6 Makanan Khas Cirebon Enak Dengan Harga Terjangkau

Makanan Khas Cirebon

Resepmakanan.ID – Banyak sekali makanan khas Cirebon yang bisa anda nikmati ketika berkunjung ke sana. Apalagi saat ini Cirebon merupakan salah satu kota yang menjadi destinasi wisatawan lokal dan bisa menjadi lokasi liburan terbaik untuk anda.

Sembari menikmati budaya dan adat anda pun juga bisa menikmati beberapa kuliner enak dengan harga yang relatif terjangkau.

Beragamnya jenis kuliner khas Cirebon tentu saja bisa dinikmati pada beberapa warung yang terdapat di sekitaran kota Cirebon dan beberapa wilayah pinggiran kotanya. Harganya yang terjangkau tentu saja akan membuat bercinta kuliner semakin mudah mengajak keluarga atau teman menikmati berbagai kuliner tersebut.

Daftar Makanan Khas Cirebon yang Patut Dicoba

Pada kesempatan kali ini, akan dibahas secara lengkap tentang apa saja jenis makanan khas Cirebon yang selama ini sangat hits dan sudah dikenal oleh beberapa para pecinta kuliner nusantara. Untuk detail secara lengkap bisa anda ikuti beberapa penjelasan di bawah ini.

1. Nasi Jamblang

nasi jamblang
Image by: amazonaws.com

Nasi jamblang merupakan salah satu makanan khas Cirebon yang selama ini banyak dinikmati oleh para pecinta kuliner di tanah air. Memiliki bungkus yang unik membuat nasi jamblang semakin membuat penasaran orang yang melihatnya. Jika anda merupakan salah satu orang yang berkunjung ke Cirebon tentu saja saat menemukan makanan tersebut tentunya anda akan dibuat keheranan.

Biasanya nasi jamblang banyak di sediakan pada warung-warung kecil yang berada di pinggiran kota Cirebon. Untuk menikmati nasi jamblang, para penikmat kuliner tinggal menyesuaikan dengan lauk yang disukai.

Membuat nasi jamblang yang enak dan nikmat, tentu saja sangat mudah. Ada beberapa bahan dan juga cara penyajian yang bisa anda ikuti pada penjelasan di bawah ini.

Untuk bahan utama pembuatan nasi jamblang adalah nasi putih secukupnya. Sedangkan untuk bahan pelengkap bisa dipersiapkan sebagai berikut ini.

Bahan membuat nasi Jamblang:
– Sambal goreng
– Daging sapi
– Semur ikan
– Tempe goreng
– Perkedel

Berikut ini merupakan cara dan langkah membuat nasi jamblang:
– Pertama silahkan mempersiapkan satu helai daun jati kemudian bersihkanlah dari kotoran yang menempel pada daun dipetik.
– Taruhlah nasi putih di atas daun jati yang sudah dipersiapkan. Untuk membuatnya tanpak menarik silahkan tempat nasi pada posisi tengah daun jati.
– Setelah nasi siap silakan meletakkan beberapa bahan pelengkap seperti sambal, daging, perkedel dan beberapa lengkap lain di sekeliling nasi.
– Setelah semuanya tersedia, langkah berikutnya yaitu membungkus nasi dan melipatnya hingga terlihat rapi. Nasi jamblang pun siap untuk disajikan.
– Untuk menambah serunya menikmati nasi jamblang, silahkan tambahkan kerupuk secukupnya. Silahkan menikmati dengan segelas teh hangat diwaktu yang tepat.

2. Empal Gentong

empal gentong
Image by; cookpad.com

Makanan khas Cirebon selanjutnya yang bisa Anda coba dan sekaligus menjadi salah satu kuliner primadona yaitu empal gentong. Banyak wisatawan asing dan lokal memburu kuliner yang menarik. Karena empal gentong berbahan dasar daging itik dengan tekstur yang lembut.

Cara memasak empal gentong juga membutuhkan keahlian. Untuk menimbulkan rasa yang sedap dan dapat menggugah selera makan, masakan ini diproses kurang lebih selama 5 jam. Dari tangan koki handal, masakan empal goreng semakin dikenal oleh banyak wisatawan sehingga menjadikan menu tersebut semakin terkenal.

Untuk membuat empal gentong sangatlah sederhana. Bahan dan cara pembuatannya bisa Anda ikuti petunjuknya berikut ini.

Bahan membuat empal gentong:
– 2 cm jahe memerkan
– 2 cm lengkuas memarkan
– 100 garm jeroan sapi
– 1 cm kunyit
– 200 gram daging sapi
– 3 btr kenari sangrai
– 1/2 sdt ketumbar
– 2 btg sangrai
– 2 btg serai
– 2 ltr santan kelapa
– 2 siung bawang putih
– 4 btr bawang merah
– 4 sdm minyak sayur
– 1/4 sdt jintan
– 1 sdt gula pasir
– 1 sdt garam

Langkah pembuatan empal gentong adalah:
– Tahapan awal yang harus dilakukan yaitu merebus daging hingga matang. Strategi yang matang silakan kemudian tiriskan.
– Silakan tumis bawang merah bersama dengan bumbu yang sudah dihaluskan jangan lupa menambahkan daun salam serta lengkuas. Untuk serai silakan masukkan paling terakhir.
– Langkah selanjutnya yaitu mengaduk semua bumbu tersebut dan menuangkan santan setelah adukan bumbu merata.
– Setelah semua bahan dan bumbu tercampur masukkanlah daging serta jeroan sapi. Tunggulah sampai semua bahan tersebut matang.
– Setelah itu tiriskan dan sajikan selagi masih hangat untuk menambah nikmatnya masakan.

3. Nasi Lengko

nasi lengko
Image by: inibaru.id

Makanan berbahan nasi yang berasal dari Cirebon berikutnya yaitu nasi lengko. Hampir mirip dengan nasi jamblang, nasi lengko disajikan bersama dengan berbagai jenis lauk pauk yang cukup menarik untuk disantap.

Yang membedakannya, laut yang dipakai pada nasi lengko jauh lebih menyehatkan. Lauk yang biasanya tersedia seperti tahu goreng, tauge, timun, daun kucai dan tempe goreng.

Untuk membuat nasi lengko ternyata sangat mudah. Berikut ini merupakan resep yang bisa anda manfaatkan untuk membuat racikan nasi lengko di rumah.

Bahan membuat nasi Lengko:
– 2 potong tahu putih sesuai keperluan
– 1 1/2 piring nasi putih
– 75 gram tauge
– 1/2 bungkus tempe sesuai keperluan
– Minyak goreng sesuai keperluan
– Daun kucai sesuai keperluan diiris tipis
– Bawang goreng sesuai keperluan

Bahan pembuatan sambal:
– 100 ml air matang
– 10 biji cabe merah keriting
– 2 biji bawang putih
– 3 biji bawang merah
– 150 gr kacang tanah
– 1/2 sendok makan garam

Cara dan langkah pembuatannya:
– Langkah pertama yaitu silakan menggoreng tahu dan tempe sampai matang kemudian angkat untuk memisahkannya dengan minyak yang tersisa.
– Berikutnya yaitu silakan menggoreng kacang tanah sampai matang kemudian tiriskan.
– Untuk membuat racikan sambal kacang silakan goreng semua bahan untuk pembuatan sambal dan tambahkan sedikit garam.
– Setelah bahan sambal matang, tiriskan dan haluskan semua bahan sambal tersebut. Tambahkan sedikit air dan aduklah secara merata.
– Untuk penyajian, silahkan taruh kan nasi pada sebuah piring, dan masukkanlah beberapa bahan seperti tempe, tahu, irisan kucai, tauge dan taburi dengan bawang goreng.
– Setelah semuanya ditaruh di atas piring, siramlah dengan sambal yang sudah dibuat. Dan nasi lengko pun siap dinikmati.

4. Bubur Sop Ayam

bubur sop ayam
Image by: kompas.com

Kuliner Cirebon selanjutnya yang bisa Anda coba yaitu Bubur Sop Ayam. Dimana ketika menikmati kuliner yang satu ini pada waktu cuaca dingin akan membuat tubuh terasa hangat. Bubur sop ayam merupakan salah satu kuliner khas mirip dengan penyajian nasi tim yang diberikan kuah sop pada penyajiannya.

Bubur sop ayam merupakan salah satu kuliner dari Cirebon yang saat ini semakin banyak dikenal oleh wisatawan yang berkunjung ke sana. Untuk belajar membuatnya juga sangatlah sederhana, ikutilah beberapa petunjuk pembuatan di bawah ini.

Bahan membuat bubur sop Ayam:
– Daun bawang 1 batang
– Daun salam 1 helai
– Buncis 50 gram
– Wortel 6 buah
– Serai 1 batang
– Bunga kol 100 gram
– Daun seledri 2 batang
– Daging ayam 250 gram

Bumbu tambahan:
– Penyedap rasa
– Jahe 2 cm
– Air bersih 800 ml
– Bawang putih
– Merica 1/2 sendok teh
– Garam dan gula secukupnya

Langkah pembuatan sop ayam:
– Bersihkanlah ayam yang sudah dipotong sehingga semua guru dan jeroannya sudah terpisah dari daging yang akan digunakan.
– Kemudian silahkan merebus dari ayam dengan jahe. Tambahkanlah daun salam dan serai sehingga rebusan ayam akan mengeluarkan kartu dan memiliki tekstur daging yang semakin empuk.
– Setelah itu Silahkan masukkan beberapa bahan tambahan seperti sayuran, penyedap, rasa, gula, bawang putih, garam dan tunggulah sampai matang.
– Setelah matang hasilnya akan mengangkat dan menyajikannya pada mangkok besar.
– Nikmatilah bersama bubur yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

5. Rujak Kangkung

makanan khas cirebon rujak kangkung
Image by: Cookpad.com

Rujak kangkung juga menjadi salah satu kuliner yang pantas Anda coba ketika mengunjungi Kota Cirebon. Biasanya banyak sekali warung rujak kangkung bisa anda temukan di daerah Cibingbin yang ada di wilayah kabupaten Kuningan. Karena populernya makanan ini, sudah banyak warung di kawasan Cirebon menyajikan makanan khas tersebut.

Untuk membuat rujak kangkung ada beberapa bahan yang harus dipersiapkan. Dan untuk langkah pembuatannya tergolong sangatlah sederhana dan mudah. Berikut ini adalah beberapa bahan dan cara lengkap untuk membuat rujak.

Bahan membuat rujak Kangkung:
– 250 gr kangkung negara yang sudah dipotong dan dibersihkan.
Untuk pembuatan sambal rujak ada beberapa bahan yang perlu dipersiapkan, antara lain:
– 2 buah tomat merah
– 2 biji cabe merah besar, sesuai selera
– 20 biji cabe rawit hijau, sesuai selera
– Gula merah
– 1 sdm terasi
– 2 sdm asam jawa
– Air bersih sesuai kebutuhan
– Garam sesuai kebutuhan

Langkah dan cara membuat rujak kangkung:
– Pertama silakan mencuci dan membersihkan kangkung terlebih dahulu kemudian tiriskan sampai akhirnya hilang.
– Kemudian silakan mengukus kangkung selama 5 menit hingga kangkung agak lunak kemudian diamkan di tempat yang sudah disediakan.
– Untuk membuat sambal rujak langkah yang harus dilakukan yaitu mengulek semua bahan yang sudah dipersiapkan hingga halus dan merata.
– Masukkan air secukupnya pada sambal kemudian ulek kembali hingga merata. Hal ini untuk membuat sambal menjadi tidak terlalu kental.
– Persiapkanlah piring dan letakkanlah kangkung yang sudah dipersiapkan di atas piring. Setelah itu silakan menyiram kangkung tersebut dengan sambal rujak yang sudah jadi.
– Rujak kangkung siap untuk dinikmati dengan taburan kerupuk di atas.

6. Pedesan Entog

makanan khas cirebon pedesan entog
Image by: Diahdidi.com

Pedesan entog bisa menjadi kuliner berikutnya yang bisa Anda temukan di wilayah Cirebon. Untuk membuatnya silahkan persiapkanlah bahan dan ikutilah langkah seperti dibawah ini.

Bahan Pedesan Entog:
– 1 ekor entog muda
– air bersih 2 liter

Bumbu pelengkap pedesan:
– Cabe rawit merah 15 biji
– Bawang merah 5 biji
– Cabe merah besar 4 biji
– Bawang putih 4 biji
– 1/2 sendok teh kayu manis
– 1 1/2 sendok teh ketumbar
– 2 ruas jahe sudah dikupas
– 8 biji kemiri sangrai
– 1 ruas kunyit bakar
– 2 sdt air asam jawa
– 5 helai daun salam
– 1 sendok teh kaldu bubuk
– 2 batang serai
– Kecap secukupnya
– Gula jawa

Cara dan langkah pembuatan:
– Langkah pertama yaitu membersihkan entok yang sudah disembelih sampai bersih.
– Untuk mendapatkan daging entok yang empuk dan lembut, lumuri dengan beberapa bahan seperti jeruk lemon dan garam.
– Masukkan semua bahan yang sudah tersedia ke dalam wadah dan aduk sampai merata. Setelah itu entok yang sudah dipotong sesuai keinginan dan masukkanlah pada bumbu yang sudah dibuat tersebut.
– Pedesan entog yang sudah tang kemudian siap untuk dinikmati.

Demikianlah beberapa jenis makanan khas Cirebon yang bisa Anda coba ketika berkunjung kesana. Masih banyak sekali jenis makanan lain yang layak untuk dikunjungi. Semoga dapat menambah referensi ketika anda ingin menyantapnya.