5 Resep Makanan Khas Medan Paling Populer

Makanan Khas Medan

Resepmakanan.ID – Setiap daerah tentu saja mempunyai makanan khas tersendiri yang mampu membedakannya dengan kota yang lainnya. Kali ini kita akan membahas mengenai makanan khas Medan yang sudah popular di tengah kita.

Medan memang bukan hanya pesona alamnya saja yang memikat namun ternyata kulinernya juga terkenal lezat dan juga nikmat.

Kurang lengkap rasanya jika kita pergi ke Medan tanpa mencicipi kuliner lezat yang berada di sana. Buat anda yang tidak sempat berkunjung kesana cukup dengan membuat sendiri di rumah beberapa resep makanan yang memang anda inginkan.

Daftar Makanan Khas Medan nan Enak dan Lezat

Apabila anda merasa penasaran dengan berbagai macam resep makanan khas Medan. Ada baiknya perhatikan rekomendasi makanan lezatnya sekaligus resep yang sudah tersedia. Di antaranya:

1. Soto Udang

makanan khas medan soto udang
Image by: Cookpad.com

Makanan khas Medan ini ternyata menggunakan bahan dasar berupa udang. Soto khas Medan ini memang mempunyai keunikan tersendiri yang mampu membedakannya dengan yang lain.

Sebab daging udang maupun daging ayam yang dipergunakan sebelumnya di bakar dulu hingga akhirnya di rebus. Tentunya anda pun merasa penasaran sekali dengan cita rasa makanan khas Medan yang satu ini.

Apabila anda merasa tertarik untuk mencicipi kelezatan masakan soto udang. Kini anda pun bias membuatnya sendiri di rumah. Supaya anda tidak merasa bingung lagi dengan resepnya, ikuti saja langkah pembuatannya berikut ini:

Bahan yang di butuhkan:
– 750 gram udang yang masih segar
– Sunkara 1 sachet

Bahan pelengkap:
– Jeruk nipis
– Bawang goreng
– Kecap manis
– Sambal
– Daun bawang iris

Bumbu yang digeprek:
– 3 batang serai
– 2 cm lengkuas
– Daun jeruk purut 5 lembar
– Daun salam 5 lembar

Bumbu yang perlu di haluskan:
– 1 sdm garam sesuai dengan selera
– 1 sdt gula sesuai dengan selera
– 9 siung bawang merah
– 6 siung bawang putih
– 6 butir kemiri
– 1 sdt jinten
– 1 sdm ketumbar
– 2 cm kunyit

Cara membuat soto udang khas Medan
1. Udang di rebus terlebih dahulu kurang lebih 15 menit namun jangan terlalu matang. Angkat udangnya dan tiriskan. Air dari rebusan udnag itu tadi di sisihkan untuk kaldunya.
2. Wajan di panaskan bersama minyak dengan nyala api sedang baru kemudian di masukkan bumbu yang telah di haluskan. Jangan lupa menambahkan lengkuas, daun jeruk, serai dan juga daun salam. Aduk secara perlahan sampai aromanya harum.
3. Ketika sudah berbau harum baru masukkan udangnya. Aduk secara perlahan dan masukkan saja kaldu udang.
4. Ketika sudah 5 menit baru santan di masukkan dan di aduk kembali namun santannya jangan sampai pecah.
5. Siapkan saja soto udang dalam mangkok penyajian. Kemudian tambah dengan bawang merah dan juga putih goring, perasan jeruk dan juga daun bawang.
6. Kini soto udang khas Medan siap di sajikan.

Ternyata praktis sekali cara pembuatan soto udang khas Medan ini. Tak perlu pergi jauh ke sana hanya untuk mencicipi makanan tersebut. Namun kini anda sudah bisa membuatnya sendiri di rumah.

2. Mie Gomak

makanan khas medan mie gomak
image by: tourtoba.com

Buat anda para pecinta mie tentunya tak boleh melewatkan resep makanan khas Medan yang lezat dan nikmat ini. Mie gomak menjadi salah satu kuliner dari Medan yang di sukai banyak orang.

Kini cara pembuatannya pun ada dua pilihan bisa disajikan dengan berkuah atau bahkan goring. Kali ini kita akan membahas tentang mie gomak kuah dengan rasa yang lezat.

Mie yang sering di gunakan ternyata mie lidi. Inilah mengapa mie gomak seringkali di sebut sebagai spageti batak. Apabila anda berkeinginan mencoba kelezatan dari mie gomak khas Medan ini. Kali ini anda bisa memasak makanan khas Medan ini sesuai dengan resep yang ada. Adapun untuk resep membuat mie gomak khas Medan yaitu sebagai berikut:

Bahan yang perlu di persiapkan:
– Kaldu ayam ataupun sapi 1000 ml
– Santan 500 ml
– Mie lidi 500 gram
– Labu siam 2 buah potong seperti korek api
– Tomat 2 buah di potong menjadi bentuk dadu
– Tempe 250 gram potong kecil
– Sereh 3 batang memarkan
– Daun salam 2 lembar
– Minyak goring secukupnya
– Lengkuas 5 cm memarkan

Bumbu yang harus di haluskan:
– Cabe merah 10 buah
– Bawang merah 10 butir
– Bawang putih 2 siung
– Kunyit 5 cm bakar
– Jahe 3 cm
– Kemiri 5 butir hancurkan kemudian sangria
– Andaliman 2 sdm
– Garam secukupnya
– Gula seperlunya
– Lada seperlunya

Cara paling praktis membuat mie Gomak
1. Mie di rebus menggunakan air sampai benar matang baru ditiriskan dan tuang dalam sebuah wadah. Angan lupa menambahkan minyak goreng 2 sdm dan aduk hingga merata.
2. Penggorengan di siapkan baru kemudian panaskan minyak 2 sdm dan tumis bumbu halus, daun salam, lengkuas, sereh sampai baunya harum. Baru kaldu pun di tuangkan dan masak sampai mendidih.
3. Jika sudah maka masukkan saja tempe, labu siam dan juga sedikit santan. Aduk kembali secara perlahan.
4. Masak sampai labu siamnya empuk.
5. Kemudian ambil sebuah mangkuk, tatalah mie dan siramkan beserta kuahnya.
6. Kini mie gomak khas Medan siap di sajikan.

Siapa sih yang tidak tertarik dengan makanan khas Medan yang satu ini. Pastinya semua orang merasa penasaran dengan kelezatan dari mie gomak ini. Mie yang mungkin jarang sekali kita temui di daerah kita. Namun bisa kita buat sendiri berdasarkan resep yang sudah tersedia.

3. Gulai Daun Ubi

gulai-daun-ubi
image by: https://rasamasa.com/

Ada lagi makanan khas Medan yang patut di jadikan sebagai pilihan yakni gulai daun ubi. Pengolahan menu masakan yang satu ini ternyata menggunakan santan dimana daun ubinya perlu di tumbuh lebih dulu supaya terlihat halus.

Penumbukan pun tidak boleh begitu lama supaya aromanya masih harum. Jika anda merasa penasaran dengan cita rasa gulai daun ubi makanan khas Medan.

Paling nikmat gulai daun ubi yang satu ini akan terasa nikmat sekali jika di sajikan dengan sambal tuktuk. Alangkah baiknya anda perhatikan resep pembuatan gulai daun ubi berikut ini:

Bahan yang perlu di persiapkan:
– Daun singkong muda 250 gram siap digunakan
– Tekokak 50 gram
– Air 1000 ml
– Daun kunyit 1 lembar
– Serai 3 batang bagian putih memarkan
– Daun jeruk 6 lembar
– Lengkuas cm memarkan
– Santan 1000 ml
– Ikan teri asin medan 50 gram goring
– Asam kandis 1 potong

Bumbu yang perlu di haluskan:
– Cabe merah 6 buah
– Bawang merah 15 butir
– Bawang putih 4 siung
– Jahe 3 cm
– Kemiri 4 buah sangrai
– Garam 2 1/ sdt

Cara membuat gulai daun ubi khas Medan
1. Daun singkong di cuci dan tiriskan. Lalu tumbuk dalam lumpang sampai setengah halus baru sisihkan. Tumbuk saja tekokak asalkan bisa pecah dan sisihkan.
2. Masaklah air bersamaan dengan bumbu halusnya, serai, daun kunyit, daun jeruk, maupun lengkuas sampai benar harum.
3. Masukan saja daun singkong tumbuk sekaligus tekokak.
4. Masak sampai daun singkongnya bisa lunak dan bau langu dari daun tersebut hilang. Masukkan saja ikan teri goreng, santan. Timba santannya supaya tidak pecah.
5. Kecilkan apinya ketika sudah mendidih baru masukkan saja asam kandis. Masak terus sampai santannya mampu berminyak kemudian angkat.
6. Kini masakan sudah siap di sajikan.

Pastinya masakan gulai daun ubi ini terasa nikmat sekali. Terlebih masaknya menggunakan santan kental yang mampu membuat cita rasanya makin nikmat. Kini anda sudah bisa mencicipi makanan khas Medan berupa gulai daun ubi hasil masakan anda sendiri.

4. Sate Kerang

sate kerang khas medan
image by: resepnusantara.id

Makanan khas Medan uang satu ini memang sudah di gemari banyak masyarakat. Bahkan setiap daerah banyak sekali orang yang menyukai makanan lezat ini. Sate kerang memang paling cocok dijadikan untuk lauk.

Rasa dari sate kerang ini terbilang gurih dan nikmat sehingga mampu menjadikan makanan tersebut kelihatan luar biasa. Biasanya kerang yang sering dipergunakan untuk membuat sate ini adalah kerang darah. Tetapi jika tiada tentu saja bisa mempergunakan jenis kerang lainnya.

Apabila anda merasa penasaran dengan kelezatan sate kerang makanan khas Medan ini. Kini sudah hadir resep yang bisa anda jadikan panduan untuk memasaknya. Ikuti saja langkah pembuatannya berikut ini:

Bahan yang perlu di persiapkan:
– Kerang batu segar 500 gram, kupas dan ambil dagingnya kemudian rebus selama 5 menit
– Kelapa parut 500 gram gongseng
– Daun jeruk purut 10 lembar
– Garam 1 sendok makan
– Daun salam 2 lembar
– Minyak goreng secukupnya
– Gula 1 sendok makan

Bumbu yang perlu di haluskan:
– Bawang merah 10 butir
– Bawang putih 6 siung
– Serai 2 batang ambil bagian putihnya dan iris
– Biji ketumbar 1 ½ sendok makan
– Jahe 1 ruas
– Cabe rawit 10 buah
– Cabe merah 15 buah

Cara praktis memasak sate kerang khas Medan
1. Haluskan semu bahan bumbu yang telah di persiapkan. Pastikan semua bumbunya tadi benar halus.
2. Persiapkan wajan kemudian panaskan minyak goreng. Tumis saja bumbu halusnya kemudian masukkan daun jeruk purut dan daun salam. Tumis semua bahan tadi hingga masak dan baunya menjadi harum.
3. Kelapa parut yang sudah di gongseng di tambahkan ke dalam wajan, kemudian masukkan kerang. Aduklah hingga semua bahannya bisa tercampur merata.
4. Jangan lupa tambahkan perasa makanan seperti gula dan garam dalam masakan dan aduk kembali. Masak saja sampai benar matang dan angkat.
5. Jika sudah tindik kerangnya menggunakan tusukan sate.
6. Sate kerang pun siap di sajikan

Mencoba menu makanan yang baru memang menjadi tantangan tersendiri bagi kita. Terlebih jika kita mampu memasak sendiri sate kerang khas Medan ini. Tentu saja kita mampu menikmati kelezatannya tanpa harus pergi jauh ke Medan.

<

5. Lemang

lemang

Lemang menjadi salah satu makanan khas Medan yang patut kita coba. Makanan yang satu ini memang menggunakan santan bahkan proses memasaknya pun juga unik sebab menggunakan perantara bambu.

Sebelum akhirnya di masukkan ke dalam bambu, biasanya nasi ketan di bungkus dulu menggunakan daun pisang. Jika sudah barulah di masukkan dalam bamboo dan dimasuki dengan beras ketan.

Menariknya lagi cara memasaknya dengan membakarnya. Apabila anda sudah merasa penasaran dengan makanan khas Medan yang satu ini. Perhatikan saja resep pembuatannya seperti berikut:

Bahan yang di butuhkan:
– Beras ketan 1 kg
– Santan kelapa 1 liter
– Garam halus 1 sdt
– Daun pisang 1 tangkai
– Buluh bambu batang

Cara paling praktis membuat Lemang khas Medan
1. Beras ketan di cuci hingga bersih kemudian tiriskan.
2. Tambah dengan santan kelapa dan garam dalam beras ketan yang sudah di cuci.
3. Siapkan saja bambunya kemudian bagian pinggiran dilapisi menggunakan daun pisang. Barulah beras ketan di tuangkan dan berikan santan sekiranya ¾ dari bagian bambunya.
4. Bagian atas bambu jangan sampai lupa di tutup dengan daun pisang.
5. Siapkan api untuk membakar bamboo yang telah terisi dengan beras ketan.
6. Masak sampai matang.
7. Ketika lemang matang, keluarkanlah dari dalam bambu dan potong-potong.
8. Kini lemang khas Medan siap di sajikan.

Memang ada banyak sekali makanan khas Medan yang bisa kita kenali. Di atas hanya beberapa makanan khas saja yang di rasa cocok untuk di jadikan acuan jika anda ingin memasak makanan khas Medan.

Tak perlu pergi jauh ke sana namun dengan melihat resepnya, kini anda pun sudah bisa membuatnya sendiri di rumah.

Komentar Disini