5 Makanan Khas Padang yang Nikmat dan Lezat

Makanan Khas Padang

Kalimat.ID – Merupakan salah satu negara yang banyak memiliki kuliner terbaik salah satunya makanan khas Padang. Dimana kuliner yang asli dibuat oleh koki-koki sandal dari provinsi Sumatera Barat tersebut memiliki banyak sekali jenis untuk dinikmati.

Ciri khas masakan Padang tentu saja terletak pada sisi rasa dan juga aromanya. Karena dominasi pedas dengan balutan gurihnya santan tentunya akan menggugah selera makan Anda ketika mengunjunginya. Orang Sumatera sendiri menyebut jika semua kuliner khas dari Padang tersebut dengan nama kuliner Minangkabau.

Kekuatan rasa dari semua jenis kuliner Minang Kabau memang terdapat pada racikan bahan dasar dengan bumbu yang sudah turun dari nenek moyang. Kebanyakan tukang masak yang meracik bumbu masakan Padang menggunakan rempah-rempah sebagai penguat citra rasanya.

Untuk menikmati masakan Padang, tentu saja Anda sebagai salah satu pecinta kuliner tidak akan kesulitan lagi dan tidak harus berkunjung ke sana. Karena sudah terdapat beberapa restoran Padang tersebar di seluruh penjuru nusantara. Anda bisa langsung mengunjungi dan mencicipi semua masakan yang memiliki aroma khas tersendiri tersebut.

5 Jenis Masakan Khas Padang dan Keunikan Dari Masakannya

Sebagai salah satu referensi makanan apa yang sangat layak Anda coba cicipi, berikut ini merupakan beberapa makanan khas Padang yang sampai saat ini menjadi salah satu masakan terkenal di seluruh dunia.

1. Rendang

rendang
IMage by: mesinbawang.com

Makanan khas Padang yang pertama yang juga populer di kalangan masyarakat Indonesia yaitu masakan rendang. Menjadi salah satu masakan yang unik karena setelah disajikan masakan rendang bisa dinikmati dan disimpan selama satu minggu lamanya.

Karena di dalam kantong terdapat kaya rempah yang membuatnya bisa bertahan lama dan tidak cepat basi. Sebetulnya cara membuat rendang makanan khas Padang ini begitu mudah sekali.

Anda hanya perlu mempersiapkan semua bahan maupun bumbu yang dibutuhkan. Supaya lebih jelasnya lagi, ikuti saja berbagai langkah berikut ini:

Bahan yang di butuhkan:
– Daging sapi 1 kg
– Bawang merah 15 butir
– Cabai merah keriting 10 buah
– Bawang putih 8 butir
– Kunyit ½ ibu jari
– Jahe 1 ibu jari
– Lengkuas 3 ibu jari
– Daun jeruk 3 lembar
– Asam kandis 1 lembar
– Daun salam 4 lembar
– Serai 2 batang di geprek
– Kelapa 2 buah dijadikan santan kemudian peras secara manual
– Bumbu rendang cepat saji 1 bungkus
– Garam 1 sdm
– Bawang merah di iris dan di goreng 7 siung

Langkah cara memasak rendang:

1. Haluskan saja bawang putih, bawang merah, kunyit, lengkuas, jahe, cabai menggunakan blender
2. Panaskan wajannya terlebih dahulu lalu tumis saja semua bumbu yang telah di haluskan tadi bersama dengan daun salam, daun jeruk, serai yang sudah di geprek bahkan garam. Jika sudah tumislah sampai berbau harum
3. Ketika sudah berbau harum lalu masukkan saja santan dan asam kandis. Aduklah sampai merata kemudian masukkan daging aduk terus sampai dagingnya bisa empuk, kuah semakin mengental dan tentunya semakin mengering
4. Ketika hampir dalam keadaan kering, anda bisa menambahkan bawang goreng
5. Rendang pun kini sudah siap untuk di santap

Rendang merupakan salah satu masakan yang dimasak secara berulang-ulang dengan mencampurkan santan kelapa dan diaduk sampai berwarna hitam pekat. Rendang yang dimasak dalam waktu yang cepat dengan santan yang masih banyak biasanya disebut dengan kalio. Warnanya condong kecoklatan terang dan agak berwarna keemasan.

Ciri khas dari masakan rendang yaitu dimasak dalam jumlah besar ketika bulan Romadhon dan juga hari raya Idul Fitri. Karena tujuannya pada saat peringatan hari besar agama Islam tersebut, bisa dinikmati dengan semua keluarga tanpa harus menunggu masakan matang dalam waktu yang lama.

<

2. Gulai Toco (Tauco)

gulai toco
Image by: Cookpad.com

Gulai Toco atau yang lebih dikenal dengan nama gulai Tauco merupakan makanan khas Padang selanjutnya yang tentunya mengundang selera makan. Memiliki bahan utama buncis dan beberapa potongan udang, tempe dan tahu yang didominasi dengan bumbu penyebab apa yang dinamakan tauco. Biasanya masakan tersebut menggunakan bumbu maupun rempah khas Padang sehingga rasa yang di hasilkan pun juga begitu lezat.

Kali ini bagi anda yang merasa penasaran ingin membuat sendiri makanan khas Padang berupa Gulai Toco ini. Inilah resep dari masakan Gulai Toco yang perlu anda ketahui:

Bahan yang di butuhkan:
– Tauco 8 sendok makan
– Udang di kupas 300 gram
– Tahu coklat goreng 8 buah
– Buncis iris tipis 150 gram
– Santan kelapa 700 ml
– Daun salam 5 lembar
– Daun jeruk 5 lembar
– Serai 2 batang memarkan
– Lengkuas 4 cm memarkan
– Gula pasir 2 sendok teh
– Lada bubuk 1 sendok teh
– Garam secukupnya
– Minyak goreng untuk menumis
– Penyedap rasa secukupnya

Bumbu yang di butuhkan:
– Cabe rawit 8 buah iris serong
– Cabe hijau 15 buah iris serong
– Bawang merah 10 buah iris tipis
– Bawang putih 8 siung iris tipis
– Tomat 3 buah iris tipis

Langkah cara pembuatan:

1. Panaskan terlebih dahulu minyak goreng pada sebuah wajan sampai mendidih. Kemudian tumis bumbu irisanny bersama dengan daun jeruk, daun salam, serai dan lengkuas sampai berbau harum. Baru kemudian masukkan saja udangnya aduk hingga merata dan udang pun bisa berubah warna
2. Masukkan saja santan kelapa dan juga tauco kedalamnya. Aduk sampai semua tercampur hingga merata.
3. Jika sudah mendidih kemudian di masukkan buncis maupun tahu ke dalamnya. Masak saja sampai kuahnya mampu mengering
4. Apabila makanan khas Padang ini sudah matang, maka masakan khas padang pun siap di hidangkan

Banyak sekali penikmat Gulai Toco menyebutkan jika masakan ini merupakan masakan lezat dan juga menyehatkan. Karena didominasi oleh sayur-sayuran. Pada saat memesan masakan ini, para pecinta kuliner melakukan reques apakah masakannya dibuat pedas atau hanya sedang saja. Bagi yang suka masakan pedas, Gulai Toco bisa ditambahkan cabai dalam jumlah tertentu untuk menikmati kelezatannya.

<

3. Ikan Balado

ikan balado
Image by: YT

Balado merupakan racikan sambal asli dari Sumatera Barat yang lebih dikenal sebagai salah satu sambal populer dari daerah Minang. Semua restoran yang terdapat di padang sejauh ini memang mengandalkan resep balado sebagai ciri khas dari masakannya.

Ikan balado merupakan masakan yang memiliki rasa pedas manis dan membuat para para penikmatnya menjadi lebih berselera makan. Selain banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, ikan balado juga terkenal dan banyak dinikmati oleh beberapa wisatawan dari negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

Namanya ikan balado maka memasaknya pun menggunakan sambal balado yang sekarang ini sudah begitu popular sekali. Balado ini sebetulnya hanyalah tumisan dari cabe giling dengan beraga rempah yang kemudian di masak bersamaan dengan bahan utama. Apabila anda tertarik untuk membuat ikan balado masakan khas Padang. Ikuti saja langkah pembuatannya seperti di bawah ini:

Bahan dan bumbu yang di butuhkan
– Ikan kembung 4 ekor
– Air asam jawa 2 sdm
– Bawang bombay1 buah iris
– Lengkuas 2 cm geprek
– Daun jeruk 2 lembar
– Tomat 1 buah iris
– Air 100 ml
– Cabe merah besar 8 buah haluskan
– Bawang merah 7 butir haluskan
– Garam ½ sdt
– Penyedap rasa ½ sdt
– Merica ¼ sdt
– Gula pasir ½ sdt
– Buah belimbing sayur 2 buah
– Minyak goring untuk menumis

Cara membuat ikan balado

1. Bersikan terlebih dahulu jeroan dari ikannya kemudian cuci sampai bersih jangan lupa lumuri dengan air belimbing wuluh. Diamkan saja selama kurang lebih 10 menit baru goreng menggunakan minyak yang panas sampai benar matang. Jika sudah angkatkan kemudian tiriskan.
2. Panaskan saja sedikit minyak kemudian tumis bawang merah, cabe merah serta daun jeruk maupun lengkuas hingga berbau wangi. Jangan lupa menambahkan bawang bombay dan tomat. Kemudian masukkan saja air asam jawa, air, merica, bubuhi dengan garam, penyedap dan gula pasir. Aduklah sampai semua tercampur merata kemudian lanjutkan kembali untuk memasaknya sampai mendidih dan bumbunya bisa mengental.
3. Masukkan saja ikannya lalu aduk sampai merata dan matikan apinya. Angkat kemudian hidangkan dalam piring saji.

Begitu mudah sekali ternyata cara pembuatan ikan balado khas Padang ini. Siapapun orangnya tentu saja bisa dengan mudah memasaknya sendiri di rumah.

4

4. Cancang

ure style="width: 1280px" class="wp-caption aligncenter">Gulai cancang
Image by: YT

Masakan khas Padang berikutnya yaitu cancang. Jantung merupakan salah satu masakan yang memakai bahan dasar cabai merah giling dengan santan kental sebagai penambah citra rasa. Biasanya daging yang dipakai dalam masakan cancang bisa diutuhkan atau dipotong kecil-kecil. Bahan dasar daging yang dipakai adalah daging kambing.

Untuk menikmati masakan cancang, penikmat kuliner memang harus menunggu sedikit lama. Karena proses memasaknya memang menunggu daging supaya lebih empuk. Masakan ini tergolong satu kuliner yang banyak digemari oleh sebagian besar masyarakat Sumatera Barat.

Jika kini anda ingin menikmati kelezatan masakan khas Padang bernama Cancang ini. Ikuti saja langkah pembuatannya seperti ini.

Bahan yang di persiapkan:

– Daging kambing 500 gram di cincang
– Air 1 liter
– Minyak 3 sdm untuk menumisnya

Bumbu yang di haluskan:

– Bawang merah 10 butir
– Bawang putih 6 siung
– Cabai merah keriting 100 gram
– Merica ½ sdt
– Jahe 3 cm
– Lengkuas 3 cm
– Biji pala ½ buah
– Ketumbar ½ sdt sangria
– Jintan ¼ sdt sangria
– Garam 2 sdt
– Gula pasir 1 sdt

Bumbu rempah-rempah:

– Asam kandis 2 buah
– Serai 2 batang memarkan
– Pekak 1 buah
– Daun salam 3 lembar
– Daun jeruk 2 lembar
– Daun kunyit ½ lembar
– Kapulaga 2 buah
– Kayu manis 2 cm
– Santan kental 300 ml

Cara memasak Cancang:

1. Rebuslah air sampai mendidih kemudian daging kambing pun di masak sampai benar empuk kemudian angkat dan tiriskan. Jika sudah potonglah menjadi bentuk dadu. Sisihkan saja kaldu dagingnya.
2. Tumislah bumbu halus bersamaan dengan bumbu yang lainnya hingga berbau harum. Jangan lupa menambahkan air kaldu baru kemudian di aduk sampai benar mendidih.
3. Tuangkan saja santannya kemudian aduk terus hingga mendidih. Masukkan potongan daging tadi dan masak diatas nyala api kecil sampai kuahnya agak kental. Baru angkat.
4. Kini masakan cancang pun siap untuk di sajikan.

Ternyata begitu mudah sekali cara membuat cancang masakan khas Padang ini. Semoga saja dengan adanya resep diatas bisa menginspirasi anda yang berkeinginan memasaknya sendiri di rumah.

5. Gul

5. Gulai Banak

tyle="width: 1200px" class="wp-caption aligncenter">gulai banak
Image by: wikimedia.org

Gulai Banak merupakan salah satu makanan unik yang berasal dari Padang. Makanan tersebut berbahan utama otak sapi. Selama ini otak sapi memiliki banyak sekali kandungan vitamin yang berfungsi sebagai penambah stamina tubuh.

Karena memiliki bahan dasar otak sapi, biasanya pemesanan makanan adalah penikmat kuliner yang sudah ketagihan oleh rasa masakan ini. Karena tekstur otak sapi yang sangat lembut memang begitu lumer ketika masuk ke dalam mulut. Karena olahan dari koki yang ahli, sehingga otak sapi tersebut bisa dinikmati seperti kita memakan kikil sapi.

Mungkin sekarang ini anda merasa penasaran sekali dengan cara pembuatan masakan khas Padang bernama Gulai Banak ini. Dengan memperhatikan resep yang ada maka masakan pun bisa anda sajikan.

Bahan yang di butuhkan:

– Otak sapi 1 potong
– Daun mangkok 10 lembar
– Serai 1 batang
– Daun kunyit 1 lembar
– Asam kandis 2 potong
– Daun jeruk purut 2 lembar
– Santan 700 cc

Bumbu halus:

– Cabe merah keriting 15 buah
– Bawang merah 12 siung
– Kunyit 3 cm
– Jahe 2 cm
– Lengkuas 2 cm

Cara membuat:

1. Rajang sampai halus daun mangkok yang tersedia baru diremas-remas dengan garam 1 sendok makan. Diamkan terlebih dahulu selama beberapa menit kemudian cuci sampai bersih dan tiriskan.
2. Air direbus sampai mendidih kemudian masukkan saja otak kedalamnya selama 5 menit saja. Kemudian angkat. Buanglah kulit ari maupun urat darahnya baru kemudian saat sudah bersih potonglah menjadi bentuk dadu.
3. Campurkan semua santan bersama dengan bumbu baru masaklah hingga mendidih dan jangan lupa mengaduknya selama beberapa kali.
4. Masukkan saja daun mangkokan. Biarkan sebentar saja hingga daunnya menjadi layu.

Baru anda bisa memasukkan otaknya. Ketika santannya telah mendidih maka anda bisa mengangkat dan menghidangkannya.

Itulah beberapa jenis makanan khas Padang yang bisa anda nikmati. Semoga dengan beberapa penjelasan di atas akan menambah wawasan mengenai jenis kuliner yang bisa anda nikmati ketika mengunjungi restoran Padang. Selamat mencobanya!

Komentar Disini