6 Kenikmatan Makanan Khas Malang Paling Melegenda Ini

Makanan Khas Malang

Resepmakanan.ID – Malang bukan hanya terkenal dengan tempat wisatanya yang indah dan menarik. Namun di sana ternyata menyediakan berbagai macam pilihan makanan khas Malang yang sudah melegenda.

Menikmati liburan sembari mencicipi makanan khasnya tentu saja menjadi hal paling menyenangkan. Namun kini bagi anda yang tidak bisa datang langsung ke sana cukup membuatnya sendiri di rumah berdasarkan pada resep yang sudah ada.

Kini ada berbagai macam pilihan makanan khas Malang beserta dengan resepnya yang bisa anda jadikan acuan untuk memasaknya sendiri di rumah. Sebetulnya semua masakan yang berada di Malang ini praktis dan mudah sekali cara pembuatannya. Saya rasa semua orang tentu saja bisa membuatnya asalkan mengerti apa saja resepnya.

Berikut 5 Resep Makanan Khas Malang yang Patut Dicoba

Inilah berbagai macam rekomendasi makanan khas Malang beserta dengan resepnya yang bisa di coba. Yakni sebagai berikut:

1. Rawon

makanan khas malang nasi rawon
Image by: idntimes.com

Jenis makanan yang satu ini saya rasa taka sing lagi di telinga kita. Cita rasa dari makanan ini begitu khas sekali bahkan tergolong enak dan lezat. Masakan ini biasanya menggunakan bumbu khas asli Indonesia.

Jika anda merasa penasaran dengan cita rasanya, sebaiknya mencoba memasaknya sendiri di rumah dengan memperhatikan resep yang telah tersedia.
Resep rawon khas Malang

Bahan yang di butuhkan:
– 100 gram daging sapi potong dadu
– 2 batang serai memarkan
– Gula pasir secukupnya
– Garam dapur secukupnya
– Minyak goring secukupnya
– 10 lembar daun jeruk cuci sampai bersih
– 2 liter air bersih

Bumbu halus:
– 4 buah kemiri
– 7 buah kluwek, isinya di keluarkan kemudian sangria hingga kering
– 10 buah bawang merah
– 4 buah bawang putih
– Cabe merah secukupnya
– Cabe rawit merah secukupnya
– Merica
– 1 ruas jahe
– 1 ruas kunyit

Cara Membuat Rawon daging
1. Bumbu halus semuanya di persiapkan kemudian penggorengan dan minyak dipersiapkan untuk menumis bumbu halusnya. Aduklah sampai semuanya tercampur merata lalu masukkan saja serai yang telah di geprek dilanjut dengan daun jeruk kemudian di aduk kembali sampai berbau harum.
2. Daging sapi yang telah di potong dadu tadi di masukkan. Aduk sampai merata hingga bumbunya mampu meresap dalam daging. Tunggu saja hingga dagingnya bisa berubah menjadi layu baru kemudian bisa di tambah dengan 2 liter air dan aduk kembali sampai merata. Jangan lupa untuk menambahkan garam, gula pasir, royco rasa kaldu sachet kemudian tunggulah sampai bumbunya mampu meresap dengan sempurna.
3. Angkat dan sajikan
Memang terbilang mudah sekali cara membuat makanan khas Malang berupa rawon ini. Apalagi kini masakan tersebut biasanya ditambah dengan sambal rawon yang biasanya menggunakan cabe keriting maupun cabe rawit yang sudah di rebus baru kemudian di uleg sampai halus. Beberapa tambahan toping pun juga di berikan seperti kerupuk udang, tauge, telur asin atau bahkan bawang merah supaya rasanya semakin nikmat.

2. Orem Orem Khas Malang

ore orem makanan khas malang

Makanan khas Malang yang satu ini tentu saja tak kalah nikmat dengan makanan yang lainnya. Komposisi dari masakan ini berupa daging ayam yang sudah di masak dengan kuah santan kental bahkan ada pula irisan ketupatnya. Cita rasa dari masakan ini memang pedas sehingga mampu menggugah selera siapapun yang memakannya.

Jangan sampai anda menyesal karena tidak sempat mencicipi makanan lezat ini. Kini anda bisa membuat sendiri masakan tersebut dengan resep praktis yang sudah tersedia. Adapun untuk langkah pembuatan orem-orem khas Malang yakni sebagai berikut:

Bahan yang perlu di persiapkan:
– Tempe 200 gram potong
– Tahu 250 gram potong
– Santan 1000 ml
– Bunga bawang 4 batang potong
– Daun salam 2 lembar
– Daun jeruk 2 lembar
– Lengkuas 2 cm geprek
– Air 500 ml
– Lontong secukupnya
– Bawang merah goreng

Bumbu yang di haluskan:
– Bawang merah 5 butir
– Bawang putih 2 siung
– Kemiri 1 butir sangrai
– Kunyit 1 cm
– Ketumbar 1 sdt
– Merica ¼ sdt
– Gula pasir 1 sdt
– Garam 1 sdt

Cara membuat orem khas Malang:
1. Santan di rebus bersamaan dengan bumbu halus, daun salam, daun jeruk bahkan lengkuas sampai baunya harum dan mendidih.
2. Tempe dan juga tahu di masukkan kemudian masak hingga matang. Sebelum diangkat jangan lupa menambahkan bunga bawang kemudian aduk lagi. Angkat dan taburi dengan bawang merah goreng pada bagian atasnya.
3. Kini orem-orem khas Malang sudah siap anda hidangkan bersamaan dengan irisan lontong.

Makanan khas Malang yang satu ini rasanya begitu sedap, enak bahkan juga gurih. Siapapun yang mencobanya akan ketagihan lagi untuk mengkonsumsinya. Daripada harus pergi jauh ke kota Malang, kini anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah dengan resep di atas.

<

3. Cwie Mie

cwie mie
Image by: tokopedia.net

Makanan khas Malang yang satu ini menjadi salah satu makanan yang sudah popular di tengah masyarakat. Biasanya makanan tersebut sering menggunakan daging ayam yang telah di hancurkan sehingga mirip dengan yang namanya abon.

Rasa dari masakan tersebut lebih asin sehingga tergolong makanan yang unik. Saat musim penghujan telah tiba memang paling enak menyantap makanan yang ada kuahnya. Apalagi berkuah pedas dan juga masih hangat kuahnya.

Cwie mie ini biasanya menggunakan taburan ayam yang sudah di cincang sampai halus. Apabila kini anda merasa penasaran ingin mencoba masakan lezat tersebut, cobalah untuk membuatnya sendiri di rumah. Adapun untuk resep pembuatannya yakni sebagai berikut:

Bahan yang harus di persiapkan:
– Ayam 250 gram cincang
– Mie basah 500 gram
– Daun selada 4 lembar
– Daun bawang iris 1 sdm
– Bawang putih 3 siung
– Jahe 1 cm
– Saus tiram 1 sdm
– Minyak wijen 1 sdt
– Gula pasir 1 sdt
– Garam 1 sdt
– Minyak goreng 4 sdm
– Penyedap rasa 2 sdt
– Air 300 ml

Bahan pelengkapnya: acar, pangsit goreng, bawang goreng dan sambal

Cara memasaknya:
1. Bawang putih dan jahe di cincang kemudian sisihkan.
2. Minyak goreng 2 sdm di panaskan kemudian masukkan jahe, bawang putih dan juga daging ayam cincang tadi. Tumislah sampai berubah warnanya.
3. Tambahkan pula saus tiram, gula, garam dan juga penyedap rasa kemudian aduk sampai merata. Masak sampai matang, angkat dan sisihkan.
4. Masukkan air, penyedap rasa dan garam kemudian masak saja sampai mendidih. Jika sudah angkat dan taburi dengan daun bawang.
5. Persiapkan mangkuk untuk menata selada dan mie. Kemudian berikan tumisan ayam.
6. Kini sajikan saja cwie mie bersamaan dengan bahan pelengkapnya.

Ternyata begitu praktis dan juga mudah sekali langkah cara pembuatan makanan khas Malang yang satu ini. Sekarang anda bisa menikmati kelezatan cwein mie hasil masakan anda sendiri.

<

4. Soto Kambing

sup kambing khas malang
image by: asianinspirations.com.au

Mungkin kebanyakan orang lebih mengenal soto ayam jika dibandingkan dengan soto kambing. Ternyata soto kambing ini menjadi salah satu makanan khas Malang. Rasa dari soto ini begitu nikmat sekali sebab masakan tersebut hasil dari perpaduan antara gulai dan juga rasa soto.

Ketika menghidangkan makanan khas Malang ini, biasanya di tambah dengan adanya jeruk nipis supaya mampu mengurangi bau dari daging kambingnya. Paling nikmat makanan tersebut di santap selagi masih panas dan di makan bersama dengan nasi yang panas.

Mungkin untuk anda yang merasa ingin mencicipi kelezatan dari soto kambing khas Malang. Kini bisa memasaknya sendiri di rumah dengan adanya resep yang sudah tersedia.

Resep Soto Kambing khas Malang
Bahan yang perlu di persiapkan:
– Daging kambing 500 gram
– Jahe 3 cm memarkan
– Daun salam 2 lembar
– Garam ½ sendok teh
– Santan dari ½ butir kelapa
– Gula pasir ½ sendok makan

Bumbu yang perlu di haluskan:
– Bawang merah 6 butir
– Bawang putih 3 siung
– Jahe 3 cm
– Kemiri 4 butir sangrai
– Kunyit 3 cm bakar
– Pala bubuk ½ sendok teh
– Kluwek 4 buah seduh saja dengan air panas
– Ketumbar ½ sendok teh sangrai
– Merica bubuk ½ sendok teh

Bahan pelengkap soto kambing:
– Daun bawang 2 batang iris hingga tipis
– Seledri 2 tangkai iris halus
– Kecambah 120 gram
– Kecap manis 3 sendok makan

Bahan untuk sambalnya:
– Cabai merah keriting 12 buah
– Cabai rawit 3 buah
– Bawang putih 1 siung
– Terasi ½ sendok teh bakar
– Garam ½ sendok teh

Cara praktis membuat soto kambing
1. Air sebanyak 1 liter di rebus sampai mendidih. Ketika sudah mendidih kemudian masukkan saja daging kambing bersama dengan daun salam, sereh kemudian masak sampai daging kambingnya tadi empuk. Angkat, tiriskan kemudian potong dagingnya dan sisihkan kembali.
2. Masak kembali dengan 500 ml air sampai mendidih kemudian rebus kembali dagingnya sampai mendidih.
3. Minyak goreng di panaskan kemudian tumis bumbunya tadi sampai harum. Jangan lupa menambahkan daging kambing dan aduk sapai merata.
4. Masukkan garam dan gula pasir kemudian aduk kembali sampai tercampur rata. Tambahkan saja santan lalu masak sampai matang.
5. Kini soto kambing pun siap di sajikan bersama dengan sambal sekaligus bahan pelengkapnya.

Ternyata begitu mudah dan praktis sekali cara membuat makanan khas Malang berupa soto kambing ini. Kenikmatan soto ini tak perlu kita ragukan lagi. Jadi buat anda yang merasa tertarik untuk mengetahui cita rasanya kini bisa memasak dengan resep yang sudah ada.

5. Ba

5. Bakso Bakar

style="width: 751px" class="wp-caption aligncenter">bakso bakar
Image by: cookpad.com

Ada salah satu menu makanan khas Malang yang tak pantas di lewatkan begitu saja yaitu Bakso bakar. Buat anda para pecinta bakso tentu saja perlu mencicipi makanan ini. Cara membuat bakso bakar ini ternyata tidaklah sulit. Siapapun bahkan bisa membuatnya asalkan mengerti resep pembuatannya.

Bahan yang perlu di persiapkan:
– Daging cincang 250 gram
– Telur 2 butir
– Tusuk sate secukupnya
– Air dingin secukupnya
– Lada putih bubuk 2 sdm
– Tepung kanji 125 gram

Bahan untuk marinasi:
– Saus cabai 2 sdm
– Saus tomat 2 sdm
– Kecap 2 sdm
– Bawang putih suing di cincang
– Garam 1 sdt
– Minyak 2 sdm
– Gula 1 sdt
– Cabai rawit 2 buah

Bahan untuk membuat bumbu kacang:
– Bawang putih goreng 6 siung
– Kacang goreng 150 gram
– Cabe merah goreng 3 buah
– Cabe rawit goreng 3 buah
– Daun bawang
– Bawang merah goreng 4 buah
– Kecap 2 sdm
– Lada 1 sdt
– Garam 1 sdt

Cara paling praktis membuat bakso bakar
1. Membuat saus kacang. Masukkan saja bahan bumbu kacang kedalam blender. Mulai dari kacang goreng, cabe rawit goreng, cabe merah goreng, bawang putih goreng, bawang merah goreng, daun bawang secukupnya, garam, kecap manis, lada kemudian tambah minyak secukupnya. Lalu blender semua bahan tadi sampai merata. Pisahkan kemudian siapkan untuk penyajian pada akhir nanti.
2. Membuat adonan daging. Persiapkan mangkok, daging cincang, lada putih, tepung kanji, telur, garam secukupnya. Aduklah sampai merata.
3. Ketika adonan sudah jadi, ambil saja sedikit demi sedikit lalu di bentuk menjadi bentuk bulat.
4. Masukkan saja adonan dengan bentuk bakso tadi ke dalam panci yang berisikan air panas. Rebus dan tunggu saja hingga baksonya matang.
5. Persiapkan saja Teflon beserta minyak secukupnya saja. Ketika minyaknya sudah panas kemudian tumislah cabe rawit, bawang putih, saus cabe, saus tomat, garam dan kecap manis. Berikan air secukupnya agar tumisan ini tidak kering. Aduk sampai merata.
6. Kemudian bakso di masukkan.
7. Apabila bakso tersebut sudah berlumuran dengan saus, susunlah pada tusuk sate dengan isian 3 buah bakso/
8. Panggangan di persiapkan kemudian bakso di panggang sampai matang.
9. Angkat kemudian sajikan bersama dengan baluran saus kacang dan juga kecap manis.
10. Jangan lupa menambahkan saus sambal sekaligus daun bawang.
11. Kini bakso bakar pun siap di santap.

Ternyata langkah cara pembuatan bakso bakar makanan khas Malang ini cukup mudah juga untuk di lakukan. Banyak sekali makanan khas Malang lainnya yang bisa kita coba resepnya sehingga kita bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Rekomendasi di atas hanyalah beberapa makanan khas yang terbilang lebih praktis bahkan menjadi makanan yang melegenda di tengah kita.