Kini tekwan sudah siap untuk di sajikan selagi masih hangat.

Ternyata mudah sekali langkah cara pembuatan tekan ini. Memang sekilas hamper sama dengan bakso. Tetapi rasa dari tekwn ini lebih nikmat dan membuat anda merasa ketagihan untuk menyantapnya.

3.

3. Pindang Patin

g class="aligncenter size-full" src="https://1.bp.blogspot.com/-0a-710RKoUA/VtxZleus3GI/AAAAAAAAAqk/K_YYjYSSrX0/s1600/Pindang-ikan-Patin-palembang.jpg" alt="pindang patin" width="1300" height="835" />

Makanan khas Palembang berupa pindang patin ini juga menjadi salah satu makanan yang sudah popular di sana. Ikan yang menjadi pilihan tentu saja ikan patin yang berukuran besar sehingga soal rasa tak perlu di ragukan lagi. Ikan tersebut bisa di olah menjadi beragam masakan yang lezat dan juga nikmat. Salah satunya jika anda ingin memasaknya menjadi pindang patin.

Tak perlu pergi jauh ke kota Palembang hanya untuk menikmati kelezatan pindang patin ini. Namun kini anda bisa memanjakan lidah dengan membuatnya sendiri di rumah. Cobain saja resep pembuatannya berikut ini:

Bahan yang perlu di persiapkan:
– Ikan patin 1 kg

Bumbu yang perlu di haluskan:
– Bawang merah 7 butir
– Cabe merah 10 buah
– Kunyit 1 ruas
– Jahe 1 ruas

Bumbu geprek:
– Daun salam 2 lembar
– Serai 1 batang
– Lengkuas 1 ruas
– Daun jeruk 2 lembar
– Asam matang 2 biji
– Terasi 1 sdm
– Garam dan gula secukupnya
– Air seperlunya

Cara mudah membuat pindang patin khas Palembang
1. Bumbu halus di masukkan dalam panic
2. Tambah dengan air dan bumbu geprek kemudian aduk hingga merata
3. Tambah pula dengan garam dan gula
4. Potongan ikan di masukkan dalam panci
5. Masak saja hingga ikannya hingga matang
6. Angkat dan pindang patin sudah siap di sajikan

Kini anda pun sudah bisa menikmati kelezatan pindang patin makanan khas Palembang yang mungkin ingin anda nikmati. Pastinya hasil masakan anda sendiri ini tak kalah nikmat dengan masakan yang berada di sana.

4.

4. Pempek Panggang

e style="width: 1861px" class="wp-caption aligncenter">makanan khas palembang pempek palembang
Image by: rasamasa.com

Iika berbicara mengenai kota Palembang, tak lengkap rasanya tanpa adanya makanan pempek. Kali ini kita akan mencoba resep pempek panggang. Dari segi namanya memang tergolong unik apalagi dengan cara memasaknya tentu saja lebih unik.

Apabila anda merasa penasaran dengan cara membuat pempek panggang ini. Ikuti saja langkah pembuatannya berikut ini:

Bahan pempek panggang Palembang:
– Ikan tenggiri yang sudah digiling 500 gram
– Air 275 ml
– Garam 3 ½ sendok teh
– Gula pasir 4 sendok teh
– Minyak goreng 1 sendok makan
– Putih telur 2 butir
– Tepung sagu 225 gram

Bahan untuk isian:
– Ebi 100 gram sangria dan haluskan
– Cabai rawit hijau 100 gram haluskan
– Kecap manis 100 ml

Cara praktis membuat pempek panggang
1. Ikan tenggiri giling, garam, air, gula pasir, putih telur dan minyak goreng di uleni sampai merata. Kemudian tambah dengan tepung sagu dan aduk kembali sampai merata.
2. Bentuk saja menjadi bulat pipih. Pangganglah dalam wajan kemudian bolak-balik di atas nyala api kecil sampai benar matang.
3. Ambil saja pempek dan belah namun jangan sampai putus. Berikan isiannya.
4. Sajikan selagi masih hangat.

Tentu saja pempek panggang ini tak kalah nikmat dengan makanan lezat lainnya. Kini anda sudah bisa mencobanya dengan membuat sendiri di rumah. Tak perlu ragu untuk berkreasi sendiri memasak pempek panggang khas Palembang ini.

5. C

5. Celimpungan

class="aligncenter size-full wp-image-2255" src="https://resepmakanan.id/wp-content/uploads/2019/04/Celimpungan_makanan_khas_palembang.jpg" alt="Celimpungan_makanan_khas_palembang" width="620" height="450" srcset="https://resepmakanan.id/wp-content/uploads/2019/04/Celimpungan_makanan_khas_palembang.jpg 620w, https://resepmakanan.id/wp-content/uploads/2019/04/Celimpungan_makanan_khas_palembang-300x218.jpg 300w, https://resepmakanan.id/wp-content/uploads/2019/04/Celimpungan_makanan_khas_palembang-324x235.jpg 324w, https://resepmakanan.id/wp-content/uploads/2019/04/Celimpungan_makanan_khas_palembang-579x420.jpg 579w" sizes="(max-width: 620px) 100vw, 620px" />

Makanan khas Palembang yang satu ini juga tak kalah nikmat dengan makanan yang lainnya. Celimpungan yang satu ini berasal dari tepung yang telah di campur dengan ikan tenggiri yang kemudian di masak dan juga di sajikan bersama dengan lontong.

Sekilas jika kita melihat bentuknya memang hampir mirip dengan pempek. Hanya saja perbedaan berada pada bentuk dan juga kuahnya.

Supaya anda tidak merasa penasaran lagi dengan lezatnya makanan khas Palembang ini. Kini anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah dengan resep yang sudah tersedia. Adapun untuk resepnya yakni sebagai berikut:

Bahan yang di butuhkan:
– Ikan tenggiri 400 gram
– Tepung kanji 100 gram
– Garam 2 sdt
– Gula pasir 1 sdt
– Air matang secukupnya
– Minyak goreng 3 sdm

Bumbu yang perlu dihaluskan:
– Bawang merah 8 butir
– Bawang putih 6 siung
– Kemiri 6 butir sangria
– Ketumbar 1 ½ sdt sangrai
– Jintan 1 sdt sangrai
– Kunyit 2 cm sangrai
– Daun salam 4 lembar
– Laos 2 cm memarkan
– Jahe memarkan
– Cengkih 3 butir
– Santan kelapa 100 ml
– Gula secukupnya
– Garam secukupnya
– Bawang merah goreng

Cara praktis membuat Celimpungan khas Palembang
1. Membuat adonan ikan: campurkan saja semua bahan untuk adonan ikan kemudian aduk hingga merata. Jangan lupa menambahkan minyak goreng. Kemudian uline saja sampai kalis dan bentuklah adinan ikan menjadi bola ikan dengan bentuk pipih dan memanjang. U masak saja dalam air mendidih sampai benar matang. Angkatlah bola ikan tadi kemudian tiriskan dan juga sisihkan.
2. Membuah kuah celimpungan: persiapkan minyak yang telah di panaskan. Kemudian tumis saja jahe, lengkuas, daun salam, cengkih serta bumbu yang telah di haluskan. Jangan lupa menambahkan santan, garam, gula pasir secukupnya saja. Lalu aduk sampai merata dan masak sampai santannya bisa mengental.
3. Ketika santan telah mengental lalu masukkan bola ikan dalam kuah celimpungan. Aduk kembali sampai benar meresap dan santannya mendidih kembali.
4. Angkat saja lalu tuangkan dalam mangkok saji. Jangan lupa menambahkan taburan bawang goreng pada bagian atasnya.
5. Kini celimpungan enak pun siap untuk di sajikan.

Sebetulnya masih banyak sekali makanan khas Palembang yang kini bisa anda nikmati. Di atas hanya sebagian saja dan semoga dengan adanya resep tersebut bisa mengobati rasa penasaran anda akan makanan khas Palembang yang lezat dan nikmat.

Komentar Disini