5 Makanan Khas Lampung yang Patut di Coba

Makanan Khas Lampung

Resepmakanan.ID – Pernahkah anda berkunjung ke Lampung entah dengan tujuan berbisnis atau bahkan sekedar menghabiskan waktu liburan? Jika pernah pastinya anda tak pernah ketinggalan menikmati kelezatan makanan khas Lampung yang ada di sana.

Memang ada banyak rekomendasi kuliner lezat yang mampu menggugah selera makan. Tetapi kini sebetulnya anda bisa mencicipi betapa lezatnya makanan khas Lampung dengan membuatnya sendiri di rumah.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat memungkinkan kita untuk memperoleh resep makanan dari media internet. Dengan begitu anda pun semakin di mudahkan jika memang ingin memasaknya.

Berikut Menu Makanan Khas Lampung nan Enak dan Lezat

Supaya anda tidak merasa penasaran lagi dengan makanan khas Lampung, inilah berbagai macam rekomendasinya sekaligus resep praktis pembuatannya. Yaitu:

1. Tempoyak

makanan khas lampung tempoyak
image by: Tastemade

Buat anda yang suka sekali dengan buah durian kini bisa mencoba membuat makanan yang satu ini. Tempoyak merupakan salah satu masakan dimana asalnya dari buah durian yang sudah difermentasi. Ketika menyantap nasi biasanya tempoyak ini sering sekali di jadikan sebagai lauk.

Cita rasa dari makanan khas Lampung yang satu ini terbilang asam. Namun bagi anda yang menyukainya tentu saja tertarik untuk membuatnya.
Resep praktis membuat tempoyak

Bahan yang perlu di persiapkan:
– Buah durian yang sudah matang
– Garam sejumput saja

Cara praktis membuat tempoyak
1. Buah durian di kupas terlebih dahulu baru dipisahkan antara daging buah dengan bijinya.
2. Persiapkan toples yang mempunyai penutup rapat. Kemudian masukkan saja daging buah durian tadi dan jangan lupa menaburinya dengan garam.
3. Tutuplah kembali toplesnya sampai benar rapat kemudian simpan saja dalam sebuah suhu ruangan.
4. Kini tempoyak pun sudah siap untuk di pergunakan setelah lima hari di diamkan.
Cara mudah membuat sambal tempoyak
1. Persiapkan tempoyak yang telah di buat kemudian campur dengan bawang merah, bawang putih sekaligus irisan cabe.
2. Jangan lupa menaburinya gula kemudian goreng menggunakan minyak yang panas sebentar saja. Kini sambal tempoyak pun sudah siap anda hidangkan.

Ternyata dari segi bahan maupun cara pembuatan tempoyak khas Lampung ini begitu praktis dan mudah sekali. Siapapun tentu saja bisa membuatnya sendiri di rumah.

2. Seruit

makanan khas lampung ikan seruit
Image by: okezone.com

Makanan khas Lampung ini ternyata paling cocok apabila anda sajikan ketika ada sebuah acara keluarga. Makanan ini berupa ikan yang cukup beragam namun kebanyakan jenis ikan yang di gunakan adalah ikan balide, ikan baung, ikan layis dan lainnya.

Jika anda merasa penasaran sekali untuk membuatnya sendiri di rumah. Alangkah baiknya ikuti saja langkahnya berikut ini:

Bahan yang perlu di persiapkan:
– Ikan tongkol 500 gram
– Air jeruk nipis 1 sendok makan
– Garam 1 sendok teh
– Bawang putih 2 siung haluskan
– Mangga kueni 150 gram potong tipis agak memanjang
– Tomat 1 buah
– Air panas 50 ml

Bumbu yang perlu di haluskan:
– Bawang merah 6 butir
– Cabe merah 4 buah
– Terasi ½ sendok teh di goreng
– Gula pasir 1 sendok teh
– Garam 1 sendok teh

Cara membuat seruit khas Lampung
1. Ikan tongkol di lumuri dengan air jeruk nipis dan juga bawang putih yang telah dihaluskan, kemudian biarkan selama 20 menit. Jika sudah ikan tongkol pun bisa di bakar sampai matang. Kemudian angkat dan juga suwir-suwir ikan tongkol tersebut.
2. Campurkan tomat, potongan dari mangga kueni beserta suwiran ikan tongkol bakar. Kemudian aduklah sampai merata. Semua bumbu yang telah di haluskan pun kemudian di campurkan bersama dengan air yang panas. Kemudian siramkan saja campuran air dan juga bumbu dalam suwiran ikan tongkol.
3. Aduk kembali sampai semuanya tercampur rata dan kini seruit pun suda siap untuk di sajikan.

Langkah pembuatan seruit makanan khas Lampung ini ternyata mudah sekali bahkan bahan maupun bumbu yang dibutuhkan juga sederhana. Jadi buat anda yang berkeinginan mencicipi kelezatan seruit kini sudah bisa mencoba memasaknya sendiri di rumah.

<

3. Gulai Taboh

gulai taboh

Ada lagi makanan khas Lampung yang tak patut untuk di lewatkan begitu saja yaitu Gulai taboh. Biasanya makanan lezat ini seringkali di sajikan dalam acara nayuh yang telah di gelar oleh masyarakat Lampung.

Sejujurnya gulai taboh ini merupakan santan yang telah di masak dengan beragam isian mulai dari ikan, udang, kacang-kacangan sampai dengan buah melinjo. Beragam isian tadi biasanya akan di variasikan bersama dengan sayuran lain seperti ubi jalar, labu kuning yang di masak menggunakan santan.

Gulai taboh sekarang ini menjadi salah satu menu yang harus ada dalam setiap acara upacara adat ala masyarakat Lampung. Jadi tak heran lagi apabila sekian banyak dari mereka menghadirkan menu makanan khas Lampung ini.

Adapun untuk cara pembuatannya juga tergolong mudah sekali. Apabila anda memang berkeinginan untuk membuatnya, ikuti saja langkah berikut ini:

Bahan yang perlu di persiapkan:
– Udang dengan ukuran sedang 300 gram dan ekornya di sisakan
– Ubi jalar kuning 100 gram di potong-potong
– Jagung muda 100 gram iris serong
– Kacang panjang 100 gram potong menjadi beberapa bagian
– Jagung manis pipil 100 gram
– Santan 1000 ml
– Cabe merah 4 buah iris serong
– Daun salam 2 lembar
– Daun kemangi 1 genggam
– Serai 1 batang memarkan
– Garam 1 sendok teh
– Lengkuas 1 cm memarkan
– Terasi ½ sendok teh
– Minyak goreng nantinya untuk menumis

Cara praktis membuat gulai taboh khas Malang
1. Santan di didihkan bersamaan dengan serai, daun salam, terasi maupun lengkuas lalu aduk hingga mendidih.
2. Masukkan juga ubi jalar, jagung pipil, gula pasir, dan garam. Masaklah ubi hingga setengah matang.
3. Minyak goreng dipanaskan untuk menumis cabe merah sampai layu kemudian di masukkan udang. Masak sampai berubah warnanya kemudian angkat dan jangan lupa tuangkan dalam rebusan santan. Aduk kembali sampai semua tercampur merata.
4. Tambahkan pula kacang panjang dan juga jagung muda dalam santan. Masak saja sampai matang lalu masukkan daun kemangi dan aduk sebentar.
5. Angkat dan kini gulai taboh siap untuk di sajikan.

Nikmati kelezatan masakan gulai taboh khas Lampung hasil masakan anda sendiri dengan resep yang sudah tersedia. Tak perlu pergi jauh ke sana hanya untuk mencicipi makanannya namun cukup dengan membuatnya sendiri di rumah.

4. Umbup>umbu lampung

Mungkin saja masih ada seseorang yang suka dengan pare. Makanan dengan rasa yang sedikit pahit. Ketika berkunjung ke Lampung jangan lupa mencicipi makanan khas berupa Umbu yang berasal dari rotan muda. Potongan rotan tadi nantinya akan di rebus selama beberapa lama sampai lunak.

Biasanya masyarakat Lampung sering sekali memilih umbu sebagai campuran untuk tumisan sayur. Umbu ini adalah lalapan asli yang berasal dari daerah Lampung. Mungkin saat ini anda merasa penasaran dengan makanan khas Lampung yang satu ini.

Apabila anda merasa penasaran berkeinginan membuatnya sendiri di rumah. Ikuti saja resep pembuatan umbu makanan khas Lampung berikut ini:

Bahan yang di butuhkan:
– Daging ayam 1/2kg di rebus dan iris kecil
– Wortel ½ kg iris tipis
– Jagung muda ½ kg iris tipis
– Sawi putih 1 butir potong dan pisahkan antara batang dan daun
– Pokcoy ½ kg
– Daun bawang secukupnya
– Umbu potong kecil
– Seledri

Bahan untuk tepung:
– Telur 2 butir
– Garam secukupnya

Bumbu yang perlu di haluskan:
– Bawang putih 8 butir
– Bawang merah 3 butir
– Lada 1 sdm
– Kemiri 2 butir

Cara mudah membuat Umbu khas Lampung
1. Persiapkan adonan tepung: aduklah tepung, garam dan telur kemudian diamkan selama 15 menit. Goreng layaknya menggoreng bakwan. Iris sekiranya 3×2 cm kemudian sisihkan.
2. Haluskan saja semua bumbu halus tadi. Jika sudah tumis dan tambah dengan gula beserta garam. Tumis saja sampai baunya harum.
3. Masukkan saja ayam yang sudah di iris kecil tadi
4. Masukkan juga sayuran keras seperti batang sawi, janten, pokcoy, umbu sekaligus wortel.
5. Tambah dengan sedikit air dan masak sampai matang.
6. Tambah dengan garam, kecap maupun gula putih sampai terasa pas.
7. Masukkan juga daun bawang, tepung bakwan dan juga seledri kemudian aduk sebentar saja.
8. Umbu Lampung kini siap di sajikan.

Mungkin langkah cara pembuatan umbu makanan khas Lampung ini sedikit rumit karena banyaknya bahan maupun bumbu yang dibutuhkan. Namun berkat resep yang sudah tersedia pastinya membuat anda bersemangat untuk membuatnya.

5

5. Gabing

ure style="width: 751px" class="wp-caption aligncenter">gabing
image by: cookpad.com

Gabing ternyata menjadi salah satu makanan khas Lampung yang perlu anda coba. Tak perlu pergi jauh ke Lampung hanya untuk menikmati kelezatan dari masakan tersebut. Namun kini anda sudah bisa mencoba membuatnya dengan resep yang sudah tersedia.

Gabing ini sebetulnya menggunakan bahan baku yang terbilang unik yakni terbuat dari batang kelapa masih muda. Pembuatan makanan ini juga tergolong mudah sekali.

Biasanya batang kelapa muda ini akan di iris layaknya sebuah lempengan kecil yang memanjang berukuran 3 sampai 4 cm. Apabila sudah kemudian di rebus sampai lunak lalu bumbu rempah pun di masukkan sampai baunya begitu harum.

Gabing ini menjadi salah satu masakan yang berkuah. Apabila anda berkeinginan membuat masakan tersebut, cukup ikuti saja resepnya berikut ini:

Bahan yang perlu di persiapkan:
– Batang kelapa muda
– Santan
– Bumbu opor
– Cabe rawit 7 buah
– Udang ¼
– Cempokak 1 gram

Cara paling praktis membuat gabing
1. Batang kelapa muda di potong dengan ukuran yang sedang lalu iris saja tipis.
2. Rebuslah batang kelapa muda tadi sampai mendidih. Kemudian angkat saja dan tiriskan.
3. Masukkan santan dan bumbu opor dan jangan lupa menambahkan udang, cabe rawit utuh, cempokak dan udang. Kemudian masak sampai benar matang.
4. Kini gabing pun siap di sajikan dalam mangkuk.

Begitu mudahnya langkah cara memasak gabing makanan khas Lampung ini. Nikmati saja masakan lezat tersebut dengan cita rasanya yang lezat. Sebetulnya masih banyak sekali resep makanan khas Lampung yang bisa anda coba.

Setidaknya kini anda mengetahui apa saja makanan khas Lampung yang patut anda coba. Tak perlu ragu untuk mencoba memasak sendiri di rumah makanan khas dari Lampung ini. Setidaknya kini anda mampu berkreasi dengan resep yang sudah tersedia.